in

20 Cara Merawat Ikan Oscar Harian Albino Bagi Pemula

Merawat Ikan Oscar Albino – Ikan hias menjadi salah satu jenis hewan yang semakin hari semakin populer. Apalagi dengan banyaknya para pengagum ikan yang akan rela mengorbankan waktu dan uangnya untuk mendapatkan berbagai jenis ikan yang mereka inginkan. Salah satu ikan yang cukup menarik untuk dipelihara dalam hal ini adalah ikan oscar albino. Namun, sebelumnya mengetahui cara merawat ikan oscar albino tentu saja sangat penting.

Lalu bagaimana sebenarnya langkah perawatan terhadap ikan ini yang bisa Anda lakukan? Pada dasarnya cukup mudah saja, apalagi untuk para pecinta ikan. Hanya saja ada beberapa poin yang perlu menjadi perhatian lebih jauh. Termasuk mengenal sebenarnya ikan oscar albino itu bagaimana. Nah, jika Anda sudah penasaran dengan informasi lebih lanjutnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Mengenal Tentang Oscar Albino

Istilah albino tentu saja sudah sangat familiar untuk Anda. Sesuai namanya, ikan oscar albino ini memang berawarna putih sebagai warna dasar tubuhnya. Meski begitu ada kombinasi warna lain pada tubuhnya sebagai tambahan motif ikan tersebut.

Berbicara mengenai perawatan, pada dasarnya hampir seluruh ikan oscar bisa dirawat dengan cara umum yang sama. Sedangkan jenis oscar albino merupakan salah satu jenis yang sangat populer sehingga banyak dipilih untuk dibudidayakan. Namun, sebelum melakukan budidaya, pastikan bahwa anda sudah siap mental dan material karena sebagaimana jenis ikan oscar pada umumnya, oscar albino bisa tumbuh menjadi begitu besar.

Langkah Perawatan Ikan Oscar Albino

Dalam sederet cara merawat ikan oscar albino, ada beberapa hal yang penting untuk anda jadikan perhatian. Hal-hal tersebut terangkum dalam beberapa langkah penting yang memang harus dilalui para pemelelihara ikan. Untuk selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

1. Langkah Persiapan Perawatan Ikan

Tentu saja sebelum merawat sebuah hewan peliharaan anda membutuhkan beberapa persiapan terlebih dahulu. Persiapan yang sangat penting di sini di antaranya adalah fasilitas dan kebutuhan hidup si ikan sendiri. Fasilitas yang paling urgent tentu saja adalah tempat hidup ikan. Jika anda merawatnya sebagai ikan hias, pastikan menyiapkan akuarium yang tepat dan berkualitas.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, bahwa ikan oscar termasuk oscar albino ini bisa tumbuh menjadi cukup besar. Oleh sebab itu, akuarium yang anda butuhkan pun ukurannya harus tepat. Ukuran minimal akuarium ini adalah 200 liter per 1 ekornya. Tentu saja lebih besar ukurannya akan lebih baik lagi.

Selain itu anda juga membutuhkan beberapa komponen pelengkap akuarium. Di antaranya seperti hiasan, tumbuhan, filter, saluran oksigen dan sebagainya. Jangan lupa juga menyiapkan pakannya sejak dini sehingga untuk beberapa saat ke depan tidak bingung bagaimana akan menghidupi ikan oscar albino ini.

2. Tahap Penyesuaian Habitat

setelah berbagai kebutuhan peralatan ini siap, maka anda sudah bisa mulai memelihara ikan oscar albino dalam akuarium. Jika anda punya ukuran akuarium yang memadai, maka ukuran yang dipilih bebas. Namun, lebih disarankan anda memelihara yang belum begitu besar sehingga bisa melihat perkembangan hidupnya dan mengamati hingga ikan dewasa.

Selanjutnya, pastikan menyesuaikan habitat ikan dalam akuarium sesuai kebutuhannya. Hal ini dilakukan agar oscar albino bisa hidup dengan nyaman dan sehat. Tentu saja juga demi perkembangannya agar semakin baik. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan disini adalah suhu dan pH air untuk ikan.

Suhu yang tepat untuk tempat hidup ikan oscar albino ini berkisar antara 22 hingga 25 derajat celsius. Sedangkan untuk pHnya berkisar antara 6 hingga7,5. Usahakan mengecek keduanya secara rutin dan memastikan bahwa tetap pada kisaran seharusnya agar tidak membahayakan hidup ikan.

3. Tahap Perawatan Umum

Langkah yang terakhir, setelah ikan berhasil melakukan adaptasi, maka anda bisa melakukan perawatan rutin sebagaimana ikan biasa. Di antara yang harus dilakukan tentu saja adalah memberinya pakan secara rutin setiap hari.

Selain itu usahakan juga senantiasa menjaga kebersihan habitat ikan, yakni akuariumnya. Dalam hal ini anda bisa melakukan penggantian air dalam jangka waktu mingguan. Pastikan air diganti hingga 50%. Sedangkan untuk filter bisa diganti setiap 1 bulan sekali. Jangan lupa juga merawat ikan ketika ia sakit dengan lebih memperhatikan perkembangan dan asupan nutrisinya.

Cara Merawat Ikan Oscar Albino Harian

  1. Menyiapkan aquarium dengan ukuran yang tepat dan pas.
  2. Menempatkan aquarium di tempat yang pas atau terbebas dari gangguan hewan buas.
  3. Memasang alat pemanas air.
  4. Suhu air yang bagus yaitu 22-28 Celcius.
  5. Memasang sistem filtrasi agar kebersihan air terjaga.
  6. Menambahkan substrat.
  7. Membuat dekorasi atau hiasan dalam aquarium.
  8. Memilih tanaman yang cocok untuk ditempatkan di dalam aquarium.
  9. Menambahkan kondisioner air terlebih dahulu, kemudian tuang air ke akuarium.
  10. Mengapungkan terlebih dahulu ikan oscar albino di aquarium yang baru saja dibeli. Jika sudah 10-15, masukkan ikan ke dalam aquarium.
  11. Berilah pakan yang berkualitas serta kaya akan kandungan gizi dan nutrisi.
  12. Jangan memberi pakan secara berlebihan.
  13. Melakukan pengujian tingkat pH satu minggu sekali. Untuk ikan air tawar pH air yang aman adalah 6,6-7,8.
  14. Membersihkan aquarium 1 minggu sekali.
  15. Mengganti filter air 1 bulan sekali.
  16. Melakukan pergantian air parsial 1 bulan sekali.
  17. Harus bisa menangani semua masalah kesehatan. Baik itu ikan terkena penyakit atau bakteri.

Tips dan Cara Memelihara Oscar Albino

Pada dasarnya ada beberapa tips yang bisa anda terapkan sehingga perawatan ikan oscar albino ini lebih maksimal lagi. Dalam hal ini akan lebih baik jika anda memberikan perhatian yang lebih terhadapnya. Ini adalah metode pendekatan emosional terhadap ikan yang akan sangat berguna terhadap tumbuh kembangnya.

Selain itu berkaitan dengan pemberian pakan, usahakan memberi pakan ikan secukupnya saja. Jangan lupa juga bahwa memberikan pakan pada ikan ada jangka waktu yang harus dipatuhi. Selain itu ketika ikan sedang sakit, anda harus tahu apa penyebab sakitnya dan segera mencari solusi sehingga tidak bertambah parah. Pastikan juga ikan tidak mengalami stress agar tetap sehat, tumbuh dengan baik dan panjang umur.

Bagaimana? Mudah bukan cara merawat ikan oscar albino ini? Jika anda sudah pengalaman dengan jenis ikan lainnya, apalagi ikan oscar secara umum, tentu tidak perlu belajar dari awal lagi. Ikan hias yang satu ini memang sangat menarik untuk dimiliki dan pantas untuk disayangi. Oleh sebab itu jika anda sudah memilikinya, pastikan merawatnya dengan baik dan benar.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Oscar di Aquarium, Kolam Terpal dan Tembok

Selain dirawat sebagai hewan peliharaan maupun hiasan, sebenarnya jenis ikan oscar, termasuk oscar albino ini juga sangat pas dibudidayakan. Tentunya ide ini berlaku bagi anda yang memang berniat membangun usaha buddaya ikan hias. Mengingat harga jualnya yang lumayan di pasaran, kesempatan ini memang cukup menggiurkan. Apalagi perawatannya pun juga tidak terlalu sulit.

Written by Portal Hewan