Connect with us

20 Makanan Kelinci yang Sehat dan Alami

Makanan Kelinci, Pakan Kelinci, Sayuran dan Buah untuk Kelinci

Kelinci

20 Makanan Kelinci yang Sehat dan Alami

20 Makanan Kelinci yang Sehat dan Alami

Loading...

Makanan kelinci itu sayuran dan buah-buahan tertentu. Memelihara kelinci adalah hobi yang disukai anak kecil. Kelinci adalah binatang yang menggemaskan.

Namun sejak banyak bermunculan kelinci hias, kini tren hobi kelinci juga menjangkiti orang dewasa. Bahkan harga kelinci mendadak naik berkali-kali lipat, hingga tembus jutaan rupiah. Ini akan sangat menguras kantong.

Makanan Kelinci, Pakan Kelinci, Sayuran dan Buah untuk Kelinci

Loading...

Sebenarnya memelihara kelinci itu susah. Kita tidak bisa sembarangan memberikan makanan padanya. Apalagi kalau jenisnya kelinci hias. Pakannya harus khusus. Seperti rumput yang dibeli dari Pet Shop, ini adalah rumput impor yang dikeringkan.

Tapi ada semacam keyakinan di masyarakat lokal Indonesia. Pada dasarnya, makanan binatang peliharaan itu apa saja baik, asalkan alami. Makanan yang anti mainstream justru terkadang memberikan efek yang jauh lebih baik.

Berikut adalah daftar makanan kelinci yang sehat dan alami. Disusun berdasarkan pengalaman orang sudah sukses memelihara kelinci:

1. Wortel

Makanan Kelinci, Wortel

Ini bukan sekadar mitos atau cerita dalam kartun semata. Ternyata kelinci memang sangat menyukai wortel. Usahakan wortelnya yang masih muda dan segar. Supaya jadi lahap makannya.

2. Rumput

Makanan Kelinci, Rumput

Rumput yang bisa dipakai sebagai makanan kelinci itu ada banyak. Misaalnya rumput teki, rumput gajah atau rumput kering kemasan yang dijual di petshop. Semua itu baik untuk pertumbuhan kelinci.

3. Kangkung

Makanan Kelinci Kangkung

Kangkung juga menjadi makanan kelinci. Belilah seikat kangkung yang bisa digunakan untuk 2 kali makan. Tapi sebaiknya, sayuran kangkung ini hanya diberikan 1 minggu sekali saja. Harus digilir dengan jenis sayuran lain. Supaya gizinya lebih seimbang.

4. Sawi

Makanan Kelinci Sawi

Selanjutnya, makanan kelinci adalah sawi. Bisa menggunakan sawi yang hijau maupun putih. Yang penting sawinya masih segar. Karena kelinci juga makhluk hidup yang menyukai makanan segar.

5. Kobis

Makanan Kelinci Kobis

Makanan kelinci selanjutnya adalah kobis. Daun yang juga disebut Kol ini begitu menggoda selera makan kelinci. Bisa coba berikan Kobis Putih atau Kobis Ungu. Kelinci sangat suka dan lahap.

6. Brokoli

Makanan Kelinci Brokoli

Sayuran brokoli terkenal mahal. Ini karena bibit brokoli sendiri juga mahal. Belum lagi budidayanya juga susah. Kalau memang ada dana cukup, sesekali belikanlah kelinci kesayangan brokoli. Karena mereka sungguh doyan.

7. Tomat

Makanan Kelinci Tomat

Makanan kelinci selanjutnya adalah tomat. Sayuran buah ini penuh vitamin dan antioksidan yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan kelinci. Pemberian tomat aman dilakukan tiap hari, dengan dosis 1 kali saja di pagi atau siang hari.

8. Bayam

Makanan Kelinci Bayam

Bayam amat baik untuk kesehatan kelinci. Jika ingin punya kelinci yang kuat bagaikan tokoh kartun popeye, bisa coba berikan bayam setiap seminggu sekali. Digilir pula dengan jenis sayuran lain.

9. Daun Wortel

Makanan Kelinci Daun Wortel

Tidak hanya buahnya saja, daun wortel juga menjadi kegemaran kelinci. Biasanya daun ini mudah didapatkan di area perkebunan wortel langsung. Beli saja langsung dari petani wortel.

10. Daun Lobak

Makanan Kelinci Daun Lobak

Buah lobak memang pahit, tapi daunnya sangat disukai kelinci. Makanan kelinci dari daun lobak ini baik sekali dalam memberikan perlindungan antibody pada kelinci lokal maupun hias.

Baca Lagi: 12 Jenis-Jenis Ikan Kerapu, Harga Ikan Kerapu Terbaru

11. Labu Kuning

Makanan Kelinci Labu Kuning

Sayuran buah labu kuning ini memang sangat lezat. Dan ternyata bisa jadi alternatif makanan untuk kelinci pula. Pilihlah labu yang sudah matang, sehingga teksturnya lembut untuk kelinci.

12. Apel

Makanan Kelinci Apel

Rupanya, kelinci juga sangat menyukai apel. Makanan kelinci yang terbuat dari apel ini bisa memakai jenis apel hijau maupun merah. Sebaiknya apel dalam kondisi segar, jangan yang busuk.

13. Pear

Makanan Kelinci Pear

Pear sangat lezat memang. Bagus untuk mencegah dehidrasi dan membuat tubuh jadi kuat. Kelinci pun sangat doyan pear. Coba saja berikan, pasti dimakan!

14. Mangga

Makanan Kelinci Mangga

Buah mangga juga bisa diolah menjadi makanan kelinci. Tentunya mangganya dikupas dulu. Karena kalau tidak dikupas, kelinci tidak bakal mau makan.

15. Pepaya

Makanan Kelinci Pepaya

Untuk yang punya budget membeli buah yang sedikit. Bisa pilih pepaya saja. Buah ini murah harganya dan sangat baik diberikan pada kelinci.

16. Melon

Makanan Kelinci Melon

Melon kuning dan melon hijau amat baik diolah jadi makanan kelinci. Cukup dipotong dadu saja dan sedikit ada yang diblender. Kelinci akan lahap memakannya!

17. Pisang

Makanan Kelinci Pisang

Pilhan jenis pisang untuk makanan kelinci ada banyak. Yang penting pisangnya sudah masak. Supaya rasanya enak dan kelinci mau makan.

18. Seledri

Makanan Kelinci Seledri

Seledri memang jenis sayuran yang sangat harum, segar dan menggugah selera. Jika punya persediaan seledri melimpah di kulkas, bisa kok diolah jadi makanan kelinci.

19. Caisim

Makanan Kelinci Caisim

Caisim adalah sayuran yang populer digunakan untuk campuran masakan Cina. Rupanya, hewan pengerat macam kelinci doyan banget loh makan caisim.

20. Selada Air

Makanan Kelinci Selada Air

Alternatif makanan kelinci selanjutnya adalah selada air. Bisa memberikan selada yang sudah menguning maupun masih hijau. Tapi disarankan yang masih hijau saja dan segar.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kelinci

To Top