Advertisements
Connect with us

15 Cara Membuat Pakan Alternatif Kambing, Bikin Gemuk, Laris Terjual

Pakan Kambing

Kambing

15 Cara Membuat Pakan Alternatif Kambing, Bikin Gemuk, Laris Terjual

15 Cara Membuat Pakan Alternatif Kambing, Bikin Gemuk, Laris Terjual

Loading...

Pakan Alternatif Kambing merupakan makanan kambing yang dibuat dengan teknik meracik secara khusus. Di mana tujuannya untuk mendapatkan hasil yang signifikan mempengaruhi kondisi fisik dan kesehatan kambingnya.

Memang rahasia sukses para peternak kambing ada pada racikan makanannya. Biasanya mereka memberi makan kambing dengan bahan-bahan khusus yang anti-mainstream. Misalnya fermentasi dari pelepah pisang. Racikan khusus ini sudah sangat terkenal di kalangan pembudidaya kambing.

Pakan Alternatif untuk Kambing, Pakan Alternatif Kambing

Pakan Alternatif untuk Kambing

Loading...

Di bawah ini adalah uraian mengenai cara membuat pakan alternatif kambing yang bisa bikin gemuk. Sehingga laris-manis terjual kambingnya. Sebab, para pembeli biasanya sukanya kambing yang perawakannya bongsor-bongsor begitu.

Pakan Kambing, Pakan Alternatif Kambing

Pakan Kambing

1. Fermentasi Pelepah Pisang

Inilah pakan alternatif kambing yang paling dikenal. Terbuat dari pelepah pisang. Lebih terkenal dengan fermentasi gedebog pisang. Cara membuat pakan alternatif kambing ini mudah saja, tinggal pakai pelepah pisang yang diiris-iris agar halus. Kemudian difermentasi dengan larutan SOC.

2. Racikan Makanan dari Bekatul

Bekatul memiliki nama lain dedak. Merupakan serbuk yang biasanya dipakai untuk pakan ternak, terutama unggas. Memang kandungan gizi bekatul amat tinggi. Sehingga cocok dijadikan pakan alternatif kambing.

3. Bubur Serbuk Jagung

Serbuk jagung memang jarang dijual. Biasanya para peternak menggiling sendiri jagungnya. Cara membuat pakan alternatif kambing dari serbuk jagung ini mudah saja. Cukup dengan menambahkan air saja. Bisa pula ditambah larutan SOC.

4. Pakan Alternatif Kambing dari Suwiran Kulit Pisang

Suwiran kulit pisang biasanya dipakai untuk pakan alternatif kambing di pedesaan. Cara-cara konvensional memang masih banyak digunakan dalam peternakan tradisional. Cara mengolahnya gampang sekali, cukup menjemur seharian kulit pisang hingga agak kering.

5. Rumput Segar

Tentu saja pakan alternatif kambing yang paling mudah dicari adalah rumput. Apalagi sekarang banyak pula bisnis-bisnis home industri pengolahan rumput. Berbagai jenis rumput siap pakai sudah dijual dalam wujud gulungan-gulungan besar.

6. Konsentrat Alternatif Pakan Kambing di Musim Kemarau

Konsentrat adalah cairan khusus yang dibuat dengan teknik fermentasi dengan Suplemen Organik Cair. Biasanya pakan alternatif kambing dalam wujud konsentrat ini dipakai saat musim kemarau. Di mana untuk mendapatkan dedaunan dan rumput hijau sangat susah.

7. Jus Buah untuk Kambing

Rupanya kambing suka banget sama jus buah. Jika ingin kambingnya sehat-sehat, sebaiknya seminggu sekali diberi jus buah. Buah yang dipakai bisa apapun, sebaiknya jangan yang kecut.

8. Racikan Kulit Kacang Hijau

Kulit kacang hijau juga amat terkenal sebagai pakan alternatif kambing. Kulit yang dipakai tentu saja yang sudah terpakai manusia alias dibuang. Biasanya setelah panen kacang hijau kan memang banyak kulit yang terbuang.

9. Bubur Kedelai

Pakan alternatif kambing selanjutnya adalah bubur kedelai. Banyak peternak kambing yang sudah mencoba pakan alternatif kambing dari kedelai ini dan terbukti kambingnya jadi gemuk-gemuk.

10. Daun-Daun Pohon Berkayu

Mitos di kalangan peternak mengatakan bahwa kambing sangat suka dengan daun dari pohon berkayu. Misalnya daun jati, mahoni dan albasia.

Baca Lagi: 20 Makanan Kambing Alami, Pakan Alternatif Bikin Gemuk

11. Daun-Daun yang Lebar

Dedaunan yang lebar bisa banget jadi pakan alternatif kambing. Pasalnya, mitos juga mengatakan bahwa kambing sangat suka daun-daun lebar. Misalnya daun pisang.

12. Racikan Pakan Kambing dari Ecek Gondok

Unik memang, memberi makan kambing dengan eceng gondok. Namun gulma air ini ternyata memang baik sekali untuk pertumbuhan kambing. Sudah ada penelitiannya yang menunjukkan bahwa eceng gondok aman untuk jadi pakan alternatif kambing.

13. Berbagai Makanan Fermentasi dari SOC

SOC singkatan dari Suplemen Organik Cair. Merupakan sebuah bahan yang biasanya digunakan untuk fermentasi pakan kambing. Di semua toko penjualan pakan ternak pasti ada SOC ini.

14. Sayur-Mayur untuk Kambing

Tentu saja kambing sangat doyan dengan sayur-mayur karena merupakan binatang herbivora. Kalau mau punya kambing yang gemuk-gemuk, coba saja beri pakan alternatif kambing berupa sayur-mayur ini.

15. Buah-Buahan untuk Kambing

Buah-buahan yang aman untuk kambing juga cukup banyak. Semua buah bisa dimakan kambing. Tapi usahakan jangan yang mentah dan kecut. Nanti bisa menganggu pencernaan kambingnya.

Nah, itulah daftar makanan alternatif kambing yang bisa dicoba oleh peternak konvensional maupun modern. Pakan-pakan di atas sifatnya hanyalah alternatif, untuk itu, sebaiknya tetap memberikan pakan yang wajar. Berupa rumput dari hasil ngarit ataupun beli.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Kambing

To Top