9 Cara Merawat Jalak Suren Anakan Atau Bakalan Agar Gacor - Hewan.id
Advertisements

9 Cara Merawat Jalak Suren Anakan Atau Bakalan Agar Gacor

Merawat Jalak Suren Anakan

Jalak

9 Cara Merawat Jalak Suren Anakan Atau Bakalan Agar Gacor

hewan.id – Cara merawat jalak suren anakan, bakalan, ombyokan atau bahan agar cepat gacor dan prospek di arena perlombaan. Jalak suren merupakan salah satu jenis burung yang memiliki kicauan yang bagus dan merdu. Jenis jalak suren juga terbilang cukup beragam, beberapa diantaranya adalah jalak suren India, jalak suren Jawa, dan ada juga jalak suren Kalimantan. Semuanya memiliki ciri dan perbedaan masing-masing. Meski begitu, mereka masih tergolong jalak suren yang perawatannya sendiri terbilang hampir sama.

Merawat Jalak Suren Anakan, Jalak Suren Anakan, Jalak Suren Bahan, Jalak Suren Bakalan, Jalak Suren Ombyokan

Untuk seorang penghobi pemula yang ingin memiliki jalak suren tentu akan berpikir dua kali dalam membeli atau merawat anakan jalak suren. Sebelum masuk ke fase perawatan, ada baiknya kita ketahui betul bagaimana cara menilih anakan jalak suren yang memiliki potensi. Jika sudah, Anda akan masuk dalam fase perawatan anakan jalak suren yang harus memiliki perhatikan lebih. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara merawat jalak suren anakan yang baik dan benar.

Cara Merawat Jalak Suren Anakan:

  1. Jalak suren cenderung tak menyukai buah-buahan jika sudah dewasa, padahal buah-buahan sangatlah penting untuk kesehatan burung. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memperkenalkan buah-buahan pada jalak suren Anda. Rutinlah memberikan buah-buahan atau sayuran yang telah dipotong kecil terlebih dahulu. Cobalah berikan pisang batu, papaya, mangga, dan lainnya.
  2. Berikan multivitamin seperti BirdVit untuk menunjang pertumbuhan jalak suren anakan Anda.
  3. Tambah dengan serangga atau EF seperti jangkrik cukup 1-2 ekor setiap 1-2 jam. Berikan juga voer yang telah dicampur sedikit air agar memaksimalkan nutrisi yang masuk.
  4. Pemasteran bisa dilakukan jika dirasa jalak suren anakan sudah tak terlihat merengek minta makan lagi. Waktu yang tepat dalam pemasteran adalah saat burung sedang beristirahat dan ada baiknya dilakukan dalam masa anakan sejak dini. Pemasteran bisa dilakukan menggunakan pemasteran langsung dengan burung atau menggunakan mp3 player.
  5. Pada usia 4-5 bulan, jalak suren untuk pertama kalinya akan mengalami masa mabung. Di fase ini jalak suren akan merontokkan bulunya sendiri dan diganti dengan bulu yang baru, lebih mengkilap, dan rapi. Di masa mabung, hal yang penting adalah bagaimana agar si jalak suren tidak mengalami stress.
  6. Beberapa ciri si jantan yang telah dewasa adalah kloaknya yang bewarna kebiruan, sedangkan untuk betina berwarna kemerahan. Di fase ini usia jalak suren sudah menginjak 8 bulan dan beranjak dari remaja ke dewasa. Di fase ini juga jalak suren akan lebih aktif untuk berkicau karena telah dilatih pemasteran saat masih anakan.
  7. Pembersihan kandang saat masih remaja juga perlu dilakukan. Perhatikan setiap apa yang bisa mendatangkan penyakit bagi jalak suren. Biasanya kandang atau sangkar berjamur rentang memberikan jalak suren berbagai penyakit. Lakukan pembersihan kandang saat jalak suren menginjak usia 4 bulan lebih.
  8. Penjemuran juga sangat penting agar anakan jalak suren sehat dan kondisi tubuh vit. Jemur jalak suren anakan kurang lebih 30 menit.
  9. Memandikan jalak suren anakan merupakan hal yang sangat vital demi mejaga kesehatan. Anda bisa memandikan burung dengan cara disemprot, masukkan ke karamba atau memberi cepuk agar mandi sendiri.

Itu dia beberapa trik dan tips cara merawat jalak suren anakan yang baik dan benar sampai mencampai masa mabung dan dewasa. Mengetahui ciri anakan yang benar dan memiliki potensi juga sangat penting. Beberapa penilaian yang harus diperhatikan adalah bentuk tubuh yang proposional.

Pilihlah anakan yang terlihat memiliki kepala lonjong dan sedikit besar serta terlihat agresif. Kebalikan dari ciri diatas biasanya dimiliki oleh jalak suren betina. Itu jika anda memilih burung ketika membeli jalak suren anakan di pasar. Berbeda dengan anakan jalak suren yang dipanen langsung dari induknya. Jenis kelamin jantan juga menjadi penilaian yang wajib dipilih. Jantan cenderung memiliki suara yang lebih gacor, kuat, dan lebih aktif dari pada jalak suren betina itu sendiri. Anda juga dapan menyimak atau membaca tips dan trik perawatan jalak suren lainnya

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Jalak

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top