Connect with us

15 Perbedaan Katak dengan Kodok, Berdasarkan Ciri Fisiknya

Perbedaan Kodok dengan Katak

Katak

15 Perbedaan Katak dengan Kodok, Berdasarkan Ciri Fisiknya

15 Perbedaan Katak dengan Kodok, Berdasarkan Ciri Fisiknya

Loading...

Perbedaan Katak dengan Kodok sangatlah mendasar, namun selama ini orang sering menganggap keduanya binatang yang sama. Orang memandang bahwa nama mereka hanyalah sinonim yang merujuk pada binatang amphibi yang bisa meloncat-loncat.

Memang keduanya sama-sama dari ordo Anura. Namun memiliki perbedaan besar. Bahkan, penyebutan keduanya dalam bahasa Inggris itu beda. Katak dijuluki Frogs, sedangkan Kodok adalah Toads.

perbedaan katak dengan kodok

perbedaan katak dengan kodok

Loading...

Di zaman rezim kepemimpinan Pak Jokowi, hewan amphibi ini memang mendadak tenar karena Pak Jokowi memelihara ribuan Bangkong di Istana Bogor. Menurut pengakuan beliau, suara Bangkong itu bagus, bikin tenang di malam hari.

Apa itu Bangkong? Ternyata Bangkong adalah nama lain Kodok. Jadi Presiden kita ini peliharanya Kodok, bukan Katak. Jumlah Bangkong milik Pak Jokowi kurang lebih 2000 ekor yang dilepas di halaman rumah dinasnya yang menyatu dengan Kebun Raya Bogor itu.

Kodok Pak Jokowi

Kodok Pak Jokowi

Kemudian si Kecebong, yang merupakan fase kecil dari Katak maupun Kodok. Dia lebih terkenal lagi semenjak Kaesang Pangarep menggunakan Kecebong sebagai brand clothingnya. Bisnis kaos Kecebong milik putra Pak Jokowi ini lucu banget dan patut diapresiasi.

Nah, daripada kebanyakan refleksi pikiran dan nggosipin Bangkong peliharaan Pak Presiden. Mending langsung aja deh, simak perbedaan katak dengan kodok di bawah ini:

Yang Mana Katak-Yang Mana Kodok

Yang Mana Katak-Yang Mana Kodok

1. Warna

Mula-mula untuk membedakan frog dengan toad, mulailah dari melihat warna tubuhnya. Ternyata katak itu warnanya hijau, sedangkan kodok warnanya coklat. Perbedaan katak dengan kodok ini sangat mudah dipahami, kan?

Memang ada beberapa spesies katak yang bukan hijau, namun coklat bahkan ungu. Namun mayoritas katak itu hijau. Begitu pun dengan kodok, ada pula yang kehijauan, namun warna coklat atau gelap selalu jadi warna dasarnya.

2. Ukuran Tubuh

Untuk melihat perbedaan katak dengan kodok juga bisa melihat dari ukuran tubuhnya. Katak itu kecil, sedangkan kodok lebih besar. Umumnya daging kodok memang lebih tebal daripada katak dan biasanya yang dimanfaatkan oleh manusia adalah daging kodok.

3. Tekstur Kulit

Sangat mudah menganalisis perbedaan katak dengan kodok dari tekstur kulitnya. Sebab, katak itu kulitnya halus. Sedangkan kodok kulitnya kasar penuh dengan granul atau tonjolan-tonjolan kecil maupun besar. Hati-hati dengan kulit keduanya karena sama-sama beracun. Racun hewan amfibi dari ordo anura ini memang salah satunya dihembuskan melalui kulit.

4. Bentuk Kaki

Kemudian perbedaan katak dengan kodok juga mudah ditengarai dari bentuk kakinya. Kodok memiliki kaki belakang yang pendek. Sedangkan katak kaki belakangnya panjang. Ini membuat katak lebih pandai berenang daripada kodok. Selain itu, kaki katak punya selaput tipis di antara jari-jarinya. Sedangkan kodok biasanya tidak.

5. Suara

Bisa juga melihat perbedaan katak dengan kodok dari suaranya. Ternyata kodok bersuara lebih keras daripada katak. Bahkan seringkali katak diam saja, namun kodok yang sangatlah berisik. Tak jarang kodok seakan melakukan paduan suara dengan gerombolannya untuk menggoda kodok perempuan agar mau dikawini.

Perbedaan Kodok dengan Katak

Perbedaan Kodok dengan Katak

6. Kemampuan Meloncat

Katak memiliki kemampuan meloncat yang jauh lebih baik daripada kodok. Ini disebabkan karena kaki belakangnya yang panjang. Selain itu memamng katak cenderung menghindari pertikaian dengan makhluk lain. Ia lebih senang menghindar kalau papasan dengan manusia. Beda dengan kodok, yang kalau ketemu manusia malah diam saja, tanpa gerakan sedikit pun.

7. Bau Tubuh

Jika melihat perbedaan katak dengan kodok dari bau tubuhnya, rupanya keduanya sama-sama bau. Namun katak jauh lebih bau daripada kodok. Hati-hati dengan bau katak karena biasanya kalau katak sudah bau tidak enak itu artinya ia sedang mengeluarkan racunnya.

8. Perbedaan Katak dengan Kodok Dilihat dari Perilaku

Melihat perbedaan katak dengan kodok dari perilakunya amat mudah. Dari tingkat agresif saja, katak lebih agresif daripada kodok. Ia selalu aktif bergerak, beda dengan kodok yang sukanya diam saja seperti sedang bertapa.

9. Telur

Sangat mudah memang mengenali telur dari binatang ordo Anura. Namun perbedaan katak dengan kodok ini pun rupanya terlihat dari telurnya juga. Telur katak itu membentuk jalinan yang panjang bagaikan rantai. Sedangkan telur kodok nampak bergerombol. Biasanya katak maupun kodok menempelkan telur-telurnya pada bebatuan, cadas, batang tanaman atau pondasi pinggiran sungai.

10. Lidah

Perbedaan katak dengan kodok juga dapat terlihat dari bentuk lidahnya. Lidah katak itu panjang dan seakan ada lem perekatnya. Tujuannya agar ia bisa memangsa serangga dengan mudah tanpa menghampiri serangga itu agar tidak kabur. Sementara kodok lidahnya pendek dan normal saja tanpa zat perekat. Sebab kodok kalau memangsa makanannya itu dengan cara mendekati mangsanya langsung.

Perbedaan Katak dengan Kodok

Perbedaan Katak dengan Kodok (Katak Vs Kodok)

11. Adaptasi dalam Rantai Makanan

Melihat perbedaan katak dengan kodok dalam hal fisiknya tak serta merta membuat katak lebih unggul daripada kodok. Nyatanya, jika melihat dari siklus adaptasi dalam rantai makanan. Rupanya kodok lebih mampu bertahan hidup. Sebab semua binatang enggan memakan kodok. Jadi kodok itu tidak ada mangsanya, kecuali manusia yang hobi berburu kodok ini.

Beda dengan katak, kalau katak itu mangsanya banyak. Ia memiliki banyak predator yang siap menerkamnya. Terutama dari golongan binatang besar dari bangsa kucing-kucingan di daratan. Atau ikan-ikan besar dan buaya kalau sedang berada di perairan. Mungkin ini terjadi karena daging katak dirasa lebih enak.

12. Racun

Tidak ada perbedaan katak dengan kodok yang signifikan dalam hal racunnya. Sebab keduanya sama-sama beracun. Namun konon racun katak lebih beragam dan mematikan daripada racun kodok. Kalau mitos di pedesaan, racun kodok paling besar itu ada di air kencingnya yang bisa membuat buta mata manusia. Sedangkan katak ada pada kulitnya.

13. Habitat

Sangat mudah mengenali perbedaan katak dengan kodok dari habitatnya. Katak suka dengan habitat yang banyak airnya. Ia akan tinggal di dekat sungai, rawa, danau atau mata air agar bisa sering-sering berenang. Sedangkan kodok itu tak begitu butuh air, namun ia senang dengan lingkungan darat yang lembab.

Baca Lagi: 15 Contoh Hewan Amfibi, Sejak Era Jurassic Hingga Sekarang

14. Mata

Lalu perbedaan kodok dengan katak juga nampak dari bola matanya. Mata katak itu bulat besar, sedangkan mata kodok lebih sipit dan seakan menyeringai.

15. Gigi

Yang terakhir, untuk melihat perbedaan binatang amfibi ini bisa dari giginya. Katak memiliki gigi-gigi yang kecil. Sedangkan kdok ternyata tidak memiliki gigi.

Nah, melihat semua perbedaan katak dengan kodok di atas, ternyata keduanya memang amat berbeda, ya? Makanya mulai sekarang jangan lagi menyamakan katak dengan kodok. Perbedaan mereka bukan hanya soal namanya saja, namun juga soal ciri fisik, habitat dan kebiasaannya. Dan perlu diketahui bahwa Indonesia juga menjadi habitat terbesar dari kedua hewan amfibi ordo anura ini.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Katak

To Top