25 Jenis Kolibri, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya - Hewan.id
Advertisements

25 Jenis Kolibri, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Jenis Kolibri, Macam Kolibri, harga Kolibri, Jenis Burung Madu, Ragam Kolibri, Kolibri Kelapa, Kolibri Manggar, Kolibri Raja, Kolibri Black Sunbird, Kolibri Sepah Raja, Kolibri Muncang, Kolibri Sriganti, Kolibri Wulung, Kolibri Gunung, Kolibri Merak, Kolibri Sangihe, Kolibri Ekor Merah, Kolibri Matari, Kolibri Jawa, Kolibri Jago, Kolibri King Konin

Kolibri

25 Jenis Kolibri, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

hewan.id – Indonesia sudah dikenal seluruh dunia dengan surganya satwa karena memiliki jenis satwa yang begitu banyak. Tidak terkecuali jenis burung mungil kolibri atau burung madu yang memiliki postur tubuh kecil namun memiliki suara yang banyak disukai pecinta burung. Jenis-jenis kolibri sangat beragam di Indonesia, namun burung ini sudah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi jadi kita tidak sembarangan dalam memeliharanya.

Jenis Kolibri, Macam Kolibri, harga Kolibri, Jenis Burung Madu, Ragam Kolibri, Kolibri Kelapa, Kolibri Manggar, Kolibri Raja, Kolibri Black Sunbird, Kolibri Sepah Raja, Kolibri Muncang, Kolibri Sriganti, Kolibri Wulung, Kolibri Gunung, Kolibri Merak, Kolibri Sangihe, Kolibri Ekor Merah, Kolibri Matari, Kolibri Jawa, Kolibri Jago, Kolibri King Konin

Siapa yang tidak mengenal burung kolibri atau burung madu? Jenis burung yang satu ini merupakan burung yang terkenal karena memiliki ragam jenis, warna serta suaranya indah. Kepopulerannya tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun juga sampai ke mancanegara dan seluruh dunia. Jenis burung kolibri pun bermacam-macam.

Untuk lebih mengenal seperti apa jenis burung kolibri, mari kita simak penjelasan detail tentang jenis burung madu menurut warnanya berikut ini.

1. Kolibri Kelapa (Manggar)

Kolibri Kelapa, Kolibri Mangar, Kolibri Kelapa Betina, Kolibri Kelapa Jantan, Kolibri Mangar Jantan, Kolibri Mangar Betina

Kolibri kelapa merupakan jenis kolibri yang mempunyai postur tubuh sedang yaitu 13 cm. Untuk kolibri jenis ini memiliki paruh yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis kolibri lainnya. Dari segi suara tidaklah jauh berbeda dengan jenis lainnya, namun kolibri mangar memiliki ciri khas besetan yang rapat, melengking dan cukup lantang. Dengan suaranya yang khas tersebut menjadikan kolibri jenis ini sering dijadikan master untuk burung lain.

Loading...

Burung kolibri kelapa memiliki nama latin Anthreptes malacensis. banyak dijumpai di hutan mangrove, perkebunan kelapa dan daerah tepi pantai. Burung ini termasuk hewan yang dilindungi, karena memiliki peranan dalam penyerbukan bunga secara alami.

Untuk burung kolibri kelapa jantan memiliki ciri-ciri warna mahkota yang bersinar, sedangkan bagian penutup sayap memiliki warna ungu cerah. Bagian pipi dan dagu berwarna coklat dan bagian bawah berwarna kuning. Untuk yang betina memiliki warna tubuh bagian atas yang hijau zaitun dan tubuh bagian bawah berwarna kuning seperti halnya si pejantan.

Makanan Burung Kolibri Kelapa

  • Buah Pisang. Burung kolibri jenis kelapa ini suka dengan makanan yang manis, karena di habitatnya pemakan madu. Makanan yang cocok diberikan adalah buah pisang.
  • Air Gula. Selain pisang air gula juga bisa jadi alternatif makanan yang cukup disukai oleh burung kolibri.
  • Kroto. Kroto sangat bagus dijadikan EF karena banyak mengandung protein dan vitamin yang di sangat dibutuhkan oleh tubuhnya.

2. Kolibri Ninja (Konin)

Kolibri Ninja, Kolibri Raja, Kolibri Tasik, Konin, Kolibri Ninja Betina, Kolibri Ninja Jantan

Burung Kolibri Ninja mempunyai nama latin leptocoma sperata, namun jika di daerah Jawa Barat lebih dikenal dengan sebutan kolibri tasik dan jika di daerah Jawa Tengah terutama di Solo dikenal dengan nama kolibri raja.

Habitat dari burung kolibri jenis ini adalah di pinggir hutan yang memiliki ketinggian hingga 200m dpl. Burung ini juga sering ditemukan di daerah hutan karet dan juga di daerah pesisir pantai.

Jenis kolibri ninja memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibanding dengan jenis kolibri kelapa yakni hanya 10cm saja. Untuk pejantan memiliki ciri khas dengan warna topi hijau metalik, bagian leher berwarna ungu dan bagian dada memiliki bulu berwarna merah coklat dan abu. Kolibri jantan untuk jenis konin lebih dominan warna hitam, sedangkan untuk betina lebih dominan warna abu-abu.

Makanan Kolibri Ninja

Makanan untuk jenis ninja tidaklah jauh berbeda dengan jenis lain, suka makan madu dan makanan lain yang mempunyai rasa manis. Berikut ini makanan yang bisa dipilih jika ingin memelihara burung kolibri jenis ninja:

  • Madu. Makanan yang paling baik untuk burung kolibri adalah madu, karena kaya akan nutrisi dan bisa dijadikan sumber vitamin yang baik.
  • Nektar. Cairan manis yang biasa terdapat di dalam madu ataupun di bagian dalam bunga yang sering dihisap oleh serangga seperti lebah.
  • Makanan Ekstra. Untuk menambah asupan vitamin bagi si burung, perlu juga diberi makanan tambahan seperti halnya susu kental manis dan juga kroto yang baik untuk kesehatan si burung.

3. King Konin

Kolibri King Konin, Kolibri King Konin Jantan, Kolibri King Konin Betina

King Konin atau bernama lain burung madu bakau  memiliki nama latin Leptocoma Calcostetha. Kolibri jenis ini berhabitat di hutan mangrove tepi hutan, rawa rawa serta tersebar luas sampai ketinggian 250 mdpl.  

Ciri-ciri dari king konin jantan yaitu memiliki ukuran sedang sekitar 13 cm serta berwarna kehitaman pada bagian tubuh, dada berwarna ungu, memiliki setrip kumis dan pada bagian dada atas atau tenggorokan berwarna tembaga gelap mengkilap. Sedangkan yang berkelamin betina pada bagian tenggorokan keputih-putihan, punggung berwarna zaitun, berwarna abu-abu pada bagian kepala, perut berwarna kuning dan penutup ekor bagian bawah berwarna putih.

4. Kolibri Sepah Raja

Kolibri Sepah Raja

 

Burung kolibri sepah raja memiliki suatu kelebihan yang tidak dimiliki jenis lain, yaitu memiliki kekebalan tubuh yang sangat kuat. Ukuran tubuh tergolong sedang yaitu 13cm, namun memiliki ciri warna yang berbeda dengan jenis lain.

Burung kolibri jenis ini khususnya yang jantan memiliki warna merah terang. Untuk bagian dahi dan bagian ekor pendek berwarna ungu. Bagian perut terlihat warna abu yang tergolong gelap. Jenis kolibri sepah raja yang betina memiliki warna hijau zitun gelap dan terlihat buram dan tidak berwarna merah seperti pejantan.

Habitat kolibri sepah raja adalah kawasan hutan tropis, di perkebunan, dan sering dijumpai di pohon cerry karena burung ini senang mencari makan dengan menghisap sari bunga cerry.

5. Kolibri Black Sunbird

Kolibri Black Sunbird

Burung kolibri jenis black sunbird ini memiliki postur yang tergolong kecil yaitu 11 cm. Berbeda dengan jenis lainnya, untuk membedakan jantan dan betina untuk jenis kolibri yang satu ini sangat mudah. Warna dari pejantan dan betina sangat berbeda, jika jantan berwarna hitam yang berkilau ungu kebiruan, betina justru memiliki warna kelapa abu dan perut berwarna kuning.

Jenis kolibri black sunbird untuk saat ini sedang banyak dicari oleh pecinta burung di Indonesia, oleh sebab itu harga juga relatif lebih mahal.

6. Kolibri Wulung / Muncang

Kolibri Wulung, Kolibri Muncang, Kolibri Wulung Jantan, Kolibri Wulung Betina

Burung kolibri wulung memiliki nama latin Anthreptes singalensis. Jenis ini sangat dikenal sebagai burung petarung, karena mempunyai mental yang sangat bagus.

Ukuran tubuh jenis wulung tergolong kecil hanya 10cm saja. Untuk kolibri wulung jantan memiliki ciri khas warna bagian mahkota dan bagian atas tubuh hijau tua dan mengkilap, bagian pipi yang berwarna merah, bagian leher dan dada berwarna coklat. Berdeda dengan yang jantan, untuk betina memiliki warna tubuh hijau zaitun dan memiliki warna yang lebih pucat dari pada warna tubuh pejantan.

Habitat dari burung kolibri jenis ini adalah di kaki gunung dan suka berpindah-pindah untuk menuju tempat yang lebih tinggi. Hidupnya bergerombol dan suka makanan serangga kecil, ulat dan madu seperti jenis lainnya.

7. Kolibri Sriganti atau Sogok Ontong

Kolibri Sriganti, Sogok Ontong, Kolibri Sriganti Jantan, Kolibri Sriganti Betina

Burung kolibri sriganti memiliki ukuran tubuh yang kecil antara 8-10cm. Dari segi warna jenis sroganti pejantan memiliki warna tubuh bagian bawah kuning cerah, dagu danbagian dada ungu kengkilat serta berwarna hijau pada bagian punggung. Untuk kolibri srigunting betina berwarna kuning muda dan tidak berwarna ungu pada dagu maupun dada.

Burung kolibri sriganti mempunyai nama latin Nectarinia jugularis. Habitat jenis kolibri ini adalah di pekarangan, perkebunan maupun hutan mangrove.

8. Kolibri Gunung / Merak

Kolibri Gunung, Kolibri Merak, Burung Madu Gunung

Jenis ini dikenal dengan kolibri gunung karena habitatnya di pegunungan atau dataran tinggi. Jenis kolibri ini hanya ditemukan di pulau jawa, untuk itu burung ini masuk dalam kategori burung endemik yang tidak akan ditemukan di daerah lain selain di pulau Jawa.

Ukuran tubuh tergolong sedang yaitu 13cm. Makanan dari burung kolibri ini sama dengan jenis kolibri lain yaitu nektar, serangga kecil seperti halnya laba-laba maupun ulat.

9. Kolibri Sangihe

Kolibri Sangihe

Jenis kolibri sangihe merupakan asli dari kepulauan sangihe Sulawesi Utara, dan hanya dapat ditemukan di gunung Sahendaruman. Makanan sama dengan jenis-jenis kolibri lainnya yaitu nektar bunga dan binatang avertebrata yang sering dijumpai di daun. Postur tergolong sedang yaitu 12 cm tidak jauh beda dengan jenis kolibri gunung.

10. Kolibri Ekor Merah

Kolibri Ekor Merah, Burung Madu Ekor Merah

Jenis kolibri ekor merah dinamakan kolibri ekor merah karena warna ekornya yang merah. Ukuran tubuh untuk jantan 13cm dan untuk betina hanya 10cm saja. Burung kolibri ini berasal dari Sumatera dan Kalimantan.

Burung kolibri jantan mempunyai bulu berwarna merah, sayap yang berwarna kuning dan bagian ekor yang berwarna merah. Sedangkan untuk betina bagian atas tubuh berwarna coklat dan bagian bawah berwarna kuning.

11. Kolibri Matari

Kolibri Matari, Burung Madu Matari

Burung kolibri jenis Matari memiliki nama latin Cinnirys Solaris. Burung ini berukuran kecil yang hanya 11cm saja atau setara dengan besar ibu jari orang dewasa. Jenis ini tergolong endemik karena hanya ditemukan di Nusa Tenggara Dan Pulau Flores saja.

Perbedaan warna dari jenis jantan dan betina hanya pejantan lebih mengkilap dibanding dengan yang betina. Untuk makanan kolibri matari sama dengan jenis-jenis lain yaitu naktar dan serangga.

12. Kolibri Leher Merah

Kolibri Leher Merah

Kolibri leher merah banyak ditemukan di daerah hutan tropis yang memiliki ketinggian 500mdpl. Makanan dari jenis kolibri ini adalah naktar dan serangga kecil dan juga madu. Postur tubuh yang dimiliki tergolong sedang sekitar 12cm.

Burung jantan memiliki warna tubuh bagian atas berwarna hijau yang cukup mengkilap, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna kuning kusam. Untuk jenis kolibri leher merah betina memiliki warna tubuh hijau zaitun, tenggorokan putih, tubuh bagian bawah kuning pucat, dengan lingkar mata kecil yang berwarna kekuningan.

13. Kolibri Jawa / Jago

Kolibri Jawa

Kolibri jawa atau jago memiliki nama latin yaitu aethopyga mystacalis. Jenis kolibri ini memiliki ukuran lebih kecil dari kolibri sepah raja.

Ciri-ciri dari kolibri Jawa yaitu memiliki mahkota ungu, kepala merah, tunggir kuning dengan 2 strip terlihat menjalar, warna perut putih bersih dan warna ekor keunguan panjang. Kolibri jago berhabitat disekitar pulau Jawa.

Jenis Kolibri di Dunia :

14. Kolibri Lebah
15. Kolibri Anna
16. Kolibri Ekor Indah
17. Kolibri Rufus
18. Kolibri Leher Rubi
19. Kolibri green-breasted mountaingem
20. Kolibri Trochilinae
21. Kolibri Phaethornithinae
22. Kolibri Abeillia abeillei
23. Kolibri Plovercrest
24. Kolibri Stellula
25. kolibri Rhodopis

Beberapa jenis kolibri di atas bisa anda jadikan sebagai tolak ukur ketika ingin membeli berdasarkan warnanya. Akan tetapi para kicau mania lebih menyukai kolibri jenis ninja “konin” jika ingin di lombakan, karena burung tersebut memiliki suara indah dan mudah dalam hal perawatannya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kolibri

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top