Manfaat Ikan Patin – Ikan patin merupakan sejenis ikan berkumis dengan nama latin siluriformes yang masuk pada famili pangasiidae serta genus pangasius. Ia hidup dengan membentuk koloni atau berkelompok. Dalam hal ini ikan tersebut memiliki kemiripan wajah dan tubuh yang menyerupai ikan lele, namun keduanya ternyata berbeda, apalagi jika dilihat dari manfaat ikan patin yang jauh lebih besar.

Manfaat Ikan Patin

Ikan ini diketahui mempunyai khasiat yang baik untuk tubuh seseorang. Lalu apa saja sih manfaat dari ikan yang satu ini dan wajib anda ketahui? Silahkan simak penjelasan Kami berikut ini mengenai khasiat ikan fatin.

Kandungan Gizi Ikan Patin

Sebelum lebih dalam lagi mengenal lebih dalam mengenai ikan patin, anda juga perlu mengetahui kadungan gizi yang ada di dalamnya. Hal ini mengingat manfaat tersebut diperolah dari gizi yang dikandungnya.

Ikan patin diketahui memiliki DHA atau asam lemak esensial berkisar 4,8 persen. EPA pada ikan patin juga mencapai 0, 30 persen. Sementara itu, kandungan lemak total sekitar 2,60 persen sampai 3,40 persen. Bahkan, kandungan lemak jenuhnya mencapai prosentase 50 persen. Terdapat pula asam oleat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh seseorang.

Untuk kolesterol relatif lebih rendah sekitar 21 mg sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu, kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan patin sangat baik untuk kecerdasan seorang anak. Kandungan omega 3 tersebut hampir sama dengan ikan tuna, ikan sarden, dan ikan salmon. Hal inilah yang menjadikan ikan patin memiliki nilai jual dan kualitas yang lebih dibandingkan jenis ikan lainnya.

Untuk penderita darah tinggi dan obesitas, banyak dokter yang menyarankan untuk mengkonsumsi jenis ikan ini karena mampu menekan kenaikan kolesterol dalam tubuh seseorang. Kandungan protein yang ada dalam ikan patin memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu protein pada ikan patin berperan penting dalam pembentukan sel-sel dalam tubuh.

Manfaat Ikan Patih Untuk Kesehatan

1. Menambah Kinerja Otak

Manfaat ikan patin yang pertama yaitu untuk manambah kinerja otak. Kandungan gizinya hampir sama dengan ikan salmon yang memiliki kandungan omega 3 serta omega 6 sangat tinggi. Banyak studi penelitian menyebutkan seorang anak yang rajin mengkonsumsi ikan patin memiliki daya ingat serta penalaran di atas rata-rata dibandingakan anak lainnya yang tidak mengkonsumsinya.

2. Menyembuhkan Hipotensi

Hipotensi merupakan sejenis keadaan dimana tekanan darah pada arteri seseorang jauh lebih rendah dibandingkan tekanan darah normal. Lalu apa hubungannya dengan ikan patin? Ikan patin sendiri diketahui memiliki andil yang cukup besar bagi tubuh terutama meminimalisir penyebab terjadinya hipotensi. Demikian juga dalam pencegahan anemia, atau kekurangan darah.

3. Menaikan Trombosit Seseorang

Penyakit demam berdarah memicu penurunan trombosit. Ikan patin sangat kaya akan vitamin sebagai penguat imunitas tubuh seseorang yang terkena penyakit tersebut. Mengkonsumsi ikan patin ini mampu meningkatkan kinerja tubuh dalam menghasilkan trombosit serta sel-sel lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang.

4. Mengaktifkan Kelenjar Pineal

Manfaat ikan patin selanjutnya yaitu untuk mengaktifkan kembali kelenjar pineal karena kesulitan tidur. Organ kecil endoktrin yang terdapat pada otak besar di bawah organ corpus callosum diketahui mampu menghasilkan hormone melatonin. Hormon tersebut dipengaruhi pembiasan cahaya dalam pengaturan pola tidur untuk kesehatan tubuh.

5. Pengaturan Kadar Cairan Dalam Tubuh

Zat elektrolit sendiri merupakan mineral yang mengandung muatan listrik. Dengan adanya muatan listrik tersebut tentunya orang-orang dapat bergairah atau semangat lagi karena tidak merasakan kelelahan dalam dirinya. Zat kimia ini sangat penting agar dapat berfungsi dengan baik jika terdapat elektrolit dalam tubuhnya.

Elektrolit bersumber dari makanan dan minuman yang sudah dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang kaya akan elektrolit adalah ikan patin. Dalam hal ini, kandungan ikan patin dapat mengembalikan cairan dalam tubuh setelah beraktifitas. Dengan adanya asupan yang benar, tentunya pengaturan kadar cairan dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

6. Pembentukan Massa Otot

Untuk Anda yang tengah menerapkan pola hidup sehat guna mendapatkan tubuh atletissepertinyanya perlu memanfaatkan ikan patin tersebut untuk dikonsumsi. Tingginya kandungan protein dalam ikan patin diketahui mampu memperkuat dan menambah massa otot. selain itu sangat baik untuk menjaga stamina serta ketahanan tubuh dari ancaman berbagai macam bakteri jahat.

7. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Dengan menjaga tulang, seseorang dapat beraktifitas atau menjalankan hidupya dengan baik. Ikan patin memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang sangat baik bagi tulang untuk meminimalisir terjadinya penyakit flu tulang, rawan sendi, osteoporosis, syaraf terjepit, dan sebagainya. Selain itu, ikan patin sangat baik dikonsumsi untuk mempercepat pertumbuhan gigi pada anak.

8. Mengembalikan Fungsi Mebran Sel Darah Putih

Sel darah putih adalah salah satu membran sel yang memiliki fungsi besar bagi tubuh seseorang. Adanya sel darah putih ini dapat mengurangi terjadinya beberapa penyakit. Usahakan sel darah putih tidak menumpuk atau berlebihan dengan mengkonsumsi ikan patin secara rutin. Dengan begitu tubuh akan mengembalikan ketidakseimbangan yang dapat membahayakan.

9. Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat rajin mengkonsumsi ikan patin bagi perkembangan janin pada ibu-ibu hamil sangatlah besar. Ikan patin memiliki kandungan omega 3 serta DHA sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Ke dua zat tersebut berperan penting dan sangat membantu rangsangan pembentukan kecerdasan otak dari calon bayi yang tengah dikandungnya.

10. Pencegahan Stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan syaraf. Di beberapa Negara banyak orang yang memanfaatkan ikan patin ini untuk mengurangi terjadinya stroke dalam keluarga mereka. Ketika jantung tak stabil dan darah tidak mampu mengalir dengan baik maka akan terjadi penumpukan yang berakibat seseorang mengalami stroke ringan maupun berat.

11. Mencegah Penyakit Aterosklerosis

Selanjutnya, manfaat yang tak kalah penting adalah mencegah terjadinya aterosklerosis. Penyakit ini terjadi karena adanya pengerasan serta penyempitan pembuluh darah. Terlalu sering buang sel, lemak, dan kolesterol tersebut menyebabkan terjadinya penumpukan plak pembuluh darah. Plak ini akan bersarang di aliran darah dan menyebabkan darah menjadi beku.

Akibat penyumbatan yang terjadi dalam darah ini, oksigen dan peredaran darah menjadi semakin tidak lancar. Pada kondisi ini tubuh menjadi kurang sehat. Untuk mengembalikan tubuh seperti semula dan mengembalikan peredaran darah dengan baik tentunya seseorang memerlukan asupan gizi yang baik. Salah satunya dengan mengkonsumsi ikan patin sebagai penangkal segala penyakit tersebut.

12. Mencegah Penyakit Kardiovaskular dan Jantung Koroner

Salah satu manfaat ikan patin lainnya yaitu pencegahan penyakit yang ada kaitannya dengan sistem kardiovaskular. Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada ikan patin mampu mengurangi kolesterol jahat yang beresiko pada penyakit jantung dan menghambat aliran darah untuk masuk ke jantung maupun organ-organ lainnya.

Lemak tak jenuh diketahui tidak mengendap serta menghambat aliran darah seseorang. Dengan Anda rajin mengonsumsi ikan patin tentunya dapat meminimalisir angka kematian karena disebabkan jantung koroner. Lemak tak jenuh terdapat pada ikan patin tersebut juga berpotensi mengurangi resiko serangan jantung koroner dan beberapa penyakit sejenisnya.

Manfaat Ikan Patin Untuk Kecantikan

Wajah halus tanpa noda jadi harapan semua orang tentunya. Hal inilah yang membuat orang berlomba-lomba menemukan solusi demi meraih wajah cantik yang diinginkan. Rata-rata dari wanita tersebut menggunakan produk-produk perawatan yang belum tentu baik bagi kesehatan kulitnya. Namun, jangan salah karena ternyata ada manfaat ikan patin yang sangat berguna untuk perawatan wajah.

1. Membuat Wajah Cantik dan Halus Nggak Harus Pakai Produk Kosmetik

Wajah cantik selalu identik dengan penggunaan ataupun pemakaian kosmetik yang tak sewajarnya dan berlebihan. Wajah cantik bisa juga menggunakan bahan alami dan melakukan perawatan dari dalam tentunya. Anda bisa mendapatkan wajah cantik jika rajin mengkonsumsi ikan patin. Kandungan nutrisinya sangat baik terutama untuk kulit sehingga bisa dijadikan rujukan.

2. Menutrisi kulit

Menutrisi kulit adalah hal wajib yang perlu Anda lakukan untuk memperoleh hasil kulit yang terbebas dari infeksi. Butuh proses jika Anda ingin benar-benar mendapatkan bonus kulit yang berseri ini. Salah satu caranya adalah melakukan perawatan dari dalam.

Dalam hal ini Anda juga melakukan perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi ikan patin yang diketahui memiliki zat-zat anti kerut. Selain itu bisa Anda manfaatkan demi memperoleh kulit cantik indah alami dan bercahaya. Mengkonsumsi ikan patin sangatlah penting dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan bertambah cantik.

3. Menghilangkan Kotoran-Kotoran Yang Menghambat Pori-Pori Anda

Jerawat adalah mimpi buruk bagi seorang wanita. Bertambahnya usia menginjak remaja membuat Anda mengalami jerawat dan kutil pada tubuh. Hal ini tentunya menjadi ancaman bagi wanita yang tidak ingin kehilangan wajah cantiknya. Untuk itu, diperlukan pencegahan agar kotoran-kotoran kulit Anda tidak menyebar ke segala arah.

Apakah dengan membasuh wajah dengan air sudah cukup agar Anda mendapatkan kulit cantik halus? Tentunya belum. Hal lain yang perlu dulakukan adalah mengkonsumsi ikan patin Tentunya dengan memakan ikan patin ini dapat meminimalisir timbulnya jerawat dan jamur di kulit Anda.

4. Mengatasi Paparan Radiasi untuk Kulit

Ikan patin memiliki kandungan anti oksidan tinggi yang dipercaya dapat mengangkat sel-sel mati yang tersumbat di kulit Anda. Konsumsi ikan patin pada akhirnya berdampak sebagai anti radiasi pada kulit. Dalam hal ini Anda dapat mengkonsumsi ikan sehat tersebut dengan mudah, mengingat di pasaran penjualannya sangat pesat.

Konsumsi ikan patin secara rutin sebagai upaya perawatan wajah dan kulit Anda menjadi lebih baik lagi menjadi konsistensi Anda agar tidak worry dan demi merawat kulit sehat Anda. Yang namanya kecantikan butuh proses. Namun ini penting karena menjadi salah satu antisipasi Anda dalam merawat kulit agar lebih sehat lagi.

Manfaat Ikan Patin Untuk Bayi dan Balita

Ikan patin memiliki kandungan gizi dan nutrisi tinggi yang baik bagi ibu hamil maupun bayi. Kandungan gizi dari ikan ini sama dengan ikan salmon. Nah, berikut ini beberapa manfaat ikan patin untuk bayi berusia 6 sampai 10 bulan.

  1. Sumber Protein
  2. Menambah masa otot.
  3. Menambah nutrisi pembentukan tulang dan gigi.
  4. Menutrisi kecerdasan otak bayi.
  5. Menambah kekebalan tubuh bayi.
  6. Menjaga kesehatan organ jantung.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal, Tanah, Beton, Ember, Karamba dan Air Payau

Mengkonsumsi ikan patin yang sangat baik untuk kesehatan ini juga sangat dianjurkan. Pasalnya beberapa manfaat ikan patin di atas sudah menunjukkan seberapa bergunanya ikan ini. Jika ada kesempatan, pastikan untuk mengkonsumsinya dengan baik. Ikan patin sendiri juga memiliki rasa yang lezat sehingga Anda tidak akan menyesal sudah mengkonsumsinya.

Konsumsilah ikan secara rutin agar tubuh kita selalu sehat. Selain itu ikan patin juga menambah imun dalam tumbuh sehingga dapat mencegah virus dan bakteri.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *