Connect with us

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Volume Kecil

Kacer Volume Kecil

Kacer

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Volume Kecil

Loading...

Kacer Volume Kecil – Kacer merupakan salah satu jenis burung fighter yang sangat diminati oleh banyak orang karena memiliki suara bervolume keras. Suara kencang ini sering disebut suara tembus di kalangan pecinta burung. Namun sayangnya, banyak sekali yang mengeluh kacer volume kecil di kalangan kacer mania dan menjadi masalah yang serius jika dibiarkan begitu saja.

Kacer Volume Kecil

Loading...

Berbicara tentang volume suara, pada umumnya suara kacer bisa diturunkan dalam artian genetic. Artinya jika indukannya memiliki suara yang lemah, besar kemungkinan begitu juga anakannya nanti. Kedua, dari factor perawatan. Selain factor genetic yang mempengaruhi besar kecilnya volume suara, factor dari perawatan juga sangat menentukan khususnya bagian pemasteran karena pemasteran adalah proses untuk membuat suara kacer menjadi lebih kencang.

Jika kacer mengalami suara yang bervolume rendah akibat kedua factor yang telah di bahas, tetap masih bisa diperbaiki dengan perawatan Anda yang lebih ditingkatkan dan sedikit sentuhan agar kacer benar-benar teratasi dari volume kecilnya. Namun banyak orang yang beranggapan meningkatkan volume kacer itu susah. Jika dilihat dari factor keturunan, sepertinya sangat susah. Namun apa salahnya Anda mencoba metode-metode yang akan diulas ini.

Namun ada juga kacer yang tiba-tiba hilang volumenya. Jika seperti itu, cara-cara ini juga bisa diterapkan pada kacer Anda karena pada dasarnya sama saja. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer volume kecil yang baik dan benar beserta penyebabnya.

Penyebab Kacer Volume Kecil:

1. Indukan yang memiliki suara kecil juga.

2. Kurangnya pemberian EF atau makanan peningkat birahi.

3. Malas berkicau.

4. Otot dada dan paru-paru kurang terlatih.

5. Kurang fit.

6. Sedang stres.

7. Kesehatannya terganggu atau sakit.

8. Masalah pada tenggorokan yang memaksa kacer tak berkicau keras.

9. Pemberian Multivitamin yang kurang.

10. Kurang dilatih fisiknya.

11. Kurangnya dilatih kandang aviary.

12. Kotoran pada tenggorokan.

13. Serak atau infeksi tenggorokan.

Jika anda sudah tahu apa saja faktor penyebab kacer tipis dan kecil, maka sebaiknya paham cara penanganannya. Sebenarnya perwatan burung kacer volume kecil mudah dan gampang, asalkan dengan catatan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi suara kacer volume kecil dengan mudah.

Cara Mengatasi Kacer Volume Kecil:

1. Pemberian EF

EF sangat bermanfaat untuk menunjang nutrisi yang diperlukan kacer. Nutrisi ini diperlukan untuk membentuk organ vital pada bagian dada, paru-paru, dan pernapasan. Dengan pemenuhan EF setiap hari, tentu saja akan membantu kacer untuk berkicau lebih kencang lagi. Pemberian EF seperti jangkrik atau ulat hongkong cukup diberikan 3 – 5 ekor setiap harinya. Untuk kroto sendiri diberikan minimal 2 – 3 kali dalam seminggu.

2. Pemberian Voer

Pilihlah merk voer yang menjamin seluruh kebutuhan utama untuk perkembangan kacer Anda. Kandungan tersebut adalah karbohidrat, lemak, serat kasar, dan protein. Semua itu bisa Anda temukan pada voer dan kroto. Karena itulah pemberian voer dicampur kroto sangat banyak dianjurkan oleh para penghobi yang sudah ahli.

3. Pemberian Multivitamin

Nutrisi yang diperlukan kacer adalah vitamin. Untuk memenuhi vitamin yang diperlukan, cukupi dengan rutin memberikan BirdVit minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jika anda rutin memberikan multivitamin tersebut, maka secara perlahan volume kacer akan meningkat dan tambah keras.

4. Pemberian Multimineral

Zat mineral sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung serta membantu pertumbuhan organ dalam burung, termasuk organ pernapasan yang akan membantu dalam membuat volume nya semakin kencang. Sama dengan BirdVit, Bird Mineral wajib diberikan 2 – 3 kali dalam seminggu. Jangan sampai kacer kekurangan zat mineral dan vitamin seperti vitamin K, C, mineral Ca, P, dan lainnya.

5. Sering Melatih di Kandang Umbaran

Kandang umbaran sejak lama sudah menjadi metode ampuh untuk diterapkan dalam memperkuat fisik kacer. Selain membantu dalam membuat kacer olahraga, kurus, dan melatih mental kacer, rutin melakukan kandang umbaran juga bermanfaat untuk melatih pernapasan kacer sehingga menjadi lebih panjang karena menambah kapasitas suara kacer Anda.

Tentu saja dengan hal itu, bisa membuat volume suara kacer Anda meningkat. Jika Anda tak punya kandang umbaran, Anda boleh mencobanya di kandang pribadi namun dengan ukuran besar. System kerjanya adalah membuat kacer berpikiran untuk terus bergerak agar melatih fisiknya, karena itulah kandang umbaran sengaja dibuat lebih besar.

6. Pemasteran

Untuk pemasteran sendiri sangat lah penting. Anda disarankan untuk memaster kacer Anda secara langsung agar efeknya lebih cepat dan langsung terasa. Namun Anda juga bisa menggunakan mp3 audio dan perdengarkan suara burung master yang memiliki kerapatan tinggi serta suara kencang. Pastikan juga untuk mendengar suara bervariasi agar kicauannya pun dapat bervariasi juga nantinya.

7. Memberi Makan dan Minum Bersih

Pastikan pemberian makan dan minum harus lah bersih. Jangan sampai ada kotorannya karena kotoran bisa membuat kacer sakit tenggorokan dan akhirnya serak serta setelah sembuh, malah bervolume kecil.

Kotoran ataupun dahak di dalam tenggorokan kacer, baik yang berbentuk agak mengental maupun cair, akan berakibat mengurangi volume suara burung. Jika kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, maka akan mengakibatkan macet bunyi pada kacer.

8. Membersihkan Kandang atau Sangkar

Sama dengan makanan kotor, kandang kotor juga bisa memicu penyakit tenggorokan yang berujung volume kecil. Sebagai langkah antisipasi, seharusnya hal sekecil ini bisa Anda atasi dengan mudah. Pastikan juga untuk memberishkan tempat makan dan minum si kacer minimal 2 – 3 kali dalam seminggu.

9. Menggunakan Metode Gurah

Gurah berfungsi untuk membersihkan segala kotoran dalam tenggorokan dan membantu dalam menjernihkan suara kacer. Metode ini sangat bagus Anda terapkan jika terjadi masalah dengan tenggorokan kacer Anda. Jika Anda mengerti bagaimana mengoperasikan metode ini, lebih baik dilakukan karena bisa membuat suara kacer lebih lantang dan volumenya bertambah.

Pemberian obat-obatan juga disarankan untuk masalah tenggorokan seperti ini. Jika hal itu terjadi, lebih baik Anda berikan obat khusus mengatasi penyakit tenggorokan. Dalam hal ini obat yang paling disarankan adalah BirdBlown atau BirdFresh yang membantu dalam membersihkan seluruh gangguan pada system pernapasan kacer Anda.

10. Penjemuran

Penjemuran sangat baik dilakukan setiap pagi hari sekitar pukul 07.00 dan hentikan sebelum pukul 11.00 karena di atas dari jam tersebut, udara dan terik sinar matahari sudah terlalu panas. Durasi yang bagus untuk penjemuran kacer adalah 1 – 2 jam perhari. Setelah melakukan penjemuran, jangan lupa dikrodong atau dapat diberi makanan tambahan di siang hari seperti apel, pisang, papaya, dan buah-buahan lainnya.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengtasi Kacer Kurang Gaya Ngeplay

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi kacer volume kecil yang baik dan benar beserta dengan penyebabnya. Cara ini bisa Anda cobah dengan mudah di rumah Anda. Selain beberapa faktor serta metode di atas, birahi tetap menjadi salah satu hal terpenting untuk tetap menjaga performa suaranya. Namun ingat sesuaikan dengan karakter kacer Anda agar tak over birahi nantinya. Anda juga dapat membaca perawatan burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...

Continue Reading

More in Kacer

To Top