> > 13 Cara Merawat Kenari Harian Agar Gacor Tahan Lama - Hewan.id
Connect with us

13 Cara Merawat Kenari Harian Agar Gacor Tahan Lama

Merawat Kenari Harian

Kenari

13 Cara Merawat Kenari Harian Agar Gacor Tahan Lama

Cara merawat kenari harian agar gacor dan rajin bunyi secara terus menerus. Burung kenari merupakah salah satu jenis burung yang banyak diburu oleh para pecinta burung. Terdapat dua alasan yang menyertai untuk memiliki burung kenari ini. Diantaranya adalah untuk dipelihara dan dilombakan. Dan mungkin masih ada alasan yang lain yang kita tidak ketahui. Namun kebanyakan burung kenari digunakan untuk diperlombakan. Lantas, bagaimana cara merawat kenari harian agar gacor tahan lama hingga di perlombaan?

Merawat Kenari Harian

Bukan tanpa alasan orang-orang memelihara burung kenari. Suaranya yang indah termasuk salah satu alasan pecinta burung memelihara burung kenari. Selain menjadi pajangan di rumah, para pecinta burung juga memilih untuk melombakan burung kenari mereka, dengan harapan menjadi juara. Tentunya itu tidaklah mudah, sangat dibutuhkan perawatan yang khusus dan efektif.

Merawat bukan sembarang, kita harus memberikan perawatan yang sesungguhnya agar menjadi burung yang sesuai dengan keinginan kita. Burung kenari memiliki tubuh serta warna buku yang imut dan suara yang lantang. Oleh karena itu jangan sampai perawatan kenari harian yang kita berikan malah merusak apa yang sudah dimiliki oleh si burung.

Burung kenari memiliki karakternya sendiri-sendiri. Jadi tidak mudah untuk mengetahui karakter dari si burung kenari tersebut. Misalnya ada burung yang kalau diberi telur puyuh atau buah apel baru mau bersuara dan ada juga burung yang jika dikasih kroto baru ingin bersuara. Jadi kesukaan burung kenari itu berbeda-beda.

Baca Juga: 2 Racikan Khusus Pakan Kenari Agar Suaranya Gacor dan Bening

Loading...

Setelah kita memberikan yang terbaik kepada burung kenari, pastilah si burung akan menjadi sesuai dengan apa yang kita inginkan. Mau kita ikut sertakan lomba, boleh. Yakinlah dia akan menjadi juara. Atau malah hanya menjadi pajangana di rumah. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara merawat kenari harian agar gacor tahan lama.

Cara – Cara Merawat Kenari Harian :

1, Pengembunan Kenari

Pengembunan merupakan suatu hal yang penting bagi burung kenari. Tujuan dari pengembunan kenari yaitu agar dapat merangsang kenari rajin berkicau, nafas panjang dan sehat. Lakukan pengembunan mulai dari jam 05.00 sampai jam 06.00. Proses tersebut harus anda lakukan secara rutin agar kualitas burung tetap terjaga.

2. Memandikan Kenari

Ketika proses pengembunan kenari telah anda lakukan dan matahari mulai bersinar, maka langkah selanjutnya dalam merawat kenari harian yaitu memandikannya. Banyak manfaat jika anda rutin memandikan burung tersebut, cotohnya yaitu membuat burung sehat, bersih, daat mengatasi over birahi serta terbebas dari segala jenis kutu kenari.

Ada dua metode dalam memenjikan burung kenari. Metode yang pertama yaitu menggunakan cepuk. Biarkan kenari mandi sendiri dalam cepuk tersebut.

Metode yang kedua yaitu dengan cara disemprot. Semprot seluruh tubuh burung kanari hingga basah kuyup. Manfaat memandikan burung kenari dengan cara disemprot yaitu dapat membuat jinak dan melatih mentalnya.

3. Membersihkan Sangkar / Kandang Kenari

Kebersihan sangkar kenari juga harus Anda perhatikan, terlebih ada bagian kotorannya. Kotoran kenari yang berasal dari makanan, ketika sudah menjamur maka akan menimbulkan penyakit serta bakteri pada burung.

Tidak hanya sangkar saja, perhatikan juga kebersihan tempat makan dan minum burung kenari. Ingat jika kandang atau sangkar kenari kotor dapat menyebabkan penyakit serta burung mati.

4. Penjemuran Kenari

Jika sudah mandi dan membersihkan sangkar kenari, langkas selanjutnya dalam meraat kenari harian yaitu menjemur. Proses penjemuran kenari harian sebaiknya jangan telalu lama. lakukan penjemuran  selama 1-2 jam saja.

Selain itu menjemur kenari di atas jam 10 juga kurang baik untuk kesehatannya. Menjemur kenari terlalu lama di baah terik sinar matahari yang menyengat bisa sangat fatal untuk kesehatan serta volume burung.

5. Pemberian Makanan

Jika tadik makan, mana mungkin burung kenari bisa hidup dan kondisi tubuh sehat. Selain itu ketika hanya sekedar mamberi makan kenari pun tidaklah cukup untuk menjaga kesehatannya. Contoh bijian sebagai pakan kenari yang baik yaitu canary seed atau bijian camuran seperti biji sawi, millet merah, milet putih dan niger.

6. Pemberian Extra Fooding

Pemberian extra fooding untuk kenari merupakan hal yang sangat penting. Cobalah untuk sering memberikan sayuran, kroto, buah-buahan, asinan dan telur. Extra fooding untuk kenari dapat membuatnya menjadi gacor dan rajin bunyi.

7. Memaster Kenari

Memaster Kenari adalah salah satu cara yang dianggap ampuh untuk mengeksplorasi burung kenari supaya memiliki kemampuan untuk meniru suara burung lain. Tujuan lain dari melakukan pemasteran terhadap kenari yaitu agar burung memiliki kemampuan suara kicauan yang bagus dan mempunyai semangat untuk berkicau terus secara berkelanjutan.

8. Mengontrol Pakan dan Kenari

Kontrol lah pakan, minuman serta extra fooding pada burung kenari anda. Fungsi dari mengontrol makanan dan minuman kenari yaitu agar kesehatan burung tetap terjaga. Selain itu juga bertujuan untuk menghindari burung mati karena kelaparan.

9. Mengumbar Kenari

Seperti halnya burung lainnya, burung kenari juga butuh kesehatan serta staminanya terjaga. Apalagi jika burung tersebut sering dibuat untuk lomba. Fungsi lain dari mengumbar kenari yaitu menambah panjang nafas serta menstabilkan birahi.

Untuk cara penerapan dalam mengumbar kenari yaitu anda dapat melakukannya seminggu dua kali. Namun jika birahi burung kenari terlalu tinggi ada dapat melakukan seminggun tiga sampai empat kali.

10. Pengkrodongan Kenari

Hal yang baik saat memaster kenari yaitu setelah burung tersebut sudah dikrodong. Mengkrodong kenari juga bermanfaat agar burung tersebut istirahat nyenyak. Anda bisa melakukan  pengkrodongan kenari serta pemasteran sejak pukul 6 sore sampai esok hari.

11. Hindari Faktor Pengganggu

Jangan ada faktor pengganggu yang akan menggangu ketenangan burung kenari anda. Faktor pengganggu dapat menyebabkan kenari menjadi stres dan mati. Contoh faktor penggagu kenari yaitu tikus, kucing dan hewan buas lainnya.

12. Pemahami Karakter

Faktor burung kenari mau tampil maksimal di lapangan atau perlombaan yaitu sang pemilik tahu akan karakter burung tersebut. Selain itu jika ada paham karekter kenari akan mudah membuatnya gacor dan rajin berbunyi.

13. Konsisten dan Telaten

Kunci keberhasilan dalam membuat kenari menjadi gacor yaitu konsisten dan telaten dalam hal perawatan hariannya.

Itu dia tips serta metode dalam merawat kenari harian yang baik dan benar. Jika anda telaten serta konsisten dalam hal merawata kenari harian maka burung tersebut kan mudah gacor. Begitu pula sebaliknya jika ada malas dalam melakukan perawat kenari harian, maka burung tersebut akan malas bunyi atau macet bunyi.

Baca Juga : Harga Burung Kenari Terbaru 2018

Cara merawat kenari diatas tidak hanya dikususkan untuk jenis tertentu. Namun perawatan kenari harian diatas juga dapat di terakan untuk beberapa jenis kenari, contohnya saja yaitu kenari lokal, AF, F1, F2, F2 dan bahkan Yorkshire.

Hal yang penting disamping tips diatas adalah tetap perhatikan mental kenari. Mental yang buruk bisa berakibat buruk juga bagi kesehatan, bahkan mempengaruhi kualitas kenari secara permanen. Apalagi jika kenari sedang masa-masa giras atau belum jinak. Anda juga dapat membaca tips serta cara merawat kenari lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Kenari

To Top