11 Cara Menjinakkan Kacer Liar dan Bakalan dengan Mudah - Hewan.id
Advertisements

11 Cara Menjinakkan Kacer Liar dan Bakalan dengan Mudah

Menjinakkan Kacer

Kacer

11 Cara Menjinakkan Kacer Liar dan Bakalan dengan Mudah

hewan.id – Bagaimana cara menjinakkan kacer liar dan bakalan? Kacer merupakan jenis burung yang sangat banyak disukai oleh para pecinta burung dan sering kita jumpai dalam penangkaran. Mahalnya harga anakan kacer seimbang dengan perawatannya yang terbilang cukup ekstra, apalagi sudah menyangkut tentang cara menjinakkannya. Akan tetapi burung kacer merupakan jenis burung yang cepat beradaptasi pada lingkungan baru dan mudah jinak. Walaupun mudah jinak, tetapi ada beberapa yang sangat sulit untuk dijinakkan.

Menjinakkan Kacer, Kacer Jinak, Kacer Juara, Kacer Konslet

Banyak penyebab kenapa burung kacer sulit dijinakkan. Seperti hasil tangkapan baru, stress, burung keadaan sakit, ataupun over birahi. Ada banyak metode yang bisa Anda terapkan dalam menjinakkan kacer dengan keunggulannya yang sangat banyak.

Baca Juga: Racikan Khusus Pakan Kacer Juara dan Gacor

Burung kacer memiliki keunggulan yang beragam dan dapat anda tentukan sendiri baik melakukan pemasteran atau metode lainnya. Tentunya kacer yang masih giras atau tak jinak perlu melalui beberapa tahap. Tahap paling pertama adalah bagaimana cara memperkenalkannya dengan lingkungan sekitar. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah cara menjinakkan kacer yang baik dan benar.

Cara Menjinakkan Kacer dengan Mudah:

  1. Pertama, ketahui dulu jenis kacer yang akan Anda pelihara, apakah dia berasal dari hutan, penangkaran, atau lainnya. Hal pertama yang dilakukan adalah memberikan tempat yang nyaman untuk si kacer, gunanya agar suasana hati si kacer terjaga dan mudah untuk di jinakkan sebelum masuk ke tahap pemeliharaan selanjutnya.
  2. Kacer yang belum terbiasa dengan Anda atau belum jinak, biasanya sedikit giras dan susah untuk bersuara kecuali sedang sendirian. Cobalah untuk meletakkan sangkar di tanah dan buka sedikit kerodongnya guna memperkenalkan lingkungan sekitar.
  3. Cobalah untuk tak mendekatkan si kacer dengan suara-suara bising seperti lalu lintas kendaraan, suara mesin, dan tempat-tempat lainnya jika dirasa kacer Anda masih dalam proses beradaptasi.
  4. Pada malam hari, letakkan kacer di tempat yang tenang, sejuk, dan sedikit lembab kemudian menjauh, biarkan burung kacer beristirahat.
  5. Untuk mempermudah burung kacer untuk beradaptasi dengan lingkungan, jangan sering kali menutup sangkar dengan kerodong, bukalah dan biarkan si kacer melihat dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
  6. Tentunya cara pengenalan lingkungan diatas harus diimbangi dengan asupan makanan dan minuman untuk kacer. Jangan sampai jadwal makan kacer melenceng.
  7. Untuk makanan, Anda bisa memberikan makanan voer dan sesekali berikan EF. Jika masih termasuk usia muda (Anakan/Bakalan), kenalkan terlebih dahulu apa itu voer dan extra food dengan cara tak memberikannya dengan banyak dan dikemas kecil terlebih dahulu.
  8. Burung kacer terkenal dengan kicauannya, beberapa tips agar si kacer menjadi jinak dan gacor adalah memberikan EF yang berkualitas seperti cacing tanah, belalang, korot, dan jangkrik.
  9. Tingkatan stress bisa juga terjadi karena kurangnya vitamin dan mineral, hal ini bisa membuar kacer menjadi giras. Untuk mengatasinya, cobalah memberikan vitamin dan mineral seperti BirdVit dua kali seminggu disertai BirdMineral cukup satu kali saja dalam seminggu.
  10. Untuk meningkat moodnya, rawatlah dengan benar khususnya jadwal mandi. Anda bisa memulainya dengan rutin memandikannya pada pagi hari dan sore hari, soal jam Anda bisa mengaturnya sendiri.
  11. Agar lebih memaksimalkan proses penjinakkan, cobalah untuk lembut pada si kacer seperti rutin menjemur setelah mandi, namun tentunya harus meningat waktu, penjemuran burung yang terlalu lama bisa merusak kesehatan burung bahkan mengakibatkan kematian. Setelah dijemur, angin-anginkan si kacer hingga bulunya kering.

Itulah cara-cara menjinakkan kacer yang terasa giras. Cara tersebut juga berguna untuk menjinakkan semua jenis kacer, mulai dari kacer poci, kacer lokal, kacer madagaskar, kacer kalimantan dan kacer blorok. Hal yang penting adalah bagaimana kita dapat membuat kacer senyaman mungkin.

Loading...

Baca Juga: 14 Cara Merawat Kacer Harian Agar Gacor dan Buka Paruh

Jika cara diatas dirasa tak membuat nyaman burung kacer anda, maka cobalah untuk menggunakan metode lain. Selain itu, bagi Anda yang baru saja mendapat kacer dan merawatnya, cobalah semaksimal mungkin untuk mengenalkan lingkungan sekitar dan diri Anda.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kacer

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top