Advertisements
Connect with us

10 Jenis Aquarium Bulat, Contoh Model Akuarium Bundar Paling Keren

Jenis Aquarium Bulat Lampu Bohlam

Jenis

10 Jenis Aquarium Bulat, Contoh Model Akuarium Bundar Paling Keren

10 Jenis Aquarium Bulat, Contoh Model Akuarium Bundar Paling Keren

Loading...

Hewan.id – Aquarium adalah wadah khusus untuk menaruh ikan hias peliharaan. Nama Aquarium dalam ejaan Indonesia sering pula disebut Akuarium. Bentuknya ada yang besar dan ada pula yang kecil. Umumnya Aquarium ini memiliki bentuk balok 3 dimensi. Namun tidak menutup kemungkinan bentuknya juga kubus, bola, bahkan asimetris. Memang jenis Aquarium ini kalau terkait bentuknya sangatlah berkaitan dengan selera dan jenis ikan yang dipelihara.

Aquarium dapat mudah dibeli di toko penjualan ikan hias. Harganya pun variatif dari ratusan ribu hingga jutaan. Kebanyakan Aquarium berbahan dasar kaca, sehingga mudah sekali pecah. Namun ada pula yang plastik. Umumnya Jenis Aquarium kaca lebih disenangi karena bisa membuat tampilan lebih jernih dan bersih. Namun untuk menghemat biaya, orang akan membeli yang plastik saja.

Contoh Model Aquarium Bundar Paling Keren

Contoh Model Aquarium Bundar Paling Keren

Loading...

Malah ada pula orang yang senang berkreasi dengan membikin sendiri Aquarium untuk ikan-ikan hiasnya. Selain bisa memilih bahan yang ekonomis dan terjangkau kantong, tapi juga bisa menghias sesuai selera. Kadangkala kan pernak-pernik dan hiasan Aquarium yang dijual di toko itu terlalu monoton. Barangkali seseorang mau melukis sendiri dinding akuariumnya. Atau menaruh aneka karang, batu dan kerang.

Jenis Aquarium sangat ditentukan oleh jenis ikannya. Kalau ikannya besar tentu harus membeli yang proporsional dan sesuai ukurannya. Jangan sampai ikan ditaruh di Akuarium yang kekecilan. Karena selain menghambat pergerakan berenang ikan, tapi juga akan menghambat pertumbuhan ikan.

Jika ingin membeli Aquarium, juga harus dianalisis tentang bagaimana sistem air dan udaranya. Jenis Aquarium terbaik untuk memelihara ikan itu yang memiliki sirkulasi air dan udara yang bergulir. Jadi airnya tidak diam saja, karena ini akan membuat ikan cepat mati. Karena pada dasarnya kalau di alam bebas kan ikan hidup di air yang berarus.

Aquarium Bundar, Aquarium Bulat, Akuarium

Aquarium Bundar

Tingkat oksigen dan salinitas juga sangat penting diukur pada jenis Aquarium untuk ikan hias air laut. Jika saja tingkat keasinannya kurang atau malah kebanyakan, nantinya bisa mati ikan lautnya. Namun untuk jenis ikan air tawar, masalah salinitas ini tidak perlu terlalu dipikirkan. Yang penting airnya rajin dikuras saja, biar bersih dan tidak bau amis.

Dari sekian banyak model aquarium. Sepertinya aquarium bulat masih jadi primadona. Selain oleh anak kecil, orang dewasa juga suka membelinya. Untuk menaruh ikan-ikan kecil seperti cupang. Keuntungannya pakai si bulat ini adalah mudah dibersihkan dan memberikan kesan sederhana, lucu dan elegan.

Berikut adalah beberapa jenis aquarium bulat yang pernah ada di dunia ini:

1. Aquarium Kantong Bulat

Jenis Aquarium Kantong Bulat

Jenis Aquarium Kantong Bulat

Bisa dibilang ini adalah legend nya Aquarium. Jenis Aquarium klasik berbentuk kantong bulat yang sudah ada sejak zaman dulu.

Di zaman now yang serba canggih dan stylist ini, rupanya si bulat ini masih digemari. Biasanya untuk pelihara ikan kecil sejenis cupang atau koi.

2. Aquarium Bulat

Jenis Aquarium Bulat

Jenis Aquarium Bulat

Masih dari jenis aqurium bulat. Hanya saja bentuknya tidak seperti kantong. Tapi lebih membulat dengan mulut yang terbuka lebar. Badannya agak membalok.

Ini adalah transformasi dari si klasik aquarium kantong bulat. Sama saja, cocoknya untuk pelihara ikan-ikan kecil. Anak TK dan SD pasti suka.

3. Aquarium Bulat Paralel

Jenis Aquarium Bulat Paralel

Jenis Aquarium Bulat Paralel

Masih bagian dari aquarium bulat. Hanya sudahdimodifikasi agar menjadi paralel. Dengan menggabungkan beberapa pcs aquarium. Ini tentu akan menambah kesan mewah penampilannya.

Sebaiknya kalau mau pelihara ikan di sini harus memperhatikan kebersihannya. Terutama pada saluran-saluran paralel (penghubungnya). Pilihlah rakitan aquarium bulat paralel yang mudah dibongkar pasang.

4. Aquarium Bulat Toples

Jenis Aquarium Bulat Toples

Jenis Aquarium Bulat Toples

Aquarium bulat semakin menunjukkan sisi minimalis dan modernnya. Desainnya ada pula yang mirip dengan toples. Bagaikan ada tutupnya. Dengan bagian alasnya yang juga tinggi.

Kacanya pun dibuat nampak agak blur. Meski ukurannya tidak terlalu besar, tapi bagus banget buat pelihara ikan-ikan kecil. Apalagi kalau diberi hiasan warna-warni.

5. Aquarium Bulat Air Tumpah

Jenis Aquarium Bulat Air Tumpah

Jenis Aquarium Bulat Air Tumpah

Sangat mewah dengan desain yang sederhana. Itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan betapa bagusnya jenis aquarium bulat dengan posisi miring hingga airnya tumpah ini.

Sebenarnya bisa pula aquarium ini dimodifikasi sendiri. Dengan sengaja memiringkannya dengan diberi bantalan atau ganjalan supaya tidak jatuh. Kemudian diberi wadah penampung airnya. Tapi tingkat kemiringannya harus diperhatikan. Dan jangan sampai ikannya malah jatuh.

Baca Lagi: 15 Ikan Hias Air Laut, Cara Merawatnya dan Akuarium yang Cocok

6. Aquarium Bulat Pipih

Jenis Aquarium Bulat Pipih

Jenis Aquarium Bulat Pipih

Aquarium berbentuk bulat pipih ini lebar. Tapi tidak terlalu dalam. Sebaiknya hati-hati kalau pilih jenis ikan yang untuk dipelihara dalam akuarium ini. Hanya ikan-ikan kecil saja yang bisa masuk.

7. Aquarium Bulat Cangkir

Jenis Aquarium Bulat Cangkir

Jenis Aquarium Bulat Cangkir

Jenis Aquarium berbentuk bundar oval seperti cangkir atau gelas ini sempit. Tapi kedalamannya lumayan juga. Sehingga cocok untuk pelihara ikan yang agak besaran. Sebaiknya cukup 1 ikan saja yang dipelihara di sini. Supaya lebih sehat ke depannya.

8. Aquarium Bulat Lampu Bohlam

Jenis Aquarium Bulat Lampu Bohlam

Jenis Aquarium Bulat Lampu Bohlam

Jenis Aquarium berbentuk lampu bohlam sangatlah unik. Cocok untuk yang senang dengan benda-benda nyentrik. Tapi mesti benar-benar diperhatikan kadar oksigen dan kebersihan airnya.

9. Aquarium Bulat Gantung

Jenis Aquarium Bulat Gantung

Jenis Aquarium Bulat Gantung

Sungguh desain yang unik. Jenis aquarium bulat dengan kantong bundar kaca yang menggantung. Cocok sekali ditaroh di kamar dan dekat dengan jendela. Apalagi kalau diberi hiasan pohon-pohonan dan batu di dalamnya. Nampak sejuk sekali pemandangannya.

10. Aquarium Bulat Lampu Gantung

Jenis Aquarium Bulat Lampu Gantung

Jenis Aquarium Bulat Lampu Gantung

Aquarium bulat lampu gantung juga bagus sekali. Desainnya terkesan sangat ketimuran, seperti lampu-lampu di negeri dongeng 1001 malam.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Jenis

To Top