27 Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Kenari Bersisik - Hewan.id
Advertisements

27 Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Kenari Bersisik

Kenari

27 Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Kenari Bersisik

Kaki berkerak atau bersisik (scaly leg) rata-rata disebabkan oleh Knemidokoptes pilaeyaitu jenis tungau berkaki delapan yang masih mempunyai hubungan saudara dengan laba-laba, kalajengking, dan kutu tetapi ukurannya sangat kecil dan sulit dilihat dengan mata telanjang.

Kaki Kenari Bersisik

Teman teman mungkin saat ini lagi mencari cara mengatasi kaki bersisik. Banyak orang mengatakan kaki kenari bersisik, menandakan bahwa kenari tersebut sudah pasang usia alias sudah tua. Padahal tidak begitu, banyak faktor yang menyebabkan kaki kenari bisa bersisik. Untuk itu di sini kita akan membahas  beberapa faktor penyebab serta cara mengobati kaki kenari bersisik.

Penyebab Kaki Kenari Bersisik :

Pada dasarnya setiap penyakit memiliki gejala-gejala yang ditimbulkan dari beberapa sebab yang terjadi sebelumnya. seperti halnya penyakit kaki kenari bersisik, sebelum membahas banyak cara mengatasinya, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui  apa penyebabnya.  Berikut saya kupas satu persatu di bawah ini;

1. Ukuran Sangkar

Ukuran sangkar yang sempit sangat memengaruhi kondisi kesehatan  kenari, sangkar yang kecil juga membatasi ruang gerak burung kenari sehingga menyebabkan kaki kenar bersisik.

2. Kebiasaan Bertengger

Kebisaan burung bertengger di bagian sisi-sisi sangkar juga dapat menyebabkan terjadinya sisik pada kaki kenari. Apalagi ruang geraknya dalam sengkar tersebut sempit. Jadi untuk kenyamanan dan keamanan kesehatan burung sebaiknya menggunakan sangkar yang tidak terlalu kecil. Untuk mencegah terjadinya kaki kenari bersisik.

Loading...

3. Jarang Dimandikan

Burung yang jarang dimandikan oleh pemiliknya, akan terlihat kusam dan acak acakan. Baik bulu dan kulit disekitar betis dan kakinya. Hal ini juga menjadi faktor utama terjadinya kaki kenari bersisik.

4. Kurangnya Asupan Gizi

Kekurangan asupan pakan yang mengandung lemak juga menjadi faktor utama terjadinya kaki kenari bersisik akibat jamur. Mengapa demikian. Karena Tubuh yang kurus dan kulit yang kering akibat buruknya gizi menyebabkan burung suka memetuk kakinya sendiri.

5. Sangkar Yang Kotor

Kondisi Sangkar burung yang kotor akibat jarang dibersihkan akan menimbulkan berkumpulnya bakteri padaburung kaki kenari sehingga menyebabkan kaki kenari besisik akibat jamur.

Terbentuknya sisik- sisik pada kaki kenari  memang tidak bisa dihindari.  Apalagi kenari tersebut sudah berumur tua. Akan tetapi tidak selamanya sisik –sisik tersebut akan dibiarkan begitu saja. karena hal itu dapat menimbulkan benjolan-benjolan pada kaki kenari dan dapat mengganggu kelincahan serta kenyamanan burung kenari saat berbunyi. Jadi Itulah beberapa hal yang jadi penyebab kaki kenari bersisik. Untuk itu segera lakukan langkah langkah penyembuhan atau pengobata alternatif sesegera mungkin.

Cara Mengobati Kaki Kenari Bersisik

Ada banyak cara dalam upaya melakukan penyembuhan terhadap kaki kenari yang Bersisik. Salah satunya menggunakan cara yang tradisional seperti di bawah ini.

1. Menangkap Burung Kenari

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menangkap burung kenari yang kakinya bersisik. Lalu posisikan dengan benar digenggaman tangandan usap  berlahan-lahan agar  burung kenari merasa nyaman dan tidak berontak.

2. Mencuci Dengan Air

Setelah burung kenari merasa nyaman di tangan lalu cuci bagian-bagian yang kotor kaki kenari bersisik lalu basuh menggunakan air hangat

3. Mengelupas Bagian Uang Bersisik

Setelahselesai dibasuh dengan air hangat dan kulit di bagian kaki sudah dirasalunak kelupas sedikit demi seikit sisik-sisik kaki kenari tersebut sambil dibasahi dengan air hangat.

4. Sediakan Obat Antiseptik

Jika terdapat luka  pada bagian kaki  saat proses pembersihan sisik  ada baiknya  rendam kaki burung kenari ke dalam cairan antiseptik seperti Revanoll. Untuk mendapatkan obat ini banyak tersedia di apotik.

5. Sediakan Tissu Pengering

Setelah selesai direndam bagian kaki yang luka dan sudah terlihat bersih, kemudian keringkan  kaki kenari bersisik menggunakan tissu tau kain yang bersih sampai kaki kenari betul-betul kering.

6. Oleskan Salep Bio Clean

Setelah kakinya benar benar kering, obati kaki yang Bersisik tersebut menggunakan  salep jamur “ salep Bio Clean yang sudah terbukti membasmi jamur.

7. Gunakan Minyak Tanah Atau Minyak Tawon

Jika kebetulan anda tidak menemukan selep Bio Clean, bisa gunakan minyak tanah atau minyak tawon sebagai gantinya, caranya dioleskan ke kaki kenari bersisik dan sekitarnya. Lalu biarkan sampai mengering.

8. Gunakan Salep 88

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan kenari cepat sehat dan pulih kembali,gunakan salep 88. Caranya oleskan pada bagian-bagian kaki yang sebelumnya sudah diolesi minyak tanah atau tawonitu.

9. Karantina Selama 2 Hari

Saat masa karantina usahakan kondisi burung sudah dalam keadaan bersih, selama 2 hari menjalani karantina burung kenari tidak boleh dimandikan, karena pada saat itu fungsi obat masih bereaksi. Setelah 2 hari berlalu, baru kemudian kaki kenari yang sudah diobati tersebut dicuci menggunakan air hangat. Lalu setelah itu usap menggunakan tissu hingga benar-benar kering.

10. Tanda-Tanda Adanya  Kesembuhan

Biasanya setelah proses di atas sudah selesai dilakukan. Terdapat tanda-tanda kesembuhan yang bisa dilihat dari  raut wajah burung terlihat ceria. Dan sisik-sisik mulai mengelupas bersih dan kering. Itu artinya penyakit kaki kenari Bersisik sudah ada tanda-tanda kesembuhan.

11. Lakukan Perawatan Secara Berkelanjutan

Setelah kaki kenari mulai sembuh. Usahakan jangan remehkan kesehatannya, hindari makanan dan minuman yang kotor dan kadaluarsa. Tak kalah penting juga kebersihan sangkar harus benar-benar diperhatikan dan terjaga.  Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan juga dalam merawat dan menjaga kesehatan burung kenari antara lain:

  • Beri Pakan Bernutrisi Tinggi
  • Berikan biji-bijian yang disukai burung kenari. Seperti biji millet, niger, canary seed dan lain-lain. Jika pakan pabrikan, berikan sedikit-sedikit setiap hari agar kualitas atau protein dan vitamin dalam pakan tersebut selalu bagus.  terlalu banyak pakan yang diberikan bisa menyebabkan pakan rusak.
  • Air Minum Selalu Bersih
  • Selain dari lingkungan, tempat, kurangnya nutrisi, air yang kotor dan keruh juga menimbulkan Penyakit. Maka dari itu, lakukan penggantian air sewaktu-waktu di saat air minumnya  sudah terlihat kotor dan keruh. Selain itu air yang bersih akan membuat burung  kenari sehat dan lincah, menambah kicau suara yang tetap terdengar indah dan merdu.
  • Jemur selama 1 Jam Di  Pagi Atau Sore Hari
  • Lakukan penjemuran terhadap burung kenari secukupnya. Lebih baik  lakukan penjemuran sebelum  jam sepuluh pagi. Atau pada jam 3 sore selama 1 jam.
  • Lindungi Dari Udara Malam Hari
  • Burung kenari sangat tidak suka dan tidak cocok dengan cuaca udara di malam hari. Sebaiknya letakkan  burung kenari pada malam hari di bawah atap. Atau lebih  amannya lagi masukkan ke dalam rumah.
  • Berikan Vitamin Khusus Burung.
  • Selain pakan biji-bijian, juga perlu ditambahkan pakan yang mengandung multi vitamin dan mengandung  nutrisitinggi, agar pemenuhan gizi burung kenari tersebut tercukupi. Ada beberapa vitamin dan suplemen yang baik dan bisa meningkatkan kesehatan dan  stamina burung kenari  bisa bertambah, seperti OrBird. Dengan begitu, burung kenari akan tetap sehat, lincah, kicau suara yang dimiliki  akan semakin bersih indah, merdu saat di dengar.
  • Dengan beberapa informasi di atas, semua yang menyangkut  masalah kaki kenari bersisik yang terjadi pada kenari peliharaan anda akan dapat dengan mudah diatasi dan terkendali dengan aman. Tanpa harus jauh jauh datang ke dokter hewan.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengobati Kebotakan Pada Kenari

Dalam mencegah terjadinya kaki bersisik pada burung kenari hal wajib yang anda lakukan yaitu manjaga kebersiahan sangkar atau kandang. Selain menjaga tempat tinggalnya, anda juga harus menjaga kebersiahan kenari itu sendiri. Jangan lupa untuk membaca tips burung kenari lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kenari

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top