18 Cara Merawat Kolibri Ninja Sebelum dan Sesudah Lomba - Hewan.id
Advertisements

18 Cara Merawat Kolibri Ninja Sebelum dan Sesudah Lomba

Merawat Kolibri Ninja Lomba

Kolibri

18 Cara Merawat Kolibri Ninja Sebelum dan Sesudah Lomba

Cara merawat kolibri ninja lomba yang baik dan benar. Setingan kolibri ninja lomba memang memang tidak ada patokan khusus. Burung kolibri ninja merupakan salah satu burung madu asal Indonesia. Dinamakan kolibri ninja karena bulunya yang hitam halus dan mengkilap seperti ninja. Selain bulunya yang bagus, burung ini juga banyak penggemarnya karena kicauannya. Sehingga tidak jarang burung kolibri ninja dilombakan dalam beberapa event para pecinta burung.

Merawat Kolibri Ninja Lomba

Ciri-ciri dari burung kolibri ninja yang siap untuk dilombakan antara lain sehat, lincah, gesit, mempunyai nafsu makan yang lahap, memiliki bulu yang cerah dan kontras. Selain itu juga memiliki mental yang bagus dan kicauan gacor.

Nah untuk bisa memenangkan dalam sebuah event anda harus paham dan tahu cara perawatan kolibri ninja lomba di bawah ini. Ingat merawat kolibri ninja harian berbeda dengan lomba.

Cara – Cara Merawat Kolibri Ninja Lomba :

1. Merawat Kolibri Ninja Sebelum Lomba :

1. Persiapkan Mental Kolibri Ninja

Burung kolibri ninja yang mentalnya belum siap, biasanya akan diam dan tidak mau mengoceh. Untuk itu, sebelum membawa burung kolibri ninja ke perlombaan sebaiknya menyiapkan mentalnya terlebih dahulu. Burung kolibri ninja yang mentalnya bagus nantinya tidak akan demam panggung dan dapat berkicau dengan lantang.Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menyipakan mental dari burung kolibri ninja.

a. Dikarantina

Loading...

Selama satu minggu burung kolibri ninja yang akan dilombakan sebaiknya dipisahkan dari koloninya. Tujuannya agar burung kolibri ninja tidak gembos saat dilombakan. Untuk memancing emosinya saat masa karantina, bisa sesekali memperdengarkan suara burung melalui musik player.

b. Dibiasakan dengan Tempat Lomba

Bagi burung kolibri yang minim pengalaman atau belum pernah dilombakan, sebaiknya diajak jalan jalan ke area lomba. Hal ini bertujuan agar burung dapat beradaptasi dengan lingkungan dan keramaian lomba. Dengan sering membawa burung ke arena perlombaan, maka jam terbangnya juga seakin bertambah dan mental bertarungnya semakin terbentuk.

c. Penempelan / Trek

Penempelan adalah mendekatkan burung kolibri ninja dengan lawan jenis sehari sebelum perlombaan. Penempelan ini konon bisa menambah mental dari burung kolibri saat dilombakan.

2. Pengkerodongan Kolibri Ninja

Beberapa hari sebelum burung kolibri ninja dilombakan, lakukan pengerodongan pada sangkar burung pada siang hingga sore hari. Pengerodongan ini bertujuan agar burung tidak mengeluarkan banyak energi.  Saat sore hari, kerodong bisa dibuka dan biarkan burung berkicau dengan bebas. Dan kembali dikerodongkan pada saat malam agar kolibri ninja bisa istirahat dan dalam keadaan fit saat diperlombakan.

3. Pengembunan Kolibri Ninja

Pengembunan adalah mengeluarkan burung dari rumah pada pagi hari. Biarkan burung menikmati suasana sejuknya pagi hari. Pada saat pagi hari burung kolibri ninja sangat rajin berkicau.  Pengembunan bisa dilakukan dengan menggantangkan sangkar burung dihalaman rumah dan melepas kerodongnya. Lakukan hal ini setiap hari hingga pukul 10.00 pagi  agar burung terlihat segar dan berjiwa fighter.

4. Memelihara Burung Master Untuk Kolibri Ninja

Burung master merupakan burung yang kualitasnya baik dan diharapkan dengan memelihara burung master, burung maskot atau burung yang bakal dilombakan akan menuruni sifat dari masternya. Namun mempunyai  beberapa burung master tentuya juga harus mengeluarkan banyak biaya.

Pemasteran yang baik dilakukan pada pagi hari setelah pengembunan dan penjemuran serta pada malam hari menjelang tidur. Pemasteran cukup dilakukan selama 30 menit  tiap periodenya.

5. Pemberian Pakan Kolibri Ninja

Cara merawat kolibri ninja lomba yang terakhir adalah pemberian pakan. Guna mendongkrak stamina dan peforma dari burung kolibri ninja yang akan dilombakan, asupan gizi dari burung juga wajib untuk diperhatikan. Berikut makanan yang juga sebagai asupan gizi dari burung kolibri ninja

a. Memberi Makan Kroto

Selain berguna untuk mejaga kondisi dari burung kolibri ninja, pemberian kroto juga bermanfaat dalam meningkatkan stamina dan mentalnya. Untuk mengetahui apakah burung kolibri ninja mentalnya sudah bagus apa belum, bisa dilihat dari kelahapannya dalam makan. Apabila burung kolibri ninja lahap saat makan dapat dipastikan mental burung tersebut bagus.

b. Memberi Air Madu atau Gula

Kolibri ninja pada habitat aslinya merupakan jenis burung yang pemakan nektar atau madu. Jadi menyediakan madu atau gula harus selalu diperhatikan. Agar emosinya meningkat berikan madu dengan air putih yang ditempatkan pada wadah sendiri selama 3 hari berturut-turut

c. Memberi EF ( Extra Fooding)

EF atau extra Fooding  merupakan nutrisi tambahan yang diberikan kepada burung selain makanan utamanya. Selain kroto, EF lainnya yang dibutuhkan burung kolibri anatara lain laba laba kecil dan ulat hongkong warna putih. Pemberian nutrisi tambahan ini berfungsi untuk meningkatkan birahi dan emosi dari burung agar sering berkicau. Selain itu juga burung bisa diberi tambahan suplemen agar daya tahan dan mentalnya meningkat.

6. Pemahaman Karakter

Jika anda paham dengan karakter burung kolibri ninja yang dimiliki, maka saat diarena perlombaan akan mudah mensetingnya. Memang mencari karakter kolibri ninja mudah mudah sulit. Namun jika anda telaten maka akan mudah ketemu.

Dalam merawat kolibri ninja lomba tidak ada setingan patokannya, baik itu setelan exstra fooding.mauun minuman atau vitamin. Selain itu kita juga harus kondisi serta karakter kolibri ninja lomba tersebut.

Agar bisa menjaga agar kondisi fisik kolibri ninja cepat bisa pulih seperti semula setelah dilombakan maka hal yang wajib anda pahami yaitu birahi burung tersebut. Selain itu juga asupan gizi atau protein. Dalam merawat kolibri ninja lomba, jika kita salah soal perawatan sesudah lomba maka burung tersebut akan sulit juga di setting. Contoh akibatnya salah perawatan kolibri ninja sesudah lomba yaitu birahi tinggi dan macet bunyi atau susah bunyi.

2. Merawat Kolibri Setelah Lomba :

  1. Berilah kolibri ninja asuan multivitamin kedalam wadah air setelah hari pertama mengikuti perlombaan. Kandungan vitamin yang masuk kedalam tubuh branjangan bisa membantu mengembalikan kondisi nya stabil.
  2. Berilah Extra Food (EF) kolibri ninja seperti bisa atau rawatan harian. Jangan lupa untuk tidak setiap waktu memberikan EF, dikhawatirkan akan menjadi ketergantungan.
  3. Proses penjemuan kolibri ninja setiap hari sekitar 20-30 menit sampai 3 hari setelah perlombaan.
  4. Jangan dulu menurunkan kolibri ninja ke lapangan lagi setelah mengikuti lomba. Istirahatkan kolibri ninja sesaat agar kondisi serta stamina pulih.
  5. Solusi untuk menurunkan birahi kolibri ninja agar tidak terlalu tinggi (OB), maka langkahnya yaitu mandikan setiap pagi secara rutin.
  6. Tempatkan burung kolibri ninja ditempat sejuk seperti di sore hari.
  7. Alternatif lain jika kondisi birahi kolibri ninja terlalu tinggi yaitu koloni atau mengawinkannya.
  8. Introspeksi soal perawatan, jika kolibri tidak mau tampil maksimal di gantangan.

Jika sudah setabil birahi serta kondisi tubuh burung tersebut sehat, maka  baru boleh menurunkan kembali kolibri ninja anda ke arena perlombaan. Pahamilah karakter burung anda agar menang di gantangan.

Kicauan dari burung kolibri ninja sangat khas dan memiliki gaya bertarung yang bagus. Tidak jarang banyak para pecinta burung yang mau membayar burung kecil ini dengan harga yang selangit. Meskipun banyak yang menyukai burung ini sebagai burung kicau peliharaan, tetapi jangan eksploitasi berlebihan dalam melakukan penangkapan di alam liar yang justru akan merusak populasinya. Akan lebih bijak apabila melakukan penangkaran sehingga kelestariannya akan terjaga.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Kolibri Ninja Mabung Agar Cepat Gacor Kembali

Itulah tips mengenai cara merawat kolibri Ninja lomba. Semoga dengan tips diatas kolibri ninja kesayangan anda bisa menjadi juara dan menjadi kebanggaan. Untuk itu, rawatlah dengan baik burung kesayangan anda dan lakukan perawatan dengan rutin. Anda juga dapan menyimak atau membaca tips dan trik perawatan kolibri ninja lainnya

Loading...
Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kolibri

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top