15 Jenis Makanan Ikan Koki Alami dan Buatan

5 min read

Makanan Ikan Koki, Pakan Ikan Koki, Makanan Ikan Koki Alami, Makanan ikan Koki Buatan, Pelet Ikan Koki

Makanan Ikan Koki – Dalam melakukan budidaya ikan koki tentunya harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya yaitu memperhatikan pakan. Pakan ikan koki menjadi hal yang perlu diperhatikan agar ikan dapat tumbuh besar dan sehat. Maka dari itu, berikan ikan koki pakan yang dapat merangsang pertumbuhan dan menjaga kesehatan serta meningkatkan intensitas warna pada tubuhnya.

Makanan Ikan Koki, Pakan Ikan Koki, Makanan Ikan Koki Alami, Makanan ikan Koki Buatan, Pelet Ikan Koki

Ada berbagai jenis pakan untuk ikan ini yang dapat diberikan. Dalam hal ini, peternak koki sebaiknya memahami jenis pakan apa yang terbaik untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Berikut ini merupakan informasi beberapa jenis pakan berkualitas untuk ikan koki agar memperoleh pertumbuhan yang maksimal.

Pakan Ikan Koki Alami

Makanan koki  yang alami menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan ikan secara maksimal. Hal itu dikarenakan pakan alami mudah didapatkan secara langsung dan kondisinya masih terlihat segar.

Makanan alami untuk ikan koki ini memang tidak cukup variatif seperti beberapa ikan di kelasnya. Namun demikian, ada beberapa pilihan yang bisa jadi rujukan Anda. Berikut ini macam-macam daftar yang bisa jadi referensi:

1. Cacing tanah

Cacing tanah menjadi pakan yang bisa diberikan secara rutin karena dapat membantu perkembangan ikan supaya cepat tumbuh besar. Tidak hanya untuk koki, berbagai jenis ikan lainnya juga sudah familiar dengan makanan ini. Mengingat cacing tanah pun mudah didapatkan, maka tidak salah jika Anda juga memanfaatkan keberadaannya dengan baik sebagai pakan koki.

2. Kutu Air

Pakan yang satu ini berukuran sangat kecil, sehingga cocok untuk ikan koki yang berukuran kecil juga. Kutu air dapat menambah zat kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Dengan nilai kesehatan tersebut, anda tidak perlu ragu untuk memberikannya secara rutin, meski hanya sebagai makanan pendamping.

3. Lumut

Lumut yang tumbuh di dasar kolam berpotensi menjadi makanan alami untuk ikan koki karena kaya akan serat dan protein alami. Maka dari itu, peternak tidak perlu terlalu sering membersihkan lumut karena menjadi keuntungan tersendiri bagi peternak jika lumut menjadi pakan alami koki.

4. Ganggang Hijau

Ganggang hijau yang dapat ditemui di dasar kolam juga menjadi pakan alami terbaik untuk pertumbuhan ikan koki. Hal tersebut disebabkan oleh ganggang hijau yang mengandung karoten tinggi, sehingga bermanfaat untuk menjaga tubuh, warna, maupun kesehatan koki.

5. Cacing Sutra

Salah satu pakan ikan mas koki saat proses pembesaran yaitu cacing sutra. Cacing sutra dapat menjadi makanan alami ikan koki karena memiliki kandungan protein berupa asam amino. Mengingat asam amino mampu menghasilkan sel telur dan sperma yang berkualitas, sehingga baik untuk perkembang biakan ikan.

Namun, jangan terlalu sering juga dan pastikan Anda menjaga keseimbangan gizi proteinnya. Jika ikan koki kekurangan protein maka akan menyebabkan deformasi tulang belakang yang bisa menghambat pertumbuhannya.

6. Bayam dan Kangkung

Bayam dan kangkung merupakan jenis sayuran yang baik untuk dijadikan sebagai pakan jenis ikan yang satu ini, karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Apabila sistem pencernaan ikan koki terganggu maka akan menyebabkan penurunan nafsu makan. Hal tersebut akan berimbas pada berkurangnya daya tahan tubuh ikan koki, sehingga mudah terserang penyakit.

7. Selada dan Brokoli

Jika anda punya stok selada dan brokoli di rumah, maka ini bisa juga diberikan pada ikan koki. Dalam pemberiannya, silahkan anda potong kecil-kecil juga sehingga lebih mudah untuk koki memakannya. Sebagaimana jenis sayur lainnya, kedua bahan ini juga hanya sebagai camilan saja untuk ikan koki.

Pakan Ikan Koki Buatan

Selain pakai koki alami ada juga pakan buatan yang tersedia di berbagai toko. Pakan buatan ini diproduksi oleh pabrik, sehingga penggunaannya lebih praktis untuk diberikan kepada ikan. Namun, perlu diketahui oleh peternak ikan koki bahwa adakalanya pakan buatan ini tidak sebaik pakan alami yang kaya akan kandungan gizi.

Mengingat akan variatifnya merk pakan tersbeut, maka anda perlu memilih yang memang berkualitas dan bisa diandalkan. Jika masih pemula, jangan lupa mencari referensi. Nah. Berikut ini merupakan informasi berbagai merk pakan koki buatan berkualitas yang bisa jadi acuan anda.

1. Pelet Agaru

Pelet agaru adalah pelet jenis pertama yang bisa Anda berikan untuk ikan koki kesayangan di rumah. Tentu saja kualitas dari pelet ini sudah tidak diragukan lagi. Kandungan gizi dalam pelet tersebut juga tidak kalah lengkap. Jika diberikan secara rutin akan sangat membantu menjaga kebutuhan nutrisi ikan koki dengan baik. Pelet ini merupakan makanan ikan mas koki agar warna cerah.

Pada dasarnya ada satu manfaat penting yang bisa didapatkan ikan koki dengan mengkonsumsinya. Manfaat tersebut adalah membuatnya tumbuh lebih cepat dan coraknya semakin indah. Berbicara mengenai harga, tidak terlalu mahal juga dan ramah dikantong. Anda hanya perlu mengeluarkan 7000 rupiah untuk mendapatkan sebanyak 120 gram makanan koki ini.

2. Pelet Hikari Lionhead

Kalau untuk pakan yang satu ini memiliki fungsi tersendiri dalam pertumbuhan ikan koki. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah juga di toko pakan ikan sekitar rumah karena pelet ini tersebar di pasaran. Fungsinya adalah untuk menambah benjolan pada ikan koki. Sedangkan untuk harga, per kg nya dijual sekitar 35-40 ribu rupiah.

3. Pelet Sakura

Para peternak ikan tentu saja sudah tidak asing lagi dengan nama pakan yang satu ini. Pakan tersebut sangat cocok untuk ikan koki. Bukan hanya kualitasnya saja yang oke, tapi pelet Sakura ini bisa anda dapatkan dengan mudah di berbagai toko.

Di samping itu, pelet sakura memiliki kandungan gizi yang seimbang untuk koki. Tentu saja ini akan membantu pertumbuhan ikan tersebut dengan baik. Untuk harganya, jangan salah karena bisa dikatakan pelet Sakura ini sangat terjangkau, per 120 gramnya, anda hanya perlu mengeluarkan uang 4000 rupiah saja.

Makanan Ikan Koki Lainnya

Selain  yang sebelumnya sudah dibahas, ikan koki juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis pakan lain. Pakan ini bisa juga dijadikan pakan tambahan dalam rangka menunjang pertumbuhan dan perkembangbiakan ikan koki. Lebih mudahnya bisa juga disebut sebagai camilan untuknya. Sedangkan beberapa pakan tersebut diantaranya ada di bawah ini.

1. Daun Kelor

Salah satu sayuran untuk ikan mas koki yaitu daun kelor. Daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang baik yaitu kaya akan vitamin dan antioksidan. Selain itu, daun kelor juga mengandung kalsium dan protein yang dapat membangun fungsi fisiologi dan pertumbuhan sel-sel pada tubuh ikan koki. Mengingat daun kelor adalah salah satu jenis sayuran hijau, maka daun tersebut bisa jadi pilihan makanan pendamping untuk koki.

2. Jentik Nyamuk

Pakan ikan berupa jentik nyamuk ini dapat memberikan manfaat diantaranya yaitu mampu menambahkan postur tubuh ikan koki menjadi lebih besar. Ikan koki sendiri merupakan salah satu jenis ikan pemakan jenting nyamuk sehingga anda bisa mengandalkan pakan tersebut. Jenit nyamuk merupakan salah satu makanan kesukaan ikan mas koki.

3. Semangka

Buah semangka ternyata dapat dijadikan salah satu pilihan santapan selingan untuk ikan koki. Semangka cocok menjadi pakan ikan tersebut, dikarenakan buah ini memiliki kandungan serat. Selain itu, semangka kaya akan kandungan air serta karbohidrat yang baik sebagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan ikan koki.

4. Jeruk

Buah jeruk menjadi salah satu pakan alami yang baik, karena memiliki nutrisi yang diperlukan ikan yaitu, kaya akan vitamin. Akan tetapi, untuk ikan koki yang belum terbiasa memakan buah-buahan, sebaiknya diberikan secara bertahap agar dapat beradaptasi dengan pakan buah.

5. Apel

Selain jeruk ada juga pakan lain dari buah yang bisa jadi pilihan, yaitu apel. Dalam hal ini apel tidak kalah memiliki banyak nutrisi yang pastinya baik untuk ikan koki. Memberikan pakan buah terhadapnya sebagai selingan pun sangat baik. Namun jangan lupa untuk memotong dadu apel ini sebelum diberikan agar mudah dikonsumsi ikan.

Baca Juga: Hama dan Penyakit Ikan Koki Serta Cara Mengatasinya

Tips dan Cara Pemberian Pakan Untuk Koki

Hal lain yang tidak kalah penting selain memahami jenis makanan untuk koki adalah bagaimana cara pemberiannya secara tepat. Tentunya harus memperhatikan dari beberapa aspek seperti keseimbangan komposisi pakan, kualitas air, kepadatan ikan, luas kolam dan lainnya. Maka dari itu, perhatikan beberapa informasi berikut ini mengenai tips pemberian pakan koki.

1. Bedakan Jumlah Pakan

Bedakan jumlah makanan untuk ikan koki ukuran kecil cukup  sedikit saja sesuai kebutuhannya Sedangkan untuk ikan koki berukuran besar berikan pakan lebih banyak. Namun demikian, usahakan jumlah pakan yang diberikan secukupnya saja.

2. Dosis Pemberian Pakan

Meski anda sangat menyayangi ikan peliharaann tersebut, jangan terlalu sering juga memberinya pakan. Ada dosis yang harus ditaati sehingga pakan ini bisa memberikan efek yang baik pula untuk koki. Memberi pakan pada koki tidak boleh terlalu sering.

Dalam hal ini koki bisa menyerap makanannya dalam 3 hingga 4 jam. Nah, melihat akan hal tersebut bisa dipahami bahwa jarak pemberian makanan anda juga harus demikian. Jika anda memberinya makan jam 1 baru bisa diberi makan lagi nanti jam 4 atau jam 5. Pastikan juga untuk tidak memberikan pakan terlalu berlebihan karena juga bisa berbahaya untuk ikan.

3. Pakan Harus Segera Habis

Pastikan ikan koki segera memakan pakan yang diberikan. Akan lebih baik jika dalam jangka waktu kurang dari 5 menit makanan tersebut sudah habis dilahapnya. Tujuan dari tips ini supaya makanan tidak menumpuk dan membuat air kolam mudah keruh. Jika kolam terlalu keruh karena tumpukan sisa makanan bahkan ini bisa menjadi racun dan berbahaya untuk ikan koki Anda.

4. Beri Pakan Bernutrisi

Usahakan berikan koki makanan yang mengandung semua kebutuhan nutrisinya, seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin. Serta pastikan ikan koki diberikan serat secara rutin. Dengan begitu, ikan koki dapat terhindar dari buang kotoran terlalu banyak, sehingga tidak membuat air mudah keruh.

Kecukupan kebutuhan nutrisi ini sangatlah penting dipenuhi. Alasannya adalah untuk memastikan bahwa ikan anda bisa tumbuh dengan baik. Di samping itu, jika kebutuhan nutrisinya tidak cukup maka keindahan tampilan ikan juga tidak akan sempurna. Sedangkan cara yang tepat untuk memenuhinya adalah mengkombinasikan beberapa pakan dengan komposisi yang tepat.

Itulah beberapa informasi terkait pembudidayaan ikan koki pada aspek pemberian pakan, baik pakan alami maupun pakan buatan. Intinya dalam budidaya ikan koki, supaya ikan tumbuh dengan baik maka perlu memperhatikan keseimbangan kebutuhan nutrisi pada ikan.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Koki di Aquarium dan Tanpa Oksigen

Itulah ulasan ini juga terdapat informasi tentang cara pembuatan pakan sendiri dan tips pemberian pakan pada ikan tersebut. Sehingga tidak hanya bahan pakan yang perlu dipahami, tetapi ukuran ikan dan kondisi air kolam juga perlu dipahami. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasa, khususnya bagi para pemelihara ikan koki yang masih pemula.

Portal Hewan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *