Connect with us

20 Makanan Kambing Alami, Pakan Alternatif Bikin Gemuk

Pakan Alternatif Kambing

Kambing

20 Makanan Kambing Alami, Pakan Alternatif Bikin Gemuk

20 Makanan Kambing Alami, Pakan Alternatif Bikin Gemuk

Loading...

Makanan Kambing adalah jenis pakan yang cocok diberikan pada kambing. Merupakan daftar makanan yang aman dan memiliki kandungan gizi yang melimpah. Sehingga menunjang pertumbuhan kambing.

Sebagai binatang herbivora, otomatis kambing hanya mau makan makanan yang berbasis tumbuhan. Seperti rumput-rumputan dan dedaunan. Tapi tak menutup kemungkinan juga doyan makan buah-buahan.

Makanan Kambing, Pakan Kambing Alternatif

Makanan Kambing, Pakan Kambing Alternatif

Loading...

Meskipun kambing dianggap sebagai daging hewan yang lakunya situasional, hanya pada moment-momont hari raya seperti Idul Adha. Namun sebenarnya binatang ternak ini bisa laku di hari-hari biasa. Banyak permintaannya untuk memenuhi kebutuhan pasar kuliner.

Seperti Sate Kambing dan Gulai Kambing adalah masakan yang sangat laris di Indonesia. Belum lagi daging kambing juga sering dibutuhkan untuk acara hajatan akikah, pernikahan maupun moment-moment pesta para pecinta kambing.

Jadi tidak ada salahnya jika ingin memelihara kambing. Asalkan paham betul mengenai makanan kambing. Biar bagaimana pun, kunci kesuksesan dari beternak kambing ada pada pengaturan pakannya yang tepat.

Pakan Alternatif Kambing

Pakan Alternatif Kambing

Berikut adalah daftar makanan kambing yang sehat dan alami. Rekomendasi pakan ternak kambing yang cocok sekali untuk yang pelihara kambing banyak maupun sedikit.

1. Kulit Pisang

Pakan Kambing Kulit Pisang

Pakan Kambing Kulit Pisang

Pakan alternatif kambing biasanya dibutuhkan untuk menyeimbangkan gizi. Rumput memang baik untuk kambing, tapi kalau bisa menambah jenis makanan lain, maka akan jauh lebih baik. Rahasia sukses para peternak kambing rupanya mereka suka memberikan makanan kambing berupa kulit pisang. Ya, kulit buah pisang.

2. Rumput

Pakan Kambing Rumput

Pakan Kambing Rumput

Jenis rumput yang bisa digunakan sebagai pakan kambing hampir semuanya. Namun hati-hati kalau memberikan rumput yang mengandung racun, seperti tanaman Snakeroot yang kadang hidup bersama rerumputan. Snakeroot bisa membuat kambing keracunan. Jadi sebaiknya kalau mau pakai rumput, hanya rumput gajah saja atau rumput teki.

3. Daun Singkong

Pakan Kambing Daun Singkong

Pakan Kambing Daun Singkong

Makanan kambing dari daun singkong bisa dipilih sebagai jalan mengupayakan kesehatan kambing. Kandungan gizi yang tinggi pada daun singkong bisa membuat kambing jadi cepat gemuk.

4. Daun Pepaya

Makanan Kambing Daun Pepaya, Pakan Kambing

Makanan Kambing Daun Pepaya

Daun pepaya juga bisa menjadi makanan kambing. Cara mengolahnya mudah saja, tinggal potong agak kecil daun pepaya. Buang saja ranting batangnya karena kambing biasanya tidak mau makan ini.

5. Semangka

Pakan Kambing Semangka

Pakan Kambing Semangka

Buah semangka yang kaya dengan air juga bisa menjadi pakan alternatif kambing. Makanan kambing dari buah semangka ini sebaiknya pilih yang kualitasnya terbaik. Dalam arti, hanya gunakan semangka yang masih segar.

6. Daun Nangka

Pakan Kambing Daun Nangka

Pakan Kambing Daun Nangka

Pada dasarnya kambing doyan makan apapun dedaunan. Termasuk daun nangka ini sangat suka. Pilih daun nangka yang  masih hijau saja. Jangan yang sudah kering dan jatuh dari pohon.

7. Nangka Muda

Pakan Kambing Nangka Muda

Pakan Kambing Nangka Muda

Nangka muda kalau dalam bahasa Jawa biasanya disebut Ketewel. Menjadi bahan baku kuliner terkenal asal Yogyakarta, Gudeg. Nah, kalau ingin kambingnya gemuk-gemuk, coba saja beri makanan kambing berupa nangka muda ini.

8. Melon

Makanan Kambing Melon

Makanan Kambing Melon

Buah melon sangat baik untuk kesehatan kambing. Kaya dengan vitamin dan air. Membuat kambing selalu perkasa. Makanan kambing dari melon bisa diberikan sesekali saja, mengingat budgetnya akan tinggi pasti kalau pakai buah ini. Soalnya harganya kan mahal.

9. Jambu

Pakan Kambing Jambu

Pakan Kambing Jambu

Jambu yang bisa dipakai sebagai makanan kambing ini bisa pilih jambu biji maupun jambu air. Tapi usahakan kondisinya masih bagus. Tidak busuk. Karena buah-buahan yang sudah membusuk sekali biasanya menganggu pencernaan kambing.

10. Kobis

Makanan Kelinci Kobis

Makanan Kambing Kobis

Kobis juga baik sebagai pakan alternatif kambing. Bisa pakai kobis yang sudah layu. Hasil sisa dari pedagang sayuran yang tidak terjual kepada manusia.

11. Sawi

Makanan Kelinci Sawi

Pakan Kambing Sawi

Sawi juga bisa banget jadi makanan kambing. Untuk dapatkan sawi ini sebaiknya kerjasama dengan supplier atau petani sawi langsung. Jadi bisa dapat stok melimpah.

12. Jerami Padi

Ternyata jerami padi bisa banget jadi pakan alternatif kambing. Jerami ini mudah didapatkan di area sawah yang habis panen dan melakukan penggilingan padi.

13. Bekatul

Bekatul memiliki nama lain dedak. Memang bekatul sangat terkenal sebagai pakan binatang. Termasuk kambing juga suka banget.

14. Nasi

Kadang-kadang manusia sering menyisakan nasi dari dapurnya. Daripada nasinya dibuang, bisa banget diberikan pada kambing.

15. Pelepah Pisang

Selain kulit pisang, pelepah pisang juga seringkali diolah jadi makanan kambing loh!

Baca Lagi: 23 Cara Beternak Kelinci Hias untuk Pemula dan Profesional

16. Fermentasi Jerami Padi

Jerami padi juga kerap diolah jadi produk fermentasi yang baik banget diberikan pada kambing. Membuat kambing gemuk-gemuk dan nafsu makannya besar.

17. Fermentasi Gedebog Pisang

Pelepah pisang memiliki nama lain gedebog pisang. Kalau mau dibikin fermentasi juga bisa. Malahan jadi lebih kompleks kandungan gizinya sebagai makanan kambing.

18. Kulit Ari Singkong

Memakai kulit ari daun singkong sebagai pakan alternatif kambing tak ada salahnya. Kulit ari ini enak kok, manusia saja ada yang suka mengolahnya jadi makanan.

19. Daun Kacang-Kacangan

Dedaunan kacang-kacangan, seperti lembayung dan daun kedelai dan kacang tanah. Itu kambing suka banget. Coba saja berikan.

20. Pakan Konsentrat Kambing

Makanan kambing dan pakan alternatif kambing juga terkadang terbuat dalam wujud konsentrat cairan. Jadi ini akan seperti minuman atau bubur untuk kambing. Terbuat dari aneka macam jenis bahan, terutama kalsium dan garam dapur.

Bahan campurannya biasanya serbuk jagung dan bekatul. Makanan konsentrat ini cocok diberikan pada saat musim kemarau. Ketika dedaunan hijau susah didapat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kambing

To Top