> > 9 Cara Merawat Jalak Kebo Mabung Agar Cepat Gacor Kembali - Hewan.id
Connect with us

9 Cara Merawat Jalak Kebo Mabung Agar Cepat Gacor Kembali

Merawat Jalak Kebo Mabung

Jalak

9 Cara Merawat Jalak Kebo Mabung Agar Cepat Gacor Kembali

Cara merawat jalak kebo mabung agar cepat tuntas dan gacor kembali. Setiap burung yang sedang berada dalam masa mabungnya pasti sangat menyulitkan bagi para kicaumania, bahkan untuk mereka yang sudah terbilang ahli. Memang seperti, masa mabung pasti dialami oleh setiap jenis burung, tak terkecuali dialami oleh jalak kebo atau yang juga akrab di sebut jalak hitam. Bagi seorang penghobi burung ini, anda harus tahu bagaimana cara merawat jalak kebo mabung yang baik dan benar.

Merawat Jalak Kebo Mabung

Mabung sebenarnya hal yang biasa dan pasti terjadi oleh setiap burung. Namun berbeda dengan burung yang habitat aslinya hutan bisa mengatasi mabung ini dengan baik. Akantetapi tidak untuk burung hasil penangkaran karena pemberi makanan adalah kita sendiri.

Sebagai seorang pemilik yang baik, anda harus mengetahui seperti apa jalak kerbau jika sedang mabung. Ciri kalak kebo mabung bisa dilihat adalah rontoknya banyak bulu. Untuk masalah prilaku, jalak kebo yang sedang mabung cenderung tak semangat. Untuk mengatasinya, simak cara merawat jalak kebo mabung yang baik dan benar.

Cara Merawat Jalak Kebo Mabung:

1. Jauhkan dari Tempat yang Ramai

Cobalah untuk menempatkan burung Anda di tempat yang sunyi untuk menunjang konsentrasi jalak kebo dalam merontokkan bulu-bulu. Tips ini bisa dilakukan untuk mempercepat proses mabung. Selain itu, cara ini bisa dilakukan jika si jalak kebo terlalu semangat dalam berkicau dan bisa menghabiskan energinya. Masa mabung adalah fase di mana pengeluaran energy sangat banyak, jadi tetap jaga asupan energinya.

Saat burung melakukan ngurak, cobalah untuk melakukan full krodong dan semprot kandang agar sedikit lembab. Trik ini bisa membantu perontokan bulu yang lebih cepat dan membantu menyehatkan mental burung, tapi airnya jangan terlalu banyak.

Loading...

2. Proses Mandi

Sebenarnya burung yang sedang mabung jangan dimandikan sampai bulu jarumnya tumbuh. Namun ada beberapa tanggapan sebenarnya boleh dimandikan, tapi tidak sesering seperti setiap hari. Bisa dilakukan seminggu sekali untuk tetap menjaga kebersihan si burung.

3. Proses Penjemuran

Sama seperti proses mandi, ada pilihan opsional yang bisa Anda terapkan. Pertama, tak perlu dimandikan dan yang kedua, mandikan namun cukup sebentar saja. Jika Anda memilih pilihan yang kedua, cobalah untuk menjemur burung kurang dari 30 menti saja, jangan sampai terlalu lama karena bisa meningkatkan stress burung. Sebenarnya fungsi penjemuran baik untuk merontokkan kutu-kutu jika sedang dalam masa mabung.

4. Pemberian Makanan

Untuk makanannya sendiri, hal yang harus perlu diperhatikan adalah asupan protein. Burung yang sedang mabung cenderung ingin mengkonsumsi protein lebih banyak karena pada fase ini, penggunaan protein bisa meningkat hingga 2.5 kali lipat dari biasanya. Cobalah untuk memberikan voer dengan susu bubuk (Racikan pakan) agar bulu cepat rontoknya. Untuk pemberian EF lakukan 2 kali lipat dari biasanya. Cobalah untuk memberikan jangkrik sebanyak 5 – 8 ekor pada pagi hari dan 5 ekor pada sore hati. Sebagai makanan tambahan, berikan kroto 1 sendok makan setiap paginya.

5. Pemasteran

Masa mabung adalah fase yang sangat ideal untuk melakukan pemasteran. Pemasteran bisa dilakukan dengan metode mp3 player yang murah dan mudah digunakan. Saat istirahat, contohnya pukul 6 sore sampai pagi hari, perdengarkanlah suara master. Kamu bisa menggunakan burung seperti kenari, lovebird dan cucak jenggot saat melakukan pemasteran.

6. Pamberian Vitamin

Vitamin sangat penting untuk membuat jalak kebo mabung cepat tuntas atau cepat berganti bulu baru. Selain bermanfaat untuk mempercepat tumbuhnya bulu baru, vitamin juga berguna untuk menjaga kondisi jalak kerbau tersebut. Kondisi yang sehat akan mudah membuat jalak kebo gacor lagi setelah mabung.

7. Rutin Membersihkan Sangkar

Faktor utama jalak kebo macet bunyi sehabis mabung yaitu sang pemilik tidak rutin dalam hal kebersihan. Kebersiahan kandang atau sangkar sangat berpengaruh bagi kesehatan burung itu sendiri.

8. Full Krodong

Full krodong pada saat jalak kebo mabung berfungsi untuk menghindari stres pada burung. Selain itu juga dapat membuatnya banyak beristirahat.

9. Konsisten

Jika semua cara di atas sudah dilaksanakan, maka cara terakhir merawat jalak kebo mabung adalah melakukan cara tersebut secara rutin. Mungkin sekilas cara yang satu ini dianggap sepele, padahal cara ini sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan burung jalak kerbau mabung. Sebab jika melakukan semua cara di atas tidak rutin, maka hasilnya pun juga tidak akan maksimal terhadap jalak kebo mabung.

Itu dia  cara merawat jalak kebo mabung yang baik dan benar. Perhatikan bahwa mental burung jalak kebo agar tetap terjaga. Masa mabung adalah masa yang sangat sensitive bagi perasaan si burung. Melakukan kesalahan kecil saat mabung bisa berakibat buruk pasca mabung, bahkan permanen. Kuncinya merawat jalak kebo saat mabung yaitu konsisten dan telalen. Anda juga dapat membaca cara merawat jalak kebo lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Jalak

To Top