23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Kuat Berkicau dengan Durasi Lama - Hewan.id
Advertisements

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Kuat Berkicau dengan Durasi Lama

Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Kuat Berkicau dengan Durasi Lama, Kacer lomba

Kacer

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Kuat Berkicau dengan Durasi Lama

Kacer tidak kuat durasi lama saat perlombaan atau di rumah sering menjadi masalah yang dihadapi oleh para kacer maniadi luar sana. Masalah ini memang bukan masalah yang baru, namun akibat yang bisa dirasakan sangatlah terasa khususnya untuk kacer lomba. Di arena lomba, durasi sangat penting untuk membuat kacer Anda menjadi juara. Jika durasi kicauannya sangat pendek, tentu saja gelar juara susah untuk diraih.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Kuat Berkicau dengan Durasi Lama, Kacer lomba

Masalah seperti ini biasanya diakibatkan karena dua hal. Pertama, dari masalah burung itu sendiri dan yang kedua, perawatan Anda yang tidak baik dan tidak bisa mendongkrak performa suara si kacer. Di arena lomba sendiri durasi kicauan sangat penting karena termasuk dalam penilaian stamina si burung kacer.

Pada umumnya masalah ini hanya pada stamina kacer yang kurang. Namun disamping itu, birahi yang kurang tinggi bisa menjadi penyebab lain. Semuanya tergantung dari bagaimana Anda dalam merawat. Sebelum Anda terjun ke cara mengatasi, lebih baik Anda tahu dengan pasti apa saja penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi kacer tidak kuat durasi lama agar bisa berkicau dengan durasi yang lama.

Penyebab Kacer Tidak Kuat Durasi Lama Saat Berkicau:

1. Stamina yang kurang.

2. Proses mandi yang tidak baik.

Loading...

3. Penjemuran yang kurang baik.

4. Over birahi atau birahi yang terlalu rendah.

5. Pemberian pakan EF yang tidak sesuai takaran.

6. Kurangnya pemberian multi mineral.

7. Kurangnya pemberian multivitamin.

8. Pelatihan yang kurang untuk masalah durasi.

9. Pemasteran yang kurang.

10. Terlalu sering dikrodong.

11. Burung sakit.

12. Kalah mental.

Cara mengatasi Kacer Tidak Kuat Durasi Lama Saat Berkicau:

1. Pelatihan Pernapasan

Untuk membuatnya agar bisa berkicau dan bertarung dengan durasi lama tentu harus melalui pelatihan. Bukan pelatihan terbang atau membentuk tubuh ideal, melainkan melatih pernapasan si kacer agar bisa bertahan lama dalam berkicau. Banyak metode yang bisa Anda terapkan, salah satunya adalah dengan memasukkan kacer Anda ke kandang umbaran.

Kandang umbaran sangat besar yang biasanya terbuat dari kawat berbentuk panjang bulat. Sengaja dibuat besar dan luas agar kacer bisa bergerak dengan leluasa. Jika selalu bergerak, energi akan terus terkuras dan sangat cocok untuk mengatasi birahi burung yang tinggi. Namun selain itu, terapi kandang umbaran juga bisa melatih pernapasan agar memiliki durasi yang panjang.

2. Memandikan Kacer

Biasanya mandi dilakukan pada pagi hari namun khusus masalah kacer tidak kuat durasi lama, lebih baik dilakukan saat sore hari. Memandikan kacer cukup 1 kali saja dalam sehari dengan memperhatikan cuaca pada hari itu. Mandi yang baik memang pada pagi hari, namun memandikan pada waktu sore menjelang malam hari sangat berkhasiat untuk membuat durasi kicauan kacer tetap terjaga bahkan meningkat.

3. Proses penjemuran

Jemur kacer sedikit lebih lama. Jika biasanya Anda menjemur kacer Anda 1 jam setiap hari, maka tingkatkan menjadi 1.5 jam untuk setiap pagi harinya. Waktu yang baik sekitar pukul 08.00 pagi dan berhenti di bawah pukul 11.00 siang karena penjemuran di atas jam tersebut tidak dianjurkan karena panas matahari yang sudah sangat panas untuk level burung.

4. Pemberian Buah-Buahan

Berikan buah-buahan yang bisa meningkatkan pemberian vitamin yang cukup untuk kacer. Namun ingat untuk tidak memberikan buah terlalu banyak karena bisa membuat kacer menjadi gemuk. Buah yang bagus untuk kacer adalah apel, papaya, dan pisang. Pemberian buah-buahan baik dilakukan pada siang hari karena di siang hari, kacer akan merasa lapar dan diatasi dengan buah.

5. Pemberian Jangkrik dan EF Lainnya

Pemberian jangkrik bisa membantu untuk memperpanjang durasi kicauan kacer. Jangkrik memiliki kandungan protein tinggi yang bisa meningkatkan birahi dan power kicauan si kacer. Pemberian jangkrik baik dilakukan pada pagi dan sore hari minimal 3 – 4 ekor sehari. Jika birahi di rasa masih kurang, boleh ditingkatkan menjadi 6 perhari namun sesuaikan dengan karakter kacer.

6. Pemberian Cacing

Berbeda dengan jangkrik dan EF lainnya, pakan cacing sebaiknya tak usah diberikan untuk kacer dewasa dalam hal mengatasi durasi kicauan yang pendek. Cacing sangat efektif untuk meningkatkan durasi kicauan kacer yang masih mudah sekitar umur 7 bulan – 15 bulan. Berbeda dengan makanan EF jangkrik yang bisa meningkatkan birahi, cacing untuk kacer bisa menurunkan birahi.

Untuk kacer dewasa tak perlu diberikan karena cenderung birahi sudah sangat terkontrol di usia dewasa. Berbeda dengan kacer yang masih muda karena cenderung memiliki birahi yang mudah terpacu dan sangat sensitive. Pemberiannya cukup 1 – 3 ekor saja untuk setiap harinya.

7. Pemberian Kroto

Kroto berfungsi untuk meningkatkan birahi kacer dengan tajam. Pemberiannya pun wajib diberikan setiap pagi dan sore hari. Untuk kacer sendiri cukup diberikan sekitar 1 sendok teh atau setengah sendok teh saja untuk sekali pemberian. Tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteri si kacer karena kroto bisa meningkatkan birahi burung.

8. Pemberian Voer

Voer juga wajib diberikan pada pagi dan sore hari. Namun masalah kacer tak mau makan voer sering terjadi dan untuk mengatasinya, cobalah untuk memberikan taburan voer atau ulat hongkong di atas voer halus. Pemberian voer baik dilakukan saat kacer masih anakan dengan takaran yang sama dengan kroto.

9. Membersihkan Kandang atau Sangkar

Sangkar atau kandang yang kotor bisa mengakibatkan banyak penyakit dan akhirnya membuat kacer malah berkicau dengan durasi pendek. Karena itulah kebersihkan kandang atau sangkar harus benar-benar diperhatikan. Pembersihkan kandang atau sangkar baik dilakukan minimal 1 kali sehari atau ada baiknya sampai 2 kali sehari.

Jangan biarkan kotoran burung menumpuk dan berjamur. Untuk memaksimalkan, bersihkan dengan air sprayer yang terbuat dari rebusan isi tembakau rokok karena bisa membantu membunuh kuman yang tersisa pada sangkar kacer setelah dibersihkan. Setelah itu, bilas dan pastikan bau tembakau tak tercium lagi agar kacer Anda tak risih saat berkicau.

10. Pemberian Vitamin

Slah satu jenis vitamin yang cocok untuk kacer yaitu BnR Vit. Jenis produk vitamin burung tersebut merupakan salah satu suplemen yang membantu dalam memenuhi asupan vitamin pada tubuh kacer. Untuk masalah kacer tidak kuat durasi kicau di lapangan atau arena lomba, pemberian BnR Vit sangat baik diberikan setiap hari. Cukup berikan 1 – 2 tetes saja untuk setiap harinya sampai. Lihatlah perkembangan burung tersebut dan amati hasilnya.

11. Konsisten Dalam Perawatan Harian

Mandi, jemur dan pengumbaran harus konsisten ada lakukan, apalagi untuk kacer lomba. Jika anda terlalu menggonta ganti setingan kacer harian dan sering telat ketika menjemur, maka ketika di gantangan kacer anda tidak akan kuat berkicau dengan durasi lama. Maka dari itu konsistenlah merawat kacer harian, ketika waktu menjemur dan mengumbar maka lakukanlah.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Mau Kerja di Lapangan

Itu dia tips bagaimana cara merawat kacer tidak kuat durasi lama yang baik dan benar agar mau berkicau dengan durasi lama di gantangan maupun ketika di rumah. Cara tesebut bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah dan dapat digunakan untuk semua jenis kacer, mulai dari kacer poci, kacer lokal, kacer madagaskar dan kacer blorok.

Pastikan untuk mencocokkan pemberian EF peningkat birahi atau apapun yang bisa meningkatkan birahi sesuai dengan karakter kacer Anda dan jangan sampai over birahi. Jangan sepelekan ketika mengatur birahi burung kacer anda tersebut.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kacer

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top