> > 17 Cara Menjinakkan Kenari Anakan dan Bakalan Dalam 3 Hari - Hewan.id
Connect with us

17 Cara Menjinakkan Kenari Anakan dan Bakalan Dalam 3 Hari

Menjinakkan Kenari

Kenari

17 Cara Menjinakkan Kenari Anakan dan Bakalan Dalam 3 Hari

Cara menjinakkan kenari liar, bakalan, anakan dan ombyokan dengan mudah dalam waktu 1 minggu. Sebenarnya menjinakkan kenari apapun itu mudah asalkan kita telaten merawatnya burung tersebut jinak dengan sendirinya. Burung Kenari yang mempunyai nama ilmiah Serinus canaria adalah salah satu burung yang kini banyak diminati oleh para pecinta burung. Hal ini karena jenis burung kenari memiliki suara  merdu dan juga bulu yang indah.

Menjinakkan Kenari

Selain itu, burung kenari tak kenal lelah ketika berbunyi, bahkan di saat malam hari burung kenari tetap berkicau. Bagi kebanyakan orang memiliki burung kenari yang jinak dan dapat berkicau di atas jari adalah kebanggan tersendiri. Mengingat cara menjinakkan kenari bukanlah perkara yang mudah tetapi membutuhkan proses yang cukup lama dan sulit.

Menjinakkan kenari perlu memperhatikan beberapa faktor, diantaranya adalah umur kenari. Hal ini penting karena dapat memperlancar proses penjinakkan antara binatang dengan pemiliknya. Jika ingin penjinakkan yang mudah maka sebaiknya anda memilih kenari yang berumur di bawah sepuluh hari (anakan).

Jika burung kenari sudah dapat dijinakkan, anda dapat bermain dengan bebas di alam terbuka. Tentu saja hal ini membutuhkan proses yang cukup lama dan dibutuhkan ketekunan dalam melatihnya. Berikut beberapa cara menjinakkan burung kenari yang dapat anda coba.

Cara Menjinakkan Kenari Anakan

Kenari anakan lebih mudah untuk dijinakkan daripada kenari bakalan. Berikut beberapa cara menjinakkan burung kenari yang masih anakan.

Loading...

1. Memiliki Kecintaan terhadap Burung

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk menjinakkan burung adalah memiliki kecintaan terhadap burung. Burung kenari adalah salah satu burung yang dapat menjadi teman anda. Hal ini karena kenari yang sudah jinak dapat anda ajak bermain di alam terbuka. Selain itu, burung ini layaknya burung kakak tua yang dapat akrab dengan manusia.

Kecintaan terhadap burung akan membuat anda mencari tahu banyak informasi mengenai burung. Hal ini penting karena anda dapat mengetahui karakteristik dari kenari sehingga lebih mudah dalam menjinakkannya.

2. Memberi Nama

Sebelum anda memulai untuk menjinakkan burung kenari sebaiknya anda memberinya nama terlebih dahulu. Dengan demikian, burung kenari akan menunjukkan keakraban dan kebiasaannya saat melakukan interaksi dengan anda. Anda dapat memberikan dengan nama yang lucu dan unik. Pilihlah sebuah nama yang paling sesuai dengan keinginan anda.

3. Pemotongan Bulu Sayap

Banyak pemilik burung kenari yang melakukan pemotongan bulu sayap dengan tujuan menjinakkan burung kenari. Hal ini dilakukan agar burung kenari tidak kabur dan menghilang. Anda sebaiknya meminta bantuan orang yang berpengalaman untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jika anda ingin melakukannya sendiri, anda bisa mengikuti komunitas pecinta burung sehingga anda tahu cara melakukan hal tersebut.

4. Memberi Makan

Cari lain menjinakkan burung kenari adalah memberinya makan. Makanan kenari harus disesuaikan dengan umurnya. Pemberian makan setiap hari akan menghadirkan intensitas pada pemilik sehingga burung akan lebih akrab dengan anda.

Suara burung kenari dipengaruhi oleh makanannya. Jika makanannya berkualitas maka suara burung kenaripun berkualitas, dan sebaliknya. Oleh karena itu, jika anda menginginkan burung kenari dengan suara yang indah dan juga gacor maka perhatikan makanan burung anda. Dengan memiliki suara yang indah, maka burung kenari anda dapat memenangkan perlombaan kicau burung.

Salah satu makanan kenari adalah kroto. Kroto adalah telur semut rangrang dan memiliki protein yang sangat tinggi. Kenari sangat menyukai makanan ini. Namun, ada beberapa kenari yang juga tidak menyukainya. Oleh karena itu sebagai pemilik anda harus mengetahui makanan kesukaan burung anda. Selain itu, kenari juga menyukai telur puyuh rebus, apel, daun mengkudu muda, biji-bijian, dan sebagainya.

5. Meloloh

Cara menjinakkan kenari berikutnya adalah melatih terbang dengan cara meloloh. Biarkan burung anda belajar terbang dengan pemberian makanan di tangan anda. Anda dapat memulainya dari jarak dekat hingga jarak jauh. Cobalah untuk memulai melakukannya dari dalam sngkar terlebih dahulu. Burung yang asik di dalam kandang dapat ditarik perhatiannya dengan meloloh makanan yang disukai burung kenari anda. Nah, jika tahap ini sudah dapat berhasil anda lakukan, tahap selanjutnya adalah meloloh dengan jarak yang lebih jauh.

6. Pelatihan di Ruang tertutup

Jika burung kenari anda sudah terbiasa dengan tangan, anda dapat mengeluarkan burung anda dari dalam sangkar. Anda dapat memulainya di ruangan tertutup. Hal ini bertujuan untuk menghindari burung terbang dan menghilang. Dengan melakukan kebiasaan meloloh di ruangan tertutup burung akan terbiasa dengan anda. Selanjutnya anda dapat melatihnya di ruangan terbuka atau alam terbuka.

7. Pelatihan Di Luar Ruangan

Jika anda merasa cukup yakin burung dapat meloloh di tangan dengan baik di ruangan tertutup, anda dapat membawanya ke luar ruangan. Hal ini dapat dilakukan dengan hati-hati dan dengan pengaman pada kakinya untuk mengantisipasi burung terbang jauh.

8. Mengajarinya Bertengger Di Tangan

Sebagai pemilik baru anda dapat melakukan pembiasaan dengan menggunakan tangan anda. Pada burung anakan hal ini akan mudah anda lakukan. Kenari kesayangan anda akan terbiasa untuk bertengger di bagian tangan sehingga interaksi dengan manusia semakin mudah dan intens.

9. Memberi Tempat Tongkrongan

Jika burung kenari anda sudah terbiasa dan aman di luar ruangan, anda dapat membuatkannya tempat tongkrongan baru di luar ruangan. Cara menjinakkan kenari ini cukup mudah bukan?

10. Melatih Dengan Berbagai Alat Sederhana

Anda juga dapat memberikan pelatihan dengan alat sederhana. Dengan melakukan ini burung anda akan beraktivitas dengan baik. Lakukan pelatihan secara berulang-ulang sehingga burung dapat melakukan kegiatan layaknya atraksi sirkus. Jika anda berhasil melakukannya, akan sangat menyenangkan bukan?

Cara Menjinakkan Kenari Bakalan :

Jika anda mulai memelihara kenari yang sudah dewasa tentu akan lebih sulit lagi menjinakkannya. Berikut beberapa cara menjinakkan burung kenari bakalan yang dapat anda coba.

1. Paksa Di Tempat Ramai

Jika anda baru membeli burung kenari liar, anda sebaiknya tidak menggantangkan burung di tempat yang sepi. Kebanyakan orang melakukan cara ini. Tetapi sebenarnya cara ini keliru. Seharusnya gantung saja di tempat yang ramai dan banyak dilalui banyak orang. Pada awalnya burung akan klabakan dan mengalami bulu rusak. Namun anda tak perlu khawatir. Beberapa bulan kedepan burung anda akan jinak dan bulu kembali tumbuh.

2. Kosongkan Tempat Makan

Jika burung anda masih liar, anda dapat mengosongkan pakan burung. Hal ini akan membuat burung kelaparan. Kemudian anda dapat memulai memberinya pakan dengan lidi. Jika burung tetap tidak mau makan ulangi lagi setelah beberapa jam. Anda dapat mengulangi langkah tersebut hingga burung anda mau memakannya. Hal ini terbilang cukup sadis tapi sangat efektif untuk menjinakkan burung kenari bakalan.

3. Perawatan Harian

Jika pagi hari bukalah kerodong dan bawa keluar rumah untuk dimandikan. Durasi pemandian untuk burung kenari bakalan diusahakan lebih lama daripada anakan. Usahakan burung sampai basah kuyup dan mandikan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

4. Penjemuran

Penjemuran boleh dilakukan selama tiga jam. Selain itu gantang burung di tempat yang ramai agar terbiasa dengan lingkungan sekitar. Coba lakukan cara tersebut dalam waktu seminggu, dijamin kenari anda akan jinak dengan cepat.

5. Tempat Gantangan

Jika burung selesai dijemur, gantang burung di tempat yang teduh dan banyak dilalui orang. Kalian juga boleh meletakannya di ruang tamu atau ruang berkumpul dengan keluarga. Ketika jam tiga beri makan burung kenari anda dengan EF.

6. Waktu Beristirahat

Sekitar jam 5 kerodong kembali burung dan ambil cepuk yang berisi voer dan air. Usahakan selama istirahat jangan ada makanan di dalam sangkar. Proses tersebut sacara tidak sadar dapat menjinakkan kenari dengan sendirinya.

7. Jangan Menempatkan di Sangkar Besar

Dalam menjinakkan kenari bakalan ada cara mudah namun sering disepelekan yaitu jangan meletakkan burung bahan atau ombyokan tersebut di sangkar yang terlalu besar. Jika di sangkar atau kandang besar burung juga susah ditangkap dan dijinakkan.

Baca Juga: Cara Menurunkan Birahi Kenari Dalam Waktu 1 Hari

Nah itu dia tips tentang pengetahuan cara menjinakkan kenari anakan, bakalan, bahan atau omyokan dengan mudah. Namun yang perlu anda pahami yaitu dalam menjinakkan burung kenari jangan sampai membuatnya stres. Karena jika sampai burung stres maka burung tersebut akan mudah mati. Apa lagi burung bakalan yang memang sangat rentan mati. Jangan lupa untuk membaca tips burung kenari lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Kenari

To Top