> > 21 Cara Membedakan Kolibri Ninja Janan dan Betina Paling Akurat - Hewan.id
Connect with us

21 Cara Membedakan Kolibri Ninja Janan dan Betina Paling Akurat

Cara Membedakan Kolibri Ninja Jantan dan Betina Dewasa

Kolibri

21 Cara Membedakan Kolibri Ninja Janan dan Betina Paling Akurat

Cara membedakan kolibri ninja jantan dan betina dengan mudah dan paling akurat. Terdapat banyak sekali jenis burung kolibri, salah satu yang paling terkenal adalah kolibri ninja.  Ciri utama dari burung kolibri adalah tubuhnya yang mungil serta warna yang mengkilap pada bagian bulunya. Warnanya yang mengkilap metalik menjadikan burung ini sangat indah dan cocok untuk dipelihara.

Cara Membedakan Kolibri Ninja Jantan dan Betina Dewasa

Untuk membedakan burung kolibri ninja jantan dan betina sangatlah mudah bagi yang mereka yang sudah lama menekuni bidang pecinta burung. Namun, bagi pemula dan masyarakat awam membedakan keduanya sangatlah sulit. Untuk itu, pada ulasan kali ini akan membahas mengenai cara membedakan kolibri ninja jantan dan betina.

Cara Membedakan Kolibri Ninja Jantan dan Betina Dewasa :

Untuk membedakan burung kolibri ninja jantan dan betina dewasa atau berumur lebih dari setahun cukup mudah, karena memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Berikut perbedaan burung kolibri ninja jantan dan betina yang sudah dewasa

1. Warna Bulu

Hanya dengan melihat warna bulunya saja, kita bisa tahu jenis kelaminnya. Pada burung kolibri ninja jantan, berwarna lebih terang dan mengkilap metalik pada bulunya. Sedangkan pada kolibri ninja betina terdapat campuran warna merah pekat di bagian dada dan ekornya.

Loading...

Perbedaan pada warna bulu yang mencolok lainnya adalah pada bagian dada dan perut dan area sekitar mata. Burung kolibri jantan dewasa memiliki dada dan perut berwarna merah dan juga pada daerah kepala sekitar mata. Burung kolibri ninja dewasa dominan warna terang mulai dari abu abu bergradasi putih pada kepala hingga dada, sedangkan perut hingga ekor berwarna kuning.

2. Paruh

Pada bagian paruh, burung kolibri ninja jantan yang sudah dewasa terdapat warna orange pada bagian ujungnya. Sedangkan untuk kolibri ninja betina tidak memiliki warna campuran dan cenderung lebih terang.

3. Sayap

Burung kolibri ninja jantan dewasa memiliki sayap yang terlihat hitam mengkilap saat terkena sinar matahari. Sedangkan pada kolibri betina dewasa warna terang pada sayapnya hanya pada bagian yang berwarna abu abu.

4. Telapak Kaki

Perbedaan antara kolibri ninja jantan dan betina bisa dilihat dari warna telapak kakinya. Kolibri ninja jantan memiliki  telapak kaki dengan warna yang lebih cerah dibanding betina. Seiring bertambahnya usia burung, warna pada telapak kaki burung kolibri ninja betina akan semakin memudar.

5. Tes DNA Akurat 99%

Cara membedakan kelamin kolibri ninja dewasa jantan dan betina dapat menggunakan DNA yang dapat diambil dari darah atau bulu. Keakuratan tes DNA kolibri ninja dewasa diklaim mencapai 99 persen. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung betina dan jantan.

Cara Membedakan Kolibri Ninja Jantan dan Betina Anakan / Trotol :

Cara Membedakan Kolibri Ninja Jantan dan Betina Anakan Trotol

Membedakan jenis kelamin kolibri  ninja jantan dan betina saat masih muda atau masih hijau tidak semudah saat membedakan keduanya ketika sudah dewasa. Hal ini karena keduanya memiliki kesamaan warna. Berikut beberapa poin yang membedakan jenis kelamin keduanya.

1. Paruh

Untuk membedakan kolibri ninja jantan dan betina saat masih hijau adalah pada bagian paruhnya. pada kolibri ninja jantan yang masih hijau, terdapat warna orange pada bagian pangkal paruhnya. sedangkan pada kolibri ninja betina, terdapat warna putih atau orange pada pangkal paruh, namun warnanya kurang pekat.

2. Bawah Tulang Paruh

Burung kolibri ninja jantan yang masih hijau memiliki garis orange yang pekat pada bagian bawah tulang pangkal paruh/ rahang. Sedangkan pada kolibri ninja betina yang masih anakan atau hijau hampir tidak memiliki garis tersebut.

3. Bulu Dekat Sayap

Perbedaan burung jantan dan betina pada kolibri ninja yang masih hijau selanjutnya bisa dilihat pada daerah punggung dekat sayap. Pada burung kolibri ninja jantan, memiliki semburat berwarna orange atau merah pada bagian tersebut. Sedangkan betinanya tidak ada semburat warna orange maupun merah pda bagian punggung dekat sayapnya. Seiring bertambahnya usia, burung kolibri ninja jantan bulu sayapnya akan terlihat semakin hitam tajam, sedangkan untuk betina bulu sayap akan berwarna coklat.

4. Bulu Dada

Bulu dada burung kolibri ninja jantan yang masih anakan atau hijau memiliki bulu dada yang berwarna kuning yang lebih pekat dibandingkan betinanya.

5. Tes DNA Akurat 99%

Cara membedakan kelamin kolibri ninja anakan jantan dan betina dapat menggunakan DNA yang dapat diambil dari darah atau bulu. Keakuratan tes DNA kolibri ninja anakan diklaim mencapai 99 persen. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung betina dan jantan.

Cara Membedakan Kolibri Ninja Jantan dan Betina Ombyokan :

Cara Membedakan Kolibri Ninja Jantan dan Betina Ombyokan

Biasanya kolibri yang bakalan dan belum jadi, dijual di pasaran dengan ditaruh pada kandang secara ombyokan sehingga perlu menyortir ketika hendak memilih jantan dalam ombyokan tersebut.

Cara yang bisa dilakukan untuk menentukan jantan atau betina. Dalam ombyokan, kolibri ninja jantan memiliki ciri-ciri terlihat lincah, sering menyerang kolibri lain, dan sudah memiliki tanda-tanda warna bulu berwarna metalik dengan bulu dada sedikit kemerahan.

Tidak semua burung kolibri yang terdapat pada kandang ombyokan mau memakan kroto yang tersedia, untuk itu pilihlah burung kolibri ninja yang mau memakan kroto. Burung yang hanya memakan nektar saja tanpa adanya makanan tambahan akan lebih mudah mati.

Untuk itu telitilah sebelum membeli bakalan kolibri ninja yang dijual ombyokan agar tidak salah pilih dan tidak menyesal. Jika hendak membeli bakalan kolibri ninja yang pastikan terdapat warna metalik meskipun hanya beberapa helai, namun dapat dipastikan burung tersebut berkelamin jantan.

Jika anda masih bimbang dalam memilih kolibri ninja ombyokan ada dapat melihat ciri-ciri di bawah ini :

Ciri-Ciri Kolibri Ninja Jantan

Kolibri Ninja Jantan, Kolibri Ninja Gocor, Kolibri Ninja Juara, Ciri Kolibri Ninja Jantan

  1. Warna bulu didominasi hitam, mulai dari ekor sampai pangkal paruh leher.
  2. Bagian sayap kolibri ninja jantan berwarna hitam legam mengkilap.
  3. Pada bagian mata atas berarna pelangi.
  4. Warna paruh merah atau orange.

Ciri-Ciri Kolibri Ninja Jantan

Kolibri Ninja Betina, Ciri Kolibri Ninja Betina, Kolibri Ninja Betina Gacor, Masteran Kolibri Ninja Betina

  1. Warna bulu didominasi warna terang, mulai dari kuning pastel dan abu-abu.
  2. Pada bagian kepala sampai dada berwarna abu-abu keputihan.
  3. Bagian perut sampai ekor tampak berwarna kuning pastel.
  4. Bagian sayap kolibri ninja betina berwarna coklat keabu-abuan.
  5. Warna paruh lebih terang dari kolibri ninja jantan.

Itulah cara-cara membedakan kolibri ninja jantan dan betina. Sehingga Anda dapat membedakan kelamin burung kolibri ninja yang dapat dijadikan sebagai masteran dan mana yang tidak. Karena umumnya hanya kolibri ninja jantan saja yang dapat dijadikan sebagai masteran.

Hal ini tentu akan membuat Anda terhindar dari penipuan saat ingin membeli burung kolibri ninja yang akan digunakan sebagai masteren. Apalagi bagi Anda yang tidak mengetahui bagaimana cara membedakan kolibri ninja jantan dan burung prenjak betina.

Baca Juga: 18 Cara Memilih dan Merawat Kolibri Ninja Anakan

Ada beberapa kasus sulit dalam membedakan kelamin kolibri ninja yaitu ketika masih anakan. Burung kolibri ninja anakan, trotolan atau bakalan memang sangat sulit dilihat kelaminnya bagi pemula. Maka saya sanrankan untuk mengajak yang sudah pakar ketika ingin memilih atau membeli kolibri ninja anakan berkelamin jantan. Anda juga dapan menyimak atau membaca tips dan trik perawatan kolibri ninja lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Kolibri

To Top