21 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Kurang Stamina - Hewan.id
Advertisements

21 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Kurang Stamina

Kacer Kurang Stamina, Kacer Lesu, Masalah Kacer

Kacer

21 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Kurang Stamina

Kacer kurang stamina, lesu dan loyo sering menjadi masalah untuk para penghobi burung karena akan mengurangi performnya baik di arena lomba atau harian. Stamina menjadi hal yang penting selain mental dan juga birahi yang terkontrol. Dalam perlombaan, stamina menjadi salah satu poin yang dinilai para juri. Karena itulah, stamina menjadi poin penting untuk terus ditingkatkan dan pertahankan melalui cara perawatan Anda.

Kacer Kurang Stamina, Kacer Lesu, Masalah Kacer

Untuk membantu dalam meningkatkan stamina pada kacer bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu untuk rutin melakukan pelatihan meningkatkan stamina kacer dengan sabar dan ketekunan tinggi. Hal tersebut agar bisa tercipta jiwa fighter sejati dalam diri kacer, sangat memerlukan perawatan harian baik dan perlakukan pemilik yang bertanggung jawab.

Peningkatkan stamina secara maksimal tidak bisa dengan melakukan pelatihan saja. Perlu juga perawatan tambahan yang teratur untuk membuatnya cepat dalam meningkatkan stamina. Contoh misalnya adalah kandang atau sangkar. Dengan sangkar yang bersih dengan ukuran yang sangat pas dengan karakter kacer, kacer akan semakin nyaman dan membantu untuk pelatihan stamina dan mental nantinya.

Mental kacer dan stamina saling terkait satu sama lain. Jika mental rendah, otomatis stamina juga kan merosok. Karena itulah Anda jangan fokus hanya pada stamina saja, namun juga fokus pada pelatihan mental kacer. Kedua hal ini sangat penting untuk dilatih. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer kurang stamina beserta dengan penyebabnya.

Penyebab Kacer Kurang Stamina:

1. Daya fighter atau daya tempur kacer memang rendah.

Loading...

2. Kehabisan tenaga atau energi.

3. Fisik kacer dari awal terlalu lemah.

4. Pernah sakit dalam waktu yang lama.

5. Pemberian EF dengan protein tingi secara berlebihan.

6. Mental yang kurang terlatih.

7. Birahi yang terlalu rendah.

8. Sedang masa stres.

9. Sedang sakit.

10. Perawatan yang buruk.

Jika anda sudah tahu apa saja faktor penyebab kacer kurang stamina atau lesu, maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perwatan burung kacer kurang stamina itu mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi kacer kurang stamina dengan mudah.

Cara Mengatasi Kacer Kurang Stamina:

1. Melatih Daya Tempur Kacer

Untuk tetap menjaga performa tempur si kacer, Anda perlu melakukan pelatihan fighter untuk kacer Anda. Ada banyak yang cara yang bisa Anda terapkan. Cara yang paling ampuh adalah melakukan kandang umbaran dan sering-sering lah untuk membiasakan kacer dekat dengan burung fighter lainnya agar memiliki mental juara dan tetap semangat dalam bertarung.

2. Mengisi Energinya

Energi selalu terkait dengan makanan, namun ingat untuk meningkatkan kapasitas energy juga perlu pelatihan fisik. Untuk memenuhi asupan energi pada kacer bisa diberikan pakan voer setiap hari pada pagi dan sore hari. Selain itu, berikan juga pemberian EF seperti jangkrik dan ulat hongkong yang banyak diberikan.

3. Pemberian Multivitamin

Energi atau stamina juga memerlukan vitamin agar terus dapat berkembang. Berikan BirdVit secara rutin minimal 2  sampai 3 kali seminggu, jangan bolong-bolong agar performa stamina tetap terjaga. Vitamin tidak hanya bisa meningkatkan stamina, namun membantu juga untuk membantu pertumbuhan tubuh kacer anakan serta kecerdasaannya.

4. Pemberian Multimineral

Jangan lupa untuk tetap memberikan multimineral sama dengan multivitamin karena bermanfaat untuk memenuhi asupan zat mineral dalam kacer. Pemberian secara rutin bisa membantu meningkatkan pertahanan tubuh. Jika pertahanan tubuh meningkat, tentu saja kapasitas stamina juga akan ikut berkembang.

5. Pengembunan

Ternyata melakukan proses pengembunan secara rutin bisa membantu meningkatkan stamina. Metode ini bisa diterapkan sekitar pukul 05.00 pagi setiap hari. Setelah melakukan pengembunan, lakukan angin-anginan sebelum dimandikan. Manfaat pengembunan dan anginan hampir sama yaitu membantu mengatasi stres dan lainnya.

6. Jangan Terlalu Banyak Diberikan Protein

Protein yang terkandung dalam kroto, jangkrik, ulat hongkong, dan makanan EF lainnya bisa membuat kacer cepat loyo. Karena itulah cari takaran yang pas untuk kacer agar tetap menjagi asupan protein tanpa kelebihan. Protein yang berlebih tidak mampu dicerna oleh kacer. Jika sudah menumpuk, bisa mengganggu pencernaan dan akhirnya menjadi lemah lemas.

7. Voer dan EF Harus Seimbang

Jangan berikan makanan voer lebih besar daripada EF dan begitu juga sebaliknya. Voer yang terlalu banyak bisa membuat kacer menjadi cepat loyo, begitu juga jika EF yang lebih banyak daripada voer. Pemberian yang baik adalah voer 1 sendok teh dan kroto 1 sendok teh juga. Pemberiannya harus seimbang atau setidaknya tidak terpaut jauh seperti voer sedikit lebih banyak daripada kroto.

8. Menjauhkan Dari Burung Fighter Lainnya

Mental dapat dilatih dengan mendekatkan kacer Anda dengan burung fighter, namun jika melatih stamina sebaiknya tak usah dilakukan. Cukup didekatkan dan jangan biarkan melihat satu sama lain, cukup saling mendengar suaranya saja. Jangan juga dekatkan kacer Anda dengan lawan jenis karena bisa membuat birahinya memuncak dan staminanya terkuras habis.

9. Sering Melakukan Olahraga

Obesitas atau kegemukan menjadi salah satu masalah yang bisa membuat kacer menjadi malas bunyi atau bergerak. Masalah kacer ini dapa mengakibatkan saja staminanya juga akan terus menurun. Untuk menjaga stamina dan bentuk tubuh yang bagus untuk kacer Anda, sering-seringlah melakukan olahraga seperti menempatkan kacer Anda di kandang besar atau meletakkannya di kandang umbaran sembari mengurangi pemberian makanan yang bisa memperbesar berat badan kacer Anda.

10. Pemberian Buah-Buahan

Buah-buahan berfungsi hampir sama dengan multivitamin. Bedanya selain memberikan asupan vitamin, buah-buahan juga bisa meningkatkan stamina kacer. Buah yang cocok dengan kacer biasanya apel, pisang, dan papaya. Daging buah yang padat dan berair cenderung disukai kacer karena memiliki cita rasa yang kuat. Pemberian buah yang bagus adalah pada siang hari pertengahan antara makan pagi dan makan sore untuk kacer.

11. Perawatan Tambahan

Untuk melancarkan dalam meningkatkan stamina kacer, tentu saja harus diimbangi dengan perawatan yang baik pula. Perawatan yang dimaksud yaitu merawat kacer harian secara konsisten, mencakup pengembunan, memandikan, penjemuran, pengkrodongan, angin-anginan, sampai pemasteran di malam hari. Lakukan secara rutin dan kuatkan rasa konsistensi serta kesabaran Anda karena untuk membuat kacer memiliki stamina bagus memerlukan waktu yang tidak sedikit. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan kandang atau sangkar kacer Anda.

Baca Juga: Penyabab dan Cara Mengatasi Kacer Serak Paling Mujarab

Itu dia tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer kurang stamina yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah. Ada 3 poin yang harus Anda perhatikan untuk tetap menjaga performa stamina yaitu birahi yang terkontrol, mental yang terlatih, dan asupan tenaga yang selalu tersedia untuk kacer. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda kacer mania. Anda juga dapat membaca perwatan burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kacer

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top