24 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Kurang Fighter - Hewan.id
Advertisements

24 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Kurang Fighter

Kacer Kurang Fighter, Kacer Kurang Ngotot

Kacer

24 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Kurang Fighter

Kacer Kurang Fighter – Kacer merupakan salah satu jenis burung fighter yang banyak dipelihara oleh kicau mania. Selain itu burung bernama latin Oriental magpie-robin juga memiliki suara yang merdu serta memiliki kerapatan kicauan yang khas. Karena itulah kacer menjadi salah satu burung fighter yang banyak diikutkan dalam arena lomba. Sebagai burung petarung, kacer sangat bagus untuk dilatih lomba. Sayangnya banyak penghobi yang mengeluh bahwa kacer kurang fighter di arena lomba atau jika bertemu dengan lawannya.

Kacer Kurang Fighter, Kacer Kurang Ngotot

Kacer mempunyai suara kencang dan memiliki irama lagu yang bervariasi. Ketika bertemu pejantan lain, misalnya dalam arena lomba, setiap individu kacer akan saling unjuk kebolehan dengan gaya ngobra, sambil mengeluakan volume kencang dan kicauan bervariasi.

Biasanya jika kacer kurang fighter selalu melibatkan mental dan birahi. Kedua poin itu benar-benar penting untuk burung fighter. Mental akan membantu dalam memperkuat pikirannya tentang lawannya sedangkan birahi akan mengurus eksekusinya seperti memperkuat kualitas kicauan dan gacor. Semua itu bisa Anda dapat pada perawatan yang baik .

Konsistensi menjadi kunci utama agar berhasil membuat kacer mampu bertarung dengan baik. Sayangnya banyak yang menghiraukan prinsip ini. Perawatan yang baik bukan hanya diberikan makan agar kacer kenyang, namun perawatan tambahan seperti melatih mental, memandikan, menjemur, sampai dengan mengajaknya ngobrol juga harus Anda terapkan untuk menciptakan kacer berjiwa fighter sejati.

Kacer yang memiliki jiwa fighter bisa Anda bentuk, namun susah untuk dipertahankan. Untuk tetap menjaga performa kacer agar selalu gacor perlu perawatan ekstra dari biasanya. Berikut ini beberapa tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer kurang fighter di lapangan beserta penyebabnya.

Loading...

Penyebab Kacer Kurang Fighter:

1. Perawatan dan jadwal yang salah serta tak teratur.

2. Pemberian pakan asal-asalan.

3. Memandikan kacer asal-asalan.

4. Penjemuran yang kurang lama atau jarang.

5. Pemberian EF yang kurang.

6. Stres.

7. Mental ngedrop akibat kalah mental dengan burung lain.

8. Kurangnya pergaulan dengan burung kecil yang gacor.

9. Kurangnya pelatihan mental.

10. Terlalu sering dikrodong.

11. Stamina yang jarang dilatih dan ditingkatkan.

12. Pemberian multivitamin dan multimineral yang kurang.

13. Kurang nyaman dengan lokasi dan sangkarnya.

14. Sakit, misalnya mencret atau serak.

Jika anda sudah tahu apa saja faktor penyebab kacer kurang fighter atau kurang berani saat diadu, maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perwatan burung kacer kurang ngotot itu mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi kacer kurang fighter dengan mudah.

Cara Mengatasi Kacer Kurang Fighter:

1. Pemberian EF Diperbanyak

Pada umumnya kacer yang sedang atau kurang dalam fighter biasanya disebabkan oleh birahi yang kurang. Untuk mengatasinya, Anda harus meningkatkan birahi tersebut sampai dititik aman dan tidak melebihi kapasitas kacer itu sendiri. Pemberian EF bisa meningkatkan birahi kacer karena mengandung protein yang banyak. EF yang baik untuk kacer adalah ulat hongkong, ulat jerman, ulat kandang, belalang, jangkrik, dan kroto.

2. Meningkatkan Durasi Penjemuran

Penjemuran berfungsi untuk merontokkan kutu, memperkokoh bulu, dan meningkatkan birahi sesuai dengan durasi penjemuran. Biasanya kacer dijemur cukup 1 atau 2 jam saja setiap hari. Namun dalam keadaan khusus seperti tinggi atau rendah birahi, bisa diatur porsinya. Misalnya jika birahi kurang makan durasi diperpanjang, begitu juga sebaliknya. Dalam kasus kurang fighter, lebih baik penjemuran kacer bisa dimulai dari 1.5 jam sampai 2 jam setiap pagi hari.

3. Jangan Terlalu Sering Dimandikan

Mandi sering membantu dalam menurunkan birahi, namun tidak untuk meningkatkan birahi. Jika kacer Anda sedang tak berselar fighter, maka sebaiknya mandi dilakukan cukup 1 kali saja dalam sehari. Kalau perlu, 1 kali saja dalam 2 hari agar birahinya tetap memuncak dan bisa membuatnya besemangat kembali bertarung lagi.

4. Pengumbaran

Meletakkan kacer di kandang umbaran memang bisa menurunkan birahi kacer dan tak membuatnya semangat berkicau. Namun dilihat dari sisi lain, pengumbaran bagi kacer bisa membantu meningkatkan stamina dan pernapasan kacer. Dengan begitu, kacer akan memiliki paru-paru terlatih dan durasi kicauannya akan meningkat, begitu juga durasinya. Pelatihan ini dilakukan secara rutin untuk menjaga performa fighter dari kacer.

5. Dekatkan Dengan Burung Fighter Lainnya

Untuk melatih mental kacer, cobalah untuk rutin mendekatkan kacer Anda dengan burung jenis fighter lainnya. Gunanya untuk membuat kacer terbiasa dengan kondisi tersebut sehingga di lapangan lomba nanti, kacer bisa berkicau dan tak ragu untuk menang dalam urusan mental. Burung yang bagus untuk disandingkan dengan kacer adalah kenari, ciblek, gelatih, lovebird, kolibri, cililin, serta burung fighter lainnya yang memiliki suara rapat seperti kacer.

6. Mandi Malam

Metode lain untuk menjaga performa mental kacer adalah dengan rutin melakukan mandi malam. Mandi malam membantu dalam melatih mental dan menjaga otak burung tetap fresh serta tak mudah terkena stres. Mandi malam baik dilakukan pada pukul 08.00 ke atas sebelum pukul 10.00 agar kacer bisa istirahat tenang nantinya.

7. Pemasteran

Proses pemasteran sangat baik dilakukan setiap malam. Pemasteran dilakukan mulai dari pukul 06.00 sore sampai pagi hari esok. Metode ini diterapkan dengan mp3player yang terbilang cukup mudah, murah, dan bisa bertahan lama. Burung master yang baik dimaster dengan kacer adalah burung kenari, cilblek, dan lainnya.

8. Pemberian Multivitamin

Vitamin membantu dalam meningkatkan stamina serta asupan vitamin yang dibutuhkan kacer. Vitamin membantu untuk perkembangan tubuh kacer. Karena itulah pemberian vitamin sangat penting di masa muda kacer atau anakannya. Pemberian vitamin harus rutin diberikan setiap 2 – 3 kali dalam seminggu untuk tetap menjadi asupan vitamin dalam tubuh kacer.

9. Pemberian Multimineral

Zat mineral sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh kacer, khususnya bagian tulang. Mineral sama dengan vitamin, pemberiannya pun harus rutin sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu. Bird Mineral menjadi salah satu suplemen yang sangat bagus untuk memenuhi asupan mineral dalam tubuh kacer. Sedangkan untuk multivitamin, disarankan untuk memberikan BirdVit dengan takaran dan jadwal yang sama karena keduanya sangat penting.

10. Konsistensi dan Kesabaran

Cobalah untuk melatih rasa konsisten Anda, begitu juga dengan kesabaran Anda karena untuk membuat kacer berjiwa fighter sejati tidak memerlukan waktu yang sedikit serta ketelitian yang sedikit pula. Konsisten yang dimaksud adalah menerapkan aturan Anda sesuai dengan waktu yang sudah diterapkan seperti misalnya makan pagi harus diberikan pada pagi hari juga, bukan siang bahkan sore.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Kurang Stamina

Itu dia tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer kurang fighter dan penyebabnya yang harus Anda tahu. Mental menjadi masalah utama karena untuk membentuk jiwa fighter yang tetap terkontrol, memerlukan mental yang baik dan kuat. Pelatihan mental sebaiknya dilakukan sesering mungkin, minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu seperti melakukan pengumbaran dan mandi malam secara rutin. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda penghobi burung kacer atau kacer mania. Anda juga dapat membaca perwatan burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kacer

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top