Connect with us

13 Jenis-Jenis Ikan Arwana, Harga dan Ciri Fisiknya

Jenis-Jenis Ikan Arwana

Jenis

13 Jenis-Jenis Ikan Arwana, Harga dan Ciri Fisiknya

13 Jenis-Jenis Ikan Arwana, Harga dan Ciri Fisiknya

Hewan.id – Jenis ikan Arwana adalah jenis ikan yang endemik di perairan Indonesia. Meski ikan ini pun kerap berenang-renang ke seantero Asia Tenggara, bahkan lintas benua dan samudera. Namun pada dasarnya, ikan ini asli dari nusantara. Maka patutlah berbangga warga negara Indonesia memiliki spesies yang begitu mengagumkan ini.

Kenapa Arwana mengagumkan? Ini karena tren memeliharanya tidak pernah surut. Geliat harga Arowana yang fantastis juga semakin menambah gengsi hobi ikan naga mas ini. Orang yang memelihara jenis ikan arwana sudah tentu orang yang berduit. Makanya ikan ini pun pada akhirnya jadi semacam simbol status ekonomi dan sosial.

Jenis Ikan Arwana nampaknya juga terus mengalami perkembangan dalam hal varietasnya. Para peternak ikan dan ilmuwan di bidang pemuliaan ikan terus-menerus melakukan riset dan eksperimen untuk menghasilkan spesies Arwana baru. Tentunya usaha ini dilakukan dengan teknik kawin silang.

Meskipun disebut-sebut sebagai ikan paling mahal di dunia, sebenarnya tidak semua jenis ikan Arwana itu mahal. Misalnya Arwana yang varietas golden red, kini harganya terjangkau. Hanya Rp1000.000 – Rp4000.000 saja. Tidak sampai puluhan juta.

Jenis-Jenis Ikan Arwana

Loading...

Memang ada jenis ikan Arwana yang hargany fantastik, yaitu ikan Arwana Crossback Golden. Bisa mencapai Rp25.000.000 -Rp40.000.000 per ekor. Ini adalah ikan yang habitat aslinya dari Malaysia. Memang para peternak di sana yang mengembangkan jenis Arwana bersisik total emas seluruhnya ini.

Ikan Arwana Crossback Golden memang istimewa karena seluruh tubuhnya berbalut sisik berwarna emas. Seakan-akan ikan ini sungguh turun dari surga. Namun ikan ini pun punya kelemahan yaitu susah sekali dibudidayakan. Untuk itu, harganya pun jadi melambung tinggi. Sebagai resiko sulitnya melahirkan dan mengembangkan ikan jenis arwana emas ini.

Namun bagi anda yang memang berniat memelihara jenis ikan Arwana. Tidak perlu khawatir dan takut. Karena masih banyak kok varietas arwana lain yang hargana terjangkau. Jadi tidak semuanya selangit harganya.

Sebenarnya di dunia ini, apa sajakah jenis ikan Arwana yang ada? Bagaimana ciri-ciri fisiknya dan harganya? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Arwana Golden Red

Arwana Golden Red

Jenis Ikan Arwana Golden Red sangatlah terkenal. Ikan ini pernah mencapai masa kejayaannya sekitar 8 tahun yang lalu. Arwana yang memiliki sisik emas hingga baris ke-4 atau ke-4 dari perutnya ini harganya kini cuma Rp3000.000 per ekor, untuk panjang 25 cm.

2. Arwana Highback Golden

Arwana Highback Golden

Jenis Ikan Arwana Highback Golden memiliki sisik warna emas hingga levelnya mencapai 5. Ini artinya sisi emasnya tumbuh dari bawah perut hingga baris ke-5. Ikan ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal daripada varietas golden red, yaitu: Rp4000.000.

3. Arwana Super Highback Golden

Arwana Superhighback Golden

Untuk Jenis Ikan Arwana Super Highback Golden warna sisik emasnya hingga baris ke-6. Hampir menutupi seluruh tubuh, hanya saja memang ikan ini tidaklah seutuhnya warna emas. Ada bagian-bagian tertentu yang warna hitam atau yang lainnya, mengikuti warna dasar tubuhnya. Harganya Rp4000.000.

4. Arwana Crossback Golden

Arwana Crossback Golden

Lanjut dengan varietas yang paling unggulan dan sempurna warna emasnya adalah Crossback Golden. Ikan emas ini harganya pun melambung, mencapai Rp25.000.000 per ekor. Namun ada pula yang hanya Rp10.000.000, ini tergantung dari ukuran dan tempat membelinya. Disarankan langsung beli dari peternak Malayasia. Karena jenis ikan arwana ini adalah hasil budidaya di negeri jiran.

5. Arwana Hitam

Arwana Hitam

Sesuai dengan namanya, jenis ikan arwana ini adalah arwana hitam. Maka warna tubuhnya pun hitam seutuhnya. Meski tidak sepopuler Arwana berwarna merah dan keemasan, namun harga si hitam ini lumayan loh, Rp2000.000 per ekor.

6. Arwana Super Red

Arwana Super Red

Jenis Ikan Arwana Super Red punya warna tubuh warna merah seutuhnya. Ikan ini jadi primadona karena keelokannya di akuarium. Arwana super merah ini harganya pun cukup terjangkau. Hanya Rp4000.000 saja kok.

7. Arwana Silver

Arwana Silver

Jenis Arwana Silver sangatlah unik. Warna tubuhnya benar-benar silver alias perak. Meski bukan varietas unggulan dibandingkan arwana emas, namun harga ikan ini lumayan mahal loh, yaitu Rp3000.000. Cocok sekali untuk dijadikan komoditi bisnis.

8. Arwana Banjar

Arwana Banjar

Jenis Ikan Arwana Banjar memiliki penampakkan yang mirip dengan arwana merah. Hanya saja warna kulitnya lebih muda. Meskipun berwarna merah muda, ikan ini dianggap strain berbeda dari ikan arwana merah. Harga Arwana Banjar hanyalah Rp500.000.

9. Arwana Jardini

Arwana Jardini

Ikan Arwana Jardini memiliki nama lain Arwana Irian. Karena jenis ikan arwana ini banyak ditemukan berenang-renang di perairan Papua. Meskipun habitat aslinya adalah Australia. Harga Arwana Jardini menembus angka Rp5000.000 per ekor.

10. Arwana Hijau

Arwana Hijau

Jenis ikan Arwana hijau banyak ditemukan di perairan cina. Ikan ini tidaklah jadi primadona. Warna tubuhnya hijau kebiruan. Meski begitu, sebenarnya tampilannya lumayan cantik. Harganya Rp1000.000 saja.

Baca Lagi: 16 Harga Ikan Arwana Terbaru, Kualitas Unggulan Cocok untuk Bisnis

11. Arwana Afrika

Arwana Afrika

Sesuai dengan namanya, jenis ikan Arwana Afrika berasal dari Afrika. Ikan ini punya tubuh mirip sekali dengan arwana silver. Warnanya pun abu-abu menyala begitu. Tapi bedanya, si Afrika tubuhnya lebih mungil. Harganya Rp4000.000

12. Arwana Arapaima Gigas

Arwana Arapaima Gigas

Meksipun jenis ikan arwana ini sering dianggap bukan Arwana. Namun bentuk tubuhnya memang mirip Arwana. Hanya saja ukurannya besar sekali, sunggur raksasa. Butuh 3 orang dewasa untuk mampu mengangkat tubuh Arapaima Gigas. Ikan ini tidak diperjualbelikan. Tapi kalau dijual harganya kemungkinan di atas 10 juta rupiah.

13. Arwana Scleropages Leichardti

Arwana Scleropages Leichardti

Jenis ikan Arwana Scleropages Leichardti memiliki nama lain the spotted bonytongue. Ikan ini banyak ditemukan di Queensland Australia. Warnanya hitam kekuningan dan tubuhnya panjang dan besar, bisa mencapai 100 cm. Harganya Rp5000.000.

 

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Jenis

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top