Advertisements
Connect with us

24 Cara Beternak Kambing Etawa untuk Pemula dan Profesional

Ekspansi Bisnis Kambing Etawa

Kambing

24 Cara Beternak Kambing Etawa untuk Pemula dan Profesional

24 Cara Beternak Kambing Etawa untuk Pemula dan Profesional

Loading...

Beternak Kambing Etawa adalah sebuah teknik untuk memelihara dan merawat jenis kambing etawa, hingga tiba masanya panen kelak. Jenis kambing ini memang belakangan sedang digandrungi karena produk olahannya laris-manis di pasaran. Terutama produk susunya.

Tentu sudah tidak asing lagi dengan Susu Kambing Etawa? Yang harganya bisa berkali-kali lipat dari susu sapi. Mengapa susu ini begini laris? Tak lepas dari retorika dan komunikasi pemasarannya yang cerdik. Susu Etawa dibilang punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Kambing Etawa

Kambing Etawa

Loading...

Peternakan Kambing Etawa tidak hanya terletak di pedesaan saja. Banyak pula bisnis ternak kambing ini yang berada di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan Surabaya. Memang permintaan akan Etawa masih sangat tinggi.

Makanya, Cara Beternak Kambing Etawa masih banyak dicari hingga sekarang. Sebenarnya langkah apa sajakah yang harus dijalani ketika hendak memulai bisnis peternakan potensial ini? Berikut adalah cara-caranya:

Mempersiapkan Modal Beternak Kambing Etawa

Peranakan Etawa, Peternakan Kambing Etawa

Peternakan Kambing Etawa

1. Modal Uang

Untuk memulai beternak hewan apapun, tentu yang dibutuhkan mula-mula adalah uang. Tanpa uang mustahil bisnis bisa berjalan. Beternak Kambing Etawa tentu saja membutuhkan modal yang besar dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tapi ini akan sebanding dengan hasilnya.

2. Modal Ilmu dan Keterampilan

Ilmu dan keterampilan amat penting disiapkan sebelum menggeluti dunia Etawa. Kambing ini merupaka jenis kambing impor yang habitat aslinya bukan di Indonesia. Makanya butuh skill dan ilmu dulu.

3. Modal Jejaring Sosial

Jejaring sosial amat penting dimiliki oleh pebisnis. Maksudnya adalah lingkungan pergaulan dengan sesama penggiat Etawa. Sebab, beternak Kambing Etawa sangat butuh yang namanya sharing ilmu berdasarkan pengalaman nyata para peternak Etawa.

Menyiapkan Perlengkapan dan Peralatan

Beternak Kambing Etawa

Beternak Kambing Etawa

4. Membuat Kandang

Tidak ada teknik khusus dalam membuat kandang kambing Etawa. Namun yang perlu diperhatikan adalah ukurannya. Sebab, kambing ini punya ukuran tubuh yang besar dan tinggi. Sehingga kandang pun harus besar dan tinggi.

5. Mempersiapkan Tempat Makan dan Minum

Tempat makan dan minum kambing Etawa bisa dibuat dalam 2 cara, yakni: menyatu dengan kandangnya atau terpisah dengan kandang. Biasanya beternak Kambing Etawa dalam jumlah banyak lebih memilih area pemberian pakan yang terpisah dari kandang.

6. Menyiapkan Tempat Pemotongan Hewan

Meskipun kebanyakan orientasi Beternak Kambing Etawa untuk diambil susunya. Namun dagingnya pun kadang diambil. Jadi butuh tempat pemotongan hewan yang jauh dari kandang. Supaya steril.

7. Menyediakan Tempat Pemerahan Susu Kambing Etawa

Tentu saja lokasi pemerahan susu kambing Etawa harus terpisah dari area kandang maupun pakan. Apalagi teknik pemerahannya pun harus hati-hati. Jangan sampai susunya terkontaminasi bakteri.

Memilih Bibit Unggul Indukan Kambing Etawa

Memilih Bibit Kambing Etawa

Memilih Bibit Kambing Etawa

8. Mengenal Jenis Kambing Etawa

Kambing Etawa adalah sebuah jenis kambing yang berasal dari India. Jadi kambing ini memang bukan berhabitat di Indonesia. Namun karena perawakannya yang besar dengan produksi susu yang melimpah, Indonesia mulai banyak impor kambing ini.

Jenis Kambing Etawa asli memiliki kelemahan dalam hal adaptasi dengan lingkungan Indonesia. Untuk mengatasi hal ini, banyak peternak yang melakukan usaha kawin silang Etawa dengan ras kambing lokal. Hasil anakan silang ini disebut dengan Kambing PE, singkatan dari Peranakan Etawa.

9. Jenis Kambing Etawa yang Bagus untuk Indukan

Beternak Kambing Etawa tidak ada patokan indukan mana yang bagus. Namun kalau para peternak Indonesia lebih memilih mengembangbiakkan PE saja. Selain harga bibitnya lebih murah, secara kualitas juga sama dengan Etawa ras asli. Spesies Peranakan Etawa ini bahkan dianggap punya produksi susu jauh lebih banyak.

Teknik Memelihara dan Perawatan Kambing Etawa Hingga Siap Jual

Susu Kambing Etawa

Susu Kambing Etawa

10. Pemberian Pakan Kambing Etawa

Beternak Kambing Etawa membutuhkan pakan yang istimewa. Jika ingin panen dengan hasil yang memuaskan, terutama panen susunya, sebaiknya buatlah pakan yang variatif. Bisa dengan teknik fermentasi di hari ini dan esoknya beri pakan rumput alami saja

11. Pembersihan Badan Kambing

Cara sukses Beternak Kambing Etawa juga ada pada kebersihan tubuhnya. Para peternak mesti rajin membersihkan tubuh kambing besar ini.

12. Jadwal Pemeriksaan Kesehatan Kambing

Sebaiknya Kambing Etawa juga diperiksa kesehatannya secara khusus oleh dokter hewan. Apalagi untuk peternakan yang besar. Datangkan saja dokter hewan itu ke sana untuk memeriksa.

14. Pantangan dalam Memelihara Kambing Etawa

Pantangan dalam pelihara kambing asal India ini adalah menggabungkan kandangnya dengan jenis kambing lokal atau kambing domba dan lainnya. Kurang bagus untuk pertumbuhannya.

Bisnis Susu Kambing Etawa

Cara Beternak Kambing Etawa

Cara Beternak Kambing Etawa

15. Apa itu Susu Kambing Etawa?

Susu kambing Etawa adalah salah satu produk keluaran dari Beternak Kambing Etawa. Jenis susu ini belakangan pamornya mengalahkan susu sapi murni. Harganya juga bisa lebih mahal 5 kali lipat dari susu sapi murni.

16. Kandungan Gizi Susu Kambing Etawa

Kandungan gizi susu kambing Etawa mengandung kalsium yang tinggi dan antioksidan yang menangkal radikal bebas. Bagus untuk menguatkan sistem imun dan lancarkan peredaran darah.

17. Harga Susu Kambing Etawa

Untuk harga Susu Kambing Etawa per liternya antara 40 ribu hingga 50 ribu rupiah. Ini pun biasanya yang berada di tingkat peternaknya. Kalau sudah masuk ke distributor bisa lebih mahal lagi.

18. Potensi dan Pemasaran Susu Kambing Etawa

Makanya hal menyenangkan dari Beternak Kambing Etawa yaitu akan mendapatkan keuntungan yang melimpah. Produk susu Etawa yang mahal membuat para peternak cepat balik modal.

Penjualan Produk Peternakan Kambing Etawa

Penjualan Kambing Etawa

Penjualan Kambing Etawa

19. Potensi dan Pemasaran Produk Daging Etawa

Potensi dan pemasaran produk daging Etawa juga cukup menjanjikan. Biasanya daging ini lebih dipercaya sebagai obat yang sifatnya herbal-tradisional.

20. Membuka Peternakan Kambing Etawa sebagai Wahana Wisata

Beternak Kambing Etawa juga bisa sembari membuka bisnis lain berupa wahana wisata. Kini zamannya bertebaran wahana wisata edukatif berbasis alam dan satwa. Nah, membuka peternakan sebagai area wisata juga bisa menambah sumber pemasukan uang dari retribusi masuknya.

21. Branding Produk Peternakan Kambing Etawa

Branding tak kalah pentingnya dilakukan untuk peternakan kambing Etawa. Buatlah merek khusus, jika ingin membuat kambing lebih dikenal.

22. Internet Marketing Kambing Etawa

Pemasaran produk melalui internet marketing dapat menjadi langkah cerdas Beternak Kambing Etawa. Apalagi di era yang sangat canggih dan serba sosmed seperti sekarang.

Baca Lagi: 15 Cara Membuat Pakan Alternatif Kambing, Bikin Gemuk, Laris Terjual

Ekspansi Bisnis Peternakan Kambing Etawa

Ekspansi Bisnis Kambing Etawa

Ekspansi Bisnis Kambing Etawa

23. Ekspor Produk Kambing Etawa

Jika memang produk susu Kambing Etawa maupun hasil olahan Etawa lainnya bagus. Besar kemungkinan bisa menjamah pasar ekspor.

24. Menjajal Pasar Online Pemasaran Produk Etawa

Tapi untuk para peternak pemula. Cara Beternak Kambing Etawa yang paling praktis dan mudah tentu saja adalah via marketplace atau sosial media di internet. Jika produknya bagus dengan kalimat iklan yang sukses, pasti akan laku keras.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Kambing

To Top