in

9 Jenis Makanan Ikan Sepat Alami dan Alternatif

Makanan Ikan SepatIkan sepat merupakan jenis ikan yang masuk dalam golongan ikan gurami, hal ini membuat daging ikan ini enak untuk dapat dikonsumsi. Ikan sepat memiliki habitat hidup di air tawar, sehingga mudah menemukan ikan jenis ini pada berbagai daerah yang ada di Indonesia. Budidaya ikan sepat sendiri bisa dikatakan cukup mudah. Apalagi pakan ikan sepat pun variatif dan banyak dijumpai disekitar.

Makanan Ikan Sepat

Bentuk dan corak dari ikan ini yang cukup bagus, menjadikannya layak untuk dipelihara sebagai ikan hias. Habitat ikan sepat yang bisa hidup di air tawar dan memiliki daya tahan hidup yang cukup tinggi, juga menjadikannya mudah untuk dipelihara. Nah, bagi yang berencana memeliharanya, pastikan mengetahui daftar pakan yang bisa diberikan. Berikut ini pembahasan beberapa jenis makanan ikan sepat yang dapat anda ketahui.

Pakan Alami Untuk Ikan Sepat

Pakan alami untuk ikan ini merupakan pakan yang bisa anda temukan di alam. Makanan alami ikan sepat ini, bisa anda gunakan sebagai salah satu alternatif yang lebih mudah dan terjangkau. Selain itu pakan alami juga mengandung gizi yang sangat baik karena dihabitat aslinya tentu ikan ini juga mengkonsumsi jenis makanan alami. Dan berikut beberapa diantaranya.

1. Jentik Nyamuk

Salah satu jenis makanan ikan sepat alami yang bisa anda berikan pada ikan sepat hias yakni jentik nyamuk. Makanan tersebut merupakan salah satu jenis makanan utama yang bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ikan. Untuk bisa mencari jentik nyamuk tergolong cukup mudah untuk.

Biasanya jentik nyamuk sering ada pada selokan depan ruma anda, yang memiliki genangan air yang diam dan tidak mengalir. Pada beberapa tempat genangan air, biasanya juga terdapat banyak jentik nyamuk. Untuk bisa mengambilnya, anda bisa menggunakan alat saringan agar lebih mudah untuk mendapatkan banyak jentik nyamuk sekaligus

2. Cacing

ikan sepat peliharaan anda di rumah bisa diberikan makanan utama berupa cacing. Dalam memilih cacing untuk ikan sepat ini, sebaiknya terlebih dahulu anda sesuaikan ukuran cacing yang akan di berikan dengan ukuran ikan sepat yang dimiliki.

Ukuran cacing yang diberikan sebagai pakan ikan sepat, akan mempengaruh apakah ia bisa menelan cacing tersebut atau tidak. apabila ikan sepat anda bentuk tubuhnya kecil, hendaknya anda juga memberkan cacing dengan ukuran yang lebih kecil pula.

3. Kutu air

Pakan berikutnya yang bisa anda gunakan yakni kutu air. Kutu air pada dasarnya, merupakan makanan utama dari ikan sepat ketika berada di alam liar. Terbilang cukup sulit bagi anda untuk bisa menemukan kutu air. Meskipun pada dasarnya kutu air dapat dikembangbiakkan namun cukuplah sulit untuk melakukannya.

Pakan Ikan Sepat Alaternatif

Selain beberapa pakan alami di atas, ada juga pakan ikan sepat lainnya yang bisa diberikan. Pakan lainnya ini bisa dijadikan alternatif maupun sebagai makanan tambahan. Informasi tersebut sangat penting diketahui para pemelihara ikan sepat sebagai referensi.

Berikut ini menjadi beberapa jenis makanan untuk ikan sepat hias anda. Salah satu atau beberapa diantaranya bisa diberikan pada ikan sepat. Baik sesekali maupun secara rutin.

1. Pakan buatan berupa pelet

Untuk bisa menemukan makanan alternatif atau makanan pengganti untuk koleksi ikan sepat, anda bisa menggunakan pakan buatan. Pakan buatan, merupakan jenis pakan yang bisa anda buat sendiri di rumah atau anda bisa membelinya di toko-toko ikan hias. Salah satu yang paling recommended di sini adalah pelet.

Sebagai pakan buatan, pelet menjadi jenis pakan yang cocok untuk diberikan kepada ikan sepat hias peliharaan anda di rumah. Selain pakan buatan ini terbilang lebih mudah ditemukan di pasaran, harga dari pakan ini juga sangatlah terjangkau.

2. Pakan dari semut

Bentuk ikan sepat yang memiliki moncong mulut yang tidak terlau lebar, membuat ikan ini akan mengalami kesulitan apabila menelan makanan dengan bentuk yang agak besar. Untuk itu pemilihan makanan yang akan diberikan pada ikan sepat hias, cukup memiliki pengaruh bagi pemeliharaan dan tingkat konsumsinya terhadap pakan.

Pada habitat aslinya, ikan sepat gemar sekali memakanan berbagai serangga khususnya serangga yang memiliki ukuran kecil. Semut menjadi pakan alternatif yang bisa anda berikan pada ikan sepat peliharaan yang ada di rumah. Pemberian pakan semut pada ikan sepat tergolong mudah dilakukan. Anda hanya perlu menaburkan semut yang ditangkap pada permukaan air aquarium saja.

3. Pakan dari telur semut

Larva serangga menjadi salah satu jenis pakan sepat peliharaan yang dapat anda gunakan. Salah satu pilihannya anda bisa menggunakan pakan dari telur semut rangrang atau biasa disebut sebagai kroto. Pakan ini memiliki nutrisi yang tinggi, sehingga sangat baik bagi kesehatan dan juga pertumbuhan ikan sepat.

Kendala dalam memberikan pakan telur semut yakni, anda akan lebih susah untuk mencari jenis pakan tersebut. Biasanya pakan telur semut mudah untuk anda jumpai di toko-toko burung, namun pakan jenis ini memiliki harga yang cukup mahal.

4. Pakan roti

ikan sepat merupakan salah satu jenis ikan yang mudah untuk dipelihara sebagai ikan hias. Pemberian pakan untuk ikan ini juga tergolong mudah untuk dilakukan. Salah satu pakan praktis yang dapat anda berikan, yakni berbagai jenis roti.

Memberikan pakan berupa roti memiliki kelebihan agar ikan sepat mudah dalam melahapnya lantaran tekstur dari roti yang cukup empuk. Agar dalam pemberian pakan roti tidak mencemari air dalam aquarium, hendaknya anda bisa memberikan pakan roti sesuai dengan jumlah ikan sepat peliharaan.

5. Pakan dari jenis veor burung

Kandungan veor pada makanan burung, memiliki berbagai nutrisi dan campuran sehingga relatif cocok untuk digunakan sebagai pakan dari ikan sepat. Untuk bisa mengaplikasikan pemberian veor burung pada ikan sepat hias, anda bisa memberikan dengan memecahnya menjadi butiran yang lebih halus.

Pembeian pakan ini sangat membantu bagi anda yang kesulitan mencari pakan alami dari ikan sepat. Keuntungan lainnya yakni, anda bisa memberikan makan burung peliharaan sekaligus makanan tersebut bisa anda gunakan untuk pakan ikan sepat.

6. Pakan berupa tepung ikan

Tepung ikan merupakan jenis makanan yang bisa anda gunakan pada ikan sepat. Makanan tersebut memiliki bentuk seperti tepung, sehingga sangatlah cocok untuk diberikan kepada ikan. Hal ini dikarenakan bentuknya yang seperti serbuk, membuat ikan sepat hakan lebih mudah untuk memakan tepung ikan yang anda berikan.

Sangat variatif bukan daftar makanan untuk ikan sepat ini. Jadi, mana pakan yang akan anda berikan untuk ikan kesayangan? Dalam hal ini pastikan memilih pakan yang memang bernutrisi dan mudah didapatkan di sekitar anda.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Sepat Hias Secara Lengkap

Di samping itu, pastikan bahwa anda tidak lupa mengkombinasikan beberapa pakan sekaligus. Tujuannya agar lebih variatif dan ikan tidak bosan. Namun, pastikan juga bahwa ikan pun sudah terbiasa dengan berbagai jenis pakan yang akan Anda berikan secara bergantian tersebut.

Written by Portal Hewan