10 Cara Merawat Kolibri Ninja Mabung Agar Cepat Gacor Kembali - Hewan.id
Advertisements

10 Cara Merawat Kolibri Ninja Mabung Agar Cepat Gacor Kembali

Merawat Kolibri Ninja Mabung

Kolibri

10 Cara Merawat Kolibri Ninja Mabung Agar Cepat Gacor Kembali

Kolibri ninja mabung merupakan salah satu proses di mana burung konin mengalami fase pergantian bulu baru dengan yang lama. Tapi apakah kamu tahu bagaimana cara merawat kolibri ninja mabung? Biasanya para kicau mania saat merawat kolibri ninja yang sedang mabung memberikan perawatan yang khusus.

Merawat Kolibri Ninja Mabung

Perawatan khusus kolibri ninja saat mabung bermaksud agar proses mabungnya berjalan dengan lancar dan cepat. Jadi buat kamu yang tidak sabar untuk mengetahui cara merawat kolibri ninja yang mabung, berikut ini penjelasannya.

Cara Merawat Kolibri Ninja Mabung :

1. Jangan Dijemur Terlalu Lama

Cara pertama merawat kolibri ninja mabung adalah kolibri ninja yang sedang mengalami mabung jangan sampai dijemur terlalu lama. Bahkan burung kolibri ninja yang sedang mabung jangan sampai dijemur sama sekali. Hal tersebut bertujuan agar bulu tua dari burung kolibri ninja cepat rontok. Selain itu dengan tidak di jemurnya kolibri ninja yang mabung bermanfaat agar pori-pori terbuka dan menyebabkan bulu-bulu yang sudah tua cepat rontok.

2. Usahakan Kebutuhan Nutrisi Tercukupi

Cara lain untuk merawat kolibri ninja mabung yaitu dengan mengusahakan kebutuhan nutrisi dari kolibri ninja tercukupi. Jadi buat kamu yang mempunyai kolibri ninja dalam masa mabung sebaiknya mengecek terlebih dahulu apakah kebutuhan nutrisinya tercukupi atau belum. Jika belum tercukupi sebaiknya kolibri ninja yang mabung diberi nutrisi yang banyak. Dengan memberikan nutrisi banyak terhadap kolibri ninja mabung berfungsi untuk mempercepat masa mabungnya.

3. Berikan Vitamin Lebih Banyak

Perlu diketahui juga, masa mabung merupakan salah satu masa di mana burung akan mudah sakit. Di masa inilah kondisi dari tubuh burung yang mengalami masa mabung dalam keadaan kurang fit, bahkan metabolisme tubuh berubah-ubah. Jadi buat kamu yang mempunyai burung dalam masa mabung berikanlah vitamin lebih banyak terhadap burung tersebut. Sebab, dengan memberikan vitamin lebih banyak terhadap burung yang sedang mabung akan berfungsi untuk mempercepat terjadinya masa mabung. Jadi saat ingin memberikan nutrisi terhadap burung yang mabung, kamu bisa melakukan dua kali dalam seminggu selama proses mabug.

Loading...

4. Berikan Madu Murni

Selain memberikan nutrisi dan vitamin terhadap kolibri ninja yang mabung. Kamu juga bisa memberikan madu murni untuk merawat kolibri ninja mabung. Caranya yaitu berikan madu murni sebagai pakan burung kolibri ninja yang mabung. Dengan memberikan madu murni terhadap kolibri ninja mabung akan bermanfaat untuk mempercepat berlangsungnya proses mabung. Sebab, madu murni sendiri bersifat panas.

5. Berikan Pakan Kroto Lebih Banyak

Saat burung kolibri ninja di rumah mengalami masa mabung, kamu bisa memberikan kroto lebih terhadap kolibri ninja mabung. Sebab, dengan diberikannya pakan kroto yang banyak dapat mempercepat tumbuhnya bulu baru dari kolibri ninja. Selain itu dengan diberikannya pakan kroto yang banyak juga bermanfaat membuat bulu baru lebih mengkilat dan lebih sehat.

6. Full Krodong

Dengan memberikan full krodong terhadap kolibri ninja mabung bertujuan supaya burung lebih banyak istirahat. Selain itu dengan memberikan full krodong terhadap kolibri ninja mabung juga bermanfaat untuk membuat udara dalam sangkar lebih lembab. Jadi buat kamu yang ingin merawat kolibri ninja mabung sebaiknya mencoba untuk memberikan full krodong.

7. Bersihkan Sangkar Atau Kandang

Mungkin cara merawat kolibri ninja mabung yang satu ini sering disepelekan. Padahal perlu kamu ketahui, membersihkan sangkar atau kandang kolibri ninja ini sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya masa mabung. Sebab, jika kamu tidak sering membersihkan sangkar atau kandang akan mengakibatkan rasa tidak nyaman dan stress terhadap kolibri ninja tersebut. Alhasil jika kolibri ninja tidak nyaman dan stress otomatis proses berlangsungnya masa mabung akan lama. Jadi sebaiknya kamu rajin-rajin untuk membersihkan sangkar burung, entah saat masa mabung ataupun tidak.

8. Gantungkan di Tempat Yang Tidak Sepi

Seperti kamu ketahui, saat proses terjadinya masa mabung otomatis burung akan cenderung lebih diam dibandingkan hari biasanya. Jadi saat burung kolibri ninja kamu mengalami masa mabung, sebaiknya mencoba gantungkan pada tempat yang tidak sepi. Hal tersebut berguna agar masa mabungnya dari kolibri ninja tersebut lebih cepat. Akan tetapi saat mengantungkan kolibri ninja mabung jangan terlalu dekat dengan burung-burung yang besar dan bersuara lantang. Misalnya burung kacer, Murai Batu, CI ataupun Plentet.

9. Melakukan Pemasteran

Selama proses mabung berjalan, kamu bisa melakukan pemasteran terhadap burung kolibri ninja. Sebab selama proses mabung maka burung akan cenderung diam dan tidak banyak melakukan aktivitas. Saat ingin melakukan pemasteran terhadap kolibri ninja mabung, kamu bisa menggunakan burung seperti kenari, lovebird dan cucak jenggot.

10. Lakukan Secara Rutin

Jika semua cara di atas sudah dilaksanakan, maka cara terakhir merawat kolibri ninja mabung adalah melakukan cara tersebut secara rutin. Mungkin sekilas cara yang satu ini dianggap sepele, padahal cara ini sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan burung ninja kolibri mabung. Sebab jika melakukan semua cara di atas tidak rutin, maka hasilnya pun juga tidak akan maksimal terhadap kolibri ninja mabung.

Itu dia sedikit cara merawat kolibri ninja mabung, ngurak atau mbodol yang bisa anda terapkan dengan mudah di rumah. Hal yang paling penting adalah tetap jaga kondisi mental kolibri ninja. Karena pada saat fase ini mental kolibri akan sedikit sensitif. Dalam masa mabung, pastikan tingkat stress kolibri Anda tetap terjaga. Anda juga dapan menyimak atau membaca tips dan trik perawatan kolibri ninja lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kolibri

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top