> > 7 Cara Merawat Jalak Kebo Anakan Agar Rajin Bunyi - Hewan.id
Connect with us

7 Cara Merawat Jalak Kebo Anakan Agar Rajin Bunyi

Merawat Jalak Kebo Anakan

Jalak

7 Cara Merawat Jalak Kebo Anakan Agar Rajin Bunyi

Cara merawat jalak kebo anakan yang baik dan benar agar rajin bunyi. Jalak kebo atau biasa juga dikenal sebagai jalak kerbau dan jalak hitam merupakan burung yang unik dan sangat banyak di pelihara oleh orang-orang. Banyak hal yang membuat burung ini sangat disukai, tidak hanya dari suaranya saja. Burung ini ternyata juga memiliki sejarah yang cukup terkenal. Namun memeliharanya adalah hal yang berbeda.

Merawat Jalak Kebo Anakan, Anakan Jalak Kebo

Banyak metode yang bisa diterapkan dalam merawat jalak kebo. Masa anakan adalah masa yang cukup sulit, maka dari itu Anda harus tahu betul bagaimana cara merawat jalak kebo anakan yang baik dan benar.

Namun Anda harus benar-benar memakai perasaan saat merawat jalak kebo yang masih anakan. Anakan jalak kebo terbilang memerlukan banyak nutrisi sehingga harus dipantau terus menerus sampai dewasa. Untuk perawatannya sendiri sebenarnya susah-susah gampang, yang terpenting adalah menjaga mental si anakan agar tak mudah mati. Masa anakan juga sangat baik untuk melakukan pemasteran. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah beberapa tips dan trik cara merawat jalak kebo anakan yang baik.

Cara Merawat Jalak Kebo Anakan:

1. Makanan dan Minuman Jalak Kebo Anakan

Untuk masalah minuman dan makannya harus benar-benar diperhatikan. Pemberhentian makan dan minum dilakukan pada saat anakan jalak kebo tak meminta lagi, dalam artian berhenti menangis minta makan. Untuk pemilihan makanannya sendiri bisa diberikan buah-buahan atau sayuran yang sudah dipotong-potong kecil atau bisa diloloh. Selain itu, pemberian vitamin juga bisa dilakukan. Sebagai makanan tambahan, Anda boleh memberikannya biji-bijian atau voer jika memang umurnya sudah sedikit lebih berkembang.

2. Penjemuran Jalak Kebo Anakan

Untuk yang masih benar-benar anakan (Sangat berumur muda) penjemuran tak mesti harus dilakukan. Namun jika dirasa umurnya sudah pas, Anda boleh menjemurnya untuk membantu meningkatkan daya tahan dan merontokkan para kutu. Penjemuran sendiri bisa dilakukan selama 1 sampai 2 jam saja setiap harinya. Ingat, penjemuran jangan dilakukan terlalu lama dan di bawah sinar matahari yang membunuh.

Loading...

3. Pembersihan Kandang Jalak Kebo Anakan Secara Total

Jangan lupa untuk merawat kebersihan kandang atau sangkar si anakan agar tak meninggalkan jamur. Sangat berbahaya hukumnya jika jamur berkembang dan merusak system tubuh dari si jalak kebo. Selain kandang, bersihkan juga capuk makanan, keramba mandi, tempat minum, dan lainnya. Cara pembersihan sendiri terserah Anda, hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai terlihat kotoran yang menjamur.

4. Memaster Jalak Kebo Anakan Secara Rutin

Metode pemasteran cukup banyak dan bisa Anda pilih mana yang terbaik. Cara yang paling populer adalah menggunakan tap mp3 player. Untuk waktunya sendiri, dengarkan suara master pada si jalak kebo anakan jika dalam masa istirahat seperti siang hari atau sore hari. Untuk lebih memaksimalkan, Anda boleh melakukan full krodong. Contohnya adalah perdengarkan suara master mulai dari jam 6 sore sampai esok harinya.

5. Jaga Mental Jalak Kebo Anakan

Hal yang penting adalah tetap menjaga mental dan jangan sampai kelakukan Anda malah membuat anakan jalak kebo menjadi stress. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Diantaranya adalah jangan mengagetkan, jangan membenturkan kandang baik disengaja atau tidak, dan berikan perhatikan lebih saat masih anakan.

Metode ini juga sangat berlaku pada saat jalak kebo anakan Anda mengalami mabung pertama. Masa ini adalah fase yang sangat sensitive untuk si burung, jadi jangan coba-coba untuk membuatnya kesal.

6. Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin sangat berguna agar jalak kebo anda sehat dan gacor. Contohnya saja vitamin penggacor burung yaitu ebod joss dan ebod strong. Berikan kedua vitamin tersebut 1 minggu dua kali agar jalak kebo anakan menjadi gacor.

7. Konsisten dan Telaten

Kunci keberhasilan dalam membuat jalak kebo anakan menjadi gacor yaitu konsisten dan telaten dalam hal perawatan hariannya.

Itu dia tips serta metode dalam merawat kenari harian yang baik dan benar. Jika anda telaten serta konsisten dalam hal merawata kenari harian maka burung tersebut kan mudah gacor. Begitu pula sebaliknya jika ada malas dalam melakukan perawat kenari harian, maka burung tersebut akan malas bunyi atau macet bunyi.

Itu dia tips dan trik bagaimana cara merawat jalak kebo anakan yang baik dan benar. Metode di atas tentu bisa dirubah dan disesuaikan dengan sifat jalak kebo milik Anda. Dalam hal merawat jalak kebo atau kerbau anakan hal yang paling vital yaitu telaten dan sabar. Kedua hal tersebut merupakan faktor yang dapat membuat burung anda ketika dewasa menjadi bagus. Anda juga dapat membaca cara merawat jalak kebo lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Jalak

To Top