> > 18 Cara Memilih dan Merawat Kolibri Ninja Anakan - Hewan.id
Connect with us

18 Cara Memilih dan Merawat Kolibri Ninja Anakan

Kolibri Ninja Anakan, memilih Kolibri Ninja Anakan, Merawat Kolibri Ninja Anakan

Kolibri

18 Cara Memilih dan Merawat Kolibri Ninja Anakan

Cara memilih dan merawat kolibri ninja anakan dengan mudah. Hampir sama dengan jenis kolibri lainnya, kolibri ninja atau konin merupakan burung mungil pemakan nektar yang lincah dan sering mengepakan sayapnya. Yang membedakannya dengan jenis lain ialah warna bulu yang berwarna hitam metalik yang dipadukan warna merah pada jantan dan untuk betina didominasi warna abu abu dengan variasi kuning.

Kolibri Ninja Anakan, memilih Kolibri Ninja Anakan, Merawat Kolibri Ninja Anakan

Ketika hendak memelihara burung kolibri ninja sebaiknya sejak masih anakan. Merawat burung kolibri  anakan juga tidak terlalu sulit, namun butuh ketekunan. Sebelum kita membahas mengenai cara merawat kolibri anakan, ada baiknya membahas mengenai  memilih kolibri ninja anakan yang baik. berikut cara memilih dan merawat kolibri ninja anakan yang baik.

Cara Memilih Kolibri Ninja Anakan :

Bukan perkara yang mudah apabila hendak memilih anak kolibri sebagai peliharaan, terlebih jika harus memilihnya dalam kandang ombyokan. Butuh ketelitian dan kesabaran dalam memilihnya, untuk itu beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilih dan menentukan anakan kolibri ninja yang baik.

  1. Pilihlah Kolibri anakan dengan ujung paruh berwarna orange sedikit kemerahan.
  2. Kolibri ninja  yang baik memiliki sayap berwarna hitam mengkilap dan memiliki garis semburat di bagian kanan dan kiri leher.
  3. Pilih yang bertubuh tegap.
  4. Cari kolibri ninja anakan yang memiliki paruh tebal dan panjang.
  5. Pilih yang berkelamin jantan.
  6. Cari burung yang lincah dan tidak takut serta selalu siaga ketika didekati.
  7. Jika ketika berada di ombyokan sudah mau berbunyi, maka pilihlah burung tersebut.
  8. Pilih burung kolibri ninja yang sehat.

Cara Merawat Kolibri Ninja Anakan :

Untuk menghasilkan kolibri ninja yang berkualitas baik, perlu kesabaran serta  perawatan khusus yang harus diberikan. Bagi anda yang memiliki kolibri ninja yang masih anakan, berikut tips merawat burung kolibri anakan.

1. Kandang Atau Sangkar Kolibri Ninja

Kandang atau sangkar merupakan komponen yang sangat penting bagi burung yang berguna sebagai rumah. Selain keindahan, sangkar juga harus memberikan kenyamanan bagi burung tersebut. Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, namun sebaiknya burung kolibri ninja jangan ditempatkan pada sangkar yang kecil agar bisa bergerak dengan bebas karena sifatnya yang lincah.

Loading...

Sangkar untuk burung kolibri ninja biasanya berbentuk kotak atau bulat yang terbuat dari besi. Idealnya ukuran sangkar burung kolibri ninja untuk satu ekor berukuran panjang 30 cm x lebar 30 cm x tinggi 60 cm, dengan jarak jeruji maksimal 1,2 cm.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, burung kolibri ninja merupakan burung yang aktif dan lincah, Ia mampu mengepakan sayap sebanyak 20 hingga 80 kepakan setiap detik.  untuk itu, ukuran sangkar harus disesuaikan sebagaimana mestinya. Selain itu kebersihan sangkar juga harus selalu diperhatikan.

Kebersihan kandang merupakan faktor penting dalam merawat burung kolibri ninja anakan. Karena masih rawan terhadap serangan penyakit seperti parasit, kutu, jamur dan lainnya. Untuk itu perlu dilakukan pembersihan kandang secara teratur.

2. Tangkringan Kolibri Ninja

Tangkringan adalah tempat yang digunakan oleh burung kolibri ninja sebagai pijakan. Pemilihan bahan dan posisi sangat mempengaruhi performa burung kolibri ninja itu nantinya. Agar burung merasa nyaman, tangkringan sebaiknya terbuat dari kayu yang sudah dibubut.

Jenis kayu yang bisa dimanfaatkan sebagai tangkringan biasanya kayu asem, bambu cina dan beberap jenis kayu yang sekiranya amanserta tidak licin dan tidak mudah lapuk. Pemilihan kayu kasar sebagai tangkrinagn bisa menyebabkan peruh burung terluka.

3. Pengembunan Kolibri Ninja

Agar merasa seperti berada di habitat aslinya, anda wajib melakukan pengembunan setiap pagi hari. Caranya cukup dengan melepaskan kerodong dan membawa sangkar ke udara luar pada pagi hari sekitar pukul 05.00 pagi. Pengembunan bisa dilakukan dengan menggantang sangkar diatas, hal ini bertujuan agar burung merasa lebih segar dan mendapat udara pagi yang bersih.

4. Memandikan Kolibri Ninja

Setelah proses pengembunan, langkah selanjutnya adalah memandikan  burung kolibri ninja. Burung wajib dimandikan agar tidak merasa lesu dan gatal gatal. Gejala yang sering timbul dari burung yang jarang dimandikan biasanya ditandai dengan tidak bisa tidur pada malam hari, gelisah, mondar mandir bahkan mencabuti bulunya sendiri.

5. Penjemuran Kolibri Ninja

Penjemuran dilakukan setelah selesai dimandikan. Selain untuk mengeringkan bulu bulunya, penjemuran juga bisa berfungsi agar burung mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari pagi.

5. Pemberian Pakan Kolibri Ninja

Banyak burung kolibri ninja anakan yang mati, salah satu penyebabnya adalah kurang mengetahuinya jenis makanan dari burung tersebut. Burung kolibri pada habitat aslinya sangat menyukai nektar. Nektar adalah cairan manis yang terdapat pada bunga atau ketiak daun. Sayangnya untuk medapatkan nektar tidaklah mudah, untuk itu anda bisa menggantikannya dengan beberapa minuman manis seperti madu, air gula, susu kental.

6. Makanan tambahan ( Extra Fooding) Kolibri Ninja

Makanan tambahan tidak setiap hari diberikan kepada burung kolibri ninja, cukup diberikan setiap 3 sampai  4 kali dalam seminggu. Makanan tambahan yang bisa dibrikan seperti kroto, ulat hongkong dan  laba-laba kecil

Agar kolibri ninja terbiasa memakan makanan tambahan tersebut, sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum burung memakan apapun. Dalam kondisi tersebut burung akan lebih mudah untuk melahapnya.

7. Pengerodongan Kolibri Ninja

Burung kolibri ninja anakan bisa dilatih agar gacor dengan cara pengerodongan dan mastering. Pengerodongan bisa dilakukan pada sore hari hingga pagi hari. Fungsi dari pengerodongan agar burung menjadi fresh dan segar. Saat pengerodongan bisa sambil mendengarkan suara dari musik player kepada burung kolibri ninja.

8. Memaster Kolibri Ninja

Untuk metode pemasterannya sendiri, cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah menggunakan burung masteran atau memaster kolibri ninja melalui suara masteran dengan mp3 player. Fungsi dari memaster burung kolibri yaitu untuk menambah suara kicauannya bervariasi. Lakukan mastering pada kolibri ninja saat kondisi tenang.

Ada beberapa jenis masteran yang baik untuk burung kolibri, contohnya suara belalang emas, suara cililin, suara gereja tarung, suara kapas tembak, suara cucak jenggot, suara sogok otong dan masih banyak lagi.

9. Pengumbaran Kolibri Ninja

Melatih fisik kolibri ninja sejak masih anakan akan lebih bagus. Tujuannya untuk melatih pernafasan sarta menyehatkan burung tersebut. Lakukan pengumbaran pada kolibri ninja satu minggu dua kali.

Selain itu untuk kolibri ninja anakan bisa memberikan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan burung dalam menjaga kondisi fisik dan kekuatan nafasnya.

10. Melatih Mental Kolibri Ninja Anakan

Jika Anda ingin membentuk suatu kolibri ninja dewasa yang trampil, ramah, namun bergairah, maka perhatikan mental pada saat masih anakan. Cobalah untuk sesering mungkin berientraksi dengan kolibri ninja agar nantinya ia menjadi burung yang bermental kuat dan jinak.

Baca Juga: 18 Cara Merawat Kolibri Ninja Sebelum dan Sesudah Lomba

Itu dia cara memilih dan merawat kolibri ninja anakan. Memang proses merawat kolibri ninja anakan tidak begitu mudah, namun sabar merupakan kunci kesuksesen dalam berternak. Anda juga dapan menyimak atau membaca tips dan trik perawatan kolibri ninja lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Kolibri

To Top