Connect with us

15 Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Jenis, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya

Kucing

15 Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Jenis, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

15 Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Jenis, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

Hewan.id – Kucing Himalaya adalah jenis persilangan dari Ras Persia dengan Ras Siam. Penampakan kucing ini sangat lucu karena memiliki tubuh menyerupai boneka. Wajahnya berwarna coklat gelap. Bulu-bulu tubuhnya perpaduan antara putih dengan coklat gelap. Tubuhnya cukup gempal sehingga membuat para catlovers sering merasa gemas dan ingin memeluk terus kucing ini.

Kucing Himalaya konon sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Hanya saja mulai terkenal semenjak masuk Eropa pada tahun 90-an. Hingga hari ini, pengelompokkan kucing ini masih simpang siur. Apakah merupakan ras yang berdiri sendiri, atau hanya merupakan salah satu jenis dari Kucing Persia. Beberapa ahli dan peternak kucing menganggap Ras Himalaya berdiri sendiri. Namun yang lain bersikeras bilang bahwa kucing ini hanya varian dari Persia.

Memelihara Kucing Himalaya memberikan kesan menyenangkan. Karena kucing ini sangat tangkas, cerdas, aktif dan lucu. Jika kebanyakan kucing itu malas-malasan, seperti Kucing Siam, namun ternyata Ras Himalaya ini menuruni sifat Persia yang aktif bergerak dan berinteraksi dengan manusia.

Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya

Loading...

15 Ciri-Ciri Kucing Himalaya

  1. Hasil persilangan Ras Kucing Persia dengan Ras Kucing Siam
  2. Warna Tubuh menyerupai Kucing Siam
  3. Bentuk dan ukuran tubuh seperti Kucing Persia
  4. Nampak gempal membulat
  5. Bulunya panjang dan halus
  6. Mayoritas wajahnya coklat gelap
  7. Ekornya agak panjang dan besar, berbulu coklat kehitaman
  8. Kakinya dan tangannya tidak terlalu panjang, nampak besar, berbulu coklat gelap
  9. Warna matanya kebanyakan biru. Meski ada pula yang putih dengan pupil hitam meski jarang
  10. Kucing yang ceria dan aktif
  11. Suka interaksi dengan manusia
  12. Bisa dikawinkan dengan kucing jenis lain
  13. Sering dianggap ras yang berbeda dengan Persia
  14. Memiliki nama lain Persia Himalaya
  15. Angka harapan hidupnya cukup tinggi dan kucing yang produktif melahirkan anak kucing

Jenis Kucing Himalaya

Kucing Himalaya ini ternyata terbagi ke dalam 2 jenis. Dibedakan berdasarkan dengan bentuk wajah dan hidungnya.

1. Doll Face

Ini adalah Kucing Himalaya Doll Face yang memiliki ciri fisik tubuh lucu bagaikan boneka. Hidungnya agak pesek dengan wajah agak datar. Wajahnya tidak selalu berwarna coklat seperti Kucing Siam. Namun bisa pula putih pucat. bola matanya warna putih kebiruan dengan sorotan mata sayu.

2. Ultra Face

Kucing Himalaya Ultra Face memiliki bola mata berpupil hitam. Sorotan matanya tajam. Wajahnya juga tidak selalu coklat seperti Kucing Siam. Kadang ia berwajah putih kotor. Hidungnya sangat pesek dan wajahnya nampak sangat datar. Dahinya agak menonjol dan ini membuatnya malah seperti berwajah agak cekung.

Karena penampakannya yang lucu dan menggemaskan ini. Penjualan Ras Himalaya di dunia tergolong pesat. Meski kini makin banyak saja bermunculan ras-ras kucing persilangan yang wujudnya sangat unik. Tapi kecintaan pada Himalaya tak pernah berubah. Harganya pun cenderung stabil dan terjangkau bagi para pecinta kucing.

Harga Kucing Himalaya

  • Kitten (bayi, umur 3 bulan): Rp800.000 – Rp1000.000
  • Umur 1 Tahun (belum vaksin): Rp1500.000 – Rp2000.000
  • 1 Tahun (sudah vaksin): Rp2000.000 – Rp2500.000
  • Jantan 3 Bulan: Rp500.0000 – Rp900.000
  • Betina 3 Bulan: Rp600.000 – Rp1000.000
  • Jantan 1 Tahun: Rp1500.000 -Rp2000.000
  • Betina 1 Tahun: Rp1500.000 -Rp3000.000
  • Bulu Panjang: Rp3000.000 -Rp4000.000
  • Bulu Pendek: Rp2500.000- Rp3500.000
  • Indukan 1 Tahun: Rp1500.000- Rp4000.000

Gambar Kucing Himalaya

Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya Jenis Kucing Himalaya, Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Harga Kucing Himalaya

 

Cara Merawat Kucing Himalaya

Untuk merawat jenis Kucing Himalaya ini tidak ada perlakukan khusus. Sama saja dengan merawat kucing pada umumnya. Yang harus diperhatikan adalah hal-hal berikut:

Kandang

Biasakanlah untuk membeli kandang yang baru untuk kucing yang baru. Supaya kebersihannya terjaga. Jika membeli Kucing Himalaya, pastikan kandang ini luas dan cocok untuk ukuran tubuhnya. Jangan sampai membeli kandang yang kekecilan. Kalau kebesaran tidak masalah.

Letakkan kandang ini di tempat yang aman. Tidak kena terik matahari langsung dan tidak dekat dengan dapur makan rumah. Supaya lebih higienis. Bagi yang suka menaruh kucingnya di dalam kamar, pastikan kandang ini tetap ada. Sebaiknya biasakan Kucing Himalaya untuk tidur sendiri di kandangnya, jangan ditaroh kasur.

Makanan dan Nutrisi

Makanan yang cocok untuk Kucing Himalaya adalah jenis makanan yang olahan pabrikan. Ada banyak merek dijual, seperti Whiskas, Royal Canin, Pro Plan, Friekies, Eureka, Pet Forest, Princess Cat, Science Diet, Star Pro dan Meow Mix. Sebenarnya semua merek ini sama-sama bagus untuk kucing. Kandungan gizinya pun memang sudah standar. Namun kucing itu kadang seperti manusia. Cocok-cocokkan. Maka dari itu, cobalah untuk eksplor merek apakah yang paling cocok untuk Himalaya yang dipelihara.

Uniknya, pada beberapa jenis kucing peliharaan, termasuk Kucing Himalaya ini. Ternyata ada yang sering bertingkah aneh dan konyol. Di mana ia doyan makan makanan ala manusia. Seperti nasi, ikan, bahkan sayuran. Biasanya yang begini karena sudah dibiasakan oleh pemiliknya.

Perawatan Tubuh

Pastikan Kucing Himalaya selalu dalam kondisi tubuh yang bersih. Rajinlah memandikannya. Minimal 2 kali dalam seminggu. Pakai sampoo bayi untuk keramasin bulu-bulunya. Pada bagian telinga juga dibersihkan dengan cotton bud, bisa dengan dibantu baby oil.

Jika ditemukan gangguan pada kulit kucing, seperti luka segeralah obati. Apalagi kalau sampai muncul kurap, ini harus segera dibawa ke dokter. Supaya tidak makin parah.

Baca Lagi: 4 Jenis Kucing Persia yang Hidungnya Pesek dan Sering Ikut Kontes

Kesehatan

Rutinlah memeriksakan kesehatan Kucing Himalaya ke dokter. Jangan lupa patuhi jadwal vaksinnya. Jangan sampai salah mengunjungi dokter! Yang berhak memberikan pengobatan dan tindakan medis pada kucing adalah Dokter Hewan.

Komunikasi

Ini yang seringkali diabaikan orang. Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam memelihara seekor binatang. Kucing itu memiliki kemampuan dan kecerdasan untuk interaksi dengan manusia. Jika ingin punya Kucing Himalaya yang menggemaskan, aktif, pintar dan lucu. Maka jalan satu-satunya adalah dengan mempererat komunikasi.

Loading...

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: 15 Ciri-Ciri Kucing Siam, Jenis, Sejarah, Cara Merawat, Harga & Gambar

  2. Pingback: 15 Ciri-Ciri Kucing Siam, Jenis, Sejarah, Cara Merawat, Harga & Gambar

  3. Pingback: 15 Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina, Jenis Kelaminnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kucing

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top