27 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi - Hewan.id
Advertisements

27 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi

Kacer

27 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi

Macet bunyi atau malas bunyi menjadi masalah penting yang sering ditemui oleh banyak penghobi burung, termasuk untuk penghobi burung kacer. Biasanya penyebab utamanya adalah kesalahan dalam perawatan, maka dari itu Anda harus tahu bagaimana cara merawat dan mengatasi kacer macet bunyi yang baik dan benar agar kedepannya tidak terjadi lagi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi

Banyak masalah yang bisa disebabkan karena macet bunyi, apalagi kacer merupakan jenis burung fighter yang banyak diperlombakan. Tentunya jika macet bunyi melanda, performa baik di sangkar harian atau sangkar lombanya sangat mengganggu. Biasanya masalah macet bunyi pada burung pasti terkait dengan birahi. Namun banyak kasus, bisa saja terjadi karena perasaan si burung karena sakit, kurang mood, dan lainnya.

Jika Anda mendapati masalah seperti ini, sebaiknya Anda jangan gegabah. Pemberian obat jangan diberikan tanpa pertimbangan dan informasi awal karena bisa merusak suara si kacer jika diberikan obat sembarangan. Ada baiknya Anda bertanya dengan orang yang sudah ahli dalam mengatasi masalah seperti ini agar tak menyesal nantinya.

Masalah macet bunyi tidak bisa dilihat hanya dari burung tersebut tak mau berkicau, namun ada beberapa ciri lain macet bunyi yang perlu Anda ketahui seperti susah makan, ngedrop, stres, dan bertingkah aneh sampai melukai dirinya sendiri jika sudah terlalu parah. Jika Anda menemukan ciri tersebut, ketahui apa penyebabnya dan cara mengatasi kacer macet bunyi yang baik dan benar.

Penyebab Kacer Macet Bunyi:

1. Masalah pada tenggorokan.

Loading...

2. Tak merasa nyaman dengan tempat dan sangkarnya.

3. Sedang sakit.

4. Sedang stres.

5. Burung bakalan / masih giras atau galak.

6. Masih muda.

7. Masih atau sesudah dan sebelum mabung.

8. Kaget dengan rumah (Sangkar / Kandang) yang baru.

9. Pemberian pakan jenis / merk baru.

10. Over birahi.

11. Birahi terlalu rendah.

12. Ngedrop.

13. Kalah mental.

14. Kutuan.

15. Kurangnya pengembunan.

Setelah anda mengetahui beberapa faktor apa saja penyebab kacer tiba-tiba malas berbunyi maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perwatan burung kacer macet bunyi itu mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi burung kacer macet bunyi.

Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi:

1. Berikan Sangkar dan Lokasi yang Nyaman

Bagi setiap burung, sangkar dan lokasi menentukan segalanya. Pastikan untuk tidak menempatkan kacer Anda di sangkar sembarangan. Ukuran sangkar yang baik untuk burung Anda adalah sedang, tidak kecil namun tidak terlalu besar juga. Untuk lokasinya sendiri sebaiknya pilih yang jauh dari gangguan hewan, jauh dari angin kencang, udara panas, udara dingin, dan matahari langsung.

2. Pengembunan dan Angin-Anginan

Sebelum memberi makanan atau obat penyembuh macet bunyi, cobalah untuk melakukan angin-anginan terlebih dahulu. Pada pagi hari sekitar pukul 5 pagi, pastikan untuk melakukan pengembunan selama 15 – 30 menit. Saat kacer Anda sedang terlihat kedinginan, berikan 3 – 5 ekor jangkrik untuk mendongkrak birahinya agar mau berkicau.

3. Memandikan

Mandikan burung seperti biasanya. Lebih baik dimandikan di pagi buat sekitar 7 pagi. Setelah dimandikan, langsung berikan kacer Anda jangkrik atau ulat hongkong sebanyak 3 – 5 ekor kemudian berikan setengah sendok kroto. Gunanya untuk mendorong kacer untuk tetap berkicau dan tak macet lagi.

4. Pelatihan Mental

Mental ngedrop menjadi salah satu penyebab burung macet bunyi. Untuk mengatasinya tentu saja dengan melatih mentalnya. Pelatihan bisa dimulai dari mandi malam. Pada waktu mandi, lebih baik lakukan di kandang mandi keramba sehingga burung akan rutin andi sendiri. Sering-seringlah untuk mendekatkan burung fighter secara bertahap sampai mentalnya benar-benar terasah.

6. Penjinakkan

Giras atau masih galak menjadi salah satu penyebab utama burung macet bunyi. Jika rasanya kacer Anda memang masih sedikit liar, maka cobalah untuk menjinakkannya terlebih dahulu. Proses penjinakkan banyak sekali. Intinya adalah membuat kacer terbiasa dengan Anda dan lingkungan barunya. Cara yang boleh dicoba adalah menempatkan lokasi yang aman dan ramai serta saat mandi atau pemberian makan, lakukan dengan tangan Anda agar cepat jinak.

7. Penjemuran

Untuk mengurangi kutu yang menjadi penyebab kacer macet bunyi, lakukan penjemuran secara rutin pada pagi hari agar kutunya pergi semua. Durasi penjemuran bisa 1 – 2 jam setiap harinya tergantung dengan karakter kacer. Jangan menjemur terlalu lama atau di cuaca panas karena bisa menyebabkan kacer Anda over birahi.

8. Mengontrol Birahi

Untuk mengontrol birahi agar tak over birahi tapi tidak juga terlalu rendah, maka cobalah untuk belajar bagaimana cara mengontrol birahi yang baik dan benar untuk kacer. Jika di rasa terlalu tinggi, pangkas pemberian EF (Jangkrik dan lainnya), sering mandi, dan durasi penjemuran diperlama. Jika terlalu rendah, berikan EF lebih dan perlama penjemuran.

9. Menjaga Kebersihkan Kandang

Bakteri akibat kandang atau sangkar kotor bisa membuat kacer sakit dan stres yang mengakibatkan macet bunyi. Jangan sampai kotoran di kandang sampai berjamur karena bisa menyebabkan banyak penyakit. Untuk lebih bersih, rebus isi tembakau rokok kemudian rebus airnya lalu gunakan untuk menyemprot kandang atau sangkar. Dengan metode tersebut, bisa membantu dalam membunuh bakteri.

10. Pemberian Pakan yang Disukai

Untuk menjaga mood dan kesehatan kacer Anda, berikan makanan yang disukai oleh burung Anda. Biasanya makanan yang disukai kacer adalah pakan EF seperti jangkrik dan ulat hongkong serta kroto. Namun untuk voer tak jarang kacer kadang membencinya, tapi Anda bisa melatihnya memakan voer. Berikan juga buah-buahan serta multi mineral dan multi vitamin agar menambah stamina dan asupan vitamin mineralnya.

11. Perawatan Tenggorokan yang Sakit

Jika masalah memang ada pada tenggorokan kacer yang sedang bermasalah, maka jangan mengambil tindakan yang tidak perlu. Jika kacer Anda terlihat kesakitan saat makan, berkicau, atau pun bersuara, cobalah untuk membawanya ke orang ahli seperti dokter spesialis burung.

Jika tak buru-buru, bisa saja sakit pada tenggorokan menjadi lebih parah. Jika sudah diperiksa dan sementara di obati, lebih baik jangan terlalu dipaksakan untuk memberikan kroto, makanan EF, atau makanan yang teksturnya kasar karena bisa merusak tenggorokannya. Perbanyak air dan voer basah saja.

12. Memberikan Asupan Multivitamin

Selain memberikan makanan yang cukup dan berkualitas, anda juga perlu memberinya multivitamin. Pemberian mulltivitamin bertujuan untuk membantu sistem imun kacer, sehingga burung lebih kuat dan terhindar dari penyakit.

Selain obat tetes, anda dapat memberi multivitamin cair. Hal ini untuk membantu mendongkrak birahi burung kacer anda. Dengan demikian, burung kacer anda kembali optimal dan fit sehingga tidak macet bunyi.

Baca Juga: Racikan Khusus Pakan Kacer Juara dan Gacor

Itu dia tips tentang bagaimana cara merawat kacer macet bunyi yang baik dan benar serta bisa diterapkan dengan mudah di rumah Anda. Cara mengatasi ini dapat diaplikasikan untuk semua jenis kacer, mulai dari kacer poci, kacer lokal, kacer madagaskar dan kacer blorok.

Mental menjadi masalah utama karena pada umumnya, kacer macet bunyi dominan disebabkan karena mental ngedrop. Maka dari itu, mulai dari anakan Anda sebaiknya melatih burung Anda agar bermental bagus. Dengan mental bagus, masalah seperti macet bunyi akan jarang terjadi. Tentu saja pemberian EF, makanan, dan lainnya harus seimbang dengan perawatan bagus.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kacer

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top