in

15 Cara Memelihara Ikan Discus Bagi Pemula Dengan Benar

Memelihara Ikan Discus – Memelihara ikan hingga saat ini masih banyak dilakukan oleh para pecinta hewan tersebut. Jika Anda bingung mencari ikan untuk dipelihara, memelihara ikan discus dapat menjadi pilihan. Namun pastikan bahwa Anda pun tahu bagaimana pemeliharaan yang benar terhadapnya. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan selama proses tersebut.

Memelihara Ikan Discus di Aquascape, Mewarat ikan discus harian

Cara memelihara ikan discus ini sebenarnya cukup mudah. Hanya saja memang ada beberapa perbedaan dengan jenis ikan lain yang harus diketahui. Bagi yang sudah pengalaman mungkin saja sudah sangat familiar terhadap berbagai aspek tersebut. Namun, jika Anda masih pemula, pastikan simak tersebut beberapa informasi di bawah ini.

Persiapan Sebelum Memelihara Ikan Discus

Sebaiknya siapkan dengan baik peralatan untuk memelihara ikan discus ini. Hal ini bertujuan agar Anda lebih mudah untuk merawatnya. Ikan discus biasanya dipelihara dalam sebuah aquarium dengan suhu dan pH tertentu. Jenis ini masih menjadi pilihan pecinta ikan untuk dipelihara dikarenakan warna dan cara berenangnya yang anggun.

Untuk merawat ikan discus ini, bukan hanya aquarium saja yang dibutuhkan. Akan tetapi heater juga diperlukan di dalamnya. Kegunaan dari heater ini yaitu untuk mengatur suhu dari aquarium. Hal ini karena ikan discus memerlukan suhu tertentu untuk dapat bertahan hidup di dalam air.

Selain itu, adanya heater juga bertujuan agar ikan tidak merasa stress ketika berada di aquarium. Suhu normal yang biasanya diperlukan untuk ikan ini berkisar 27 sampai dengan 32 derajat celcius. Agar ikan tidak mudah stress dan juga indah dilihat, Anda bisa menambahkan hiasan yang biasa digunakan untuk aquarium. Dengan begitu, kesan aquarium yang cantik dan menarik juga akan menyertainya.

Di samping itu, berbagai cara dapat dilakukan agar ikan tidak mudah stress. Pengaturan suhu yang tepat menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Selain itu, pengaturan pH yang tepat juga tidak kalah penting.

Cara Merawat dan Memelihara Ikan Discus di Aquarium dengan Benar

Jika Anda pernah melihat ikan ini tentu akan sangat gemas saat pertama kali melihatnya. Hal ini karena warna dari ikan ini sangat beragam dan memiliki corak yang berbeda-beda. Bagi penggemar ikan, mungkin akan langsung tertarik ketika melihatnya. Penampilannya yang anggun membuatnya masih menjadi perhatian para petani ikan.

Nah, jika ingin memeliharanya, maka Anda tentu perlu mengetahui bagaimana perawatan yang tepat terhadapnya. Tentu saja ikan seindah ini tidak bisa dirawat sembarangan. Untuk itu, Anda harus benar-benar memahaminya dengan baik dan berikut perawatan dalam cara memeligara ikan discus yang perlu diketahui.

1. Sedia Alat Perlengkapan dalam Perawatan

Perlengkapan harus selalu disediakan dengan tujuan dapat menjaga kebersihan dan kualitas air. Salah satu contoh perlengkapan yang dibutuhkan ketika memelihara discus yaitu heater. Fungsi heater sendiri yaitu sebagai alat penghangat air di dalam aquarium. Jika air dalam aquarium terlalu dingin akan mengakibatkan ikan mati. Suhu air yang bagus untuk memelihara discus yaitu 27 sd 32 °C.

2. Perawatan Air di Aquarium

Untuk memelihara ikan ini, Anda memerlukan sebuah aquarium yang cukup besar. Selain itu, tak lupa siapkan juga air yang bersih dengan kondisi yang stabil. Anda bisa memelihara ikan ini bersama dengan ikan lainnya. Akan tetapi pastikan kondisi airnya sesuai dengan kebutuhan ikan ini. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa ikan agresif kurang cocok jika disandingkan dengan ikan discus.

Ketika ingin memelihara ikan ini, jangan lupa juga untuk rutin mengganti air aquarium. Sebaiknya ganti minimal 50 persen setiap minggunya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi adanya nitrat. Selain itu, hal ini juga berguna untuk mengisi mineral yang dibutuhkan oleh ikan. Ikan ini termasuk jajaran ikan hias sebagai pengumpan dan juga berkontribusi bagi nitrat yang ada di aquarium.

Ikan ini biasanya dapat bisa Anda kombinasikan dengan injeksi CO2 pada umumnya. Adanya CO2 di sini juga untuk menunjukkan pH rendah. Discus sendiri ini merupakan ikan hias yang berasal dari Amazon. Untuk itu, jangan lupa untuk menambahkan hiasan seperti campuran tanaman batang agar ia merasa seperti berada di rumahnya sendiri.

3. Jaga Kebersihan Air Aquarium / Rutin Melakukan Pergantian Air

Kondisi air juga jangan lupa untuk diperhatikan. Ini juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ikan discus yang dipelihara. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka kemungkinan ikan Anda akan mudah terserang penyakit. Tentu saja ini sangat wajar karena kebersihan air sama dengan kebersihan habitatnya bagi ikan. Jika lingkungan tinggalnya saja kotor, pasti banyak penyakit mulai datang.

4. Menjaga Ph Ikan Discus

Ketika akan memelihara ikan discus, usahakan untuk dapat menyesuaikan suhu dengan baik. Suhu normal untuk ikan ini berkisar antara 82 derajat Fahrenheit sampai dengan 88 derajat Fahrenheit. Hal ini penting untuk diperhatikan. Mengingat suhu air yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan oksigen pada aquarium akan menurun.

Selain suhu yang penting untuk diperhatikan, perhatikan juga pH air untuk ikan discus ini. Pastikan untuk mengatur dengan baik pH air aquarium. Biasanya pilihan ideal untuk pH ikan discus sekitar 6,5. Jika melebihi angka tersebut mungkin bisa membuat ikan discus Anda stress. Demikian pula jika kurang dari angka tersebut, ikan juga bisa mengalami stress.

4. Lindungi ikan Anda dari Amonia

Ikan ini sangat peka terhadap kadar amonia. Anda dapat membuktikannya dari indikator adanya penurunan dan juga warnanya. Selain itu, untuk mengetahuinya juga bisa dilihat dari napasnya yang berat. Hal ini menandakan bahwa Anda perlu segera mengganti air di aquarium.

Tujuannya tentu saja untuk menjaga kesehatan ikan agar tetap mati. Bisa dikatakan bahwa dalam memelihara ikan discus mengetahui hal ini sangat penting. Jika Anda terlambat mengetahui gejalanya, bisa jadi ikan pun akan terancam.

5. Memberikan Penerangan Dalam Aquarium

Memberi penerangan merupakan faktor penting dalam merawat ikan discus hias. Tujuan dari memberi penerangan yaitu supaya ikan sehat, tidak gampang stres dan enak dipandang.

6. Memasang Sistem Filtrasi

Kegunaan filter sendiri dapat memghilangkan sisa sisa kotoran dan menjaga kebersiahan air. Ketika ingin menambahkan filter, pilihlah yang biologis karena sistem kerjanya menggunakan bakteri aktif untuk menyeimbangkan bahan kimia di dalam air.

7. Memberikan Makanan Yang Berkualitas

Ikan discus merupakan ikan mahal, maka dari itu jaga selalu asupan pakan yang bergizi dan bernutrisi. Walaupun di alam liar ikan ini dapat memakan segalanya seperti larva serangga dan cacing. Sebisa mungkin dalam memeberikan pakan discus harus bergantian jenisnya, agar si ikan tidak bosan.

8. Memberikan Asupan Pakan Alami

Tujuan memberi asupan pakan alami yaitu mudah didapatkan dan tidak ribet dalam memberikannya. Jenis pakan alami discus antara lain:

  • Artemia (brime shrimp)
  • Kutu Air
  • Rotifera
  • Cacing Sutra (tubifex worm)
  • Jentik Nyamuk
  • Telur Udang
  • Cacing Darah (blood worm)

9. Memberikan Asupan Pakan Buatan

Pakan buatan merupakan pakan discus paling praktis karena higienis. Selain praktis pakan buatan sangat mudah diperoleh karena kita dapat membeli di toko ikan. Walaupun mudah didapat akan tetapi ada kekurangannya yaitu memperlambat proses pertumbuhan ikan discus.

10. Hindarkan dari Lalat Kamar Mandi

Lalat kamar mandi atau blackworms sangat berbahaya bagi discus, Karena dapat membawa penyakit dan akan berdampak buruk bagi kesehatan ikan tersebut. Maka dari itu hidarilah ikan ini dari lalat blackworms tersebut.

11. Memberikan Hiasan Pada Aquarium

Salah satu hiasan aquarium yaitu kayu apung. Fungsi dari kayu apung ada di dalam aquarium dapat membatu ikan merasa di rumah atau sebagai tempat persembunyian. Selain sebagai rumah, fungsi lain yaitu menambah keindahan dan melembutkan air.

12. Sedia Obat Ikan dan Tanggap Ketika Ikan Sakit

Tujuan ketika kita sedia obat yaitu sebagai alat untuk mengatasi ikan sakit. Ketika ikan discus sakit dan telah diberikan obat jangan sampai dibiarkan begitu saja, amatilah sampai ikan dalam kondisi sembuh 100%.

Cara Memelihara Ikan Discus dalam Aquascape

Memelihara atau merawat discus dalam aquascape terbilang mudah. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Memperhitungkan ukuran aquarium, karena nanti berdampak pada proses pertumbuhan.
  2. Mengatur suhu air (suhu air 28 – 30 derajat Celcius).
  3. Menyediakan alat pemanas (Heater).
  4. Pilihlah substrat yang cocok.
  5. Memantau pada saat proses awal adaptasi di aquascape.
  6. Perhatikan jenis pakan.
  7. Rutinlah memberi pakan alami dari pada pakan buatan.
  8. Rutin menjaga kebersihan air dan aquarium.

Cara Memberikan Makanan Untuk Ikan Discus

Pemberian pakan yang benar tentu saja sangatlah penting. Bukan hanya pemilihan pakan saja yang harus diperhatikan dengan baik oleh para pemilik ikan. Ikan discus akan tumbuh dengan lebih baik jika Anda memberikan pakan secara baik pula. Lalu, bagaimana tipsnya? Berkaitan dengan hal tersebut silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sebaiknya Berikan Lebih Dari Satu Jenis Makanan

Pakan ikan discus biasanya dibedakan menjadi dua jenis yaitu buatan dan alami. Salah satu tips untuk memberikan makanan untuk ikan yaitu dengan mengkombinasikan keduanya. Campur makanan alami dan juga buatan agar seimbang. Ke depannya hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk membantu tumbuh kembang ikan discus.

2. Jangan Berikan Pakan Secara Keseluruhan

Ketika memberikan pakan pada ikan, sebaiknya berikan pakan secara bertahap. Jangan terlalu berlebihan ketika memberikan pakan pada ikan discus Anda. Hal ini merupakan salah satu tips memelihara ikan discus di aquarium rumah. Dengan memberikan makanan dengan porsi yang pas tentu akan membuat ikan tumbuh lebih baik.

Usahakan untuk memberi pakan sedikit demi sedikit. Bila perlu buatlah jadwal pemberian makanan untuk ikan discus Anda. Dengan membuat jadwal, maka Anda tidak akan terlambat untuk memberikan pakan pada ikan discus kesayangan Anda.

Setiap penggemar ikan tentu menginginkan ikan yang dipelihara sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu memperhatikan pakan untuk ikan dengan baik sangat diperlukan agar ia dapat berkembang dengan baik.

Jadi tertarikkah Anda memelihara ikan discus ini? Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan ikan tersebut tentu saja banyak yang sudah menjadi penggemarnya. Kini ada banyak sekali yang memelihara ikan ini sebagai hiasan di akuarium mereka. Jika Anda ingin menjadi pemelihara berikutnya, tentu saja tidak masalah. Apalagi jika Anda salah satu kalangan yang gemar mengoleksi ikan.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Discus di Akuarium dan Kolam Terpal

Asalkan berbagai hal yang sudah dijelaskan di atas Anda perhatikan dengan baik. Pastikan juga menerapkannya semaksimal mungkin sehingga hidup ikan discus peliharaan Anda pun lebih sehat. Jangan lupa memberinya makan secara rutin dan mengalami perkembangan ikan ini dengan baik setelah memilikinya. Jika memang ingin menjadikannya ikan hias untuk dipajang, pastikan juga desain akuarium seindah mungkin.

Written by Portal Hewan