> > 20 Jenis Ikan Louhan Terbagus dan Tercantik di Dunia
Connect with us

20 Jenis Ikan Louhan Terbagus dan Tercantik di Dunia

Harga Ikan Louhan

Ikan

20 Jenis Ikan Louhan Terbagus dan Tercantik di Dunia

20 Jenis Ikan Louhan Terbagus dan Tercantik di Dunia

Hewan.id – Jenis Ikan Louhan adalah jenis ikan hias air tawar yang pernah mengalami puncak kejayaannya pada awal tahun 2000-an. Ketika itu tren ikan louhan ini membuat harga ikan ini menjadi begitu mahal. Banyak orang yang memeliharanya, baik yang tinggal di pedesaan maupun perkotaan. Karena bisa dibilang tren ikan hias ini adalah hobi yang universal menjangkiti masyarakat rural maupun urban.

Banyak orang yang mengira, ikan berkepala jenong ini adalah jenis ikan yang hidup di perairan laut. Namun ternyata salah karena ikan ini rupanya adalah ikan air tawar. Habitat asli ikan louhan berasal dari Malaysia dan Taiwan. Meski ikan yang di Taiwan lebih dikenal keasliannya serta memiliki otentisitas yang tinggi.

Ikan Louhan Keren, Harga Ikan Louhan

Sepertinya memang ikan berwarna dominan merah ini sangat lekat dengan kultur Asia Timur, terutama cina. Taiwan sebagai negara yang juga dekat dengan kultur chinese pun menjadikan ikan ini sebagai ikan sakral. Konon, Louhan itu dapat membawa keberuntungan.

Pada perkembangannya, untuk memperoleh ikan louhan yang asli itu susah sekali. Karena jenis ikan ini mulai banyak dikawinkan dengan ikan lain, terutama ikan Parrot Cichlid. Karena sebab inilah ikan Louhan pun dipertanyakan tentang keasliannya. Ia dianggap bukan spesies asli.

Jenis ikan louhan dianggap cantik bilamana memenuhi kriteria tertentu. Antara lain:

Loading...
  • Dahinya sangat jenong
  • Warnanya terang
  • Memiliki pola sisik yang rapi dan bagus
  • Terdapat mutiara, yaitu: tutul-tutul putih atau hitam di tubuhnya
  • Terdapat marking horizontal, yaitu: corak di bagian samping tubuhnya yang mirip dengan aksara cina
  • Berukuran tubuh cukup besar
  • Aktif dan agresif berenang
  • Makannya lahap
  • Memiliki pertumbuhan badan yang cepat

Harga Ikan Louhan

Jika seluruh kriteria kecantikan jenis ikan louhan di atas sudah dicapai. Maka pemilik louhan harus lega. Dan sebaiknya mulai meningkatkan sisi manfaat dari ikan ini. Misalnya dengan diikutkan kontes ikan hias. Tentunya ini akan membuat pemilik louhan jadi lebih semangat dalam merawat dan membesarkan ikan yang juga dijuluki sebagai flowerhorn ini,

Ada beberapa jenis ikan louhan yang perlu diketahui. Ikan ini memang memiliki beberapa bentuk dan warna. Dengan kriteria ciri-ciri fisik yang berbeda. Yang telah teridentifikasi dan pernah masuk dalam jagad sejarah louhan yaitu:

1. Jenis Ikan Louhan Kamfa

Ikan Louhan Kamfa memiliki nama lain Ching Hwa. Muncul pada tahun 2001, merupakan persilangan antara flowerhorn dengan ikan dari genus vieja dan cichlid. Warna tubuhnya merah muda dengan banyak bercak putih.

2. Jenis Ikan Louhan King Kamfa

Ikan Louhan King Kamfa sering disingkat KKF. Masih dari jenis Kamfa, hanya saja warna tubuhnya lebih merah menyala. Corak tutul putihnya juga memenuhi kepala yang jenong dan wajahnya.

3. Jenis Ikan Louhan Kamfa Tiger Series

Masih dari jenis ikan kamfa. Ini adalah tiger series yang mana warna tubuhnya kuning kecoklatan sehingga mirip macan. Corak tubuhnya sangat banyak dan rapat warna kecoklatan tua.

4. Jenis Ikan Louhan Kamfa Viper Series

Sedangkan ikan louhan yang kamfa viper series ini warnanya merah agak oranye. Coraknya warna putih dan padat pula. Namun kepalanya tidak terlalu jenong.

5. Jenis Ikan Louhan Super Red Texas

Ikan louhan super red texas sering disingkat SRT. Merupakan hasil persilangan dari Texas Cichlid dengan Golden Red. Warnanya memang keabu-abu-an dengan merah yang terang dan jernih.

6. Jenis Ikan Louhan Super Red Kamfa

Ikan Super Red Kamfa punya tubuh warna merah cerah. Dengan corak khas kamfa yang ada bercak putihnya. Ikan ini biasanya impor dari Thailand.

7. Jenis Ikan Louhan Super Red Dragon

Generasi ikan super red memang menawarkan warna merah menyala yang sangat bagus. Dengan bentuk badan yang panjang menyerupai naga. Makanya dinamakan Super Red Dragon.

8. Jenis Ikan Louhan Super Red Synspillum

Ikan Louhan Super Red Synspillum kerap dijuluki kamfa versi thailand. Warna tubuhnya merah terang. Bersih tanpa corak. Dan memiliki dahi jenong yang nampak membulat sekali.

9. Jenis Ikan Louhan Red Magma

Ikan Louhan Red Magma juga sangat cantik. Bentuk tubuhnya yang berkilau merah bagaikan api magma dari gunung meletus.

10. Jenis Ikan Louhan Thai Silk

Sesuai dengan namanya, ikan ini berwarna silky. Putih bagaikan susu dan sehalus sutra kulitnya. Ikan ini memang kadang kurang diminati karena warnanya anti-mainstream, putih. Di saat banyak louhan warnanya mayoritas merah.

11. Jenis Ikan Louhan ACDC

Ikan Louhan ACDC merupakan persilangan antara louhan cencu dengan kamfa. Ini membuatnya memiliki kedua macam sifat dan ciri fisik dari 2 induknya itu.

12. Jenis Ikan Louhan Strom

Ikan Louhan Storm pernah mengguncangkan dunia hobi louhan. Meski tergolong baru, peminatnya sangat banyak. Ini karena ia disebut-sebut memiliki mutiara yang besar serta marking horizontal yang menawan. Warnanya juga sangat eksotis. Merah agak ungu.

13. Jenis Ikan Louhan Kemalau

Jenis louhan kemalau ini juga banyak penggemarnya. Memiliki corak (mutiara) seperti huruf S. Matanya berwarna merah. Bentuk kepalanya mirip dengan Kamfa. Sedangkan mulutnya mirip Cencu.

14. Jenis Ikan Louhan Golden Base

Ikan louhan golden base ini punya warna tubuh merah kekuningan. Tidak ada corak seperti aksara cina di tubuhnya atau biasa disebut non marking.

15. Jenis Ikan Louhan Rainbow King

Ikan louhan rainbow king memiliki warna tubuh yang warna-warni. Ada 3 warna dasar yaitu: merah, kuning, biru. Sehingga menjadikannya mirip pelangi. Ikan ini punya marking horizontal dan memiliki dahi yang tidak terlalu menonjol.

Baca Lagi: 15 Harga Ikan Louhan Terbaru 2018, Terlengkap dan Terupdate

16. Jenis Ikan Louhan Cencu

Ikan Louhan cencu populer dengan julukan louhan mutiara. Ini karena ia memiliki corak tubuh tutul-tutul memenuhi seluruh tubuhnya bagaikan mutiara. Ikan ini terbagi ke dalam Cencu klasik dan modern.

17. Jenis Ikan Louhan Golden Red

Ikan Louhan golden red memiliki warna tubuh merah kekuningan. Ketika berenang di air kadang berkilau bagaikan emas.

18. Jenis Ikan Louhan Anakan

Memelihara ikan louhan memang tidak lazim dari anakan karena susah. Tapi buat para pecinta flowerhorn ini baiknya belajar merawat louhan sejak anakan.

19. Jenis Ikan Louhan Biasa dengan Kepala Datar

Tidak semua jenis louhan itu punya kepala yang jenong. Ada juga yang datar. Seperti Kamfa Viper Series juga kepalanya datar.

20. Jenis Ikan Louhan dengan Kepala Paling Jenong

Sedangkan ikan louhan dengan kepala paling jenong nampaknya dinobatkan kepada ikan louhan super red synspillum.

Loading...

Continue Reading

More in Ikan

To Top