15 Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Gocor dan Rajin Bunyi - Hewan.id
Advertisements

15 Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Gocor dan Rajin Bunyi

Merawat Kanari Bakalan, Kanari Bahan, Kenari ombyokan, Kanari Pasar

Kenari

15 Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Gocor dan Rajin Bunyi

Dalam merawat kenari bakalan, ombokan atau bahan agar rajin berbunyi serta gacor memang gampang-gampang susah. Disamping itu kenari termasuk salah satu jenis burung kicauan terpopular di dunia. Walapun pamornya dan harga kenari masih dibawah dengan murai batu maupun lovebird.

Merawat Kanari Bakalan, Kanari Bahan, Kenari ombyokan, Kanari Pasar

Namun kenari telah memiliki penggemar dikalangan masyarat luas. Dan harga kenari relatif murah dan perawatanya cukup mudah sehingga banyak yang tertarik untuk memeliharanya. Memang rata-rata harga kenari gacor lebih mahal dari pada burung bakalan.

Nah, bagi anda khususnya pemula dan ingin tahu cara perawatan harian kenari bakalan atau bahan kami akan ulas satu persatu caranya. Berikut ini cara merawat kenari bakalan dengan mudah.

Cara Merawat Kenari Bakalan :

1. Berikan Pakan Secara Tidak Berlebihan

Memberika makan pada kenari merupakan cara merawat kenari bakalan yang lebih baik dan jangan sampai berlebihan, bisa mengakibatkan kenari menjadi gemuk. Disamping itu kenari juga males untuk berbunyi. Baiknya berikan makanan secukupnya dan pakan biji-bijian sepertiga cepuk pakan. Jangan sampai pada sangkar itu tidak ada makanan untuk burung, disamping mengurangi kicauannya juga dapa mengakibatkan burung kenari mati. Serta juga perhatikan air minum yang diberikan untuk burung. Cek setiap hari, jangan sampai air itu habis tanpa kita ketahui.

2. Rutin Memberikan EF

Nutrisi tambahan juga merupakan cara merawat kenari bakalan yang sangat bermanfaat, seperti tambahan nutrisi Extra Fooding secara rutin dalam mempercepat bunyi kenari bakalan. Agar hasil lebih maksimal maka bisa dicampurkan dengan buah dan sayuran yang dipotong kecil-kecil kemudian dimasukan kedalam cepuk. Walaupun nutrisi ini bersifat sampingan namun jangan terlalu sering memberikan nutrisi ini kepada burung, yang ditakutkan burung akan menjadi manja dan tidak mau memakan pakan biasa yang tanpa nutrisi.

Loading...

3. Berikan Egg Food

Egg food berguna untuk menambah staminaserta merawat kenari bakalan. Cara dengan dipotong terlebih dahulu telur yang sudah matang, dan masukan kedalam cepuk. Bisa juga digantung dalam sangkarnya. Hal ini dapat dilakukan 1 minggu sekali untuk memancing kenari bakalan berbunyi merdu

4. Berikan Daun-daunan Hijau

Daun-daunan ini dipercaya mampu membuat suara kenari  jauh lebih jernih dan bersuara lebih lepas ketika berkicau. Daun-daunan ini berasal dari tanaman liar yang ada dilingkungan kita seperti krokot, mengkudu, daun dewa dan banyak lagi. Banyak sekali manfaat dari tanaman tersebut yang tidak kita ketahui bersama. Seperti daun mengkudu dapat menambah nafsu makan burung meningkat.

5. Memandikan Burung

Memandikan burunga adalah pekerjaan yang sangat penting. Banyak para pencinta burung enggan untuk memandikan burung kenari. Padahal ini hal yang sangat bermanfaat bagi burung agar tidak malas untuk berkicau. Burung kenari sangat menyukai mandi dengan cara disemprotkan menggunakan alat yang telah disediakan. Setelah mandi burung menjadi segar dan ini merupakan cara merawat kenari bakalan.

6. Menjemur Barung

Setelah selesai dimandikan dengan cara disemprot jangan lupa harus dijemur agar burung tidak terkena jamur pada tubuhnya. Dan halnya ini merupakan kesukaan dari burung kenari untuk berkicau lebih merdu. Dan waktu yang tepat untuk berjemur adalah dipagi hari. Hindari berjemur pada terik matahari yang menyengat. Hal ini dapat merusak bulu dari burung kenari tersebut.

7. Jaga Kebersihan Sangkar

Tentu yang tak kalah pentingnya adalah kebersihan dalam sangkarnya. Rutin dalam membersihkan dari kotoran burung. Hal ini untuk menghambat parasit-parasait yang akan menyerang kenari anda. Ketika kenari terinfeksi tentu tidak bisa berkicau dengan maksimal bahkan menjadi malas berbunyi. Hiasi sangkar dengan warna cerah juga merupakan nilai positif tambahan untuk burung agar lebih nyaman berada disangkarnya.

8. Berikan Suplemen Tambahan

Suplemen sangat penting dalam membantu merangsangnya burung agar lebih rajin berkicau. Walaupun kebutuhan pakan sudah tercukupi namun alangkah baiknya dalam seminggu sekali diberikan suplemen yang dicampurkan kedalam pakan.

9. Melakukan Pemasteran

Pemasteran biasa dilakukan ketika kenari masih burumur sangat muda. Karena disaat itulah kenari akan lebih mempunyai waktu banyak dalam mempelajari suara-suara baru yang masuk ditelinga burung. Yang umumnya dilakukan dengan memanfaatkan suara-suara burung lain yang lebih berkarakter dan merdu dalam berkicau

10. Membuat Burung Nyaman

Ada banyak faktor yang mengakibatkan burung tidak nyaman. Nyaman tidaknya burung sangat mempengaruhi dalam kicauannya. Seperti pakan dan air minum harus benar-benar diperhatikan. Dan jauhkan dari binatang lainya yang mengintainya seperti tikus maupun kucing. Juga jauhkan dari burung lainnya yang memiliki suara lebih keras daripad kenari. Hal ini dapat mengakibatkan kenari menjadi malas untuk berkicau.

11. Pilih Sangkar Burung Yang Tepat

Besar kecilnya sangkar sangat mempengaruhi gerakan kenari. Semakin luas maka pergerakan dari kenari lebih luas dan tak terbatas. Sangkar yang lebih sempit identik dengan lamanya kenari dapat berkicau dengan bebas. Maka pilihlah sangkar burung yang ideal bagi kenari.

12. Tempatkan Sangkar Burung Pada Tempat Yang Aman dan Nyaman

Banyak dari kita tidak memperdulikan tempat untuk menaruh sangkar burung yang ideal. Kini juga mempengaruhi tingkat kicauan burung kenari. Apabila tempat sangkar tidak pas juga mengakibatkan kenari menjadi stres karena tidak nyaman. Salah satunya dengan menghindari penempatan yang terkena polusi. Dan juga hindari keramaian orang pada saat malam hari.

13. Memelihari Lebih dari Satu Burung

Kenari identik meniru suara burung lain. Dalam hal ini baiknya memelihara burung lain selain kenari. Tujuannya supaya ketika burung lain berkicau merdu, kenari menjadi terdorong juga untuk berkicau dan rajin berbunyi. Dalam artian burung saling terpancing untuk bersauhut-sahutan yang saling menguntungkan. Namun perlu di pahami juga, jangan memilihara terlulu banya burung dengan bersamaan. Hal ini malah mengkibatkan kenari kalah dalam aktivitas berkicau. Apalagi ketika kenari masih keadaan belum dapat berkicau dengan merdu.

14. Membeli Burung Yang Sudah Berbunyi

Memang membeli kenari bakalan dengan harga yang relatif murah cukup menjanjikan. Dan biasana peternak burung menerapkan hal ini dalam berbisni. Dan akan menjualnya kembali ketika kenari telah bersuara merdu dengan harga yang melambung tinggi

Namun ada juga kalangan pencinta burng yang tidak sabar dengan kicauan merdu ala kenari. Maka jalan yang ditempuh dalam hal ini membeli kenari yang telah jadi atau berkicau dengan merdu walaupun dengan harga yang mahal. Karena merawat burung kenari bakalan yang belum dapat berkicau sampai burung itu dapat berkicau dengan merdu memakan waktu yang lama dengan perawatan yang harus maksimal

15. Budidayakan Kenari

Ketika berbicara bisnis, banyak kalangan pencinta burung yang membudidayakan burung kenari ini untuk dijadikan sebagai mata pencahariaan. Kenari relatif lebih mudah untuk dibudidayakan daripada burung lainnya. Karena dalam hal ini kenari mudah berkembang biar dan perawatannya tidak terlalu ribet. Pakailah sangkar yang sangat besar ketika akan membudidayakan kenari ini. Dan didalam sangkar bisa diisi sampai 10 pasang kenari. Dalam waktu yang tidak lama maka proses perkembangiakan sudah dapat dilakukan oleh kenari.

Baca Juga: Cara Memaster Kenari yang Benar dan Mudah

Dan ketika kenari berhasil menetas dari cangkangnya susah-susah mudah untuk merawatnya. Yang terpenting adalah menjaga suhu maupun cuaca dimana sangkar burung di tempatkan. Kenari sangat rentan terhadap cuaca yang terlalu panas maupun dingin. Dan suhu lembabpun mempengaruhi tingkat birahi kenari dalam berkembang biak. Jangan lupa untuk membaca tips burung kenari lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kenari

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top