19 Gejala Kelinci Sakit, Tanda-Tanda Penyakit Kelinci
Advertisements

19 Gejala Kelinci Sakit, Tanda-Tanda Penyakit Kelinci

Penyakit Kelinci, Gejala Kelinci Sakit

Kelinci

19 Gejala Kelinci Sakit, Tanda-Tanda Penyakit Kelinci

19 Gejala Kelinci Sakit, Tanda-Tanda Penyakit Kelinci

Gejala Kelinci Sakit merupakan tanda-tanda serangan penyakit pada kelinci. Yang membuat kelinci jadi drop kesehatannya. Biasanya serangan sakit pada kelinci sangat kentara dan mudah dikenali. Manusia pasti akan langsung tahu.

Penyakit kelinci dapat disebabkan karena bakteri, virus, racun maupun daya tahan tubuh yang menurun karena pola makan dan asuh yang buruk. Namun bisa pula karena faktor usia, genetik dan pengaruh hormon adrenalin.

Kelinci Sakit, Penyakit Kelinci, Gejala Kelinci Sakit

Kelinci bisa pula tampak sakit setelah melakukan hubungan reproduksi alias kawin. Banyak terjadi kelinci lemas dan lemah usai kawin. Tentunya terjadi pada kelinci indukan. Namun apapun penyebab dan gejala kelinci sakit haruslah diobati segera.

Terlambat penanganan dan pengobatan atas penyakit kelinci bisa membuat kelinci mati. Tentu semua orang yang pelihara kelinci tidak mau ini terjadi. Untuk itu, silahkan pahami 19 gejala kelinci sakit di bawah ini. Beserta cara mengobati dan vitamin yang dianjurkan untuk diberikan selama masa penyembuhan.

Penyakit Kelinci, Gejala Kelinci Sakit

Penyakit Kelinci, Gejala Kelinci Sakit

1. Kelinci Tampak Lesu dan Lemah

Jika kelinci sedang sakit, maka ia akan terlihat lesu dan lemah. Tampak sekali perubahannya dari ketika sehat. Biasanya, jika sedang sehat, kelinci kan tampak segar bugar dan suka berlarian kesana kemari. Kalau sakit, jadinya diam aja.

2. Gejala Kelinci Sakit Jadi Jarang Bergerak

Mulailah curiga ketika kelinci diam aja. Karena pergerakan kelinci yang berkurang ini patut diwaspadai sebagai tanda-tanda hadirnya penyakit.

Loading...

3. Tanda Kelinci Sakit Jadi Suka Tidur

Kelinci biasanya tidur di malam hari. Kalau di pagi, siang dan sore ia suka tidur terus. Maka kemungkinan besar memang sedang sakit. Gejala kelinci sakit ini kadang tidak disadari pemiliknya. Tahu-tahu kelincinya sudah mati saja. Meski dikiranya sedang tidur belaka!

4. Perubahan Warna Mata

Normalnya kelinci punya warna mata hitam atau merah. Nah, kalau kelincinya berubah warna mata jadi putih keruh, abu-abu, hijau atau biru. Patutlah curiga sedang terjadi infeksi mata, amcam katarak saja. Kelinci bisa pula alami kebutaan.

5. Warna Daun Telinga Berubah

Gejala kelinci sakit sangat mudah ditengarai dari daun telinganya. Kalau warna daun telinganya berubah jadi pucat, keluar cairan dan kotoran absurd. Maka ini sudah tentu kelincinya sedang sakit.

6. Keluar Cairan atau Busa dari Mulut

Hati-hatilah bilamana keluar cairan dan busa dari mulut kelinci. Ini kemungkinan kelincinya mengalami keracunan, gangguan pencernaan atau habis menelan sesuatu hingga tersedak parah.

7. Kelinci Muntah-Muntah

Kalau kelincinya muntah-muntah terus berhari-hari. Ini sangat bahaya dan sebaiknya segera dipisahkan dari kelinci lainnya. Kelinci yang muntah-muntah ini mesti dipisahkan kandangnya. Sebelum menulari yang lainnya.

8. Gigi Tampak Lebih Kotor dan Runcing

Amatilah gigi kelinci karena ini bisa menjadi gejala kelinci sakit yang paling jelas. Gigi yang menguning, menghitam atau justru memutih sekali seperti kapur. Apalagi juga meruncing giginya. Ini sudah merupakan gangguan kesehatan pada mulut kelinci.

9. Kelincinya Pingsan

Tidak hanya manusia saja yang bisa pingsan, kelinci pun bisa. Ketika kelinci pingsan, maka akan nampak seperti tidur terus tapi masih bernapas.

10. Ibu Kelinci Enggan Menyusui Anaknya

Jika anda melihat kelinci enggan menyusui anaknya, ini kemungkinan karena sedang sakit. Gejala sakit kelinci memang amat kentara terlihat dari pola menyusui begini.

Baca Lagi: 23 Cara Beternak Kelinci Hias untuk Pemula dan Profesional

11. Gejala Kelinci Sakit Jadi Enggan Kawin

Hati-hatilah bila perilaku kawin kelinci berubah. Dari yang tadinya aktif menjadi pasif. Ini juga merupakan gejala kelinci sakit yang terkadang terabaikan oleh manusia. Padahal kawin adalah jalur reproduksi yang mesti terus berlanjut.

12. Perubahan Sikap Kelinci Jadi Suka Menyendiri

Pada dasarnya kelinci adalah binatang yang suka bergumul dengan teman-temannya. Ketika kelincinya menyendiri, maka ia kemungkinan besar sedang sakit. Amatilah perilaku pergaulan kelinci selalu, jadi bisa cepat antisipasi kalau kelincinya sakit.

13. Nafsu Makan Kelinci Hilang

Ketika kelinci hilang nafsu makannya, bisa disebabkan karena sedang sakit. Makanya perhatikan betul-betul perubahan pola makan macam ini.

14. Tidak Mau Minum

Selain itu, gejala kelinci sakit juga meliputi tidak mau minum. Padahal sebagai makhluk hidup, kelinci harus minum.

15. Suhu Tubuh Kelinci Sangat Panas atau Sangat Dingin

Suhu tubuh kelinci yang berubah jadi panas atau justru sangat dingin juga patut dicurigai sebagai gejala kelinci sakit. Sebaiknya periksakan saja ke dokter hewan kalau terjadi. Biar diberi resep obat.

16. Kelincinya Jalannya Pincang

Jika kelinci jalannya pincang itu berarti ada gangguan pada tulang-belulangnya. Namun juga berarti kelinci sedang gangguan imunnya. Sehingga lemas kalau berjalan dan jadi tersandung-sandung.

17. Sering Tampak Terkapar dan Seperti Kesakitan

Patut dicurigai sebagai gejala kelinci sakit kalau mendadak terkapar dan kesakitan kelincinya.

18. Mencret Pada Kelinci dan Warna Tinja Berubah Hitam

Jika kelinci mencret, sudah pasti binatang ini kena penyakit mencret ini. Perubahan warna pada tinja kelinci jadi hitam juga menjadi tanda ada gangguan pencernaan kelinci.

19. Kelinci Batuk-Batuk

Batuk-batuk pada kelinci juga merupakan gejala kelinci sakit. Apalagi kalau batuknya disertai muntah juga.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kelinci

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top