> > 12 Cara Merawat Jalak Suren Harian Agar Gacor - Hewan.id
Connect with us

12 Cara Merawat Jalak Suren Harian Agar Gacor

Merawat Jalak Suren Harian, Jalak Suren Gacor, Jalak Suren Juara

Jalak

12 Cara Merawat Jalak Suren Harian Agar Gacor

Cara merawat jalak suren harian agar gacor dan bisa menirukan suara manusia. Jalak suren dikenal karena bisa menirukan suara apapun, khususnya manusia. Jalak suren merupakan burung dari jenis jalak. Burung jalak sendiri terbilang cukup banyak, seperti jalak bali, jalak putih, jalak kerbau, jalak suren, dan lainnya. Sebagai seorang penangkar jalak suren baik masih pemula atau bahkan sudah sangat ahli, tentu saja harus tahu menahu tentang bagaimana cara merawat jalak suren harian yang baik dan benar.

Merawat Jalak Suren Harian, Jalak Suren Gacor, Jalak Suren Juara

Jalak suren juga memiliki metode perawatan yang terbilang cukup sulit. Anda harus benar hati-hati agar burung ini tak mudah mati dan bisa bertahan lebih lama. Tentunya sebagai penangkar pemula jangan coba-coba untuk melakukan metode-metode harian yang menurut Anda benar, cobalah terlebih dahulu mencari tahu seperti apa metode harian yang baik khusus untuk jalak suren. Berikut ini adalah cara merawat jalak suren yang baik dan benar serta bisa memperkuat karakter suara dan lebih gacor.

Cara Merawat Jalak Suren Harian:

1. Perhatikan Kebersihan Kandang dan Ukurannya

Ukuran yang baik untuk kandang dari jalak suren adalah cukup besar, bisa juga sedang. Gunanya adalah untuk membuat jalak suren lebih nyaman karena leluasa dalam bergerak. Selain itu, kebersihan kandang juga harus Anda perhatikan, khususnya kotorannya. Kotoran yang menjamur sangat tidak baik untuk burung. Tidak hanya kandang saja, perhatikan juga tempat mandi, tempat makan, minum, dan lainnya.

2. Penjinakkan

Setiap burung yang akan ditangkar wajib dijinakkan. Metode penjinakkan jalak suren sebenarnya cukup banyak, salah satunya adalah membiasakannya dekat dengan manusia. Untuk bakalan tentu saja metode ini perlu dilalui, namun akan beda ceritanya jika memang dirawat dari anakan. Jika sudah terbilang jinak, maka perawatan akan semakin mudah.

3. Proses Memandikan

Jika di rasa proses angin-angin sudah cukup, maka selanjutnya adalah memandikan jalak suren. Untuk proses memandikan jalak suren sebenarnya bisa ditentukan bagaimana selera Anda dan sifat dari burung Anda. Memandikan jalak suren ada 3 metode yaitu memakai karamba, memakai cepuk dan memakai semprotan.

Loading...

Disarankan untuk melatih disiplin jalak suren untuk mandi sendiri. Di samping bisa meningkatkan kemampuan berpikir, cara ini terbilang mampu membuat mental burung lebih kuat. Selain metode di atas, Anda bisa memandikannya dengan cara disemprot atau dengan menggunakan tangan.

4. Penjemuran Jangan Terlalu Lama

Jika sudah mandi, saatnya menjemur jalak suren. Proses ini sendiri ada baiknya dilakukan selama 1-2 jam saja dan jangan dilakukan pada jam 10 siang keatas. Menjemur yang terlalu lama di terik matahari yang menyengat bisa sangat fatal untuk kesehatan burung.

5. Pemberian Makanan

Jika tak makan, mana mungkin burung bisa hidup. Sekedar diberi makan pun tak menjamin kesehatan jalak, apalagi burung sekelas jalak suren yang memiliki suara unik. Jalak suren akan senang jika diberikan buah-buahan atau sayuran, terlebih lagi biji-bijian.

6. Pemberian Extra Fooding

Pemberian EF untuk jalak suren juga sangat penting. Cobalah untuk sering memberikan jangkrik, ulat hongkong, belalang, kroto, cacing, dan lainnya.

7. Setting Harian yang Baik

Setingan harian sebenarnya banyak, bisa Anda coba mencari tahu pada yang sudah ahli. Hal yang penting adalah bagaimana Anda dalam mencocokkan dengan sifat si burung. Cobalah untuk setiap pagi lakukan pemandian dan penjemuran. Untuk proses mandi sendiri bisa dilakukan dengan disemprot sampai basah dan lakukan penganginan jika sudah dijemur. Tentu saja jangan lupa memberikan EF, Multivitamin, dan lainnya.

8. Pemberian Multivitamin

Vitamin sangat penting bagi kesehatan tubuh burung. Vitamin juga dapat membuat jalak suren gacor dan mengatasi jika burung terkena penyakit.

9. Pemasteran

Proses ini bisa dilakukan dengan memperdengarkan lagu master yang benar-benar cocok untuk jalak suren agar mendapatkan hasil yang bagus. Metode pemasteran sendiri bisa dilakukan dengan mp3 player yang telah diisikan suara master atau bisa secara langsung dimana Anda memperdengarkan suara master langsung dari burung lain.

Lakukan pemasteran saat istirahat. Cobalah memperdengarkan suara master mulai dari jam 6 sore sampai pagi esoknya sambil dikrodong. Pemasteran juga sangat efektif pada masa mabung jalak suren.

10. Pengkrodongan

Lakukan saat memaster atau sedang istirahat malam pada jalak suren. Contohnya jam 6 sore lakukan pengkrodongan dan bisa disertai dengan pemasteran sampai esok hari.

11. Pemahami Karakter

Faktor burung jalak suren mau tampil maksimal di lapangan atau perlombaan yaitu sang pemilik tahu akan karakter burung tersebut.

12. Hindari Faktor Pengganggu

Jangan ada faktor pengganggu yang akan menggangu ketenangan burung jalak suren anda. Faktor pengganggu dapat menyebabkan jalak suren menjadi stres. Contohnya saja kucing atau hewan buas lainnya.

Itu dia bagaimana cara merawat jalak suren harian yang baik dan benar serta bisa membuat burung menjadi ngeroll. Hal yang penting disamping tips diatas adalah tetap perhatikan mental jalak suren. Mental yang buruk bisa berakibat buruk juga bagi kesehatan, bahkan mempengaruhi secara permanen. Apalagi jika jalak suren sedang masa-masa giras atau belum jinak.

Baca Juga: 11 Cara Merawat Jalak Suren Mabung Agar Cepat Gacor

Rawatlah burung jalak suren anakan sejak dini agar mudah ketika dewasa. Semoga ulasan perawatan jalak suren harian tadi dapat berguna untuk anda yang memerlukan bantuan. Anda juga dapat membaca cara merawat jalak suren lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Jalak

To Top