Connect with us

19 Jenis Kayu Aquascape, Motif, Ukuran dan Harganya

Jenis Kayu untuk Aquascape

Jenis

19 Jenis Kayu Aquascape, Motif, Ukuran dan Harganya

19 Jenis Kayu Aquascape, Motif, Ukuran dan Harganya

Loading...

Hewan.id – Jenis kayu aquascape merupakan kayu khusus yang mampu tetap baik meskipun terendam di dalam air. Aquascape adalah teknik berkebun di dalam air atau menghias aquarium supaya memiliki keindahan desain dan dekorasi. Salah satu material yang kerap dipakai untuk menghias aquarium aquascape adalah kayu. Para aquascaper memilih kayu untuk kegiatan aquascaping nya ini agar hasilnya memiliki kesan alami, seperti sehampar kebun atau taman bawah air betulan.

Aquarium menjadi media atau tangki di mana berbagai benda terkait aquascaping ditaruh. Selain menggunakan jenis tanaman aquascape, benda lain terutama babatuan dan kayu juga dipakai. Kemudian ketika pemandangan yang diinginkan sudah diperoleh, biasanya para aquascaper juga menaruh ikan-ikan kecil seperti cupang atau jenis ikan neon tetra.

Jenis Kayu Aquarium Aquascape

Loading...

Penggunaan jenis kayu aquascape memiliki banyak tujuan, umumnya adalah untuk alat bantu menciptakan pemandangan artificial sebuah pepohonan, penampang bebatuan bukit atau bahkan sebagai alat bantu untuk tumbuh tanaman air yang merambat. Perlu pula diketahui bahwa kayu aquascape di sini bisa berbentuk akar, batang, cabang, ranting maupun bagian tumbuhan lainnya yang berkayu. Memakai kayu untuk bahan menghias bisa menghemat biaya pembuatan aquascape karena harganya yang relatif lebih murah ketimbang batu.

Jenis Kayu Aquascape Berdasarkan Motifnya

Kayu Aquascape

Sangat penting menentukan motif apakah yang hendak dipakai dalam aquascape karena motif ini amat menentukan tema besar, gaya atau aliran aquascape yang hendak dipakai. Dua jenis motif kayu aquascape yang bisa dipakai, yaitu:

1. Motif Akar

Untuk jenis kayu aquascape motif akar biasanya dipakai untuk memasang moss. Cocok untuk membuat Dutch Aquascape Style. Contoh: kayu bakau atau driftwood.

2. Motif Relief

Sedangkan motif relief digunakan untuk dipadukan dengan batu agar menampilkan pemandangan tebing batu atau artefak. Cocok untuk menghias aquascape dengan gaya Iwagumi atau Japanese Aquascape Style. Contoh: kayu mapaniwood.

Jenis Kayu Aquascape Berdasarkan Ukurannya

Jenis Kayu Aquascape

Berdasarkan dari ukurannya, jenis kayu aquascape terbagi menjadi 3 jenis. Para aquascaper bisa memilihnya tergantung pada kebutuhan serta budgetnya. Semua jenis kayu ini bisa dibeli di toko aquascape terdekat. Ketiganya memiliki nama akar kayu atau kayu akar, namun bukan berarti terbuat dari akar pohon semuanya. Namun hanya menunjukkan sebuah ciri khas dari kayu-kayu aquascape yang mayoritas memang menggunakan jenis kayu bercabang-cabang kecil mirip akar. Untuk memilih ukuran kayunya juga alangkah baiknya disesuaikan dengan ukuran aquariumnya.

1. Kayu Akar Kecil

Memiliki ukuran yang relatif kecil antara 10-30 cm, harganya antara Rp15.000 hingga Rp30.000

2. Kayu Akar Sedang

Memiliki ukuran yang sedang antara 31-60 cm, harganya antara Rp30.000- Rp50.000

3. Kayu Akar Besar

Memiliki ukuran yang besar antara 61-100 cm, harganya antara 51.000 –Rp100.000

Nama-Nama Jenis Kayu Aquascape

Jenis Kayu untuk Aquascape

Kini tinggal mengetahui apa sajakah nama-nama jenis kayu aquscape yang bisa dipakai untuk menghias aquarium aquascape. Pilihlah sesuai dengan rancangan desain mengenai gaya dan aliran aquascape yang dipilih. Sebaiknya juga mesti kalkulasi budget dengan baik.

Baca Lagi: 10 Jenis Aquascape, Gaya dan Alirannya di Dunia

Penggunaan kayu bisa menjadi langkah ekonomis untuk ‘hemat budget” karena harga kayu lebih murah dibandingkan batu. Namun kalau kayunya menggunakan yang langka dan mahal, ya tentu saja budgetnya akan tetap membengkak. Ini tentu tidak cocok bagi pengusaha produsen aquascape.

1. Kayu Santigi

2. Kayu Bakau

3. Kayu Rasamala

4. Hornwood

5. Branchwood

6. Mopaniwood

7. Bonsai Ulir

8. Akar Jati

9. Kayu Akar Senggani

10. Fosil Kayu

11. Akar Ranting

12. Moss Peacock

13. Kayu Ulin

14. Kayu Terrarium-Reptile

15. Kayu Santigi Pangkal

16. Akar Kayu Pasir

17. Kayu Pohon Bonsai Moss Pelia

18. Alder Wood

19. Cholla Wood

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Jenis

To Top