Advertisements

16 Jenis Makanan Ikan Lele agar Cepat Besar dan Panen

8 min read

Jenis Makanan Ikan Lele

Makanan atau Pakan Ikan Lele – Ikan lele menjadi salah satu ikan yang paling banyak dipelihara cara oleh beberapa orang yang hanya sekedar hobi atau dialihkan ke bidang bisnis. Dalam memelihara ikan lele tentunya ada beberapa apa hal yang harus diperhatikan. Tentu saja termasuk ketika memiilih makanan ikan lele maupun hal-hal yang berhubungan dengan pemberian pakan tersebut.

Jenis Makanan Ikan Lele

Bagi Anda yang sudah terbiasa memelihara ikan ini, mungkin sudah sangat familiar dengan pemilihan pakan tersebut. Namun, bagi pemula, mengetahuinya lebih jauh tentu sangat penting. Untuk itu, ulasan lengkapnya di bawah ini bisa jadi rujukan Anda. Secara umum ini juga bisa menambah wawasan tentang pemeliharaan ikan lele.

Jenis Pakan Ikan Lele

Makanan ikan lele sangat beragam dan biasanya disesuaikan dengan jenisnya. Ada jenis ikan lele karnivora, herbivore, maupun omnivore yang pastinya tiap jenis menginginkan makanan yang berbeda-beda. Namun, rata-rata lele menyukai beberapa makanan yang sejenis. Seperti daftar jenis makanan ikan lele di bawah ini yang kami sajikan untuk Anda. Semoga membantu!

1. Selada

Tidak hanya ikan lele saja yang menyukai selada, hampir semua ikan menyukai sayuran yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar maupun supermarket ini. Mungkin Anda masih bingung bagaimana caranya supaya selada tenggelam dan menjadi mudah untuk dimakan oleh lele.

Nah, supaya selada bisa berada di dasar kolam atau akuarium, Anda bisa meletakkan batu kecil di tengah seladanya. Namun ingat untuk tidak membiarkan selada berlama-lama dalam kolam, jika sudah 2 jam dalam air dan masih bersisa, sebaiknya segera angkat dan buang.

2. Udang

Udang bisa menjadi alternative makanan untuk ikan lele Anda. Untuk memberikan udang pada ikan lele, sebaiknya hilangkan cangkangnya terlebih dahulu. Seperti yang Anda ketahui bahwa cangkang udang sangat tipis dan bisa menyebabkan luka.

Selain itu, lebih baik untuk dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Bukan hanya supaya lebih mudah dikonsumsi ikan lele, tapi supaya tidak menimbulkan masalah pencernaan apabila dimakan dalam ukuran terlalu besar.

3. Zucchini

Zucchini banyak direkomendasikan sebagai makanan bergizi tinggi untuk ikan lele. Anda bisa langsung memberikannya sebagai santapan tanpa dimasak atau merebus antara kurang lebih satu menit dengan air mendidih. Zucchini terkenal memiliki kandungan vitamin A yang kaya sehingga mampu membuat ikan lele yang sedang sakit menjadi lekas membaik.

4. Kacang Polong

Benar! Anda tidak salah membaca bahwa kacang polong juga bisa dijadikan makanan ikan lele. Cara penyimpanannya pun mudah, Anda tinggal membeli kacang polong kaleng dan menyimpannya dalam freezer.

Kemudian, saat Anda akan memberi makan ikan lele dengan kacang polong, Anda hanya perlu mengeluarkannya sesuai dengan kebutuhan ikan dan menyimpannya lagi dalam lemari pendingin seperti semula.

5. Alga

Baik untuk sesekali memberi makan ikan lele dengan alga hidup. Ini akan memberikan sensasi berbeda untuk ikan peliharaan yang biasanya dengan mudah mendapat makanan, sementara dengan mengonsumsi alga hidup, ini akan melatih insting mereka untuk mencari makan seperti di alam liar.

Pakan Lele Alternatif

1. Duckweed

Duckweed atau lemna, mungkin tidak asing dalam telinga Anda karena sebagai salah satu tanaman terkecil yang tumbuh dan mengganggu ekosistem dalam kolam ikan. Padahal, duckweed juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk ikan atau udang, lho!

Walau begitu, Anda bisa menanam atau membudidaya duckweed dengan cara tidak ditanam di kolam yang sama dengan ikan lele peliharaan. Hal ini karena adanya aerasi yang kuat, sehingga akan mengganggu pertumbuhan untuk duckweed sendiri.

2. Semangka

Sering kali manusia memberi makan ikan lele dengan semangka. Buah ini memang terkenal manis, tapi dijadikan menu makanan lain agar lele tidak merasa bosan dan cocok dijadikan pakan untuk ikan yang sedang diet.

Jika Anda tertarik memberi makan ikan lele dengan semangka, sebaiknya potong kecil-kecil dan buang bijinya. Kemudian, jangan biarkan dalam air terlalu lama. Jika sudah 1 jam dan terdapat sisa, segera ambil dan buang.

3. Bayam

Ikan lele adalah jenis ikan yang memiliki kegemaran ‘merumput’. Nah, tentu memberi makan sayuran hijau seperti bayam bisa menjadi referensi menarik untuk ikan lele. Alih-alih memberi makan dengan tanaman biasa, sebaiknya mengganti dengan bayam yang bergizi dan bisa membuat ikan cepat besa.

4. Mentimun

Jenis sayuran lain yang bisa dijadikan makan ikan lele, yaitu mentimun. Jika hanya sebatas memotong tipis mentimun akan sulit tenggelam. Cara tepatnya adalah dengan menusuk dengan tusuk gigi atau tusuk sate, sampai dengan 3 ketimun yang agak diberi jarak supaya dapat tenggelam.

5. Daging Rebus

Lele agar cepat besar dan bisa dipanen bisa diberi makan berbagai macam jenis. Namun, makanan ikan lele yang cukup membantu mencapai dua tujuan ini adalah daging. Daging bisa berupa daging ayam, keong mas, atau juga bekicot.

Sebelum memberi makanan berupa daging ini, sebaiknya jangan memberikannya mentah-mentah karena juga bisa merusak kualitas air. Sebaiknya merebus terlebih dahulu hingga matang sebelum melemparkannya ke kolam lele.

6. Sosis

Anda punya setumpuk sosis kedaluarsa di kulkas dan tidak tahu apa yang harus dilakukan? Alih-alih dibuang, sebaiknya jadikan pakan lele bisa menjadi solusi. Sosis yang memiliki banyak protein sangat cocok diberikan pada lele karena untuk cepat besar, karena sosis mengandung setidaknya 65% protein di dalamnya.

Tidak asal melemparkan sosis utuh ke kolam, melainkan Anda harus menggilingnya terlebih dahulu. Anda bisa meletakkannya pada besek plastic yang digantung untuk kemudian diletakkan pada kolam. Atau, Anda juga bisa menjadikannya sebagai maggot dengan memberikan tambahan cairan EM4 untuk menumbuhkan bakteri baik. Pengendapan ini dilakukan selama 7-10 hari.

7. Daun Pepaya

Saat ini memang pakan ikan lele termasuk dalam golongan harga mahal. Sebagai pembudidaya, Anda harus memutar otak untuk menghasilkan pangan yang bergizi agar cepat bisa panen. Nah, daun pepaya ternyata bisa dijadikan pakan alternatif yang mudah.

Jika di rumah Anda banyak pohon pepaya, akan sangat baik jika daunnya dimanfaatkan. Jadi, bukan hanya buahnya saja yang berguna.

Pakan Lele Organik

Anda sebaiknya memperhitungkan pemberian pakan organik untuk ikan lele Anda. Kenapa? Selain lebih murah dan terdapat banyak gizi yang terkandung, pakan organic menjadi makanan ikan lele yang tidak mudah rusak Selain itu, pakan lele organik juga tidak memperkeruh atau merusak kandungan air. Berbeda dengan pakan anorganik yang bisa merusak kualitas air.

Apabila Anda merasa lele hanya diberi pakan yang begitu-begitu saja, organik bisa digant-ganti dengan jenis lain. Misalkan Anda kemarin sudah memberikan dengan paduan ikan asin, nantinya Anda bisa membuat varian makan lain bekicot atau udang.

Pakan lele organik bisa dibuat dari berbagai campuran bahan seperti tepung terigu, tepung kedelai, bungkil kelapa, dengan campuran aneka sayuran seperti daun pepaya, kangkung, atau daun turi. Penambahan daging juga layak diperhitungkan seperti rebusan daging ayam, rebusan daging bekicot, dan lain-lain.

Merk Pelet Lele Protein Tinggi Yang Bagus

1. Preo 130

2. Prima Feed LP

3. Pelet Apung

4. FF-999

5. HI Pro Vite

Cara Membuat Pakan Lele Sendiri

Jika anda ingin membuat pakan lele sendiri tentunya harus tepat dan benar sehingga ikan lele dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Selain itu Anda juga harus memperhatikan kandungan nutrisi pada bagan yang akan dibuat. karena ikan lele membutuhkan makanan yang mengandung protein, vitamin, lemak, mineral serta karbohidrat yang tinggi.

Karbohidrat memiliki fungsi utama sebagai sumber energi, maka tidak heran jika karbohidrat harus ada pada kandungan pakan dari ikan lele tersebut. Walaupun tidak begitu banyak dibutuhkan, namun setidaknya karbohidrat harus ada dalam kandungan pakan ikan lele. Anda bisa memberikan takaran karbohidrat sebesar 20% dari total pakan yang di buat atau bisa lebih tergantung banyaknya ikan.

Selain itu protein juga memiliki fungsi sebagai sumber utama untuk memberikan tenaga agar lele dapat tumbuh secara maksimal. bisa dibilang protein adalah poin yang sangat penting dalam pakan ikan lele. Maka tak heran jika protein sangat dibutuhkan sebagai komponen utama jika Anda ingin membuat pakan lele sendiri. Protein sendiri merupakan senyawa organik yang bisa peroleh dari tumbuhan atau hewan.

Di sisi yang lain vitamin juga memiliki peran vital yang dibutuhkan ikan lele dalam jumlah kecil. Vitamin sendiri merupakan senyawa esensial yang wajib ada pada pakan ikan lele. Kebutuhan akan vitamin akan lebih tinggi seiring dengan pertumbuhan ikan lele dari hari ke hari. vitamin ini memiliki fungsi sebagai daya tahan tubuh dari ikan lele tersebut. Selain itu lemak juga memiliki fungsi yang sama seperti vitamin.

adanya kandungan lemak pada pakan ikan lele berfungsi sebagai sumber energi dan dapat membantu daya apung ikan lele ke permukaan air. Anda dapat memberikan kandungan lemak terhadap pakan ikan lele sebesar 16%. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan memberikan kandungan lemak yang terlalu banyak karena hal ini dapat mengganggu kelangsungan ikan lele tersebut.

Dan cara membuat pakan lele alternatif atau pengganti dari pelet anda dapat menggunakan beberapa bahan yang ada. Perlu Anda ketahui bahwa pelet sendiri memiliki kandungan protein, tepung ikan dan juga isi yang tinggi. Namun melihat harga dari tepung ikan yang lumayan mahal, Anda dapat membuat pakan lele sendiri dengan bahan yang yang sederhana.

Dalam membuat pakan Anda sendiri harus menyesuaikan dengan kebutuhan standar dari ikan agar pertumbuhan dari ikan lele bisa cepat dan berkembang lebih baik. Hingga sekarang ini banyak sekali beberapa bahan yang dapat diolah untuk menjadi pakan lele sebagai pengganti makanan yang pada umumnya dijual di pasaran.

Aturan Pemberian Pakan Ikan Lele

Memelihara ikan lele tidak semudah yang Anda pikirkan, selain kandungan pakan yang harus tepat di sisi yang lain aturan pemberian pakan juga harus benar. Jika hal ini tidak Anda terapkan saat pemberian makan ikan lele, maka dapat dipastikan kelangsungan pertumbuhan dari ikan tersebut mengalami gangguan atau masalah. Dan Berikut ini beberapa aturan dalam pemberian makanan ikan lele.

  1. Memberikan pakan secara teratur atau ketika pakan lele sudah habis maka selalu ditambahkan kembali. Anda dapat memberikan nya kurang lebih 4 sampai 5 kali dalam sehari. Jika seandainya ikan lele yang Anda miliki masih kecil, maka pemberian pakan harus sering dan teratur. Jika ikan lele terlihat tidak nafsu untuk makan maka kurangi pemberian pakan.
  2. Ikan lele sendiri merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari. Sehingga aturan pemberian pakan lebih baik diberikan pada waktu sore atau malam hari. Namun hal ini hanyalah opsi yang benar-benar tepat, di sisi yang lain pemberian pakan di waktu pagi bukan suatu hal yang salah.
  3. Jika ikan lele yang anda miliki berjumlah banyak, maka tidak boleh terlambat untuk memberikan pakan. Anda dapat memberikan pakan utama atau terlebih dahulu pakan apung. Anda dapat menyemprotkan sedikit air kepada pakan yang akan diberikan. Setelah itu Anda dapat mengatur rata dan didiamkan selama 20 menit sebelum diberikan ke ikan lele.
  4. Jika ikan lele yang anda miliki telah memasuki atau menjelang masa panen, sebaiknya berikan peran utama yang tenggelam. Dalam hal ini Anda tidak perlu memberikan pakan terlalu banyak atau sewajarnya saja karena kebanyakan ikan lele tidak nafsu untuk makan dan anda siap untuk memanennya.

Waktu Pemberian Pakan Ikan Lele

Memberikan makanan kepada ikan lele tidak asal-asalan atau harus memiliki metode yang tepat agar ikan dapat berkembang serta tumbuh dengan baik. Pemberian waktu pakan juga harus tepat dan benar agar bobot ikan lele dapat optimal dan terhindar dari segala penyakit. Ikan lele sendiri harus diberikan makan setiap hari secara teratur.

Anda harus tahu bahwa pemberian pakan tidak dianjurkan melebihi dari apa yang dibutuhkan ikan lele di kolam, hal ini bertujuan agar tidak merusak kualitas air. Sebaiknya memberikan makanan ikan lele sebanyak 4 sampai 6 kali sehari dengan jangka interval waktu minimal 2 sampai 4 jam. pemberian pakan ikan lele di waktu pagi harus dilakukan ketika kondisi suhu mulai hangat.

jika pemberian pakan makanan terlalu pagi maka ikan lele dapat berpotensi terkena radang insang. Apabila jika pakan ikan lele diberikan 4 kali sehari maka anda dapat memberikan berturut-turut pukul 09. 00 sampai 15.00 sampai 17.00 sampai 21.00. Jika hal ini anda terapkan secara rutin maka pertumbuhan dan perkembangan ikan lele akan maksimal dan lebih baik.

Larangan Pemberian Pakan Ikan Lele

Jika Anda memiliki budidaya ikan lele dengan skala kecil ataupun besar maka beberapa hal mengenai pemberian makan harus di ketahui. Selain memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan tersebut, Anda juga harus memperhatikan beberapa larangan yang ada dalam pemberian pakan ikan lele. Salah satunya adalah dilarang memberikan pakan terlalu pagi.

Jika hal ini diterapkan maka insang dari ikan lele akan rawan terkena radang, sehingga hal tersebut membuat ikan memperoleh penyakit atau lebih buruknya lagi dapat mati. kemudian Anda juga dilarang untuk memberikan pakan saat terjadi hujan. Hal tersebut dikarenakan pakan yang akan Anda berikan terkontaminasi dengan air hujan.

Selain itu jangan mengobok-obok kolam saat ikan lele telah menghabiskan makanannya. Hal ini dapat menyebabkan ikan lele muntah atau dapat menjadikan ikan stres. kemudian Anda juga dilarang untuk memberikan makan yang memiliki kandungan daging tikus. pakan dari ikan lele memang beragam namun anda dilarang untuk memberikan daging tikus karena hal ini berbahaya.

Tidak semua ikan mau untuk memakan daging tikus karena terdapat beberapa tikus yang memiliki racun. kemudian Anda juga dilarang memberikan makanan yang memiliki kandungan bangkai ayam. bangkai ayam merupakan salah satu hal yang tidak diperbolehkan karena telah mengandung banyak bakteri sehingga akan membuat lele terserang penyakit.

Dilarang memberikan pakan terlalu over. Makanan untuk ikan memang sangat diperlukan sebagai tenaga dan metabolisme tubuh untuk tetap bertahan hidup. Namun anda tidak dianjurkan untuk memberikan pakan terlalu banyak atau berlebihan. Sehingga hal ini dapat membuat sebagian pakan yang telah diberikan tidak dimakan oleh ikan serta berpotensi mati jika lele terlalu banyak makan.

Harga Pakan Lele Terbaru

Hingga saat ini pakan lele memang memiliki harga yang sedang naik turun. jika anda yang belum mengerti atau belum tahu mengenai daftar harga pakan ikan lele terbaru berikut ini adalah daftarnya. Pakan ikan lele yang memiliki PF-500 dijual dengan harga Rp18.000 per kg sedangkan untuk harga per karungnya dijual sekitar Rp175.000 per 10 kg.

Sedangkan pakan ikan lele yang memiliki PF-800 dijual dengan harga Rp15.500 per kilogram sedangkan harga per karung nya berkisar Rp150.000 per 10 kg. Dan harga pakan ikan lele yang memiliki PF-1.000 dijual dengan harga Rp15.000 per kg sedangkan untuk harga per karung dijual dengan harga Rp145.000 per 10 kg.

Sangat variatif bukan jenis pakan ikan lele. Anda bisa memberikan beberapa pakan setiap harinya saat memelihara ikan ini. Pemilihan bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi di sekitar Anda. Jika kebetulan beberapa jenis makanan ikan lele beserta alternatifnya ini ada disekitar Anda, maka itu bisa dimanfaatkan.

Dengan dukungan berbagai pakan alternatif tersebut, akan semakin mudah untuk membesarkan peliharaan Anda. Apalagi mengingat harganya yang juga lebih hemat dibandingkan hanya diberi pakan lele yang biasa dijual di pasaran. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *