28 Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Paling Akurat - Hewan.id
Advertisements

28 Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Paling Akurat

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina

Kacer

28 Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Paling Akurat

Bagaimana cara membedakan kacer jantan dan betina perlu Anda perhatikan dalam beberapa keadaan. Hali ini berpengaruh ketika memilih kacer bakalan atau sekedar ingin mengetahui apakah burung anda jantan atau betina. Pada dasarnya kacer memiliki banyak golongan atau jenis. Namun dalam urusan perbedaan jantan dan betina, biasanya bagian suara dan bulu sangat menentukan.

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina

Sering kali para penghobi bingun apakah kacernya betina atau jantan, baik itu anakan atau kah bakalan. Jika masih terlalu kecil, biasanya bisa dilihat dari bentuk paruh atau menunggu sedikit lebih lama sampai warna bulunya terlihat. Perbedaan mencolok bisa Anda lihat jika kacer sudah mencapai usia 1 bulan.

Selain bulu dan suara, hal yang membedakan betina dan jantan untuk burung kacer biasanya dilihat dari bagaimana prilakunya. Jantan cenderung memiliki sifat yang semangat dan lebih suka berkicau daripada betina. Betina cenderung lebih lemah baik dalam fisik dan suaranya. Namun semuanya juga tergantun seperti apa keadaan birahinya sekarang.

Mengetahui jenis kelamin kacer Anda sangat penting nantinya agar bisa menyesuaikan setingan dengan jenis kelaminnya karena betina dan jantan sedikit berbeda cara perawatannya. Untuk Anda yang masih belum tahu cara membedakannya, berikut ini adalah tips dan trik serta ciri membedakan kacer jantan dan betina yang baik dan benar.

Keunggulan Kacer Jantan di Banding Betina?

Kacer jantan lebih gacor dan semangat dari burung betina. Soal fisik, jantan lebih kuat daripada betina dan begitu pula dengan masalah mental. Mental burung kacer jantan awalnya sudah bagus, jika dilatih terus bisa menjadi mental baja. Bisa dibilang jantan lebih baik di banyak aspek dari pada kacer betina.

Loading...

Cara Mudah Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina :

Berikut ini beberapa tips dalam membedakan mana jantan dan betina untuk burung kacer secara lengkap:

1. Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Berdasarkan Fisik :

Kacer Jantan dan Betina

1. Kepala

Untuk bagian kepala jelas terlihat perbedaannya. Untuk betina memiliki kepala yang bulat dan terlihat berisi. Berbeda dengan jantan yang memiliki kepala berbentuk datar atau cepak. Kepala jantan seperti yang disebutkan tadi juga menjadi ciri-ciri bakalan yang berpotensi dalam hal kecerdasaan dan suara.

2. Paruh

Untuk paruh kedua jenis kelamin kacer ini hanya pada perbedaan pada warnanya saja. Baik jantan dan betina memiliki bawah paruh berbentuk V sedangkan untuk warna pada jantan terlihat berwarna hitam asli atau hitam pekati. Untuk betinanya, warna bawah paruh biasanya berwarna abu-abu agak sedikit hitam dan terlihat memudar. Warna tegas pada si jantan juga menjadi ciri yang sangat membedakan.

3. Dada

Dada pada jantan cenderung besar dan membusung kedepan. Sedangkan untuk betina dadanya biasa saja tak terlalu mencolok. Untuk warna bulu dadanya juga berbeda. Pada jantan, warna bulu dada berwarna hitam pekat sedangkan untuk betina, warna bulunya cenderung abu-abu saja.

4. Punggung

Punggung si jantan lebih besar, panjang, dan lebar. Intinya punggung jantan dan betina terlihat sangat berbeda jika dipandang dari ukuran karena rata-rata jantan lah yang memiliki tubuh besar. Warna bulu punggung pada jantan berwarna hitam pekat sedangkan untuk betina masih berwarna abu-abu dan memudar.

5. Ukuran Tubuh

Jantan memiliki ukuran yang sedikit lebih besar daripada betina. Namun betina kadang terlihat besar karena bentuk dasarnya yang bulat, berbeda dengan bentuk tubuh jantan yang ramping dan tegap membusungkan dada. Untuk melihat ciri ini sebaiknya sandingkan jantan dan betina kacer dengan usia yang sama misalnya 1 – 2 tahun di mana kacer sudah terbilang dewasa.

6. Kaki

Kaki kacer jantan lebih panjang dan terlihat kuat daripada si betina. Namun warna kaki biasanya sama saja yakin berwarna abu-abu. Kaki pada betina juga cenderung lebih kecil dan pendek mengikuti bentuk tubuh yang besar dan bulat.

7. Dubur

Perbedaan kacer jantan dan betina juga bisa dilihat dari duburnya. Dubur jantan cenderung lebih kecil namun memanjang. Sedangkan untuk betina duburnya terlihat besar dan lebar. Hal ini bisa menjadi petanda yang sangat menonjol untuk membedakan mana jantan dan betina pada burung kacer.

8. Tes DNA

Cara membedakan kelamin kacer jantan dan betina dapat menggunakan DNA yang dapat diambil dari darah atau bulu. Keakuratan tes DNA kacer diklaim mencapai 99 persen. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung kacer betina dan jantan.

2. Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku :

Kacer Anakan Jantan dan Betina, Kacer Anakan Jantan, Kacer Anakan Betina

1. Suara

Suara kacer jantan lebih keras, gacor, dan berdurasi panjang. Karena itulah jantan sering menjadi pilihan bagi penghobi burung kacer karena memiliki suara yang bagus untuk dilatih dan dimaster sehingga menghasilkan suara yang bervariasi banyak.

2. Kelincahan

Betina tak selincah kacer jantan karena pada dasarnya, burung jantan memiliki lebih banyak energy bagian kelincahan. Kekuatan fisik burung jantan juga lebih baik daripada betina. Namun baik betina dan jantan, kelincahan juga bisa dilihat dari keadaan mental dan birahi yang sedang tinggi.

3. Agresif

Meski tergantung dari keadaan birahi, jantan lebih agresif daripada si betina. Biasanya ditunjukkan pada saat sedang giras, birahi tinggi, sedang mabung, stres, dan lainnya. Pada saat penjodohan dan masa kawin bisa Anda lihat perbedaannya di mana kacer jantan cenderung lebih aktif dan agresif daripada si betina.

4. Cara Berdiri

Jantan akan membusungkan dada, tegap, ramping, dan tinggi ketikan sedang berdiri tegap. Akan berbeda dengan betina yang memiliki postur tubuh bulat dan besar sehinggai akan terihat perbedaan tingginya. Jika disandikan, jantan akan lebih sering berdiri tegak dibandingkan betina seolah-olah dia sedang mengintai sesuatu dari atas untuk menjaga betinanya.

Ciri-Ciri Kacer Jantan:

Kacer Jantan, Kacer Poci Jantan

1. Kepala cenderung berbentuk datar atau cepak.

2. Paruh berbentuk V, dengan warna hitam asli dan pekat.

3. Bulu dada berwarna hitam.

4. Bulu punggung berwarna hitam.

5. Ketika berdiri, terlihat langsing dan tegap.

6. Dubur terlihat kecil namun memanjang.

7. Lebih lincah daripada betina.

8. Lebih agresif daripada betina.

9. Suara kacer jantan bervariasi.

Ciri-Ciri Kacer Betina:

Kacer Betina, Kacer Poci Betina

1. Kepala bulat dan terlihat berisi.

2. Bawah paruh berbentuk V, berwarna abu-abu.

3. Bulu dada berwarna abu-abu.

4. Bulu punggung berwarna abu-abu.

5. Tubuh besar dan bulat.

6. Dubur terlihat lebar dan besar.

7. Jarang bersuara.

8. Suara kacer betina monoton.

Baca Juga: Cara Merawat Kacer Poci Agar Ngeplong dan Gacor

Itu dia tips dan trik bagaimana keunggulan jantan, ciri-ciri, dan cara membedakan kacer jantan dan betina yang baik dan benar. Rata-rata cara membedakan jantan dan bertina bisa di gunakan untuk semua jenis kacer, mulai dari kacer poci, kacer lokal, kacer madagaskar dan kacer blorok. Semua aspek harus dilihat dan dibedakan dengan jantan dan betina. Khusus bagian dubur, baru bisa tampak jelas jika kacer jantan dan betina sudah benar-benar dewasa. Jadi lebih baik Anda perhatikan dengan sangat teliti.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kacer

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top