19 Cara Menurunkan Birahi Kenari Dalam Waktu 1 Hari - Hewan.id
Advertisements

19 Cara Menurunkan Birahi Kenari Dalam Waktu 1 Hari

Cara Menurunkan Birahi Kenari, Kenari Over Birahi, Kenari Birahi, Kenari YS, Kenari AF

Kenari

19 Cara Menurunkan Birahi Kenari Dalam Waktu 1 Hari

Cara menurunkan birahi kenari dengan mudah dalam waktu 1 hari. Burung kenari mempunyai daya tarik sendiri di kalangan pencinta burung karena suaranya maupun bentuk bulunya yang cantik. Namun disamping itu juga masih ada kekurangan dalam merawat burung kenari. Permasalahan itu datang secara alami, yaitu kondisi dimana burung kenari sedang birahi. Namun sang pemilik tidak paham cara menurunkan birahi kenari. Bahkan ada juga yang beranggapan, kalau harga kenari murah jika birung tersebut over birahi.

Cara Menurunkan Birahi Kenari, Kenari Over Birahi, Kenari Birahi, Kenari YS, Kenari AF

Burung yang sedang birahi ketika diikutkan dalam lomba kemungkinan besar akan gugur. Karena kondisi sedang birahi sangat menganggu performa dari kenari. Burung yang sedang birahi akan sering menabrakan dirinya ke jeruji sangkar. Disamping itu anda perlu berbagai cara untuk menurunkan birahi kenari agar tidak terlalu berkelanjutan, karena akan merusak kualitas dari burung tersebut.

Nah, bagi para pemula yang belum paham bagaimana menstabilkan dan menurunkan birahi burung kenari anda dapat menyimak cara di bawah ini. Berikut ini beberapa cara menurunkan birahi kenari agar kembali pada keadaan yang normal

Cara Menurunkan Birahi Kenari

1. Memandikan Lebih Sering

Cara yang paling mudah untuk menurunkan birahi kenari yaitu dengan memandikan burung secara rutin. Bila dalam keadaan normal kenari dimandikan 2 kali dalam seminggu, maka disaat birahi maka intensitas untuk memandikan lebih ditambah sampai 4-5 kali dalam seminggu.

2. Memandikan di Malam Hari

Memandikan di malam hari bermanfaat untuk menurunkan birahi burung kenari. Lakukan cara ini secara teratur setiap malam selama 3 hari. Dijamin kenari anda yang over birahi akan turun dengan cepat.

Loading...

3. Memberi Makan Tambahan Berupa Mentimun

Makanan tertentu juga dapat menurunkan birahi kenari bila dikonsumsi oleh kenari. Mentimun merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar birahi kenari. Berikanlah mentimun setiap harinya sampai benar-benar birahi kenari dirasa menurun. Juga harus diperhatikan dalam pemilihan jenis mentimunnya, pilihlah mentimun yang masih segar. Hindari mentimun layu dikarenakan justru akan menambah permasalahan kesehatan yang menurun bagi burung kenari.

4. Mengurangi Makanan Berupa Apel

Beberapa jenis makanan ini dapat mengakibatkan kenari semakin birahi bilamana tidak dikontrol dengan baik. Pemberian makanan pada burung kenari tidak boleh sembarangan maupun berlebihan yang berdampak pada performa burung. Dan sebab itu anda sebagai pemilik burung harus dapat mengkontrol jumlah makanan yang akan diberikan kepada kenari secara teratur yang dapat memicu kenari menjadi lebih birahi.

Buah apel juga dapat menyebabkan kenari anda menjadi birahi bila terlalu sering makan apel. Walaupun saat kondisi sehat buah apel sangat berguna buat kenari, tetapi harap di hindari saat kenari sedang birahi tinggi.

5. Mengurangi Makanan Berupa Telur Puyuh Rebus

Memang agak susah dalam merawat dan menurunkan birahi kenari jika dikaitkan dengan pola makanan, kita harus benar-benar jeli dalam memilih makanan yang tepat. Anda sebagai pemilik burung harus dapat mengkontrol jumlah makanan yang akan diberikan kepada kenari secara teratur yang dapat memicu kenari menjadi lebih birahi.

Telur puyuh juga dapat menyebabkan kenari anda menjadi birahi bila terlalu sering makan puyuh rebus. Walaupun saat kondisi sehat telur puyuh sangat berguna buat kenari, tetapi harap di hindari saat kenari sedang birahi tinggi. Setelah birahi kenari menurun makanan ini dapat diberikan kembali kepada kenari.

6. Mengurangi Makanan Berupa Kroto Semut

Beberapa jenis makanan ini dapat mengakibatkan kenari semakin birahi bilamana tidak dikontrol dengan baik. Pemberian makanan pada burung kenari tidak boleh sembarangan maupun berlebihan yang berdampak pada performa burung. Dan sebab itu anda sebagai pemilik burung harus dapat mengkontrol jumlah makanan yang akan diberikan kepada kenari secara teratur yang dapat memicu kenari menjadi lebih birahi.

Kroto semut juga dapat menyebabkan kenari anda menjadi birahi bila terlalu sering makan kroto semut. Walaupun saat kondisi sehat kroto semut sangat berguna buat kenari, tetapi harap di hindari saat kenari sedang birahi tinggi.

7. Menghindari Pemberian Biji Niger

Biji niger murupakan penambah stamina bagi kenari, namun itu digunakan disaat kenari tidak birahi. Namun disaat kenari sedang birahi memakan biji niger adalah hal yang keliru. Karena pemberian makanan pada burung kenari tidak boleh sembarangan maupun berlebihan yang berdampak pada performa burung. Dan sebab itu anda sebagai pemilik burung harus dapat mengkontrol jumlah makanan yang akan diberikan kepada kenari secara teratur yang dapat memicu kenari menjadi lebih birahi.

Biji niger juga dapat menyebabkan kenari anda menjadi birahi bila terlalu sering memakan biji niger. Walaupun saat kondisi sehat biji niger sangat berguna buat kenari, tetapi harap di hindari saat kenari sedang birahi tinggi.

8. Mengurangi Waktu Jemur Burung Kenari

Disamping kita memperhatikan asupan makanan kepada kenari agar cepat dalam menurunkan birahi kenari, selain itu juga kurangi dalam menjemur kenari dibawah teriknya matahari. Mengurangi waktu berjemur bukan maksud tidak menjemurnya sama sekali. Dalam hal ini anda sebagai pemilik yang mengatur intensitas lamanya berjemur secara bijak.

9. Memberikan Makan Buah Pir

Disamping beberapa makanan harus dihindari namun juga ada makanan yang harus dijadikan asupan untuk menurunkan birahi kenari yaitu dengan buah pir. Gunakan buah pir setiap harinya dan bergantian dengan mentimun disaat kenari anda sedang birahi. Sampai pada arhirnya kenari anda benar-benar birahi telah turun.

10. Mengurangi Porsi Makan Biji-Bijian

Makanan yang paling sering kita berikan kepada burung kenari adalah biji-bijian,  disamping itu biji-bijian mudah dicari dengan harga yang murah bahkan gratis. Namun perlu diketahui biji-bijian dapat memicu tingkat birahi yang lebih tinggi bila terlalu banyak memberikan takarannya. Kurangi memberikan biji-bijian disaat kenari sedang birahi merupakan usaha yang positif. Gunakan makanan yang dapat menurunkan birahi kenari.

11. Mengurangi Konsumsi Eggfood

Eggfood juga merupakan jenis makanana pemicu birahi kenari. Protein yang terdapat ditelurlah yang menjadi penyebab utama. Maka disamping mengurangi memberikan makanan eggfood juga anda harus mengurangi makanan yang mengandung protein. Hal ini dapat dengan cepat untuk menurunkan birahi kenari yang anda miliki.

12. Memandikan dengan Aloevera

Aloevera merupakan jenis tanaman yang dapat menurunkan birahi kenari dengan sifat tanaman yang mampu meredam dan menurunkan suhu panas pada tubuh burung. Bila suhu badan telah turun maka birahi burung juga akan menurun. Hal ini  sangat efektif untuk menurunkan tingkat birahi kenari.

13. Mengawinkan dengan Lawan Jenis Siap Kawin

Hal yang paling alami ketika kenari sedang birahi adalah kenari butuh dikawinkan dengan kenari lainnya. Hal ini merupakan sifat alamiah setiap hewan. Dan anda selaku pemilik burung segeralah mencari burung lain yang akan dikawinkan dengan kenari anda sampai benar-benar turun birahinya.

14. Melakukan Pengumbaran Rutin

Selain bermanfaat menyehatkan, melakukan pengumbaran kenari dapat mengatasi dan menurunkan burahi kenari. Untuk cara melakukannya ada dapat terapkan di kandang umbaran. Lakukan seminggu dua kali di jamin kenari yang over birahi, birahinya akan stabil.

15. Jangan Mendekatkan Dengan Kenari Yang Over Birahi

Kebiasaan menjejer atau mendekatkan kenari yang over birahi bisa mempengaruhi kenari lainnya. Maka jika ada kenari yang over birahi jauhkan semantara dahulu. Jaka birahi sudah stabil baru adan dapat menjejer atau mendekatkannya kembali.

16. Jauhkan dari Kenari Betina

Suara panggilan kenari betina dapat membuat sang jantan langsung over birahi. Nah untuk itu maka sebaiknya jauhkan kenari betina anda. Hal ini sangat penting untuk kenari yang sering di ikutkan lomba. Kenari lomba harus memiliki birahi stabil agar bisa gacor dan juara.

17. Meminta Bantuan Dokter Untuk Menyuntikkan Obat Penurun Birahi

Saat anda menglamai kesulitan dalam menurunkan birahi kenari anda, maka bawalah burung anda ke klinik hewan. Dimana dokter nantinya akan menyuntikan obat penurun birahi. Walaupun identik dengan biaya mahal ketika dibawa ke dokter, naman cara inilah yang sangat efektif dan efesien dibandingkan dengan cara lain.

18. Tidak Membatasi Perkawinannya

Kadang kita selalu memisahkan kenari dari lawan jenisnya didalam sangkar. Hal ini yang mengakibatkan kenari lebih cepat birahi ketika didalam sangkar hanya sendirian. Maka campurkanlah beberapa jenis kenari dalam satu sangkar agar lebih efektif dalam berkembang biak.

19. Memberikan Ramuan Penurun Birahi

Tidak sedikit orang yang dapat membuat ramuan penurun birahi kenari. Sebutulnya ramuan itu dibuat dari tanaman-tanaman yang ada disekitar kita seperti mengkudu, krokot, dll. Tanaman tersebt dinilai dapat menurunkan birahi kenari.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Melakukan cara mengatasi dan menurunkan birahi keanri di atas dengan telaten akan dapat mengurangi. Selain itu bahkan mampu membuat nafsu birahi burung kenari tersebut menjadi lebih ideal dan sesuai batas normal burung kenari. Ketika birahi kenari yang sudah pas maka burung anda siap untuk di lombakan. Jangan lupa untuk membaca tips burung kenari lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kenari

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top