in

16 Jenis Makanan Ikan Discus Alami, Buatan, Alternatif dan Tambahan

Makanan Ikan Discus – Mungkin cukup asing di telinga Anda mendengar nama ikan satu ini, yups ikan discus. Ikan ini berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Memiliki corak tubuh yang unik dan menarik menjadikan ikan discus digemari banyak orang. Namun tahukah Anda apa saja makanan ikan discus ini?

Makanan Ikan Discus, Pakan Ikan Discus, Pakan Utama Ikan Discus, Pakan Tambahan Ikan Discus

Memberi makan ikan discus bukanlah perkara mudah. Selain harus mengenali jenis makanan yang baik, perlu juga memahami bagaimana tata cara memberi makan ikan discus yang akurat. Nah, Berikut ulasan mengenai beberapa santapan ikan discus yang penting untuk diketahui.

Pakan Ikan Discus Alami

Pada dasarnya, makanan yang banyak diminati ikan discus adalah pakan alami. Bahkan ada beberapa jenis pakan alami untuknya yang bisa jadi pilihan Anda sebagai pemelihara ikan tersebut. Di antara daftar pakan alami yang dimaksud, bisa langsung dilihat daftar lengkapnya di bawah ini.

1. Artemia (brime shrimp)

Pakan yang satu ini merupakan makanan alami berwujud udang kecil yang mengandung gizi tinggi. Tentunya makanan ini baik untuk pertumbuhan ikan. Artemia hidup pada daerah pesisir dengan kadar garam yang tinggi serta dalam suhu kisaram antara 25 hingga 30 derajat celcius.

Menurut riset yang ada, artemia yang telah menginjak usia dewasa (berusia 2 minggu keatas) mempunyai gizi dengan kualitas lebih baik dibandingkan dengan artemia muda (baru menetas). Dalam hal ini, sebaiknya dilakukan kultur artemia atau yang biasa disebut dengan pendewasaan artemia sebelum memberikannya sebagai pakan.

2. Kutu Air

Mungkin dalam sebagian benak masyarakat, kutu air termasuk dalam stigma negatif. Hal ini dikarenakan kutu air dapat menimbulkan iritasi pada kulit (terutama kaki). Namun nyatanya kutu air memiliki kandungan protein serta lemak yang baik untuk pertumbuhan ikan. Dimana presentasenya mencapi 66% untuk protein dan 6% untuk lemak.

Kutu air memiliki beragam jenis, sedangkan yang paling banyak digunakan untuk makanan ikan discus ialah moina dan juga daphnia. Hal ini dikarenakan kedua jenis kutu air tersebut lebih cepat dalam proses perkembang biakannya dibanding jenis lainnya.

Moina dan daphnia memiliki karakteristik tersendiri, dimana moina dapat Anda jumpai pada tempat perairan yang banyak mengandung bahan organik dengan warna badan kemerahan. Katakan saja tempat yang dimaksud diantaranya seperti daerah misalnya saja rawa-rawa yang berlumut.

Sedangkan daphnia dapat Anda temui di tempat perairan tawar dengan suhu udara berkisar 21 derajat celcius. Kutu air ini memiliki bentuk tubuh transparan atau bening.

3. Rotifera

Makanan ini adalah jenis organisme yang berupa plankton dan dapat dijadikan sebagai makanan ikan discus. Ia memiliki nama lain “hewan beroda” atau yang kerap disebut dengan ‘bdelloid rotifer’. Tubuh rotifera terbagi menjadi tiga, yakni bagian kepala dengan badan yang tak jelas, ekor serta bagian kaki. Bentuk rotifera sendir bulat dengan disertai bulu getar sehingga nampak layaknya roda.

Rotifera memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, mudah dicerna, serta kaya akan vitamin dan gizi. Sehingga, tak heran jika rotifera termasuk dalam pakan alami ikan discus yang berkualitas tinggi pula. Disamping itu, rotifera mengandung antibiotik dan juga temulawak.

4. Cacing Sutra (tubifex worm)

Tubifex worm merupakan pakan ikan diskus alami yang tinggal di perairan sungai. Anda dapat menjadikan cacing sutra sebagai umpan sejak berumur 10 hari hingga dewasa. Berikan cacing sutra ini pada ikan discus dalam keadaan segar dan masih hidup. Selain itu cacing ini memiliki keunggulan lain, yakni tidak mencemari air pada akuarium. Sisa-sisa cacing yang masih hidup biasanya akan tetap tinggal di dalam.

Cacing Sutera dipercaya mempunyai kandungan mineral, lemak serta protein. Tentu dengan adanya kandungan tersebut pakan ini sangat baik diberikan pada ikan discus. Cacing sutera juga bagus untuk pertumbuhan ikan discus. Jadi, jika Anda menginginkan ikan discus peliharaan cepat besar, berikan cacing sutera ini.

5. Jentik Nyamuk

Makanan ikan discus alami dan bergizi satu ini cukup mudah didapatkan. Selain dapat Anda temui pada genangan air, dapat pula dijumpai pada saluran air (got). Disamping itu, jentik nyamuk nyatanya memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan ikan discus. Terutama bagi para indukan karena dapat meningkatkan kualitas telur serta mempercepat proses matang kelamin.

6. Telur Udang

Selain indukan udang, telur udang pun dapat dijadikan sebagai umpan ikan discus. Biasanya telur udang diberikan pada ikan discus untuk meningkatkan warna merah pada tubuhnya. Di pasaran Anda dapat menemui telur udang yang sudah dalam keadaan membeku dan dibungkus dengan plastik.

Perlu Anda ingat, pemberian telur udang tidak boleh terlalu banyak. Hal ini dikarenakan sisa-sisa telur udang yang tak termakan oleh ikan akan menumpuk dan tentunya membusuk. Pembusukan ini dapat memicu tingginya kadar amoniak dalam akuarium. Tentu saja pada akhirnya kondisi tersebut memberikan dampak berbahaya bagi ikan discus.

7. Cacing Darah (blood worm)

Cacing ini sebenarnya merupakan larva dari nyamuk golongan Chrinomus sp. Ia dapat Anda jumpai pada area rawa di dekat hutan atau persawahan. Namun dapat pula Anda beli di pasaran dengan bentuk yang telah membeku. Jika di pasaran cacing darah terkenal dengan sebutan cacing super. Hal ini lantaran ukuran cacing darah lebih besar dibandingkan cacing sutra.

Pada dasarnya cacing ini dapat diperoleh dari proses pembusukan metamorfosis pada lalat jenis Chironomus yang gagal. Dari sinilah cacing darah ini berasal. Apabila Anda ingin memberikannya pada ikan dan menemukan dalam keadaan hidup, maka bekukan terlebih dahulu. Tujuannya agar bisa bertahan lebih lama dan lebih awet.

Makanan Ikan Discus Buatan

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai beberapa pakan alami, kini saatnya Anda mengetahui pakan buatan untuk ikan discus. Mengingat bahwa ada banyak pemelihara jenis ikan tersebut, jangan heran jika penjual pakan buatan untuknya pun cukup variatif.

Di antara pakan-pakan buatan tersebut, ada yang dibuat khusus untuk ikan discus saja, ada juga yang untuk ikan air tawar secara umum. Dan berikut beberapa daftarnya.

1. Golden Pearl Discus Bits Color

Pakan ikan satu ini mengandung mineral, spiriluna, serta beragam vitamin lainnya. Kandungan tersebut dapat membantu memperindah warna pada ikan discus. Selain itu pakan ikan Golden Pearl Discus dapat meningkatkan pertumbuhan ikan.

2. Tetra Bits Complete

Cukup berbeda dengan pakan ikan lainnya, Tetra Bits Complete memang dikhususkan sebagai makanan ikan discus. Selain untuk membantu pertumbuhan ikan pakan ikan ini dapat menjadikan ikan discus Anda nampak lebih indah.

3. New Life Spectrum Discus

Tak hanya diberikan pada ikan discus saja, pelet ikan New Life Spectrum Discus dapat Anda berikan pula pada jenis ikan hias air tawar lainnya. Pakan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kesehatan serta pertumbuhan ikan Anda.

4. Burger ikan discus

Makanan ikan yang satu ini terbuat dari perpaduan antara udang, jantung sapi, ikan tuna dan juga ikan salmon. Perpaduan bahan tersebut menjadikan burger ini mengandung mineral, karbohidrat, serat, dan juga vitamin yang kompleks. Selain itu, burger ikan discus memiliki daya tahan yang lebih lama, sehingga dapat Anda gunakan dalam waktu panjang.

Sayangnya, makanan ini memiliki sisi negatif seperti memperlambat pertumbuhan ikan discus. Karena itu, pastikan untuk tidak terlalu sering memberikannya pada ikan discus. Campurkan dengan makanan alami untuk santapan ikan discus sehingga tetap bergizi tinggi dan sehat untuk dikonsumsi.

Makanan Ikan Discus Tambahan

Selain beberapa nama di atas, ada juga beberapa jenis pakan lain yang bisa jadi alternatif Anda. Jadi, apa saja yang bisa diberikan untuk ikan dicus? Simak daftar selengkapnya di bawah ini.

1. Makanan Ikan Berbentuk Butiran (Granule)

Beragam jenis pakan yang dapat Anda berikan pada ikan discus, diantaranya berupa butiran. Cukup populer diantara para pecinta ikan hias, granule kerap menjadi alternatif yang sering digunakan sebagai makanan ikan.

Pada kenyataannya jenis makanan ikan yang berupa butiran ini dapat tenggelam pada lapisan dasar atau berada di tengah. Sehingga memudahkan para ikan untuk menyantapnya.

Anda dapat memasukkan makanan ikan jenis butir ini pada feeder otomatis. Tenang saja butiran–butiran makanan ini tidak akan menyumbat rongga pada dispenser, sehingga aman. Selain digunakan sebagai makanan ikan discus, jenis makanan butiran dapat diberikan kepada beragam ikan , hias lain seperti tetra, ikan biota, barbs, serta Corydoras.

2. Makanan Ikan Berbentuk Wafer Alga

Jenis makanan satu ini berbahan dasar alga, sesuai dengan Namanya. Selain itu, dilengkapi dengan bahan makanan nabati yang kaya akan nutrisi. Namun, jangan terlalu menggantungkan pakan ikan pada makanan alga satu ini, rubahlah sesekali dengan ragam pakan ikan yang lain.

Dapat dibilang wafer alga merupakan snack ringan atau cemilan bagi ikan discus. Sehingga Anda dapat memberikan wafer alga sebagai makanan pendamping makanan pokok. Karena terbuat dari tanaman, wafer ini cukup digemari para ikan. Anda dapat membeli wafer alga pada toko-toko pakan ikan di sekitar.

3. Makanan Ikan Berbentuk Pelet

Pelet tentu saja bisa dibilang cukup populer dalam dunia pecinta ikan. Di samping karena mutunya yang bagus, sayangnya pelet cenderung memberi kesan keras, padat dan juga kering. Sehingga memberi dampak kotor pada akuarium Anda dan bahkan mencemari bagian filter.

Berikan pakan pelet pada saat ikan discus telah beranjak dewasa. Jangan berikan pada mereka yang masih bayi. Hal ini lantaran ukurannya yang cukup besar untuk ditelan pada mulut ikan kecil-kecil. Dapat Anda perhatikan, para ikan akan menelan seluruhnya pelet tersebut. Ini menjadikannya hanya menghasilkan kotoran yang minim.

Mengenai kandungan komposisinya, Anda dapat memilih antara jenis pelet nabati ataukah pelet daging. Mendapatkan pelet pun tentu saja sangat mudah. Anda cukup berkunjung ke toko pakan ikan terdekat dan pasti langsung mendapatkannya.

4. Makanan Ikan Berbentuk Stick

Stick merupakan makanan ikan kategori kering. Anda dapat meberikan makanan pada ikan discus dengan stick yang tersedia di banyak toko sekitar rumah. Sama seperti pelet, makanan ini hanya dapat diberikan pada saat ikan discus berukuran besar atau telah dewasa Stick dapat menjadi maknan selingan agar ikan tidak jenuh dan tetap memiliki selera makan yang baik.

Meski ikan discus cenderung memakan makanan alami, berikan beberapa jenis makanan tambahan berkisar antara 3 hingga 5 jenis makanan lainnya. Ini juga akan membantu Anda lebih mudah mengontrol ketersediaan pakan.

5. Makanan Ikan Berbentuk Gel

Gel merupakan makanan ikan discus yang termasuk golongan basah. Selain dapat Anda beli di beberapa toko ikan, ternyata gel dapat dibuat sendiri di rumah. Perlu diingat pula, tanpa memiliki keahlian khusus, Anda dapat membuat makanan gel sendiri setiap saat engan variant yang diinginkan. Modalnya cukup dengan daftar komposisi yang dapat Anda lihat secara online

Pakan ikan gel umumnya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ikan discus. Kandungan tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan mereka. Karena itulah jenis pakan yang satu ini sangat recommended untuk diberikan secara rutin. Namun, pastikan tetap sesuai kebutuhan dan tidak secara berlebihan.

Dari penjelasan di atas Anda bisa sedikit mengetahui tentang jenis makanan yang bisa diberikan pada ikan discus di rumah. Dengan mengetahui pakan yang tepat, tentu dapat membantu tumbuh kembang ikan berkembang dengan baik. Memberikan nutrisi yang cukup pada ikan juga akan membuatnya tumbuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Discus di Akuarium dan Kolam Terpal

Namun demikian, pastikan untuk mengetahui dengan baik kualitas pakan yang diberikan. Jangan sampai asal memilih merek pakan buatan atau asal mengambil pakan alami. Jika pakan yang diberikan berbahaya, tentu ini juga membahayakan kelangsungan hidup ikan Anda.

Written by Portal Hewan