Advertisements

21 Jenis Ikan Sapu-Sapu, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

9 min read

Jenis Ikan Sapu Sapu

Jenis Ikan Sapu-Sapu – Ikan sapu-sapu atau ikan bandaraya tentunya sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat Indonesia. Ikan sapu-sapu berasal dari negeri Paman Sam Amerika serikat yang merupakan ikan air tawar. Selain memiliki bentuk serta warna yang menawan, ikan sapu-sapu memiliki fungsi tersendiri. Hingga saat ini jenis ikan sapu-sapu telah beredar luas sampai ke benua Asia termasuk negara Indonesia.

Jenis Ikan Sapu Sapu

Klasifikasi Ikan Sapu-Sapu

  • Nama Ilmiah      : Pterygoplichthys sp
  • Filum                  : Chordata
  • Kelas                  : Actinopterygii
  • Ordo                  : Siluriformes
  • Family                : Loricariidae
  • Genus                : Loricariidae Rafinesque, 1815

Ikan sapu-sapu dikenal oleh beberapa orang sebagai ikan air tawar yang dapat memakan lumut atau alga. Selain itu ikan sapu-sapu jika digunakan sebagai ikan pembersih akuarium yang sangat efektif. Namun, perlu anda ketahui bahwa dari beberapa macam, ikan sapu-sapu ini memiliki karakter dan warna yang berbeda. Berikut terdapat penjelasan yang bisa anda ketahui mengenai ikan sapu-sapu.

Kumpulan Macam Jenis Ikan Sapu-Sapu Terbesar, Terpopuler dan Termahal

1. Leopard Frog Pleco

 

Yang pertama terdapat jenis ikan sapu-sapu yakni leopard frog pleco. Ikan sapu-sapu ini memang berasal dari Amerika serikat, namun lebih tepatnya berasal dari sungai tapajos. Nama dari ikan sapu-sapu leopard frog pleco tersebut dinamakan dari katak liar yang ada di hutan Amazon. Karena warna dari ikan sapu-sapu ini mempunyai warna yang sama seperti halnya katak liar.

Karakteristik dari ikan sapu-sapu leopard frog pleco ini bercorak belang dengan warna hitam putih. Bahkan ikan sapu-sapu leopard hampir disamakan dengan ikan sapu-sapu hypancitrus zebra karena memiliki warna yang hampir sama. Ikan sapu-sapu leopard frog pleco mempunyai ukuran sekitar 12 sampai 16 cm. Jika dibandingkan yang lainnya, ikan sapu-sapu leopard tergolong berukuran sedang.

Ikan sapu-sapu leopard frog plecomempunyai karakteristik yang bisa dibedakan dengan ikan sapu-sapu lainnya. Karakteristik di sini adalah mempunyai mata yang sedikit besar dan dari ujung kepala sampai ujung ekor warnanya belang putih serta hitam. Dikabarkan ikan sapu-sapu leopard frog pleco ini memiliki harga sekitar 300.000 per ekor.

Mengapa demikian, populasi dari ikan leopard frog pleco memang tidak banyak untuk ditemukan. Bahkan populasinya saat ini kian menurun dari tahun ke tahun. Ikan sapu-sapu leopard frog pleco juga memiliki warna sedikit kebiruan. Anda dapat melihatnya pada bagian sirip di samping kanan atau kiri serta pada sirip atas jika telah beranjak dewasa.

2. Hypancistrus Zebra

Jenis ikan sapu-sapu yang selanjutnya adalah hypancitrus zebra. Sesuai dengan namanya, ikan ini ini memiliki warna atau corak yang hampir sama dengan zebra. Ikan sapu-sapu hypancistrus zebra memang hampir sama dengan ikan sapu-sapu leopard frog pleco. Keduanya memiliki warna hitam dan putih dengan garis-garis belang. Namun jika dilihat secara jelas, garis dari kedua ikan tersebut berbeda.

Dimana ikan sapu-sapu hypancistrus zebra mempunyai garis berwarna hitam putih yang melintang secara horizontal di bagian separuh tubuhnya. Selain itu ikan sapu-sapu hypancistrus zebra banyak ditemukan di daerah sungai Amazon. Namun kabarnya hingga saat ini populasi dari ikan sapu-sapu hypancistrus zebra menurun drastis. Sehingga harga jual dari ikan sapu-sapu hypancistrus zebra tinggi.

Tidak menutup kemungkinan beberapa orang menjual ikan ini dengan harga sekitar 400.000 per ekor. Ikan sapu-sapu hypancistrus zebra juga memiliki ciri-ciri yang bisa dikenali. Selain harganya yang mahal ikan sapu-sapu hypancistrus zebra memiliki panjang sekitar 8 cm saja. Ikan ini tergolong mempunyai ukuran tubuh yang kecil dibandingkan dengan ikan sapu-sapu pada umumnya.

Bentuk ekor dari ikan sapu-sapu hypancistrus zebra tersebut sedikit lancip pada bagian atas dan bawah. Ketika beranjak dewasa ikan sapu-sapu hypancistrus zebra tidak lebih mempunyai ukuran sekitar 10 cm. Maka tidak mengherankan jika ikan sapu-sapu hypancistrus zebra termasuk ke dalam golongan family loricariidae. Di mana menjadi golongan ikan dengan pengisap nomor 46 dari sebuah daftar klasifikasi.

3. Para

Jenis ikan sapu-sapu yang selanjutnya adalah memiliki nama para. Seperti halnya ikan sapu-sapu pada umumnya, jenis yang satu ini memang berasal dari benua Amerika serikat. Namun ikan sapu-sapu para bisa ditemukan atau populasinya yang cukup banyak di daerah Rio de para di negara Brazil. Cukup membingungkan memang karena beberapa jenis ikan sapu-sapu memiliki warna yang cukup sama.

Ikan sapu-sapu para sendiri hampir sama dengan ikan sapu-sapu leopard. Kesamaan tersebut dapat dilihat dari warna serta corak yang dimiliki. Namun yang pasti kedua ikan ini pasti mempunyai sebuah perbedaan yang bisa dilihat. Ikan sapu-sapu para mempunyai kombinasi corak hitam yang tersebar di seluruh bagian tubuhnya. Namun terdapat sedikit warna kuning dengan kombinasi putih.

Selain itu ikan sapu-sapu para mempunyai warna total yang lebih besar di belakang tubuhnya. Dapat dikatakan ikan sapu-sapu para adalah ikan sapu-sapu yang mempunyai badan besar. Bagaimana tidak, ikan sapu-sapu para dapat tumbuh dan berkembang dengan mencapai ukuran 22 sampai 28 cm. Semakin dewasa usia dari ikan sapu-sapu para, maka semakin panjang ukuran tubuh yang dimiliki.

Hingga saat ini belum diketahui secara jelas berapa harga yang dimiliki oleh ikan sapu-sapu para. Namun ikan sapu-sapu para cukup mudah untuk ditemukan dan bisa didapatkan pada penjual ikan terdekat. Kemungkinan besar harga dari ikan sapu-sapu para sekitar 100 sampai 150 ribu. Namun hal ini juga didasarkan dari ukuran ikan sapu-sapu para.

4. Broken line Royal

Jenis ikan sapu-sapu broken line royal memiliki kemiripan yang yang hampir sama dengan ikan sapu-sapu golden royal Line. Secara sekilas penampilan fisik serta bagian tubuh yang dimiliki oleh ikan sapu-sapu broken Line royale memang hampir sama. Namun ikan ini juga mempunyai perbedaan yang terletak pada corak di bagian tubuhnya. Corak pada ikan sapu-sapu broken line royale cenderung horizontal.

Selain itu warna dari ikan sapu-sapu broken line royale terdapat sedikit kebiruan serta adanya garis yang putus-putus. Sebenarnya corak dasar dari ikan sapu-sapu broken line royal berwarna biru serta terdapat warna transparan pada bagian sirip ekor. Hal tersebut yang membedakan karakteristik dari ikan sapu-sapu broken line royal dengan ikan sapu-sapu yang lainnya.

Ikan sapu-sapu broken line royal juga tergolong memiliki ukuran tubuh yang besar. Bahkan lebih besar dari ikan sapu-sapu para dengan ukuran yang mencapai sekitar 35 cm sampai 43 cm. Ukuran dari ikan sapu-sapu broken Line royale tidak lebih dari 50 cm dan memiliki bentuk sirip yang cukup besar. Kemungkinan besar harga dari ikan sapu-sapu broken line royale ini cukup mahal.

Harganya bisa mencapai sekitar 400 sampai 500 ribu per ekor nya. Hal ini dikarenakan populasi dari ikan sapu-sapu broken line royal mulai menurun di pasaran. Maka tidak mengherankan jika ikan sapu-sapu broken line royal mempunyai warna yang cukup bagus dan menarik. Ikan sapu-sapu broken Line royal dapat membersihkan lumut dan alga dengan baik di akuarium.

5. King Tiger

Sesuai dengan namanya ikan sapu-sapu king Tiger diambil karena memiliki warna seperti macan. Meskii mempunyai nama dan warna yang cukup menakutkan, namun jenis ikan sapu-sapu king Tiger tidak berbeda dengan ikan pada umumnya. Ikan sapu-sapu king Tiger memiliki populasi yang banyak ditemukan di daerah Rio xingu.

Akan tetapi kabarnya populasi dari ikan sapu-sapu king Tiger mulai menurun. Perlu diketahui jenis ikan yang satu ini cukup sulit untuk ditemukan karena jumlahnya terbatas. Bahkan dapat dikatakan seseorang yang memiliki ikan sapu-sapu Tiger adalah orang yang sangat beruntung. Sebab jika dijual harga dari ikan sapu-sapu king Tiger sendiri cukup mahal. Yakni sekitar 400-500 ribu rekor ketika telah dewasa.

Warna dari tubuh ikan sapu-sapu king Tiger yakni hitam dan putih berkombinasi pada seluruh bagian tubuh. Jika dilihat secara detail, ikan ini mempunyai ciri-ciri yang berbeda dibandingkan ikan sapu-sapu lainnya. Ikan sapu-sapu king Tiger memiliki sirip yang kecil serta corak di bagian tubuh sangat mirip dengan harimau. Jadi tidak mengherankan jika ikan ini memiliki nama Tiger.

Ikan sapu-sapu king Tiger tergolong ikan yang kecil karena hanya memiliki ukuran tubuh sekitar 12 sampai 14 cm saja. Bahkan ukuran tersebut menjadi ukuran maksimal ketika ikan sapu-sapu Tiger telah beranjak dewasa. Ikan sapu-sapu ini memiliki pergerakan yang cukup aktif serta mampu membersihkan akuarium dari lumut atau alga yang menempel.

6. Royal

Jenis ikan sapu-sapu yang selanjutnya bernama royal. Ikan sapu-sapu royal mempunyai ciri-ciri serta karakteristik yang berbeda dibandingkan ikan sapu-sapu lainnya. Ikan sapu-sapu royal mempunyai ukuran yang dapat dikatakan besar. Bagaimana tidak kan ini mempunyai panjang yang dapat mencapai ukuran 35 cm sampai 45 cm.

Bisa dikatakan ikan sapu-sapu royal menjadi ikan sapu-sapu yang mempunyai ukuran terbesar di keluarganya. Maka tidak heran jika ikan sapu-sapu ini banyak ditemukan di beberapa tempat. Ikan yang mempunyai nama latin panaque nigroliatus ini berasal dari tanah Brazil. Populasi terbanyak dari ikan sapu-sapu royal bisa ditemukan di dasar sungai teles pirez.

Ikan sapu-sapu royal menjadi salah satu ikan pembersih yang terbaik. Karena nafsu makan dari ikan yang satu ini cukup besar sehingga dapat memakan lumut dalam jumlah yang besar. Ikan sapu-sapu royal mempunyai warna sedikit kebiruan dengan kombinasi warna hitam. Warna dari ikan sapu-sapu royal dari ujung sungut sampai ekor berwarna kebiruan dan ada guratan hitam setiap tubuh.

Jenis sapu-sapu royal yang mempunyai ukuran tubuh besar menjadi salah satu ciri khas yang bisa di lihat. Bahkan tak jarang ikan ini menjadi ikan yang banyak di pelihara oleh beberapa orang di dalam aquarium. Di wilayah Indonesia sendiri harga dari ikan sapu-sapu royal masih tergolong murah. Karena populasinya yang mudah untuk ditemukan dan di kembangkan.

7. Green Phantom Pleco

Seperti namanya, ikan yang satu ini memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan ikan sapu-sapu lainnya. Ikan sapu-sapu green phantom pleco mempunyai warna hijau yang menyelimuti tubuh. Ikan sapu-sapu green phantom pleco termasuk ikan yang kecil karena tidak memiliki panjang sekitar 20cm. Panjang dari ikan yang satu ini sekitar 12 cm sampai 16 cm ketika telah beranjak dewasa.

Jenis ikan sapu-sapu green phantom pleco mempunyai sedikit bintik berwarna putih. Warna bintik tersebut dapat dilihat dari ujung wajah hingga bagian tengah tubuh. Warna dari sirip dan ekor ikan sapu-sapu green phantom pleco adalah hijau lebih terang dibandingkan warna tubuh. Namun, pada bagian atas terdapat sedikit kombinasi warna hitam dengan warna hijau terang.

Sehingga hal ini yang membedakan antara ikan sapu-sapu green phantom pleco dengan ikan sapu-sapu yang lainnya. Kabarnya ikan sapu-sapu green phantom pleco sudah termasuk ikan sapu-sapu yang langka. Karena populasinya sangat jarang ditemukan bahkan di wilayah habitat aslinya yang berada di Brazil.

Beberapa orang memilih untuk memiliki ikan ini sebagai hiasan akuarium. Karena warna hijau yang ditunjukkan oleh ikan sapu-sapu green phantom pleco sangat menawan. Mengenai harga pasaran, ikan sapu-sapu green phantom pleco dapat dibilang sangat mahal. Karena untuk mendapatkan ikan ini tidak mudah sebab telah menjadi ikan sapu-sapu yang langka.

8. Snowball Pleco

Seperti halnya ikan sapu-sapu pada umumnya, ikan sapu-sapu snowball pleco juga berasal dari perairan Amerika. Ikan sapu-sapu snowball pleco atau yang lebih dikenal dengan sebutan hypancistrus inspector ini cukup mudah untuk ditemukan. Yang membedakan jenis ikan sapu-sapu snowball pleco dengan ikan sapu-sapu lainnya terdapat dari segi warna.

Warna yang dimiliki oleh ikan sapu-sapu snowball pleco pada dasarnya adalah hitam pekat. Selain itu ikan yang satu ini memiliki bintik bintik berwarna putih yang ada di seluruh bagian tubuh. Bahkan dari ujung kepala sampai ekor terdapat bintik-bintik warna putih dengan ukuran yang cukup besar. Jadi sangat mudah untuk membedakan antara ikan sapu-sapu snowball pleco dengan ikan sapu-sapu lainnya.

Ikan ini merupakan ikan sapu-sapu yang tergolong memiliki tubuh kecil. Namun jangan salah sangka, meski memiliki tubuh yang kecil ikan sapu-sapu snowball pleco adalah predator di alam liar. Oleh karena itu beberapa orang memilih untuk tidak merawat ikan snowball pleco karena tidak cocok disandingkan dengan ikan lain. Dikhawatirkan ikan sapu-sapu snowball pleco akan memangsa ikan lain.

Ukuran tubuh dari ikan sapu-sapu snowball pleco sekitar 15 sampai 20 cm. Mengenai harga pasaran ikan yang satu ini, memang belum begitu jelas. Namun kemungkinan besar ikan sapu-sapu snowball pleco dijual dengan harga sekitar 100 sampai 200 ribu. Hanya beberapa orang saja yang memilih untuk merawat ikan sapu-sapu snowball pleco ini.

9. Xingu Baryancistrus

Jenis ikan sapu-sapu selanjutnya yakni memiliki nama ikan sapu-sapu xingu baryancistrus. Ikan sapu-sapu ini berasal dari Brazil yang lebih tepatnya nya di daerah Rio Xingu. Maka tidak mengherankan jika ikan sapu-sapu tersebut dinamakan xingu baryancistrus. Terdapat beberapa hal yang bisa membedakan antara ikan sapu-sapu Xingu baryancistrus dengan ikan sapu-sapu pada umumnya.

Ikan sapu-sapu yang satu ini mempunyai warna hitam pekat sebagai warna dasar. Selain itu, terdapat beberapa bintik-bintik warna kuning pada bagian kepala sampai ujung ekor. Bisa dikatakan ikan sapu-sapu Xingu baryancistrus hampir sama dengan ikan sapu-sapu snowball pleco. Namun yang membedakan antara kedua ikan sapu-sapu ini terdapat pada warna bintik di sekujur tubuh.

Warna kuning yang dimiliki oleh ikan sapu-sapu Xingu baryancistrus sangat terang dan kontras. Sehingga hal ini menjadi karakteristik yang dimiliki oleh ikan sapu-sapu Xingu baryancistrus. Panjang ukuran dari ikan sapu-sapu Xingu baryancistrus ini dapat mencapai 15 cm sampai 20 cm. ia masuk ke dalam keluarga ikan yang mempunyai ukuran tubuh sedang tidak panjang dan tidak kecil.

Beberapa orang lebih mengenal ikan sapu-sapu Xingu baryancistrus dengan sebutan gold nugget pleco. Ikan sapu-sapu ini cukup banyak populasinya di kawasan Asia tenggara termasuk Indonesia. Harga dari ikan sapu-sapu Xingu baryancistrus dapat mencapai sekitar 100 sampai 200 ribu per ekor. Populasi jenis tersebut pun masih stabil sampai sekarang ini.

10. Synodontis

Synodontis adalah genus terbesar jenis ikan sapu-sapu. Jenis ikan ini paling sering ditemukan di seluruh Afrika, sebagian besar terjadi di Afrika Tengah dan Barat. Habitat dari ikan ini yaitu hidup di air tawar yang bisa berupa anak sungai, kolam, aliran, danau, dan sungai.

Jenis ikan sapu-sapu synodontis ini termasuk omnivora. Makanan mereka antara lain serangga, krustasea, moluska, annelida , biji-bijian, dan alga. Ciri fisik dari ikan sapu-sapu hias ini yaitu memiliki sirip pada bagian atas panjang. Selain itu pada bagian tubuhnya  terdapat pola bintik-bintik hitam.

11. Golden Royal Line

Ikan sapu-sapu Golden Royal Line berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di Venezuela. Ciri fisik pada ikan ini yaitu tubuhnya memiliki warna hitam keabu-abuan. Selain itu terdapat garis corak pada tubuh ikan sapu-sapu golden royal line berupa garis mendatar berwarna kecoklatan yang ada dibagian tubuhnya, namun pada bagian sirip punggung tidak ada garis coklatnya. Pada bagian ujung sirip ekor terdapat warna transparan.

Perpaduan dua warna cantik ini membuatnya tampil menonjol dibandingkan macam ikan-ikan sapu-sapu lainnya. Ukuran panjang tubuh ikan dewasa Golden Royal Line bisa mencapai 17 sampai 21 cm.

12. Blue Phantom Pleco

Blue Phantom Pleco merupakan ikan sapu-sapu yang habitat asalnya dari Amerika Selatan, tepatnya jeram Rio Orinoco di Venezuela. Memiliki kepala datar dan tubuh Pleco yang lebar membantunya menavigasi (atau tetap bertahan) dalam arus yang sangat kuat. Tubuhnya berwarna biru gelap dengan sedikit pola bintik-bintik pada tubuhnya. Ukuran panjang tubuh ikan dewasa Blue Phantom Pleco bisa mencapai 15 sampai 17 cm.

13. Tiger Plecostomus

Salah satu ikan terbaik yang dapat Anda sertakan dalam akuarium adalah Tiger Pleco. Nama lain dari ikan ini adalah Pleco Scribbled, King Tiger Pleco dan Network Pleco. Jenis ikan sapu-sapu ini berasal dari sungai-sungai Tocantins di Brasil dan Rio Xingu.

Tiger Plecostomus memiliki ciri fisik terdapat garis-garis cokelat yang menutupi seluruh bagian tubuhnya hingga ke siripnya. Matanya juga dilengkapi dengan pola yang menyerupai garis-garis di kepalanya. Ikan ini menyukai kedamaian dan ketenangan. Pada saat dewasa, ukuran bisa mencapai 12 cm.

14. Leopard

Ikan sapu-sapu leopart berasal dari Rio De Janeiro, Brazil. Ciri fisik dari ini terdapat corak pada sekujur tubuhnya mirip dengan leopard, maka dari itu ikan ini dinamai leopard. Corak yang ada dibagian tubuhnya berwarna dasar putih kekuningan dengan totol-totol hitam besar. Pada saat dewasa, ukuran bisa mencapai 24-32 cm.

15. Scarlet

Scarlet banyak dijumpai diberbagai sungai yang ada di Brazil. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna merah sedikit orange atau merah tua. Pada bagian ekornya memiliki warna scarlet yang dijadikan sebagai nama ikan ini.

16. Small Spotted Cat

Small Spotted Cat bernama lain Chaestoma sp atau small spotted berhabital asal di Colombia. Ciri fisik pada ikan ini terdapat corak totol-totol putih dari bagian sirip punggung hingga kepala. Warna dasar tubuh ikan small spotted biru kehitaman. Ikan ini memakan tanaman hijau, seperti bayam yang direbus, cukini dan irisan mentimun. Untuk makanan hidupnya yaitu cacing dan udang. Ukuran rata-rata ikan Small Spotted Cat dewasa adalah 12 cm.

17. Xingu Peppermint

Xingu peppermint pleco atau parancitrus sp berhabitat asal di Rio Xingu, Brazil. Memiliki warna corak tubuh hitam dengan totol kecil berwarna putih. Untuk ukuran panjang xingu peppermint pleco dewasa sekitar 25 samapi 30 cm.

18. Big Spot Hypostomus

Big Spot Hypostomus memiliki ciri fisik yaitu tubuhnya terdapat corak dasar warna kuning abu-abu. Ikan ini disebut big spot karena memiliki totol-totol besar yang menyelimuti seluruh tubuhnya.

19. Violet Red Bruno

Ikan sapu-sapu xingu baryancitrus atau Baryancistrus sp berhabitat asal di sungai Rio Xingu, Brazil atau sungai Amazon. Ikan ini mempunyai warna keunguan yang khas dengan insensitas semakin gelap di ekornya. Warnanya akan semakin terang dibagian sirip tubuhnya. Disirip punggunya terdapat corak berwarna kehitaman. Pada bagian sisi mata ikan sapu hias ini berwarna kebiruan.

20. Golden Nugget

Ikan sapu-sapu golden nugget bisa kita jumpai di Rio Xingu, Brazil. Ciri fisik ikan ini terdapat totol-totol berwarna keemasan dengan warna dasar tubuh coklat dan hitam. Golden nugget merupakan jenis ikan sapu-sapu terbesar. Untuk ukuran panjang ikan ini dewasa sekitar 32 samapi 36 cm.

21. Albino

Ikan sapu-sapu albino mempunyai ciri-fisik tubuhnya berwarna kuning keputihan. Selain warna tubuh terdapat perbedaan lain dengan jenis ikan sapu-sapu yaitu pada bagian warna matanya. Mata albino pleco berwarna merah.

Baca Juga: Jenis Ikan Aligator, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Jadi mana yang jadi favorit anda? Bagi yang berminat memelihara ikan sapu-sapu maka bisa memilih salah satu jenis di atas. Dalam memilih pertimbangkan juga soal harga dan sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *