9 Cara Merawat Jalak Kebo Harian Agar Mudah Gacor - Hewan.id
Advertisements

9 Cara Merawat Jalak Kebo Harian Agar Mudah Gacor

Merawat Jalak kebo Harian, Merawat Jalak kerbau Harian

Jalak

9 Cara Merawat Jalak Kebo Harian Agar Mudah Gacor

Bagaimana cara merawat jalak kebo harian yang baik dan benar sangat perlu Anda tahu sebagai seorang penangkar, baik masih pemula atau sudah diakui keahliannya. Perawatan yang baik bisa menghasilkan burung yang berkualitas. Perawatan khususnya untuk jalak kebo atau burung-burung yang memiliki kicauan indah seperti kenari dan lainnya juga memerlukan perawatan yang baik.

Merawat Jalak kebo Harian, Merawat Jalak kerbau Harian

Namun sebagian orang bahkan bingun seperti apa perawatan yang baik dalam hal menu makanan jalak kebo hariannya. Hal yang harus diperhatikan dalam perawatan keseharian itu banyak sekali. Salah satunya adalah makanan yang memerlukan kontrol yang baik, berbeda jika burung tersebut hidup dalam liar yang mencari makanannya sendiri.

Penangkaran burung memerlukan seseorang untuk memberikan makan, minum, perawatan sangkar atau kandang, mandi, penjemuran, angin-anginan, sampai proses pemasteran. Semua itu masuk dalam perawatan keseharian. Jika ingin mendapatkan burung jalak kebo yang bagus, maka poin-poin tersebut harus masuk dalam menu Anda.

Jalak kebo memang bukan burung sembarangan, biaya yang dibutuhkan untuk merawatnya juga tak tanggung-tanggung. Namun semua itu bisa terbayarkan dengan suaranya yang merdu apalagi jika diikutkan dalam suatu lomba. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah tips cara merawat jalak kebo harian yang baik dan benar. Namun perlu diingat anda harus punya modal jalak kerbau bakalan yang bagus.

Cara Merawat Jalak Kebo Harian:

1. Proses Angin-anginan atau Pengembunan

Awali hari dengan melakukan proses pengembunan sekaligus angin-anginan pada si jalak kebo. Waktu yang baik adalah pukul 6.30 dan lakukan sekitar 30 menit sampai 1 jam saja. Proses ini bisa membantu dalam menyegarkan pikiran burung dan baik untuk kesehatan burung karena di habitat aslinya, semua burung cenderung suka mencari angin saat mereka bangun, bahkan pada waktu subuh.

Loading...

2. Proses Mandi

Jika sudah diembunkan, maka selanjutnya prosedur yang wajib dilakukan dalam masa normal adalah memandikan. Metode bagaimana Anda dalam memandikannya tergantung Anda. Bisa dengan cara disemprot, dibasuh, dialiri air dan lainnya. Asalkan tak langsung disiram air sampai basah kuyup karena bisa mengagetkan burung, apalagi airnya adalah air bersuhu rendah. Proses mandi membantu dalam membersihkan kotoran tubuh dan bulu-bulu hitamnya.

3. Penjemuran

Jika sudah dimandikan, selanjutnya adalah jemur jalak kebo Anda. Penjemuran lakukan sewajarnya saja yakni selama 2-3 jam. Misalnya penjemuran di mulai dari pukul 8 pagi sampai 10 atau 11 siang.

4. Pembersihan Kandang

Jangan lupa untuk melakukan pembersihan kandang secara menyeluruh. Perhatikan kotoran yang masih menempal dikandangnya. Kotoran berjamur bisa sangat tidak menyehatkan bagi burung karena akan membawa banyak bakteri dan virus.

Tidak hanya kandang, Anda juga wajib membersihkan keramba mandi, tempat makanan atau capuk, tempat minum dan lainnya. Pembersihkan kandang bisa dilakukan setiap hari jika diperlukan. Pembersihkan kandang juga sangat penting untuk membantu menghindarkan burung dari sumbe-sumber penyakit.

5. Pemberian Makan

Sebelum dimandikan, pastikan untuk memberi makan pada jalak kebo Anda. Untuk makanannya sendiri adalah voer sebagai menu wajib di pagi hari. Anda juga bisa menambahkan menu tambahan lain seperti EF yaitu jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan lainnya.

Buah-buahan atau sayuran juga bisa berperan penting dalam menunjang kebutuhan vitaminnya. Biji-bijian, multivitamin, dan mineral juga sangat diperlukan. Untuk makanan pembuka, cobala untuk memberikannya buah-buahan segar seperti papaya atau pisang.

6. Proses Angin-anginkan

Jika sudah melalui tahap pengembunan, makan, mandi, penjemuran, dan pembersihan kandang, maka selanjutnya adalah biarkan burung diangin-anginkan dan berkicau sesukanya baik itu di teras rumah, samping rumah, belakang, dan lainnya. Namun sebelum itu, ada baiknya untuk memberikan EF berupa jangkrik sebanyak 2 ekor atau EF lain yang setara kandungannya dengan 2 ekor jangkrik.

7. Mandi Sore dan Pembersihan Kandang

Jika diperlukan, Anda boleh memandikan jalak kebo jika dirasa burung dan sangkarnya terlihat kotor. Sebelum atau sesudah dimandikan, berikan makanan EF berupa jangkrik sebanyak 3 ekor saja. Kemudan bersihkan sangkar hingga bersih termasuk keramba mandi dan lainnya. Setelah itu, isi air dengan air baru untuk di minum oleh si burung.

8. Angin-Anginan Sore

Jika sudah dimandikan, contoh misalnya mandi jam 4 sore, maka angin-anginkan sekitar 30 menit sampai 1 jam saja. Selain membantu kesehatan bulu, proses ini juga membantu mengeringkan bulu dan membuat burung lebih segar setelah beraktivitas seharian.

9. Pemasteran

Pemasteran dilakukan saat burung sedang istrihat. Cobalah untuk melakukan pemasteran mulai dari jam 6 sore atau setelah Isya sampai menjelang pagi hari. Metode yang dianjurkan adalah mp3 player karena mudah dikontrol dan bisa dilakukan kapan saja.

Baca Juga : 7 Cara Merawat Jalak Kebo Anakan Agar Rajin Buny

Itu dia tips bagaimana cara merawat jalak kebo harian yang baik dan benar. Perawatan di atas juga sangat cocok untuk diterapkan bagi jalak kebo lomba atau hanya buat kicauan di rumah, karena membantu dalam menarik potensi didalamnya. Merawat harian salah satu jenis jalak ini harus didasari dengan hobi dan sabar, agar burung tersebut cepat gacor.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Jalak

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top