> > 13 Cara Menjinakkan Jalak Kebo Liar dengan Mudah - Hewan.id
Connect with us

13 Cara Menjinakkan Jalak Kebo Liar dengan Mudah

Menjinakkan Jalak Kebo, Menjinakkan Jalak Kebo liar, Menjinakkan Jalak Kebo anakan, Menjinakkan Jalak Kebo bakalan, Menjinakkan Jalak Kebo ombyokan

Jalak

13 Cara Menjinakkan Jalak Kebo Liar dengan Mudah

Cara menjinakkan jalak kebo liar, ombyokan, bakalan dengan mudah dan cepat. Jalak kebo, jalak kerbau atau jalak hitam menjadi burung yang sangat banyak diminati oleh banyak orang karena suaranya yang khas. Sebagai seorang kicaumania, baik yang masih terbilang pemula atau sudah sangat ahli dalam bidang tersebut harus mengetahui bagaimana cara menjinakkan jalak kebo yang terbilang susah di atur atau juga di kenal sebagai giras untuk sebutan para unggas.

Menjinakkan Jalak Kebo, Menjinakkan Jalak Kebo liar, Menjinakkan Jalak Kebo anakan, Menjinakkan Jalak Kebo bakalan, Menjinakkan Jalak Kebo ombyokan

Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah menjinakkan jalak kebo yang giras. Kuncinya adalah bagaimana Anda dalam tetap menjaga mental dan keadaan hati si burung khususnya jalak kebo. Masa-masa giras bahkan bisa datang walaupun sudah Anda rawat sejak masih kecil, seperti misalnya saat mabung.

Anakan jalak kebo yang telah di rawat sepenuh hati akan menghasilkan burung yang jinak nantinya. Namun bagaimana dengan perawatan burung bakalan yang tentunya banyak yang mendapati kasus burung giras pada awal perawatannya.

Jangan panik dan coba lah untuk bertanya kepada mereka yang ahli atau melakukan sesuatu yang bermanfaat. Salah satu hal yang harus Anda hindari adalah jangan pernah untuk mengagetkan jalak kebo atau membentaknya, apa lagi burung tersebut masih liar dan giras.

Suasana hati yang buruk serta kesan pertama yang jelek pada Anda, bisa berakibat negative untuk kedepannya. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah cara menjinakkan jalak kebo yang baik dan benar.

Loading...

Cara Menjinakkan Jalak Kebo:

1. Kesehatan Burung

Tetap jaga kesehatan burung. Seperti tetap memerhatikan kesehatan dalam tubuh dengan cara memberikan pakan dan minuman yang kaya akan vitamin dan mineral. Cobalah untuk memberikan apa yang burung sukai seperti EF jangkrik, belalang, ulat hongkong, voer, dan lainnya.

2. Jika Bakalan, Pilihlah yang Berumur Muda

Burung giras tua cenderung sangat susah untuk dijinakkan, bahkan bagi ahli sekalipun. Akan berbeda ceritanya jika yang dijinakkan adalah jalak kebo yang masih muda karena pembentukan karakter si burung terbilang cukup mudah di bentuk namun dengan kehati-hatian tinggi. Selain itu, burung muda tentunya memiliki potensi yang lebih baik

3. Tempatkan di Lingkungan yang Baik

Salah satu penyebab jalak kebo yang giras biasanya karena tempat tinggalnya yang tak ia sukai. Cobalah untuk tetap mencoba menceriakan hatinya dengan cara menempatkan sangkarnya di tempat yang sunyi. Menurut beberapa ahli, penempatan di tempat yang ramai juga bisa membantu untuk membiasakan si burung pada lingkungan sekitarnya.

4. Latihlah di tempat yang Terang

Tempat terang bukan berarti tepat di bawah sinar matahari terik, tapi di tempat teduh namun cukup pencahayaan. Dengan cara ini, burung akan cepat terbiasa dengan metode Anda. Namun sebelum itu, pastikan poin ke-3 sudah Anda terapkan. Selain itu, beda burung maka bisa jadi beda juga metodenya. Banyak burung yang malah lebih suka di tempat yang sunyi dengan pencayahan yang sedikit redup.

5. Jangan Melatih di Tempat yang Redup atau Malam Hari

Metode ini sebaiknya tidak diterapkan untuk burung jalak kebo yang sedang giras karena bisa memicu penurunan kemampuan indera penlihatan. Selain itu, pelatihan yang dilukan dalam keadaan gelap juga tak akan mempan karena membatasi konsenstrasi burung.

6. Pemberian Makan

Jangan lupa untuk memenuhi asupan mineral dan vitamin untuk jalak kebo dengan memberikannya makanan EF jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan berbagai macam multivamin dan mineral.

7. Pemberian Makan Sebelum Melatih

Burung yang sudah nyaman dengan Anda jangan sampai di buat kelaparan, apalagi saat di latih. Cobalah untuk tetap memberikan asupan makanan antara 3-4 jam sebelum melakukan pelatihan. Gunanya agar burung tak kelaparan saat berlatih nanti. Jika tidak, burung akan lambat laun bisa menjadi tak nyaman dengan Anda dan akan menjadi giras. Untuk pendekatan, cobalah untuk memberikan makanan dengan tangan.

8. Latihan di Luar Sangkar

Cobalah untuk sesering mungkin mengajak jalak kebo Anda untuk bermain tidak di dalam sangkar. Raih dan ajak untuk keluar sangkar, berikan makan dengan tangan Anda, dan lakukan Sesutu seperti mengobrol.

9. Cobalah Untuk Bersiul

Setiap burung akan senang jika si pemilik memanggilnya dengan cara bersiul karena hampir mirip dengan cara temannya memanggilnya. Cobalah untuk bersiul sesering mungkin.

10. Latih di Dalam Ruangan

Tidak hanya di luar ruangan, cobalah untuk juga melatih jalak kebo di dalam ruangan agar mengespor lebih banyak jangkauan zona nyaman untuknya.

11. Bersihkan Sangkar

Sangkar bisa dibersihkan bahkan setiap pagi dan sore hari setiap harinya. Pastikan semua bersih dan tak ada kotoran yang menjamur.

12. Melatih Mental

Cobalah untuk melatih mentai burung dan berikan kesan yang baik tentang anda untuk si Jalak Kebo.

13. Jangan Membentak atau Sejenisnya

Jauhkan segala hal yang bisa membuat suasana hati si jalak kebo menjadi buruk karena akan berdampak negatif bahkan secara permanen. Bisa jadi burung Anda tak akan bisa jinak karena perbuatan kasar yang Anda lakukan.

Baca Juga: 20 Jenis Jalak, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Cara menjinakkan jalak kebo liar memang harus membutuhkan proses dan waktu. Hal yang penting adalah jangan sampai mental dan suasana hati jalak kerbau terganggu karena bisa berdampak besar untuk selanjutnya. Yang terpenting saat proses menjinakkan jalak kebo yaitu kita harus konsisten dalam hal perwatan hariannya.

Loading...

Continue Reading

More in Jalak

To Top