in

12 Jenis Makanan Ikan Aligator Terbaik dan Berkualitas Agar Cepat Besar

Jenis Makanan Ikan AligatorIkan aligator merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara di Indonesia. Ikan aligator juga disebut ikan buaya. Tidak heran karena bentuknya mirip dengan aligator (buaya kecil). Bukan hanya bentuknya saja yang mirip, ikan ini termasuk ganas di kelasnya. Bagi yang ingin memelihara ikan aligator, mengenali makanan ikan aligator menjadi hal yang sangat penting tentunya.

Makanan Ikan Aligator, Pakan Ikan Aligator, Pakan Alami Ikan Aligator

Budidaya ikan aligator bukan hal yang baru karena banyak yang sudah memeliharanya. Tampilan ikan ini bukan hanya hitam pekat saja tapi banyak warna lain sehingga terlihat lebih unik. Sebut saja seperti warna albino atau pilihan warna lain. Ikan aligator dikenal sebagai ikan yang mampu tumbuh besar hingga 3 meter. Untuk mencapai ukuran tersebut, pemberian pakan yang baik sangat penting untuk dilakukan.

Beberapa Makanan kan Aligator Utama

Sumber pakan untuk ikan aligator sangat beragam dan tersedia melimpah di alam. Jadi, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari pakan ikan aligator jika ingin membudidayakanya. Bagi yang penasaran dengan jenis makanan untuk ikan aligator, simak beberapa makanan utama untuk ikan aligator berikut:

1. Ikan Kecil

Ikan kecil atau anakan ikan merupakan makanan utama untuk ikan aligator. Ikan kecil menjadi sumber makanan paling pentIng untuknya. Pasalnya, ia mengandung protein yang bagus. Protein sendiri sangat bagus untuk mempercepat perkembangan ikan aligator yang sedang dibudidayakan.

Tujuan lain pemberian ikan kecil supaya ikan aligator bisa tumbuh aktif dan tetap agresif. Sedangkan spesifikasinya, tidak ada jenis ikan tertentu untuk makanan ikan tersebut. Bagian paling penting, siapkan ikan kecil yang akan diberikan sebaik mungkin. Anda juga bisa memberikan ikan berukuran besar tapi sudah dipotong-potong.

2. Pelet

Makanan ikan buaya lainnya adalah pelet. Makanan ini termasuk jenis pakan buatan karena dibuat oleh tangan manusia dengan bahan alami. Banyak jenis pelet yang ada di pasaran bukan? Lantas seperti apa pelet terbaik untuk ikan aligator?

Anda bisa membeli pelet yang dikhususkan untuk ikan predator. Namun, jika tidak ada, Anda juga bisa menggunakan jenis pelet untuk ikan lele. Perhatikan kandungan protein di pelet tersebut terlebih dahulu saat membeli. Usahakan memilih pelet dengan kandungan protein yang paling tinggi.

3. Daging Ayam

Daging ayam juga menjadi salah satu pakan terbaik untuk ikan aligator. Daging ayam sangat cocok diberikan jika Anda memiliki dana lebih saat memelihara ikan ini. Meskipun harga daging ayam di pasaran cukup mahal, namun kandungan didalamnya membuat ikan aligator cepat besar.

Namun, jangan memberi daging ayam untuk sembarang ikan aligator. Usahakan memberinya kepada ikan yang sudah memiliki panjang 50 cm keatas. Karena kebutuhan akan protein lebih dibutuhkan dibanding yang berukuran kecil.

4. Kepiting

Kepiting juga bisa menjadi pakan ikan buaya yang paling bagus supaya cepat besar. Tidak heran karena kepiting memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Hanya saja jangan memberikan kepiting terlalu berlebihan. Berikan saja sesekali untuk selingan makanan utama yang sudah diberikan sebelumnya.

Selain mengandung protein yang besar, kepiting juga membuat tampilan ikan aligator semakin cantik dan mempesona. Tidak heran karena kepiting memiliki kandungan astaxanthin yang cukup tinggi. Sehingga wajar jika tampilan ikan buaya lebih bagus.

5. Udang

Bukan hanya kepiting saja yang mengandung zat Astaxanthin yang tinggi. Dalam hal ini, udang juga memiliki kandungan tersebut. Jadi wajar jika udang menjadi makanan alami ikan aligator yang bagus untuk perkembangan supaya cepat besar.

Jika dua bahan tersebut dibandingkan, mungkin pemberian udang adalah hal lumrah dibanding kepiting. Jadi, wajar jika kebanyakan pembudidaya lebih sering memberikan ikan aligator udang dibanding kepiting. Berikan dengan porsi yang pas ya dan jangan terlalu berlebihan.

6. Keong

Keong sawah atau disebut tutut adalah hama tanaman padi yang paling meresahkan petani. Meskipun demikian, Anda bisa memberikan keong untuk pakan ikan aligator. Daripada dibuang begitu saja, dengan memberikannya pada aligator keberadaannya akan lebih bermanfaat.

Keong sawah memiliki kandungan protein tinggi yang membuat perkembangan dan pertumbuhan ikan aligator semakin cepat besar. Jangan lupa untuk memecahkan bagian cangkang sebelum diberikan kepada ikan peliharaan Anda.

7. Kerang

Bukan hanya keong saja yang bisa diberikan untuk pakan ikan aligator, karena kerang juga tidak kalah recommemded. Kandungan protein dalam kerang memang terkenal sangat tinggi. Bukan hanya itu, berbagai zat lain yang membantu pertumbuhan ikan aligator juga sangat banyak disana.

Anda bisa memilih kerang laut atau kerang air tawar sesuai keinginan untuk diberikan pada ikan aligator. Hanya saja jangan lupa memecahkan cangkang sebelum diberikan. Tujuannya agar ikan bisa memakannya dengan mudah.

8. Cacing

Cacing bukan nama yang baru untuk dikonsumsi ikan. Kebanyakan ikan memang sudah pasti suka cacing, termasuk ikan aligator. Tidak heran karena cacing mengandung protein yang cukup tinggi. Tidak sedikit pula jenis cacing yang bisa diberikan untuk pakan ikan.

Anda bisa memilih jenis seperti cacing darah, cacing beku, cacing kalung, cacing tanah dan sebagainya. Untuk pemberiannya, bisa diberikan secara langsung, utuh atau dipotong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu. Memberikan cacing untuk pakan utama dalam hal ini sangat dianjurkan.

9. Jangkrik

Jangkrik juga termasuk makanan ikan aligator yang paling sering diberikan. Pakan ini sangat mudah didapat sehingga tidak heran menjadi pilihan yang terbaik. Untuk mendapat jangkring yang diinginkan bisa disesuaikan keinginan.

Anda bisa membeli di toko khusus yang menjual pakan ikan. Atau jika tidak ingin keluar uang, Anda bisa mencarinya sendiri di sawah atau tempat lain. Bukan hanya mudah, jangkring juga cukup murah sehingga cocok untuk pembudidaya yang modalnya kecil. Hanya saja mungkin akan cukup sulit jika Anda mencarinya sendiri dan harus mengumpulkan dalam jumlah besar.

10. Katak

Katak juga menjadi salah satu satu pakan ikan aligator yang recommended sebagaimana beberapa jenis makanan yang sudah dibahas. Biasanya katak menjadi pilihan terbaik bagi yang hobi mancing untuk umpan ikan. Anda bisa memberikan berbagai jenis katak sebagai pakan ikan aligator.

Hanya saja yang paling sering adalah katak sawah karena mudah didapat. Namun, jangan lupa mengiris beberapa bagian katak terlebih dahulu supaya mempermudah ikan saat memakannya. Katak memang agak menjijikkan. Jadi cocok untuk Anda yang memang tidak jijik dengannya.

11. Ulat

Ulat bukan hanya cocok untuk sumber makanan burung saja. Namun juga cocok diberikan untuk pakan ikan aligator yang sedang Anda pelihara. Umumnya berbagai jenis ulat bisa dipilih untuk makanan utama. Hanya saja yang paling sering ditemui adalah ulat kandang, ulat hongkong dan ulat biasa.

Untuk mendapat ulat juga cukup mudah untuk dilakukan karena banyak tempat burung yang menjualnya. Selain mudah didapat, ulat juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga ikan pun cepat besar nantinya.

12. Makanan dari bahan daging

Pakan ikan aligator lainnya adalah makanan yang berbahan dasar dari daging. Memang ikan aligator sebenarnya adalah ikan karnivora alias pemakan daging. Tidak heran jika makanan dari bahan daging menjadi makanan terbaik untuknya.

Beberapa makanan daging yang bisa diberikan adalah sosis, ham dan makanan daging lainnya. Pilih makanan dengan kandungan daging murni. Usahakan tidak memberikan makanan dengan kandungan lemak yang terlalu banyak karena mempengaruhi perkembangan ikan aligator.

Makanan Ikan Aligator Lainnya dan Cara Membuatnya

Makanan utama yang telah dijelaskan diawal bisa diberikan saat pagi dan sore hari. Meskipun demikian, ikan aligator juga harus diberikan beberapa makanan lain agar cepat besar. pakan yang dimaksud tidak sulit untuk didapat. Pasalnya Anda bisa membuatnya sendiri. Jenis makanan ikan aligator tambahan yang paling cocok untuk diberikan adalah pelet.

Pelet bukan menjadi nama asing lagi untuk pakan ikan. Karena beberapa ikan jenis lain seperti nila, gurame hingga lele juga di berikan makanan ini. Tentu ini juga berlaku untuk ikan aligator. Pelet bisa dijadikan sebagai makanan utama ataupun makanan pendamping agar ikan aligator cepat besar. Pemberiannya tidak terlalu sulit dilakukan

Anda bisa membuat pelet sendiri di rumah agar tidak memakan biaya yang terlalu besar. Sebelum membuat pelet, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Berikut kriteria pelet yang baik untuk makanan ikan buaya alias aligator:

  • Bukan berasal dari makanan pokok manusia
  • Mudah untuk didapat, baik dari sisi waktu ataupun sisi jumlah
  • Harga murah alias terjangkau
  • Mudah untuk diolah dan pastikan tidak ada kandungan racun didalamnya
  • Butiran pelet harus halus atau dihaluskan
  • Memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi

Selain itu, bahan untuk membuat pelet juga harus memenuhi kriteria tertentu. Pastikan makanan untuk ikan aligator dari pelet tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi. Beberapa bahan dengan protein tinggi adalah ikan asin, keong mas, daun pepaya hingga dedak. Bagi yang ingin membuat pelet, simak caranya berikut.

Pelet dari Keong Sawah

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, keong sawah merupakan makanan terbaik untuk ikan aligator supaya cepat besar. Bahan ini bisa dijadikan sebagai pelet tambahan agar tidak memakan banyak biaya. Untuk membuat makanan ikan aligator ini tidak terlalu sulit. Pertama-tama, siapkan dulu keong sawah, dedak dan juga vitamin.

Setelah semua bahan siap, campurkan semua bahan tersebut menjadi satu dan aduk secara rata. Selanjutnya, tambahkan 125 gram ragi tempe dan aduk lagi hingga rata. Setelah selesai, tutup adonan dengan memakai penutup khusus yang steril. Diamkan adonan tersebut selama 24 jam non stop. Tujuannya supaya proses fermentasi bisa berjalan dengan baik.

Setelah didiamkan, buka adonan dan tambahkan daun pepaya secukupnya. Tambahkan juga ikan asin yang telah digiling hingga halus. Setelah itu, cetak dengan memakai mesin pelet. Selanjutnya, pelet yang telah dicetak dijemur di sinar matahari. Jika sudah, pelet bisa diberikan untuk pakan ikan aligator. Berikan sebagai selingan dari pakan utama yang telah disebutkan diawal.

Pelet Apung

Pelet untuk pakan ikan aligator lainnya adalah pelet apung. Bahannya tidak terlalu sulit didapat karena bisa ditemui di dapur masak. Sebelum membuat makanan ikan aligator ini, siapkan beberapa bahan seperti tepung ikan, vitamin, kaldu, tepung daun turi, dedak halus, tepung terigu, garam, tepung kedelai dan tepung darah.

Setelah semua bahan siap, Anda bisa menghaluskan semua bahan tersebut dengan memakai alat penggilingan. Setelah itu, ayak semua bahan hingga mendapat tepung yang halus. Campur tepung tapioka sekitar 20 persen dari total campuran makan yang ingin dibuat. Tambahkan air secukupnya supaya adonan bisa dicampurkan dengan mudah.

Anda bisa juga memakai tepung ogok ataupun tepung gaplek. Masukkan tepung ikan sebanyak 20 persen dari total campuran yang diperlukan. Jika tidak menggunakan tepung ikan, Anda bisa menggantinya dengan kepala udang, tepung tulang atau tepung jeron. Jika menggunakan bungkil kedelai, tambahkan sebanyak 40 persen.

Campurkan semua bahan dan aduk hingga rata selama 10 menit. Cetak adonan pelet dengan menggunakan mesin yang Anda miliki. Jemur pelet yang telah dicetak di bawah sinar matahari. Bungkus menggunakan plastik yang steril. Anda bisa memberikan pelet apung sebagai makanan untuk ikan aligator dua hari sekali.

Pelet dari Cacing Tanah

Pelet yang diberikan untuk ikan aligator juga bisa dibuat dari bahan cacing tanah. Bahannya memang tidak sulit didapat bahkan bisa dibilang sangat mudah. Cacing tanah mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan baik untuk pertumbuhan ikan. Tidak heran jika makanan untuk ikan ini sangat cocok supaya pertumbuhan ikan sendiri lebih cepat besar.

Bahan-bahan untuk membuat makanan ikan aligator ini tidak terlalu sulit didapat. Siapkan saja tepung cacing 41 persen, telur ayam 20 persen, terigu 14 persen, dedak 18 perse serta kanji sebanyak 1 persen. Cacing tanah yang digunakan jangan lupa untuk dijemur selama 1 hari terlebih dahulu sebelum digiling untuk pakan.

Selanjutnya, campurkan semua bahan yang telah disediakan dan aduk hingga rata. Anda bisa mengaduk menggunakan mixer agar semua bahan tercampur dengan sempurna. Tambahkan juga air hangat supaya bahan tetap kenyal. Cetak pakai mesin pelet. Selanjutnya jemur sampai kering. Setelah proses ini selesai, maka pelet bisa diberikan untuk pakan ikan aligator.

Pelet dari Bungkil Kedelai

Sudah menjadi rahasia umum jika kedelai memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Tidak heran jika bahan ini sering dijadikan untuk makanan ikan, termasuk ikan aligator. Sebelum membuat pelet, siapkan dulu beberapa bahan yang digunakan. Bahan tersebut adalah minyak ikan, dedak halus, bungkil kedelai, mineral dan juga bungkil kelapa.

Siapkan wadah yang digunakan untuk mencampurkan semua bahan-bahan tersebut. Aduk semua bahan supaya merata. Jangan lupa untuk memberikan air secukupnya sambil tetap diaduk. Setelah adonan siap, Anda bisa mencetaknya. Disini, sangat disarankan untuk menggunakan penggiling ayam agar hasilnya bagus.

Setelah jadi, potong pelet menjadi beberapa bagian. Disarankan untuk memotong bagian pelet menjadi 1 cm dan jemur di lokasi yang panas. Selesai, pelet bisa diberikan untuk pakan ikan aligator. Anda bisa memberikan pelet untuk selingan makanan ikan aligator utama. Atau juga bisa menjadikannya ladang bisnis dengan menjualnya kembali.

Tips dan Cara Pemberian Pakan Ikan Aligator

Pemberian ikan aligator tidak boleh asal karena mempengaruhi perkembangan ikan itu sendiri. Jangan sampai memberi pakan yang terlalu berlebihan karena membuatnya bisa sulit bergerak. Begitu juga sebaliknya, jangan sampai kurang karena protein sangat diperlukan. Lantas seperti apa tips untuk memberikan pakan ikan aligator? Bagi yang penasaran bisa simak tips-tips berikut

  1. Ketika memberi pakan ikan aligator, usahakan menyiapkan waktu khusus. Setidaknya, beberapa menit setelah memberikan pakan, jangan memberi ikan pakan dan langsung pergi begitu saja. Anda bisa mengamati bagaimana kesehatan dan perkembangan ikan ketika pemberikan pakan. Jika Anda langsung pergi, maka kesempatan pengamatan rutin tersebut akan sulit didapatkan secara rutin.
  2. Jangan memberikan pakan langsung dalam jumlah banyak. Usahakan memberi mereka porsi kecil dan selanjutnya memberikannya porsi kecil lagi. Lakukan langkah ini terus menerus hingga ikan kehilangan nafsu makannya. Perhatikan berapa porsi makanan yang mereka butuhkan. Berikutnya, Anda bisa memberi pakan sesuai porsi yang seharusnya jika sudah hafal.
  3. Disarankan untuk tidak langsung membuang pakan saat memberikan makanan untuk ikan aligator. Secara tidak langsung, Anda mengajari mereka untuk menjauh dari Anda. Berikan makanan ikan aligator dibagian tepi kolam tepat Anda berdiri saat itu. Pastinya ikan akan berenang ke arah Anda. Dengan begitu, Anda menghubungkan kehadiran Anda dengan makanan yang dibutuhkan ikan.
  4. Coba dengan menambahkan stasiun makanan di aquarium atau kolam. Ini mengasosiasikan kehadiran Anda dan juga hadiah makanan tersebut. Jadi ikan akan merasa jika Anda adalah tuan mereka dan harus nurut saat Anda datang.
  5. Jika Anda mempunyai sistem skimmer di kolam yang dibuat, coba menggunakan tempat makan dari skimmer tersebut. Air lambat merupakan area makan terbaik untuk ikan.
  6. Ketika ingin pergi ke luar kota atau tempat lain beberapa hari, jangan memberi makan ikan dua kali lebih besar saat itu. Karena ikan tidak tahu jika Anda akan pergi dan tidak mau makan dua kali lebih banyak pada hari itu. Wajar karena ikan tidak tahu bahwa besok ia tidak akan diberi makan. Berikan makan sewajarnya saja agar tidak mengubah pola makannnya.
  7. Jika Anda mempunyai seseorang yang bertugas memberi pakan ikan aligator saat akan pergi, pastikan melakukan pelatihan penyesuaian porsi makanan untuk seseorang tersebut. Usahakan menyediakan makanan yang lebih sedikit dibanding biasanya.
  8. Perlu diingat jika porsi makan ikan aligator terus berubah jumlahnya sepanjang ia hidup. Porsi makan bulan Juni akan sangat berbeda di bulan Desember atau seterusnya. Jadi, berikan pakan mereka sesuai porsi kebutuhan. Anda bisa mengakalinya dengan melihat porsi makan mereka saat memberikannya pakan.
  9. Anda yang memelihara ikan aligator dan saat itu sedang musim penghujan atau lebih dingin dari biasanya, amati kesehatan ikan lebih baik. Wajar karena di musim tersebut, ikan sangat rentan terhadap penyakit.
  10. Pastikan kebersihan kolam atau akuarium juga terjaga dengan baik saat memberikan pakan ikon. Wajar karena kebersihan wadah mempengaruhi pola makan ikan itu sendiri. Pastikan membersihkan kolam ikan satu minggu sekali.
  11. Anda juga bisa melakukan sistem puasa untuk ikan. Misalnya tidak memberikan makanan pada ikan satu hari penuh. Berikutnya berikan ikan pakan seperti biasa. Hal ini membuat nafsu makan ikan lebih baik karena sedang lapar-laparnya. Namun lakukan sistem ini sewajarnya saja.

Baca Juga: Jenis Makanan Ikan Piranha dan Cara Pemberian

Ikan aligator termasuk salah satu ikan hias yang cukup banyak dipelihara di Indonesia. Meskipun jarang orang yang memeliharanya karena bentuknya agak aneh dan tidak seperti jenis ikan lainnya. Walau demikian, untuk beberapa pecinta ikan, jenis ikan ini tetap menjadi pilihan terbaik. Terlebih banyak pilihan warna yang membuatnya diminati

Belum lagi cara memelihara yang tidak rumit dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Berbicara mengenai makanan ikan aligator juga tidak sulit untuk didapat karena bisa ditemui di sekitar kita. Intinya, berikan pakan yang mengandung protein tinggi. Dimana protein membantu ikan bisa tumbuh lebih cepat sehingga terlihat cukup besar.

Intinya dalam memberi pakan kepada ikan aligator harus yang bergizi tinggi dan berkualitas baik. Tujuannya agar ikan tersebut dapat berkembang dengan baik dan sehat.

Written by Portal Hewan