9 Cara Merawat Kacer Anakan Agar Jalan Di Gantangan - Hewan.id
Advertisements

9 Cara Merawat Kacer Anakan Agar Jalan Di Gantangan

Merawat Kacer Anakan

Kacer

9 Cara Merawat Kacer Anakan Agar Jalan Di Gantangan

hewan.id – Cara merawat kacer anakan atau  bahan agar mudah jalan di gantangan. Anda pasti sudah sangat tahu seperti apa burung kacer. Burung yang gagah dengan kicauan indahnya ini sangat banyak diminati oleh pera pecinta burung. Kacer dikenal sebagai burung lomba dengan perawatannya yang ekstra. Tentu bagi pemula yang ingin memelihara kacer haruslah lebih hati-hati dan teliti, apalagi kacer tersebut masih anakan.

Merawat Kacer Anakan

Burung kacer memiliki perawatan yang sedikit berbeda daripada burung yang basicnya memang tidak untuk memamerkan suara. Kacer lebih sering diperjualbelikan untuk diikutkan lomba gacor, itupun harganya sudah terbilang cukup mahal. Berbicara tentang perawatan, biaya yang harus dikeluarkan sedikit lebih banyak karena saat masih anakan, kacer sudah bisa diperkenalkan dengan voer, extra fooding, multivitamin dan lainnya yang harganya relatif lebih mahal. Namun apa yang dihasilkan nanti tentunya seimbang dengan pengorbanan sang penangkar.

Baca Juga: 11 Cara Menjinakkan Kacer Liar dan Bakalan dengan Mudah

Kacer yang masih anakan atau juga disebut trotolan dan bakalan. Kacer anakan biasanya memiliki umur antara 1 sampai 4 bulan. Di usia tersebut, kacer anakan harus dipelihara secara maksimal, mulai dari tempatnya, makanan, minuman, dan perawatan tambahan lainnya. Jika melakukan perawatan yang benar dan baik sejak dini, tentunya memasuki masa muda yang diawali mabung menjadi lebih terkontrol. Berikut ini adalah tips dan trik cara merawat kacer anakan.

Cara Merawat Kacer Anakan:

  1. Mulailah pagi hari dengan aktivitas sehari-hari, seperti mandi, berjemur, dan diangin-anginkan. Begitu juga di sore hari, lakukan hal yang sama dan atur waktu agar lebih terkontrol seperti pada saat menjemur jangan terlalu lama.
  2. Sebagai anakan, Anda boleh memberi voer namun tak secara berlebihan, cukup sewajarnya saja. Pilihlah voer yang memiliki banyak protein dan berkualitas. Pastikan juga waktu pemberian haruslah secara berkala dan rutin. Pemberian voer yang memiliki banyak protein bisa mempercepat pertumbuhan kacer menjadi lebih gagah.
  3. Berikan pakan EF yang baik untuk kacer, hal ini wajib karena EF sangat penting untuk pertumbuhan si anakan kacer. Mulailah dengan memberikan EF seperti cacing, jangkrik, atau belalang hijau. Untuk waktunya, berikan cacing yang sudah dipotong 2 ekor dan kasih makan, jangkrik 10 ekor, berikan setiap pagi dan sore. Untuk nutrisi tambahan, Anda bisa memberikan belalang hijau secukupnya (Dipotong kecil terlebih dahulu). Kroto juga bisa diberikan cukup 1-2 kali saja dalam seminggu.
  4. Karena kita tak tahu apakah nutrisi yang diserap dari voer dan EF sudah cukup untuk si kacer, maka Anda bisa menambahkan multivitamin jika perlu.
  5. Untuk meningkatkan kemampuan berkicau, Anda boleh memaster kacer sejak dini, saat masih anakan. Hal ini bisa dilakukan jika ingin membuat kacer lebih mahir saat muda sehingga mudah untuk diajari berikutnya.
  6. Untuk pemasterannya sendiri, banyak metode yang bisa Anda coba seperti diantaranya adalah menggunakan suara audio atau langsung memaster dengan kacer lainnya.
  7. Ajak kacer anakan jalan-jalan ke gantangan, supaya bisa beradaptasi di suasana ramai.
  8. Pahami karakter kacer anda.
  9. Terapkanlah cara diatas sampai kacer tersebut sudah mengalami mabung pertamanya.
    Jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan kandang kacer anakan. Berbeda dengan yang sudah benar-benar dewasa, anakan kacer cenderung susah dikontrol.

Baca Juga: 28 Cara Memilih Kacer Bakalan atau Ombyokan Prospek

Loading...

Itu dia sedikit trik dan tips tentang cara memelihara kacer anakan yang bisa diterapkan dengan mudah dirumah sampai kacer anakan mengalami mabung pertama. Anakan selalu identik dengan perawatan ekstra, banyak orang yang lebih memilih untuk menyerahkan soal perawatan pertama pada sang induk dari pada diri sendiri.

Jika Anda memilih merawat anakan sendiri atau memang tak ada induknya, cobalah cara diatas. Sabar dan optimis merupakan kunci sukses merawat kacer anakan agar jalan di gantangan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kacer

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top