in

50 Jenis Ikan Manfish, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Jenis Ikan Manfish – Memelihara ikan hias menjadi kepuasan tersendiri bagi penghobi ikan dalam aquarium. Banyaknya jenis ikan dengan warna dan bentuk cantik, bisa dijadikan sebagai koleksi untuk menempati aquarium yang ada di rumah anda. Terdapat beberapa jenis habitat ikan yang bisa anda koleksi, diantaranya yakni ikan yang hidup pada airi tawar dan ikan yang hidup pada air asin.

Banyak ikan ikan hias yang memiliki bentuk tubuh dan corak sisik yang menawan, salah satunya bisa anda temukan pada ikan manfish. Ikan hias yang akrab dengan sebutan angelfish, ikan bidadari atau ikan layang-layang lantaran memiliki bentuk yang sangat indah menjadi koleksi di aquarium yang anda miliki. Terdapat beberapa jenis ikan manfish yang bisa anda jumpai pada toko ikan hias.

Klasifikasi Ikan Manfish

  • Nama Ilmiah      : Pterophyllum scalare
  • Filum                  : Chordata
  • Kelas                  : Actinopterygii
  • Ordo                  : Cichliformes
  • Family                : Cichlidae
  • Genus                : Pterophyllum scalare (Schultze, 1823)

Habitat Ikan Manfish

Ikan manfish merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang hidup diperairan tenang serta bayak tumbuhan. Ikan ini berasal dari Brazil, Kolombia dan Peru tepatnya di Amerika Selatan Sungai Amazon. Walaupun berasal dari luar negeri, manfish ini mudah sekali dibudidayakan.

Morfologi Ikan Manfish

Anglefish atau manfish memiliki ciri fisik yang tidak dimiliki ikan lain. Ciri fisik yang berbeda dari lainnya yaitu bentuk tubuh pipih disertai dengan sirip bagian atas, bawah dan ekor yang memanjang. Gerakan ikan ini cenderung lambat, bahkan gerakannya seperti layang-layang. Maka dari itu ikan ini sering disebut sebagai ikan layang-layang.

Dilihat dari morfologi secara umum, rata-rata ikan manfish memiliki warna tubuh perak serta ada garis vertikal melintang. Pada bagian mata, ikan ini memiliki mata warna merah. Untuk ukuran tubuh, ikan layang-layang dapat mencapai 7.5 sampai 25 cm.

Kumpulan Macam Jenis Ikan Manfish

1. Zebra Angelfish

Ikan manfish zebra ini sejatinya memiliki garis vertikal pada sisik tubuhnya, sehingga pola garis yang terbentuk menyerupai garis pada tubuh hewan zebra. Ikan hias ini memiliki banyak penggemar, sehingga akan mudah untuk dijumpai di toko penjual ikan hias. Pola sisik yang menawan, menjadi ikan manfish zebra banyak diburu kolektor ikan hias.

Sebenarnya, ikan manfish zebra memiliki warna dasar hijau pada tubuhnya. Terdapat pola 4 garis warna hitam pada tubuh ikan ini yang menyerupai bentuk pola pada zebra. Kemudahan dalam hal perawatan ikan ini, menjadi daya tarik untuk anda bisa mengkoleksinya.

Untuk harga dari ikan manfish jenis zebra persatunya memiliki perbedaan satu wilayah dengan wilayah lainnya. Namun, untuk harga normal ikan manfish jenis zebra memiliki kisaran antara 5.000 rupiah hingga 7.000 ribu rupiah.

2. Slayer Black And White Angelfish

Jenis ikan manfish selanjutnya yakni dengan jenis slayer black and white. Bagi kolektor ikan hias, jenis ikan manfish satu ini sangat difavoritkan. Hal tersebut lantaran, ikan ini memiliki corak tubuh yang cukup unik untuk menjadi penghuni aqarium anda di rumah.

Keunikan corak yang dimiliki pada ikan manfish jenis slayer black and white, membuat ikan hias tersebut menjadi primadona. Sesuai dengan namanya, tubuh ikan ini memiliki corak putih dan hitam secara vertikal. Untuk panjang ikan tersebut, bisa mencapai 20 cm dan memiliki potensi untuk bertambah panjang seiring dengan usia ikan manfish slayer black and white.

Untuk urusan harga, manfish slayer black and white ini bias dikatakan tergolong lebih mahal. Untuk bisa anda jadikan sebagai kolektor di aquarium, anda bisa membeli ikan manfish jenis slayer balck and white dengan harga 10.000 ribu rupiah sebagai harga terendah. Sedangkan harga tertinggi mencapai 25.000 ribu rupiah per ekornya.

Harga yang tercantum tersebut hanyalah kisaran saja. Harga ikan manfish slayer black and white memiliki potensi perubahan tergantung panjang ikan dan keunikan corak. Setiap wilayah juga memiliki kisaran harga yang berbeda-beda untuk jenis ikan manfish slayer balck and white tersebut.

3. Marble Angelfish

Ikan jenis manfish selanjutnya yakni ikan dengan memiliki corak seperti marmer. Pada bagian kepala ikan tersebut, ada warna sedikit kuning lemon. Sirip ikan ini memiliki garis hitam vertikal. Memiliki corak warna yang juga tergolong menarik, ikan manfish jenis marble cukup sosok bila anda jadikan untuk ikan peliharaan di aquarium.

Untuk bisa mengkoleksi ikan manfish dengan jenis marble, pecinta ikan hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 5.000 ribu rupiah sampai dengan 7.500 ribu rupiah untuk membeli satu ekornya.

Kemudahan dalam merawat ikan jenis manfish, membuat kolektor ikan cukup senang untuk memelihara ikan manfish di aquarium yang dimiliki. Harga yang cenderung mudah dijangkau, menjadi berbagai kalangan masyarakat memiliki peluang untuk bisa memiliki ikan jenis tersebut.

Dari bentuk tubuhnya sebagaimana jenis yang lain, ikan jenis ini memiliki bentuk tubuh yang pipih hampir menyerupai bentuk layang-layang. Gerakan lambat yang sering dilakukan oleh ikan manfish, secara pandangan mata hampir sama dengan gerakan layaang-layang sedang terbang di udara.

4. Helf Black Angelfish / Setengah Hitam

Jenis ikan manfish selanjutnya yang bisa anda ketahui, yakni ikan manfish yang memiliki warna setengah hitam. Meskipun ikan jenis ini tidak populer dipasaran, anda bisa membeli ikan jenis ini untuk menambah koleksi ikan manfish pada aquarium yang anda miliki di rumah.

Perlu diketahui bahwa secara umum corak yang dimiliki oleh ikan manfish, memiliki warna dasar keperakan pada badannya dan terdapat garis hitam vertikal. Mata ikan manfish memiliki warna merah, dan memiliki beragam jenis lainnya dengan berbagai warna yang berbeda-beda.

Untuk Ikan jenis ini memiliki corak yang bisa dikatakan cukup unik pada tubuhnya. Ia ini memiliki warna hitam pada sekitar sirip punggung dan perut, serta tubuh bagian belakang. Pada bagian belakang ikan, ada warna putih sedikit kuning. Mata ikan ini berwarna merah, menambah kesan garang untuk yang melihat ikan ini.

Kisaran harga pada jenis ikan manfish setengah hitam memiliki variasi diberbagai tempat yang berbeda. Kolektor ikan manfish setengah hitam bisa mengeluarkan uang sebesar 5.000 rupiah untuk membeli satu ekor ikan tersebut. potensi harga yang ada bisa berubah, tergantung keunikan corak dan penjang dari tubuh ikan.

5. Silver Angelfish / Perak

Banyaknya peminat ikan hias yang mencari ikan manish jenis perak atau silver, membuat banyak penghobi ikan hias mulai melakukan budidaya pada jenis ikan ini. budidaya yang telah dilakukan oleh berbagai kalangan terbukti banyak yang berbuah hasil. Telah banyaknya pembudidaya ikan manfish jenis perak/silver, membuat penghobi ikan manfish jenis ini tidak kesulitan untuk mencarinya.

Warna yang dimunculkan ikan manfish jenis ini sangatlah bagus dipandang. Warna dasar pada tubuh ikan tersebut, dipadu dengan warna hitam pada garis vertikal. Garis vertikal yang dimiliki, pada umumnya memiliki jumlah tiga garis.

Bentuk tubuh pada ikan manfish perak atau silver cenderung pipih. Hal yang membedakan ikan manfish perak atau silver dengan jenis ikan manfish lainnya, yakni terdapat garis kuning kehitaman yang ada pada atas sampai ekor ikan. Perpaduan warna yang enak dipandang pada tubuh ikan, menjadi kepuasan tersendiri bagi anda yang merawatnya.

Keunggulan lainnya yang terdapat pada ikan ini, yakni ia memiliki daya hidup yang tinggi dan bisa hidup dalam lingkungan ekstrim sekalipun. Jenis ikan manfish tersebut, tidak akan mudah mati sehingga akan lebih mudah bagi anda untuk memeliharanya.

Meskipun memiliki berbagai keunggulan dan keunikan, tidak membuat harga ikan hias jenis ini melambung tinggi. Bagi penghobi ikan hias, bisa membeli ikan jenis ini dengan harga 10.000 ribu rupiah untuk satu ekor ikan.

6. Gold Angelfish / Emas

Ikan manfish juga memiliki banyak corak, sehingga penghobi ikan bisa memilih corak sesuai dengan keinginan. Terdapat pula varian ikan manfish dengan corak gold atau emas. Terlihat dari nama ikan, menunjukkan bahwa ia memiliki kesan mewah. Sesuai dengan namanya, tubuh ikan manfish ini lebih didominasi dengan warna emas atau gold.

Jenis ikan manfish dengan corak emas atau gold, telah ada di Indonesia sejak tahun 1960 yang lalu. Wajar saja jika ikan jenis ini sejauh ini sangatlah populer di Indonesia. Warna yang elegan, juga menjadi pemicu semakin populernya ikan jenis ini pada kalangan penghobi ikan hias yang ada di Indonesia.

Dominasi warna emas pada tubuh ikan, menambah kesan menarik bagi yang melihatnya. Mata ikan manfish emas memiliki warna hitam, tidak sama dengan warna mata ikan manfish jenis lainnya yang kebanyakan berwarna merah. Warna sirip pada dadanya putih, sedangkan warna emas lebih mendominasi pada sisik atas punggung dan bagian tengah ikan.

Meskipun memiliki warna yang sangat bagus, ikan manfish jenis emas atau gold tersebut memiliki harga yang relatif terjangkau. Bagi penghobi ikan hias, anda bisa membeli ikan jenis ini dengan harga 7.000 ribu rupiah hingga harga 15.000 ribu rupiah untuk satu ekornya.

7. Blushing Angelfish

Blushing dengan kata lain memerah seperti dimake up, sesuai dengan pancaran warna yang ada pada varian ikan manfish tersebut. Ikan ini memiliki ciri warna tubuh cenderung putih, warna mata hitam, dan warna pada pipi ikan ini kemerahan seperti sedang menggunakan make up.

Memiliki corak yang unik, membuat penghobi ikan hias cukup tertarik untuk bisa memelihata ikan jenis ini. selain itu, untuk bisa memiliki ikan jenis ini terbilang cukup terjangkau. Berkisar hingga 15.000 ribu rupiah per ekor, anda bisa memilki ikan manfish blushing untuk memeriahkan koleksi aquarium di rumah.

8. Dusky Blushing Angelfish

Pada dasarnya ikan manfish dengan jenis dusky blushing, memiliki corak warna yang hampir dama dengan corak warna manfish blushing. Hal yang membedakannya, pada ikan jenis ini warna matanya hitam atau dusky.

Untuk kolektor ikan manfish, bisa membeli ikan manfish dusky blushing di toko-toko ikan hias. Banyaknya peminat ikan manfish, membuat anda akan dengan mudah menemukan ikan manfish dusky blushing yang di inginkan.

Jika berbicara mengenai morfoliginya, pada dasarnya ikan ini mirip dengan jenis manfish secara umum. Ikan manfish sendiri memiliki tubuh yang relatif panjang, apabila perkembangannya secara maksimal.

Ikan manfish dewasa bisa mencapai panjang tubuh 25 cm dan ukuran standar dari ikan ini yakni 7,5 cm. Perawatan dan kualitas makanan yang diberikan memiliki pengaruh yang besar untuk perkembangan ikan manfish tersebut.

9. Altum Angelfish

Ikan manfish dengan jenis altum, memiliki bentuk ikan yang lebih meninggi dari jenis ikan manfish lainnya. Varian kan manfish altum menjadi salah satu yang termahal dan memiliki ukuran yang lebih besar. Badan ikan manfish altum bisa tumbuh mencapai 40 cm, apabila dilakukan perawatan dengan baik dan maksimal.

Ukuran badan yang lebih besar dari ikan manish lainnya, menjadikan ikan manfish altum sangat digemari oleh pecinta ikan hias di Indonesia. Tubuh ikan ini memiliki warna putih ke abu-abuan atau ada juga yang memiliki warna hitam kecoklatan. Pada bagian tubuh ikan dari atas hingga bawah, terdapat setidaknya tiga garis hitam yang terbentuk secara vertikal.

Keunggulan yang bisa ditemukan pada saat memelihara ikan manfish jenis altum, anda diuntungkan dengan sifat ikan yang tidak agresif. Pada dasarnya Ikan manfish memang tidak memiliki sifat agresif kepada ikan lainnya. Sehingga ikan manfish, sangatlah cocok untuk dicampurkan dengan ikan lain untuk hidup bersama di aquarium.

Sedangkan Untuk urusan pakan, ikan manfish jenis ini bisa diberikan pakan umum yang mudah untuk didapatkan. Anda bisa memberikan jentik nyamuk, pakan berupa blood worm, cacing kering, dan pakan pelet.

Berbiacara mengenai harga per ekor, ikan ini memiliki harga yang beragam tergantung lokasi dan panjang badan ikan. Setidaknya, anda bisa menebus ikan ini dengan harga 15.000 ribu rupiah untuk pembelian satu ekornya.

10. Koi Angelfish

Sebutan koi untuk ikan mantis jenis ini terbilang sangatlah cocok. Dimana anda nantinya bisa menemui corak yang sama antara corak pada ikan koi dan corak yang ada pada ikan tersebut. Warna dasar tubuh ikan manfish koi yakni putih bening dan agak mengeluarkan warna orange. Pada bagian tubuh ikan tersebut, juga terdapat bercak-bercak warna hitam.

Keunikan corak dari badan Jenis ikan manfish koi, bisa menjadi salah satu pelengkap koleksi ikan manfish pada aquarium yang dimiliki di rumah. Untuk bisa membeli ikan ini terbilang tidak menguras kantong. Hanya dengan menggeluarkan kisaran dana 15.000 ribu rupiah saja anda bisa mendapatkan ikan manfish jenis koi.

Keunggulan yang bisa didapatkan dengan memelihara ikan manfish jenis koi adalah, anda bisa menikmati keindahan corak ikan dan ikan memiliki daya tahan hidup yang cukup tinggi. Sehingga akan lebih mudah bagi pemula sekalipun, untuk bisa memeliharanya dengan baik. Memelihara ikan ini yang dilakukan di air tawar, membuat anda akan semakin mudah dalam hal perawatan.

Pada dasarnya ikan manfish sendiri memang mampu hidup pada air tawar, dengan perairan yang tenang dan memiliki banyak tumbuhan untuk berlindung sang ikan. Ikan manfish dapat hidup dan tumbuh dengan baik apabila berada pada suhu air mencapai 24 sampai 30 drajat celcius. PH air maksimal untuk ikan dapat hidup dengan baik, bisa mencapai 6-8.

11. Platinum Angelfish

Manfish platinum merupakan salah satu jenis manfish termahal. Ikan ini memiliki ciri fisik yaitu warna silver diseluruh tubuhnya. Untuk kisaran harga ikan manfish platinum yaitu 5.000 ribu – 25.000 ribu per ekornya. Harga ini dapat berubah tergantung ukuran tubuh dan penjualnya.

12. Clown Angelfish

Clown angelfish memiliki ciri fisik yaitu tubuhnya berwarna dominan putih dengan motif bercak-bercak hitam. Untuk kisaran harga clown angelfish yaitu 15.000 ribu – 20.000 ribu per ekornya. Harga ini dapat berubah tergantung ukuran tubuh dan penjualnya.

13. Ghost Angelfish

Ghost angelfish mempunyai ciri fisik yaitu tubuhnya tidak memiliki jejak pigmentasi. Maka dari itu keseluruhan tubuhnya berwarna perak. Untuk kisaran harga ghost angelfish yaitu 30.000 ribu – 50.000 ribu per ekornya.

14. Black Veil Angelfish

Black Veil angelfish memiliki ciri fisik yaitu tubuhnya berwarna hitam. Rata-rat jenis veil pada ikan manfish ini memiliki ekor yang panjang. Untuk kisaran harga ghost angelfish platinum yaitu 15.000 ribu – 70.000 ribu per ekornya.

15. Albino Angelfish

Albino angelfish mempunyai ciri fisik yang hampir sama dengan platinum angelfish. Perbedaan kedua jenis ikan ini terletak pada matanya. Sesuai dengan ciri khas albino angelfish yaitu memiliki mata yang merah. Untuk kisaran harga ghost angelfish yaitu 10.000 ribu – 50.000 ribu per ekornya.

16. Black Lace Angelfish

Black lace angelfish memiliki ciri fisik hampir sama dengan black veil angelfish. Untuk kisaran harga black lace angelfish yaitu 15.000 ribu – 75.000 ribu per ekornya.

17. Leopard Angelfish

Leopard angelfish memiliki ciri fisik yaitu tubuhnya mempunyai motif titik-titik hitam. Motif tersebut mirip seperti leopard. Nah dari situlah ikan ini sering dinamai leopard angelfish. Untuk kisaran harga leopard angelfish yaitu 5.000 ribu – 50.000 ribu per ekornya.

18. Smokey Angelfish

Smokey angelfish memiliki ciri fisik yaitu tubuhnya memiliki kombinasi warna hitam dan perak, tetapi penampilannya adalah abu-abu. Untuk kisaran harga smokey angelfish yaitu 20.000 ribu – 70.000 ribu per ekornya.

Jenis Ikan Manfish Lainnya

19. Trans Angelfish

20. Trans Neon Angelfish

21. Black Angelfish

22. Golden Gosh Angelfish

23. Golden Diamond Angelfish

24. Silver Diamond Angelfis

25. Black and Blue Angelfish

26. Half Blue Diamon Angelfish

27. Blue Angelfish

28. Zebra Lace Angelfish

29. Lace Angelfish

30. Silver Zebra Angelfish

31. Golden Marble Angelfish

32. Marbel Golden Diamond Angelfish

33. Marbel Diamond Angelfish

34. Black Angelfish

35 Platinum Diamond Angelfish

36. Blue Diamond Angelfish

37. Veiltail Leopard Angelfish

38. Vailtail Lace Angelfish

39. Vieltail Gold Angelfish

40. Vieltail Golden Angelfish

41. Veiltail Golden Gosh Angelfish

42. Veiltail Gosh Angelfish

43. Veiltail Silver Angelfish

44. Veiltail Silver Zebra Angelfish

45. Veiltail Golden Marble Angelfish

46. Veiltail Golden Diamond Angelfish

47. Vieltail Marble Angelfish

48. Veiltail Black Angelfish

49. Veiltail Koi Angelfish

50. Veiltel Altum Angelfish

Sebenarnya ikan manfish merupakan ikan asli dari perairan negara Brazil. Namun, sejauh ini telah banyak dibudidayakan di indonesia. Seiring dengan banyaknya permintaan akan ikan manfish. Sampai saat ini penggemar ikan manfish terus meningkat, sehingga permintaan akan ikan ini dipasaran terus naik. Banyaknya penghobi ikan hias yang tertarik untuk memelihara ikan ini, menjadi peluang tersendiri bagi yang mau membudidayakan ikan tersebut.

Kemudahan dalam hal budidaya dan daya tahan hidup yang tinggi membuat ikan manfish sangat cocok untuk dibudidayakan diberbagai tempat di Indonesia. Kemudahan dalam merawat ikan manfish juga menjadi kelebihan tersendiri bagi para pecinta ikan hias yang juga hobby merawatnya. Keunikan dan kecantikan corak dari berbagai jenis ikan manfish, tentu juga merupakan salah satu nilai plus yang penting dan tidak bisa dipungkiri lagi.

Written by Portal Hewan