pakan ikan bandeng, makanan bandeng, pakan benih bandeng, makanan anakan bandeng, harga pakan bandeng
in

15 Jenis Pakan Ikan Bandeng Alami, Utama, Organik dan Alternatif

Pakan atau Makanan Ikan Bandeng – Ikan bandeng merupakan ikan yang cukup dicari masyarakat luas. Pasar pencari ikan bandeng masih terbilang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan masih banyaknya permintaan ikan bandeng untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini membuat pasar pakan ikan bandeng pun juga ikut meningkat sedemikian rupa.

pakan ikan bandeng, makanan bandeng, pakan benih bandeng, makanan anakan bandeng, harga pakan bandeng

Ikan bandeng biasa diolah menjadi beberapa jenis makanan, seperti bandeng presto, otak-otak ikan bandeng, dll. Dalam pembudidayaan ikan bandeng, biasanya hanya diberikan makan selama 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Biasanya hanya dengan menabur benih dan membiarkan ikan tersebut tumbuh. Kini ada beberapa jenis pakan ikan bandeng yang dibuat untuk pertumbuhan, antara lain :

Pakan Utama Ikan Bandeng

Makan adalah kebutuhan paling penting bagi makhluk hidup, tak terkecuali bagi ikan bandeng. Berikut ini rincian pakan ikan utama untuk bandeng:

1.Serpih

Serpih atau serpihan adalah salah satu makanan ikan terpopuler bagi ikan yang ada di akuarium. Bentuknya seperti keripik dan sangat mudah diberikan untuk ikan yang ada di dalam akuarium maupun kolam.

Di toko ikan ada banyak sekali pakan serpih, harganya pun tidak terlalu mahal, biasanya satu bungkus dihargai empat puluh ribu. Disarankan untuk memilih merek yang terbaik anda bisa menanyakannya kepada penjual di toko ikan.

2. Butiran

Makanan ikan bandeng yang bisa kalian berikan berikutnya adalah pakan berbentuk butiran. Sama seperti serpih, butiran juga merupakan makanan populer untuk ikan, bahkan kalian bisa mencampurkan butiran dan serpihan kepada ikan bandeng yang kalian budidaya.

Merek pakan berbentuk butiran yang bisa kalian pilih bernama takari, merek ini sudah sangat terkenal dan juga memiliki harga yang terjangkau. Satu makanan ikan takari bisa kalian beli seharga enam belas ribu lima ratus di toko ikan, sangat murah dan terjangkau untuk kalian yang baru memulai budidaya ikan.

3. Tablet

Selanjutnya ada makanan ikan yang berbentuk tablet, pakan yang satu ini dibuat untuk ikan yang berada di akuarium. Makanan berbentuk tablet memiliki berat yang membuatnya tidak bisa mengapung, sehingga cocok untuk ikan yang berada di dasar.

Biasanya makanan berbentuk butiran atau serpihan akan mengapung sehingga ikan di lapisan atas biasanya akan makan mendahului mereka. Jadi pakan berbentuk tablet cocok untuk ikan yang suka berada di dasar kolam atau akuarium.

Pakan ikan tablet bisa kalian dapatkan di toko ikan, harganya cukup terjangkau. Satu botol tablet bisa dibeli dengan harga enam puluh ribu. Selain itu makanan ini bisa bertahan sampai dua minggu, cocok untuk orang yang terpaksa harus meninggalkan ikannya saat harus keluar kota.

4. Stik

Pakan ikan berbentuk stik sangat cocok untuk ikan yang berukuran besar seperti ikan bandeng. Hanya saja makanan ikan berbentuk stik memiliki harga yang cukup mahal, tapi bisa kalian beli dengan ukuran lima kilogram.

Salah satu makanan berbentuk stik yang bisa kalian beli bernama pond stick growth. Harganya cukup mahal karena produk impor, lima kilogram makanan ini bisa kalian beli di toko ikan dengan harga tujuh ratus lima puluh ribu.

Bagi kalian yang sudah memiliki ikan bandeng yang banyak dan mempunyai kolam tembok bisa menggunakan pakan ini karena isinya yang banyak.

5. Pakan Beku Kering

Contoh makanan yang dikeringkan untuk ikan biasanya adalah artemia, cacing darah dan kutu air, lalu dibekukan dan menjadi kering. Kelebihan makanan beku kering adalah tidak akan basi dalam waktu yang sangat lama sehingga cocok untuk kalian yang menyimpan banyak makanan untuk budidaya ikan.

Untuk ikan yang masih kecil, kalian harus meremukkan pakan beku kering terlebih dahulu agar mempermudah ikan yang masih kecil untuk memakkannya. Makanan berbentuk kering ini sangat gampang ditemukan di toko ikan dengan harga yang murah.

Salah satunya cacing darah beku bisa kalian beli dengan harga lima belas ribu, sangat murah dan bisa tahan lama sehingga mempermudah proses makan budidaya ikan bandeng milik kalian.

Pakan Alternatif Ikan Bandeng

Jika kalian kesulitan menemui toko ikan di tempat tinggal anda tidak perlu khawatir. Karena makanan ikan bandeng bisa kalian dapatkan tanpa harus membeli di toko ikan. Berikut ini jenis pakan alternatif untuk ikan bandeng:

6. Keong Sawah

Jika tempat budidaya ikan bandeng kalian di sekitar sawah akan mempermudah untuk mencari makanan ikan bandeng, karena bisa kalian beri mereka dengan keong atau bekicot yang bisa dicari di sekitar persawahan. Bahkan kalian juga bisa meminta untuk dicarikan oleh para petani, karena keong sawah atau bekicot merupakan hama bagi mereka.

7. Cacing Tanah

Makanan alternatif untuk ikan bandeng berikutnya adalah cacing tanah. Banyak juga para pengusaha budidaya ikan yang sekaligus merawat cacing tanah, karena selain mudah dirawat, para ikan bandeng juga menyukainya. Cacing jenis ini biasanya bisa kalian temukan di tanah dan memakan sampah maupun kotoran.

8. Azola

Azola adalah tanaman paku air yang hidup di perairan. Bagi kalian yang akan mempunyai budidaya ikan bandeng di sekitar persawahan, selain keong, kalian juga bisa memberi makan ikan kalian dengan azola.

9. Kutu Air

Seperti sudah dijelaskan diatas, kutu air, cacing tanah dan artemia bisa diberikan kepada ikan bandeng dengan dibekukan. Namun tanpa dibekukan, ketiganya bisa lansung kalian beri kepada ikan milik kalian.

Kutu air dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu dahpnia dan monia. Namun yang paling banyak digunakan para pelaku budidaya ikan adalah daphnia. Hal ini dikarenakan spesies ini banyak dijumpai di air tawar yang merupakan tempat hidup ikan bandeng.

10. Artemia

Artemia adalah udang yang berukuran kecil atau benih yang hidup di pesisir pantai, jadi bagi kalian yang berniat membuat budidaya ikan bandeng di sekitar pantai kalian bisa memberinya makan artemia. Selain itu pakan ini juga mengandung lemak dan protein yang banyak dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan bandeng.

Pakan Organik Ikan Bandeng

Dengan menggunakan pakan organik akan membuat ikan bandeng anda lebih sehat dibanding memberinya makanan ikan olahan. Berikut ini pakan organik ikan bandeng:

11. Plankton

Saat memulai budidaya ikan bandeng di kolam tembok, kalian diharuskan untuk membersihkan kolam sebelum menyebar benih ikan, hal itu dilakukan agar di kolam itu tumbuh plankton. Hewan kecil ini memiliki kadar protein yang tinggi sehingga sangat bagus untuk pertumbuhan ikan bandeng.

12. Daun Talas

Berikutnya daun talas, tumbuhan ini merupakan penghasil umbi-umbian bernama talas. Siapa sangka kalau daunnya bisa digunakan untuk makanan ikan. Cara memberikannya adalah dengan memotongnya kecil-kecil terlebih dahulu barulah bisa kalian sebar untuk makanan ikan bandeng.

13. Lumut

Tumbuhan ini juga bisa digunakan sebagai makanan ikan bandeng anda, cara mendapatkannya pun mudah. Kalian bisa mencarinya di sekitar sungai, bahkan membuatnya sendiri di kolam ataupun halaman anda. Caranya kalian bisa membeli bibit lumut di toko tanaman, dan menanamnya di tanah halaman kalian atau di sekitar kolam tembok.

14. Ampas Kelapa

Ampas kelapa bisa kalian dapat dari proses pembuatan santan, jadi untuk mendapatkannya kalian bisa ke penjual kelapa parut. Cara pemberiannya bisa lansung disebar di sekitar kolam tembok atau terpal dan bisa juga dicampur dengan tepung ikan.

15. Wolffia

Wollffia merupakan tanaman terkecil di bumi, sehingga sangat cocok untuk diberikan kepada ikan yang masih benih atau masih kecil. Untuk mendapatkannya kalian bisa menanamnya sendiri dengan membeli bibitnya atau membelinya di toko tanaman dan toko online. Harganya pun murah, dengan tiga puluh ribu kalian bisa mendapatkan banyak wolffia.

Baca Juga: Jenis Pakan Ikan Bawal, Utama, Favorit, Alternatif dan Organik

Mengenal dan Cara membuat Pakan Alami Ikan Bandeng

Pada dasarnya ikan bandeng merupakan herbivora, maka ikan bandeng sangat menyukai memakan tumbuhan pada tambak. Pakan alami adalah faktor utama dalam menentukan berhasil atau tidaknya pertumbuhan pada ikan bandeng. Pakan ikan bandeng yang alami adalah berupa klekap. Klekap adalah kotoran pada tambak yang bercampur dengan bangkai plankton yang naik ke permukaan air karena terjadi oksidasi. Syarat utama pembuatan klekap adalah melalui pemupukan pada lahan secara bertahap.

Pemupukan pada tambak menggunakan pupuk organik yang terbuat dari kotoran ayam, dan jerami padi. Tidak hanya pertumbuhan ikan bandeng yang harus dijaga, pertumbuhan klekap juga harus dijaga sebagai pakan ikan bandeng yang paling utama.

Cara membuat pupuk kompos adalah:

  1. Sediakan 200 kilogram jerami atau bisa menggunakan sisa daun pisang.
  2. Sediakan 600 kilogram kotoran ayam yang sudah mengering.
  3. 50 kilogram arang sekam
  4. 1 liter larutan decomposer

Cara pengolahannya cukup mudah yaitu pertama haluskan jerami, dedaunan pisang dan bahan organik lainnya. Encerkan dengan air sebanyak 200 ml dan tambahkan gula pasir. Siram larutan ke bahan kemudian kepalkan larutan dengan tangan. Tutup dengan plastik dan biarkan proses fermentasi berlangsung.

Pupuk kompos akan terbentuk setelah dilakukan fermentasi selama satu minggu. setelah itu pupuk kompos siap disebar ke permukaan tambak. Biarkan minimal satu minggu di dalam tambak.

Klekap yang berupa cacing, mikroba dan makhluk organisme lainnya akan tumbuh alami secara subur pada tambak setidaknya satu bulan setelah benih disebar. Cacing tersebut yang nantinya akan menjadi pakan alami ikan bandeng. Untuk menjaga pertumbuhannya, pemberian pupuk urea dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Pemberian pakan pada ikan harus tepat kualitas dan jumlahnya. Kualitas pakan yang baik adalah yang mengandung apa saja yang dibutuhkan ikan bandeng dalam masa pertumbuhannya. sedangkan dalam hal kuantitas, pemberian pakan yang terlalu banyak hanya akan menjadi sisa dan menumpuk di dasar tambak.

Penumpukan sisa makanan tersebut akan membusuk dan memicu timbulnya gas beracun yang dapat mengganggu pertumbuhan dan juga kehidupan ikan bandeng.

Salah satu kelebihan adanya pakan alami pada ikan bandeng adalah ikan bandeng tahan terhadap penyakit dan tidak mudah mati. Beberapa penelitian menyebutkan jika kematian ikan bandeng dengan pakan alami lebih kecil daripada ikan dengan pakan yang mengandung bahan kimia.

Sistem perikanan dengan menerapkan bahan-bahan yang mengandung kimia menyebabkan kerusakan pada lingkungan dan berakibat pada kematian hewan dan tumbuhan. Gagal panen seringkali dialami oleh beberapa peternak ikan bandeng.

Kelebihan budidaya ikan bandeng dengan menerapkan pakan alami sebagai makanan utama memang lebih diutamakan. Meskipun perrtumbuhan ikan bandeng cenderung lebih lama yaitu sekitar 6 bulan sebelum masa panen.

Tentang Pakan Buatan Untuk Ikan Bandeng

Jenis pakan ikan bandeng buatan berupa jenis pakan pellet terapung dengan diameter sekita kurang lebih 3,3 mm. Pemberian pakan ikan bandeng perlu yang mengandung protein dengan kadar 25-28% untuk mempercepat proses pertumbuhan agar nutrisi yang masuk tetap terjaga.

Untuk komposisi dalam pellet terapung sebagai berikut:

  1. Protein dengan kadar 19-22%
  2. air max 10%
  3. lemak 5%
  4. kadar abu dengan maksimal 15%, dan
  5. serat kasar dengan kadar maks 8%

Pemberian pellet dengan cara disebar pada satu titik pada tambak untuk mengawasi apakah ikan bandeng memakan makanan dengan baik atau tidak. Untuk selanjutnya bisa dilakukan menyebar ke berbagai arah di dalam tambak.

Waktu pemberian pakan sekitar 3-5 kali dalam sehari. Penambahan produk buatan seperti NASA pada pakan ikan bandeng mampu meningkatkan pertumbuhan badan ikan bandeng. Produk NASA juga mengandung vitamin, mineral, protein dan lemak yang bisa untuk meningkatkan ketahanan tubuh ikan bandeng.

Penyerapan makanan pada tubuh ikan bandeng akan mengubah bentuk tubuh ikan yang digunakan sebagai penilaian pertumbuhan. Sedangkan sisa makanan yang tidak terserap akan akan dikeluarkan melalui insang dan ginjal dalam bentuk urine dan kotoran lainnya.

Pemberian pakan buatan untuk budidaya ikan bandeng dapat mempercepat pertumbuhan ikan menjadi 2-3 bulan sebelum masa panen. Hal ini dikarenakan adanya bahan kimia tambahan yang membantu pertumbuhan ikan bandeng.

Akan tetapi kenyataan ini seperti pedang dengan dua mata pisau. Bagi sebagian petambak, hal ini sangat menguntungkan mengingat waktu panen yang lebih cepat. Namun bagi sebagian petambak yang lain, hal ini tidak menguntungkan. Terutama jika ikan bandeng terjangkit penyakit dan kemudian menyebabkan kematian.

Menggunakan pakan buatan memerlukan biaya yang lebih banyak dibanding dengan pakan alami. Kenyataan ini akan mengurangi keuntungan yang diperoleh pada saat masa panen.

Penambahan Suplemen Untuk Ikan Bandeng

Probiotik atau makanan suplemen tambahan yaitu berupa sel mikroba yang masih dalam kondisi hidup yang bisa menguntungkan bagi hewan yang mengkonsumsinya. Suplemen tersebut dikonsumsi melalui penyeimbangan flora mikroba intestinal.

Pemberian suplemen makanan ke dalam pakan ikan bandeng mampu meningkatkan penyerapan nutrisi karena pencernaan yang lancar. Suplemen pada pakan ikan bandeng juga berfungsi untuk imunitas ikan bandeng, dan penambah nafsu makan  pada ikan bandeng.

Suplemen makanan tersebut bisa berupa tanaman herba terpilih, mikrobia untuk pencernaan, vitamin dan mineral yang bisa mempercepat pertumbuhan alami ikan bandeng. Dalam pemberian suplemen ini bisa dilakukan percobaan untuk menguji perkembangan ikan bandeng yang diberi suplemen makanan dengan ikan bandeng tanpa suplemen makanan.

Pencampuran suplemen ke dalam pakan ikan bandeng dimulai sejak penebaran pertama anak ikan bandeng. Suplemen tersebut dicampurkan ke dalam pakan buatan yang sudah diatur jumlah dan dosis sesuai umur ikan bandeng.

Dewasa ini terdapat terobosan baru untuk penggunaan pakan ikan bandeng dengan formula rendah protein akan tetapi ditambahkan dengan enzim. Penelitian ini merupakan terobosan baru di bidang teknologi nutrisi.

Enzim tersebut akan mengubah kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pakan ikan bandeng menjadi sumber energi sehingga membuat ikan bandeng tumbuh lebih cepat dengan nutrisi yang tetap terpenuhi.

Penambahan formula enzim pada pakan bandeng diberikan sekali dalam sehari dengan dosis sekitar 0.025%. Pemberian pakan tambahan berupa enzim dilakukan pada siang hari pada tengah kolam tambak. Untuk menghindari penyebaran makanan masuk pada pematang, sebaiknya pemberian pakan dilapisi dengan plastik.

Peredaran ikan bandeng di pasaran saat ini sedang mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan harga pakan yang tinggi protein menyebabkan keuntungan yang diperoleh petambak lebih sedikit. Pemberian pakan dengan kandungan protein yang tinggi dapat mempercepat pertumbuhan ikan bandeng. Hal ini berbanding terbalik dengan harga pakan ikan bandeng kaya protein.

Rendahnya keuntungan yang diperoleh petambak menyebabkan berkurangnya budidaya ikan bandeng. Padahal menurut penelitian budidaya ikan bandeng sangat menjanjikan.

Formula enzimatik akan mulai bekerja ketika ikan bandeng mulai merasa lapar. Semakin ikan bandeng merasa lapar, perkembangan formula enzimatik dalam tubuh ikan bandeng akan semakin bertambah. Enzimatik dalam tubuh ikan bandeng lebih banyak mengandung karbohidrat.

Formula enzimatik pada ikan bandeng terleta pada bagian depan ususnya yang panjang. Semakin dekat dengan anus, formula enzim semakin sedikit. Formula Enzim dalam tubuh ikan bandeng harus tercukupi. Hal ini bisa berakibat tidak bisa tercerna dengan baik pakan buatan yang masuk ke dalam tubuh ikan bandeng.

Pada penggunaan pakan ikan bandeng yang tinggi akan protein, pencernaan ikan tidak berfungsi dengan baik sehingga menimbun banyak sampah dalam usus ikan bandeng.

Ikan bandeng yang tumbuh dengan memakan pakan alami lebih banyak mengandung karbohidrat dalam tubuhnya mulai dari ikan bandeng anakan sampai dewasa. Pertumbuhan sel tidak harus melalui protein, tergantung pada sistem pencernaannya.

Ketika ikan bandeng tidak bisa menyerap kandungan protein dalam pakan, maka akan dibuang berupa kotoran dan hal ini sangat disayangkan. itu sebabnya Formula enzimatik diperlukan dalam tubuh ikan bandeng sebagai penyerapan kandungan protein.

Untuk pemberian pakan sendiri dibagi berdasarkan perbedaan berat badan dan umur ikan bandeng.Dengan membagi ikan sesuai dengan berat badan dan umur ikan, Anda akan mengetahui kebutuhan pakan dari ikan tersebut. Tentu saja kadar dan nutrisi yang diperlukan juga perlu untuk disesuaikan.

Sebagai contoh benih yang ditebar akan memakan pakan alami berupa klekap yang tumbuh di sekitar tambak. Dua minggu kemudian pupuk organik disebar di sekitar tambak untuk menumbuhkan pakan alami bagi benih ikan bandeng. Hal ini bisa menekan penggunaan biaya pakan ikan bandeng berupa pellet.

Biasanya penggunaan pelet disesuaikan dengan kondisi pakan alami dalam tambak. Jika mulai menipis sebaiknya mulai menggunakan pakan buatan atau yang disebut pelet. Biasanya mulai diterapkan tiga bulan setelah benih disebar.

Dalam memilih pakan buatan, alangkah baiknya memilih dengan cermat sesuai kebutuhan ikan bandeng yang sedang dipelihara, yaitu

  1. Sesuaikan merek pelet dengan jenis ikan
  2. Memilih pakan ikan bandeng yang diproduksi oleh produsen yang sudah terpercaya dan ahli di bidangnya.
  3. Cermati kandungan apa saja yang ada pada pakan buatan. Biasanya ikan bandeng membutuhkan kandungan protein, karbohidrat, mineral, lemak dan vitamin. Perhatikan juga kadar yang tercantum dalam kemasan pakan buatan. Hal ini untuk menghindari ikan bandeng yang tidak mempunyai kandungan seimbang dalam tubuhnya.
  4. Sesuaikan dengan umur ikan. Biasanya ikan bandeng yang mulai diberi pakan buatan berumur sekitar tiga bulan.
  5. Kemasan pada paka juga ikut berperan dalam menjaga suhu dan kebersihan pakan.
  6. Cermati tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan pakan buatan.

Pemberian pakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan ikan bandeng dapat memperlambat pertumbuhan. Tentu saja hal itu berpengaruh pada biaya produksi yang dikeluarkan sebelum masa panen. Ikan yang seharusnya sudah bisa mulai panen, karena kebutuhan nutrisiyang kurang mengakibatkan mundurnya masa panen ikan bandeng.

Pembuatan pakan ikan bandeng buatan juga bisa dengan meracik sendiri dari bahan-bahan yang tersedia seperti jagung, dedak kuning, limbah udang, ampas tahu, tepung ikan dan lain sebagainya. Dengan pembuatan pakan sendiri, bisa menilai kebutuhan ikan bandeng dengan lebih baik.

Berikan makanan pada ikan secara teratur dan sebaiknya tidak menggunakan komposisi yang berbeda-beda. Hal tersebut akan berpengaruh stress pada ikan bandeng. Pemilihan bahan pakan yang terbuat dari hewani tersedia setiap saat dengan kandungan leak dan protein yang dibutuhkan oleh ikan bandeng.

Sebaiknya membeli bahan-bahan pakan ikan yang terjangkau, mudah didapat dan terjamin kualitasnya. Hal ini akan sangat berpengaruh pada hasil panen dan biaya produksi. Alangkah baiknya untuk meracik pakan sendiri. Akan tetapi, harus sering melakukan percobaan dalam pencampuran komposisi yang tekandung dalam pakan ikan bandeng.

Tahap Pembuatan Pakan Ikan Bandeng

Langkah awal pembuatan pakan ikan bandeng adalah dengan menghitung kebutuhan bahan baku dan disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi ikan bandeng. Pada tahap ini akan dilakukan pencampuran 2 bahan baku yang sudah dikelompokkan. Jika sekiranya ikan bandeng memerlukan kandungan protein, sebaiknya mencampurkan 2 bahan yang mengandung unsur protein lebih banyak.

Demikian juga apabila ikan bandeng memerlukan kandungan vitamin dan lemak yang lebih, sebaiknya mencampurkan bahan baku sesuai kebutuhan kondisi ikan bandeng. itu sebabnya sangat perlu untuk mengelompokkan ikan bandeng sesuai berat badan agar memudahkan dalam memberinya pakan.

Proses pembuatan pakan tersebut digiling menggunakan mesin giling daging. Anda bisa mendapatkan mesin penggiling daging tersebut di pasar terdekat. Setelah berbentuk pellet kemudian dijemur sampai kering di bawah sinar matahari.

Kualitas air tempat budidaya ikan bandeng juga turut berperan dalam pertumbuhan ikan. Selalu lakukan penggantian air secara berkala, misalnya satu minggu sekali atau ketika memang dibutuhkan untuk mengganti air. Penentuan lokasi tambak sangat berpengaruh pada mudah tidaknya dalam melakukan penggantian air. Apabila air selalu segar dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan bandeng.

Cara lain untuk memaksimalkan budidaya ikan bandeng adalah dengan panen parsial atau disebut penjarangan. Panen ini dilakukan saat tambak sudah berat atau mencapai maksimal. Hal ini terlihat ketika pergerakan ikan mulai melambat atau ikan bandeng mulai sulit untuk bergerak. Ikan bandeng terlihat seolah kehabisan nafas.

Dengan adanya panen parsial dapat mempermudah ikan untuk bergerak lebih. Untuk sebagian ikan yang sudah memenuhi target bisa di panen lebih dahulu, tapi bagi ikan bandeng yang masih belum memenuhi kriteria akan dipelihara kembali sampai memenuhi kriteria panen.

Pada dasarnya pakan ikan bandeng yang dibuat secara alami dengan menebar klekap di sekitar tambak merupakan cara yang mudah untuk budidaya ikan bandeng. klekap yang tersebar mengandung karbohidrat yang tinggi untuk pertumbuhan ikan bandeng. Akan tetapi rendah protein. itu sebabnya diperlukan pakan ikan bandeng tambahan berupa pakan buatan yang diracik sendiri sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Jenis Pakan Ikan Kakap Alami dan Alternatif

Selain pakan buatan, ikan bandeng juga membutuhkan suplemen tambahan untuk menunjang pertumbuhan. Akan tetapi dengan biaya untuk pakan yang tinggi menyebabkan persentase keuntungan yang di dapat cenderung lebih sedikit. Oleh sebab itu kebanyakan petambak menggunakan pakan buatan dengan kandungan gizi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan ikan bandeng.

Written by Portal Hewan