15 Cara Merawat Kacer Poci Agar Ngeplong dan Gacor - Hewan.id
Advertisements

15 Cara Merawat Kacer Poci Agar Ngeplong dan Gacor

Merawat Kacer Poci

Kacer

15 Cara Merawat Kacer Poci Agar Ngeplong dan Gacor

Merawat kacer poci agar gacor dan ngeplong merupakan pekerjaan sulit-sulit mudah. Kacer poci merupakan salah satu jenis burung kacer yang banyak dijadikan peliharaan karena memiliki kicauan yang khas. Selain itu, postur tubuh dari kacer poci juga terbilang unik dan enak dipandang. Perawatannya pun sebenarnya tak terlalu susah, masih sama dengan perawatan kacer pada umumnya namun dengan sedikit penyesuaian dengan karakter khas poci. Sebagai penghobi yang baik, Anda wajib mengatahui cara merawat kacer poci yang baik dan benar supaya burung tersebut harganya bisa menjadi mahal.

Merawat Kacer Poci

Perawatan kacer poci meliputi pemberian makan sampai membersihkan kandang atau sangkar. Selain memelihara segala kebutuhan luar kacer poci, Anda juga harus tahu bagaimana merawat bagian dalam dari kacer poci itu sendiri seperti mental, pikiran, dan tingkat stres. Sebelum melakukan perawatan pada mental, sebaiknya Anda persiapkan dulu apa saja yang diperlukan dalam perawatan hariannya.

Hal yang harus Anda persiapkan adalah kandang atau sangkar. Pastikan kualitas sangkar benar-benar bagus. Tangkringan juga harus bagus, kalau bisa lebih dari satu sesuai dengan ukuran sangkar. Dengan begitu juga bisa membantu melatih kacer poci untuk berolahraga dan menjaga agar kacer poci tak gemuk.

Kegemukan bisa mengakibatkan banyak penyakit dan masalah prilaku seperti tak mau berkicau dan malas. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam perawatan. Berikut ini adalah trik dan tips bagaimana merawat kacer poci yang baik dan benar serta menggali seluruh potensi yang ada.

Cara Merawat Kacer Poci :

1. Pengembunan

Pengembunan baik dilakukan pada pukul 05.00 sampai 05.30. Dengan rutin melakukan pengembunan bisa membantu dalam menurunkan stres pada kacer poci. Pengembunan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan bulu dan pikiran serta membuat mood kacer poci meningkat.

Loading...

2. Kebiasaan Angin-Anginan

Lebih baik kebiasaan ini lebih ditingkatkan karena memiliki fungsi yang sama dengan pengembunan yaitu membuat kacer poci Anda tidak mudah stres. Lakukan angin-anginan sebelum melakukan mandi, menjemur, atau lainnya. Angin-anginan sendiri bisa dilakukan dengan cara di gantang di teras rumah atau lainnya. Namun jangan sampai di angin-anginkan di cuaca angina kencang karena tak baik untuk kesehatan kacer poci.

3. Memandikan Kacer Poci

Mandi membantu dalam membunuh semua kutu dan membuat bulu lebih sehat dari sebelumnya. Mandi yang baik untuk kacer poci adalah antara pukul 07.00 pagi sampai 8.30 pagi. Jangan mandikan kacer pada saat tubuh kacer poci bersuhu tinggi karena tak baik untuk kesehatannya.

4. Penjemuran

Penjemuran baik dilakukan karena membantu dalam membunuh para kutu dan kuman yang menempel dalam bulu kacer poci. Penjemuran bisa dilakukan sekitar pukul 07.30 sampai 08.30 pagi. Durasi penjemuran biasanya maksimal 1 jam saja. Namun jika Anda ingin mendongkrak birahi kacer poci agar lebih gacor, durasi penjemuran di tambah menjadi 2 jam setiap hari yang bisa dimulai dari 07.00 pagi.

5. Pemberian Pakan Pagi

Untuk makanan paginya kacer poci bisa diberikan voer, baik over halus atau pun voer kasar. Selain voer, bisa dicampur dengan sedikit kroto untuk meningkatkan vitamin dan nutrisinya. Untuk makanan tambahan (EF) berikan 2 – 3 ekor jangkrik atau ulat hongkong yang banyak dipakai oleh penghobi burung kacer poci.

6. Pemberian Air Minum

Air minum dalam capuk sangkar atau kandang harus bersih dan terus terisi penuh, jangan sampai kurang. Jika sudah terlihat kotor dan tempatnya menjamur, lebih baik diganti dengan air baru dan tempat yang baru juga untuk menjaga kesehatan kacer poci agar tetap prima berkicau dan lainnya. Air minum yang diberikan juga harus bersih, sudah di masak, atau bisa menggunakan air mineral kemasan yang sudah bersih dari sananya.

7. Pemberian Multivitamin

Berikan BirdVit yang menjadi suplemen andalan untuk mencukupi vitamin dalam tubuh burung. Berikan suplemen pada saat setelah makan pagi atau makan sore. Pemberiannya cukup 2 – 3 kali dalam seminggu.

8. Pemberian Multi Mineral

Berikan BirdMineral sama dengan suplemen vitamin yaitu 2 – 3 kali dalam seminggu. Mineral membantu dalam memperkuat organ dalam tubuh burung, khususnya untuk kekuatan tulangnya.

9. Pemberian Pakan Sore

Untuk pakan sorenya berikan 1 sendok teh voer bisa dicampur dengan kroto. Untuk makanan tambahan, berikan 2 – 3 ekor jangkrik atau ulat hongkong setiap sore hari. Baik diberikan pada saat sudah mandi sore atau sebelum di krodong.

10. Pengkrodongan

Pengkrodongan dilakukan untuk membuat kacer poci benar-benar istirahat full. Dengan melakukan pengkrodongan bisa membantu untuk menyehatkan pikiran burung dan menghemat tenaganya. Waktu yang bagus untuk melakukan pengkrodongan adalah pada saat malam hari. Pengkrodongan seharian bisa dilakukan pada saat kacer poci benar-benar butuh istirahat full akibat sakit atau semacamnya.

11. Pemasteran

Pemasteran membantu untuk mendongkrak performa dan variasi kicauan dari kacer poci. Burung master yang baik untuk memaster kacer poci adalah kenari, cililin, atau burung kacer jenis lain yang memiliki suara-suara khas dan rapat. Pemasteran bisa dilakukan pada pagi, siang, sore, atau malam hari. Waktu yang paling bagus untuk melakukan pemasteran adalah malam hari mulai dari pukul 06.00 sore sampai pagi harinya.

12. Pemberian Buah-Buahan

Buah-buahan juga sangat baik untuk diberikan untuk kacer poci. Buah yang bagus untuk burung ini adalah papaya, pisang, jeruk, apel, atau buah yang memiliki kadar air dan vitamin tinggi. Dengan pemberian buah yang rutin sebagai makanan siang hari penunda lapar, akan membantu memenuhi asupan vitamin yang sangat diperlukan untuk kacer poci.

13. Pelatihan Mental

Lakukan mandi malam, mandi keramba, kandang umbaran, dan lainnya untuk melatih mental agar gacor dan selalu sehat baik fisik dan pikirannya.

14. Membersihkan Kandang atau Sangkar secara Rutin

Bersihkan kandang minimal 1 kali sehari. Jika perlu, lakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Kandang atau sangkar meliputi alas, dinding, langit-langit, capuk makanan, capuk air minum, laci kotoran, dan pintu. Bersihkan semuanya sampai benar-benar tak ada kotoran dan jamur yang tumbuh.

Untuk lebih memaksimalkan cobalah ramuan yang terbuat dari tembakau yang direbus kemudian memasukkan air rebusannya ke dalam spayer kemudian disemprotkan ke kandang. Dengan kandungan tembakau yang ada di dalam rokok, bisa membantu dalam membunuh bakteri dan kuman pasca sudah dibersihkan menggunakan air.

15. Pengumbaran

Untuk membuat kacer poci gacor, anda dapat melatihnya dengan cara mengumbar. Lakukan pengumbaran seminggu 2 kali. Pengumbaran juga bermanfaat membuat nafasnya kuat, tubuh sehat dan tidak gampang terkena penyakit.

Baca Juga: Cara Menjinakkan Kacer Liar dan Bakalan dengan Mudah

Itu dia tips bagaimana cara merawat kacer poci yang baik dan benar serta bisa dengan mudah Anda terapkan di rumah Anda. Kuncinya dalam merawat kacer poci adalah jangan mengubah metode yang anda berikan setiap harianya atau kebiasaan. Meski metode pertama kali diterapkan tak terlalu memberikan dampak yang diinginkan, semuanya butuh waktu dan kesabaran.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kacer

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top