9 Cara Merawat Jalak Suren Sebelum dan Sesudah Lomba Agar Juara - Hewan.id
Advertisements

9 Cara Merawat Jalak Suren Sebelum dan Sesudah Lomba Agar Juara

Jalak Suren Juara Nasional, Jalak Suren Lomba, Jalak Suren Gacor, Cara Merawat Jalak Suren Lomba Agar Juara

Jalak

9 Cara Merawat Jalak Suren Sebelum dan Sesudah Lomba Agar Juara

hewan.id – Cara merawat jalak uren atau jalak suren lomba agar juara dan tampil maksimal. Perawatan jalak suren dimulai dari sebelum lomba sampai sesudah lomba. Sekarang ini banyak sekali event yang melombakan suren dengan hadiah fantastis. Maka banyak sekali pula kicaumania ingin membeli burung yang masuk dalam jenis jalak ini.

Jalak Suren Juara Nasional, Jalak Suren Lomba, Jalak Suren Gacor, Cara Merawat Jalak Suren Lomba Agar Juara

Jalak suren merupakan burung yang sering menjadi favorit bagi kicaumania pasalnya memiliki suara yang merdu dan bahkan berpotensi juara dalam lomba. Untuk Anda yang senang mengikutkan si jalak suren dalam lomba khusus, tentunya masing-masing memiliki metode perawatan yang berbeda. Banyak metode yang bisa digunakan dalam merawat jalak suren khusus lomba. Salah satunya adalah cara merawat jalak suren lomba yang akan menjadi pembahasan utama kita.

Namun sebelum melakukan perawatan atau sebelum lomba, pastikan jalak suren yang Anda inginkan ikut lomba dalam keadaan terbaik. Pastikan tingkat stressnya terjaga dan mempunyai mental yang benar-benar stabil. Untuk mendapatkan jalak suren seperti yang disebutkan diatas, metode perawatan sangat berperan dalam membentuknya. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik cara merawat jalak suren lomba yang baik dan benar serta cocok untuk pemula.

Cara-Cara Merawat Jalak Suren Lomba :

A. Cara Merawat Jalak Suren Sebelum Lomba :

Merawat Jalak Suren Sebelum Lomba

  1. Pertama, tetapkan niat pada hati Anda untuk secara rutin dan sabar dalam merawat jalak suren lomba milik Anda. Kuncinya adalah bagaimana cara membentuk jalak suren yang memiliki mental kuat dan suara gacor. Semua itu memerlukan waktu yang tidak sedikit dan penuh perhatian dari Anda.
  2. Kenali juga apa yang menjadi kesukaan jalak suren Anda. Pastikan untuk tidak memberikan makanan yang tak disukainya karena hal ini bisa berakibat bagi tingkat stress si jalak suren.
  3. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kandang atau sangkar jalak suren Anda. Jangan sampai jalak suren sakit di hari-hari sebelum lomba. Anda boleh secara rutin membersihkan kandang setiap sore dan pagi hari jika ingin mendapatkan jalak suren dengan suasana hati yang baik.
  4. Birahi rendah bisa sangat menggangu jalak suren dalam lomba, namun begitu juga sebaliknya. Bahkan jalak suren yang memiliki birahi rendah atau over birahi sangat berpotensi kalah dalam lomba. Hal yang harus Anda lakukan adalah tetap menjaga birahi jalak suren tetap stabil, boleh sedikit tinggi namun tidak berlebihan.
  5. Kita mulai dari hari ke-3 sebelum lomba. Berikan jalak suren jangkrik lebih dari biasanya. Misalkan biasanya Anda beri 3 di pagi hari dan 5 di sore hari, maka tingkatkan menjadi 6 di pagi hari dan 10 di sore hari.
  6. Untuk hari ke-2 sebelum loba, fokuslah pada penjemuran. Lakukan penjemuran secukupnya saja, disarankan tidak lebih dari 30 menit. Selain bisa menghilangkan kutu penggangu, penjemuran juga bisa meningkatkan mood si jalak suren dalam lomba nanti.
  7. Sudah tiba di hari H, waktunya menyiapkan jalak suren untuk mengikuti lomba. 1 jam sebelum jalak suren digantung untuk ikut lomba, pastikan Anda sudah memberikan 3 jangkrik dan ulat hongkong sebanyak 10-20 ekor, perhatikan juga kondisi birahi burung Anda. Jika dirasa birahi yang diinginkan kurang, Anda boleh menambahkan 1 ekor jangkrik lagi.
  8. Dalam masa lomba, jangan sekali-kali memandikan jalak suren Anda karena hal itu malah membuat birahi menjadi tak terkontrol.
  9. Ada baiknya Anda bersama burung Anda datang lebih awal di tempat lomba, kenalkan terlebih dahulu seperti apa suasana tempat lomba agar nantinya jalak suren sudah bisa beradaptasi. Jika selesai lomba, Anda boleh mengembalikan ke setingan hariannya.

Dalam merawat jalak uren sebelum lomba tidak ada patokannya, baik itu setelan jangkrik atau exstra fooding. Selain itu kita juga harus kondisi serta karakter jalak suren lomba tersebut.

Loading...

Baca Juga: 9 Cara Merawat Jalak Suren Anakan Atau Bakalan Agar Gacor

Agar bisa menjaga agar kondisi jalak uren bisa kembali seperti semula setelah dilombakan yaitu kita harus paham serta tahu kondisi tubuh dan birahi burung tersebut. Dalam merawat jalak suren lomba, jika kita salah soal perawatan sesudah lomba maka jalak tersebut akan sulit juga di setting. Contoh akibatnya salah perawatan jalak suren sesudah lomba yaitu birahi tinggi an susah bunyi.

B. Merawat Jalak Suren Setelah Lomba :

Merawat Jalak Suren Sesudah Lomba

Setelah diikutsertakan dalam lomba, hal yang harus kita lakukan adalah memulihkan kembali stamina suren ini. Caranya antara lain:

  • Memandikan suren setelah mengikuti perlombaan tersebut.
  • Jangan memberikan jangkrik atau ef setelah jalak suren dimandikan.
  • Dihari H+1 umbar kacer anda agar birahinya stabil.
  • Terapkan kembali proses merawat harian jalak suren dengan proses penjemuran selama kurang lebih 30 menit, lakukan sampai H+3 setelah lomba.
  • Berilah kembali voer atau pakan hariannya.
  • Berilah EF (extra food) kembali ke setelan biasa atau harian.
  • Berikan multivitamin dalam air minum burung jalak uren kita satu hari setelah lomba agar burung kembali fit dan birahi stabil setelah lelah mengikuti perlombaan yang diikuti.
  • Coba setting kembali jika kacer anda kurang maksimal saat mengikuti perlombaan. Agar anda juga paham karakter burung jalak suren tersebut serta bisa memaksimalkan kinerjanya di lapangan.

Baca Juga:  11 Cara Merawat Jalak Suren Mabung Agar Cepat Gacor

Tips di atas supaya pemula tahu bagaimana cara merawat jalak suren lomba agar gacor dan menjadi juara. Seperti yang kita ketahui, hal yang penting adalah tetap menjaga mental dan birahi jalak suren karena terlalu rendah dan terlalu tinggi bisa membuat jalak suren kalah dalam lomba.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Jalak

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top