23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Mbagong dengan Cepat - Hewan.id
Advertisements

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Mbagong dengan Cepat

Kacer Mbagong

Kacer

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Mbagong dengan Cepat

Mbagong merupakan istilah di kalangan penghobi burung khususnya kacer karena menggambarkan kacer yang sedang birahi atau over birahi. Namu ada yang menyebut bahwa mbagong, nguda laut atau mbedesi merupakan perilaku kacer yang memekarkan bulu dan menekuk kepala seperti bentuk kuda laut serta bersuara “cir..cir..cir”. Masalah seperti ini sering terjadi pada burung kacer. Hal tersebut akan menjadi masalah serius untuk kacer lomba. Maka sebagai seorang pemilik, harus tahu bagaimana cara mengatasi kacer mbagong agar tak over birahi dan bisa terkontrol dengan baik.

Kacer Mbagong

Sedikit berbeda dengan masalah birahi pada umumnya, mbagong pada kacer disertai dengan beberapa ciri yang harus Anda ketahui. Ciri yang paling jelas adalah kacer membentuk dirinya seperti kuda laut dan bulunya mengembang. Ciri tersebut hanya di dapat ketikan kacer sendang mbagong. Masalah prilaku seperti kuda laut ini memang menjadi masalah alamia kacer itu sendiri, namun semuanya bisa terjadi karena kesalahan perawatan.

Banyak hal yang bisa diakibatkan ketika kacer sedang mbagong. Salah satunya adalah tak nafsu makan dan terlihat malas. Jika Anda mendapati kacer Anda sedang mbedesi, lebik baik lakukan penanganan yang sesuai bukan malah melanjutkan setingan yang sudah jelas tak cocok dengan kacer Anda.

Penyebabnya pun sangat banyak. Pada umumnya disebabkan karena birahi kacer sedang tinggi. Hal ini karena pemberian EF peningkat birahi terlalu tinggi dengan sedikit niat paksaan. Karena itulah jangan sekali-kali memaksa kacer Anda untuk gacor dengan memberikan EF yang banyak. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi kacer mbagong yang baik dan benar.

Penyebab Kacer Mbagong:

1. Pemaksaan pada kacer untuk memiliki birahi tinggi.

Loading...

2. Kalah mental saat menantang lawan tangguh.

3. Kurang fit atau kurang bertenaga.

4. Sedang sakit.

5. Perawatan yang tidak terjadwal/tidak konsisten.

6. Mental yang kurang baik.

7. Tidak merasa nyaman.

8. Kandang baru.

9. Tangkringan yang baru.

10. Salah dalam proses memandikan.

11. Kacer sedang stres.

12. Pemberian EF yang salah.

Setelah anda mengetahui beberapa faktor apa saja penyebab kacer mbagong maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perwatan burung kacer mbagong itu mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi burung kacer mbagong.

Cara Mengatasi Kacer Mbagong:

1. Melatih Mentalnya

Saat lomba atau saat sedang disandingkan dengan kacer fighter lainnya, pertarungan mental kedua kacer ini tak bisa dipisahkan. Jika salah satunya kalah, mentalnya akan terkoyak dan bisa membuatnya mbagong. Untuk mengatasinya cobalah untuk memberikan 3 – 5 ekor jangkrik sesudah mandi pagi dan pengembunan, lakukan secepat mungkin dan jangan tunggu bulu kering.

Untuk mencegah agar tak kalah mental lagi, latih kacer Anda agar memiliki mental yang kuat. Cobalah untuk sering memandikannya, khususnya pada malam hari. Kacer Anda jangan terlalu dimanjakan. Biarkan ia makan sendiri dan untuk mandinya, lebih baik menggunakan kandang keramba agar disiplin untuk mandi sendiri.

2. Ganti Sangkar atau Tangkringan

Kurang nyaman dengan sangkar atau tangkringan baru pada kacer bisa menyebabkan mbagong. Untuk mengatasinya lebih baik ganti sangkar atau tangkringan Anda yang baru ke yang lama saja. Atau Anda juga bisa membuatnya terbiasa dengan membuatnya senyaman mungkin. Dukunglah dengan penempatan lokasi yang nyaman untuk kacer Anda.

3. Memandikan

Kacer adalah burung yang mandiri. Untuk soal mandinya, bisa dengan disemprot atau dibasuh dengan air. Namun jika Anda mau membuat karakter kacer yang lebih bagus dan tidak terkena mbagong, cobalah untuk membiasakan kacer Anda untuk mandi keramba sendiri. Selain itu, kacer adalah burung yang suka mandi sendiri.

4. Menurunkan Stres

Stres menjadi salah satu penyebab kacer mbagong. Untuk mengatasinya cobalah untuk menurunkan tingkat stres nya agar tak makin parah. Hal yang bisa Anda coba adalah melakukan angin-anginan atau pengembunan secara rutin dan teratur.

5. Mengatasi Segala Penyakit

Sakit bisa menjadi penyebab kacer menjadi mbagong. Biasanya mencret menjadi penyebabnya karena tidak nyaman dan bisa membuat kacer tidak fit. Untuk mengatasinya, obati sakit si kacer agar terhindar dari mbagong. Berikan pemberian obat, multi vitamin, multi mineral yang cukup karena saat sedang sakit, vitamin sangatlah penting untuk mengatasi bakteri dalam tubuh.

6. Membersihkan Kandang atau Sangkar Rutin

Bersihkan kandang atau sangkar minimal 1 kali dalam sehari. Dengan kandang atau sangkar bersih, akan membuat kacer terhindar dari bakteri yang bisa membuat mbagong. Kebersihkan kandang atau sangkar juga bisa membuatnya nyaman. Untuk memaksimalkan, cobalah untuk menyemprotkan sprayer dengan air rebusan isi tembakau rokok karena dipercaya bisa membunuh bakteri.

7. Pemberian EF yang Baik

Untuk takaran pemberian EF sebaiknya disesuaikan dengan karakteru kacer Anda. Namun dalam kasus mbagong, kacer bermasalah bisa disebabkan karena pemberian EF yang terlalu banyak. Bahkan bisa mencapai angka belasan setiap pagi dan sore hari. Biasanya kacer diberi sekitar 5 – 10 ekor jangkrik setiap pagi dan sore saja.

Jika sendang mbagong, pangkas menjadi 3 – 5 ekor jangkrik pada pagi dan sore harinya agar mbagongnya cepat selesai. Pastikan juga untuk tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi karena bisa membuatnya prilaku anehnya makin parah. Karena itulah jauh sebelumnya, Anda seharusnya mencari tahu seperti apa setingan EF yang bagus untuk karakter burung Anda.

8. Proses Memandikan

Mandi yang bagus adalah mandi menggunakan air yang bersuhu normal, kecuali dalam keadaan tertentu Anda boleh memandikan air dingin jika kacer sedang over birahi. Cara ini juga bisa diterapkan kepada kacer mbagong karena pada umumnya, masalahnya adalah birahi yang tak terkontrol.

Cobalah untuk memandikan kacer menggunakan air dingin dari kulkas pada pagi hari. Jangan lupa untuk melakukan pengembunan dan angin-anginan agar kacer tak kaget dengan dinginnya suhu air. Setelah dimandikan, berikan 2 ekor jangkrik untuk mengembalikan semangatnya.

9. Penjemuran

Kacer merupakan burung yang memiliki bentuk tubuh sedang, tak besar namun tidak juga mungil. Waktu yang pas untuk penjemuran kacer adalah pukul 07.00 pagi sampai 09.00 atau di atas pukul 11.00 siang karena terik matahari yang sudah terlalu panas. Jika sendang mbagong, ada baiknya penjemuran dipangkas menjadi 30 menit – 60 menit saja setiap pagi untuk mengurangi birahi kacer.

10. Melakukan Pengumbaran

Secara tidak langsung ketika kita mengumbar burung kacer dapat bermanfaat mengantisipasi burung tersebut mbagong. Rata-rata kacermania malah sering melakukan perawatan kacer mbagong di kandang umbaran. Mereka beranggapan selain sehat, birahi burung tersebut stabil.

11. Konsistensi

Anda harus konsisten pada perawatan Anda. Jika jadwal yang Anda buat sendiri bolong-bolong seperti waktu pengembunan kadang iya kadang tidak maka bisa membuat kacer Anda mbagong.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi

Itu dia tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer mbagong yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah Anda.Cara mengatasi mbedesi atau nguda laut pada kacer ini dapat diaplikasikan untuk semua jenis kacer, mulai dari kacer poci, kacer lokal, kacer madagaskar dan kacer blorok.

Sifat Anda sangat perlu untuk menjaga kesehatan kacer, seperti masalah mbagong. Jangan sampai sifat Anda yang terlalu agresif dan maunya ingin cepat malah membuat kacer sakit bahkan kelelahan dan akhirnya mati karena kesalahan pemilik.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kacer

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top