Jenis Ikan Lemon – Setiap orang memiliki hewan favorit untuk dijadikan peliharaan, salam satunya ikan. Salah satu jenis ikan hias yang cocok dijadikan hewan kesayangan adalah ikan lemon. Jenis ikan lemon ini memiliki bentuk dan warna yang khas. Meskipun namanya ikan lemon yang identik dengan warna kuning, jenis-jenis ikan ini ternyata tidak hanya berwarna kuning.

Jenis Ikan Lemon

Klasifikasi Ikan Lemon

  • Nama Ilmiah      : Labidochromis caeruleus
  • Filum                  : Chordata
  • Kelas                  : Actinopterygii
  • Ordo                  : Cichliformes
  • Family                : Cichlidae
  • Genus                : Labidochromis caeruleus Fryer, 1956

Morfologi Ikan Lemon

  • Mempunyait warna tubuh kuning cerah atau bisa berwarna orange kemerahan.
  • Warna pada sirip punggung hitam.
  • Pada bagian dasar sirip punggung tampak garis putih memanjang dari depan sampai bawah.
  • Bagian ujung sirip berwarna kuning cerah.

Bagi sebagian orang, ikan lemon mungkin masih terdengar asing. Akan tetapi bagi pencinta ikan hias tentu ikan lemon bukan sesuatu yang baru. Selain namanya yang unik, ikan ini juga memiliki karakteristik menarik lainnya seperti sifat kejahilan dan keagresifnya. Jika berniat untuk memelihara ikan ini Anda harus mengetahui apa saja jenisnya terlebih dahulu sebagaimana dalam daftar berikut ini.

Kumpulan Jenis dan Macam Ikan Lemon

1. Electric Yellow Cichlid

 

Ikan ini dikenal juga dengan ikan lemon karena warnanya yang kuning bagaikan buah lemon. Di bagian siripnya terdapat pola horizontal berwarna hitam. Warnanya yang cerah membuat ikan ini menjadi favorit banyak orang. Namun, perlu diketahui bahwa karakter jenis lemon yang satu ini cukup buas dan rakus, karena makanan yang diberikan ke akuarium akan terus dimakan.

Selain itu, ikan lemon juga memiliki karakteristik kanibal. Sehingga anda perlu membuat akuarium khusus untuknya agar tidak memangsa ikan lainnya. perhatikan juga pH air supaya tidak terlalu asam dan atur suhu yang hangat agar ikan tumbuh dengan baik. Anda juga perlu mengatur jumlah ikan pada akuarium.

Lalu berapa jumlah ikan yang bisa dipelihara dalam satu akuarium? Anda bisa memelihara ikan sebanyak enam ekor ikan lemon dalam satu akuarium. Perhatikan jumlah ikan jantan dan betina, pastikan jumlah betina lebih banyak dibanding jumlah jantan. Karena jika ikan lemon jantan lebih banyak daripada betina akan sering berkelahi.

Selain temperature, pH dan jumlah ikan, hal lain yang harus dilakukan adalah kebersihan kolam. Lakukan pengurasan kolam secara rutin sebanyak 3 hari sekali. Anda bisa menguras air dan menyisakan seperempatnya lalu mengisinya dengan air yang sudah diendapkan selama satu hari. Ikan lemon jenis pertama ini dibanderol mulai dari harga dua ribu rupiah per satu ekor.

2. Trewavas Red Finned Cichlid

Berbeda dengan ikan lemon sebelumnya yang memiliki warna kuning, ikan ini didominasi warna biru dengan corak merah di badannya dan hitam bagian sirip. Karena warnanya yang didominasi biru, ikan ini dikenal dengan jenis ikan lemon biru dan dapat tumbuh hingga panjang 11,7 cm.

Hampir sama dengan ikan lemon sebelumnya, untuk memelihara ikan lemon biru ini Anda perlu memperhatikan pH air. Kadar pH yang digunakan berkisar pada 6,9 hingga 7. Selain itu, ikan lemon akan tumbuh subur pada air yang memiliki banyak kandungan mineral. Biarkan air dalam aquarium selama satu hari sebelum memasukan ikan lemon.

Perhatikan juga pakan ikan yang diberikan. Jika kualitas pakan buruk, maka akan membuat ikan mati atau sakit. Untuk harganya, ikan lemon biru ini bisa anda dapatkan mulai dari harga dua ribu rupiah saja. Untuk selebihnya sesuai dengan ukuran ikan yang dibeli.

3. Livingstoni Cichlid

Jenis ikan ini cukup unik dan berbeda dengan ikan hias pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan ikan lemon ini dapat berkamuflase dengan mengubah warna kulit dan wujudnya tergantung dari lingkungan sekitar tempatnya tinggal. Meskipun dapat berkamuflase, warna yang umum terdapat pada ikan ini antara lain yaitu, putih dengan corak berwarna hitam.

Sementara itu, siripnya memiliki warna orange, biru dengan corak putih di sekitarnya. Warnanya yang cukup beragam dan kemampuan berkamuflase yang unik ini membuat ikan ini banyak dipelihara. Namun bagaimana dengan cara perawatannya?

Perawatan iklan yang berasal dari Malawi ini tidak jauh berbeda dengan ikan lemon lainnya. perhatikan pH dan suhu air serta pakannya. Ikan ini ,menyukai air bersuhu hangat sebagaimana habitat aslinya. Sehingga, suhu yang digunkan untuk memelihara ikan ini berkisar pada 24 derajat hingga 28 derajat Celsius.

Dari segi harga, ikan lemon luvingstoni cichlid juga masih standar dengan ikan lemon pada umumnya yaitu dua ribu rupiah dengan ukuran yang kecil. Selain dikenal sebagai ikan lemon yang dapat berkamuflase, luvingstoni cichlid dikenal juga sebagai kalingono.

4. Malawi Eyebiter

Berbeda dengan ikan lemon sebelumnya, ikan lemon jenis ini termausk ikan lemon besar dengan penjang tubuh mencapai 20 sampai 25 cm. Malawi eyebiter termasuk dalam ikan predator. Ikan ini memiliki panjang rahang yang besar hingga mencapai sepertiga tubuhnya. Selain itu, ikan lemon besar ini juga mempunyai mulut yang lebar, serta terkenal sebagai ikan lemon galak.

Ikan eyebiter memiliki nama latin dimidiochromis compressiceps yang berhabitat asli di danau Malawi. Ia sendiri merupakan ikan yang agresif dan memiliki kepala panjang. Di habitat aslinya, ikan ini sering menyerang ikan lainnya dengan menyembunyikan diri di tanaman valisneria. Eyebiter senang memangsa ikan kecil dan menelannya dari ekor terlebih dahulu.

Ikan lemon besar ini memiliki warna tubuh puih perak. Selain itu, terdapat garis horizontal lurus di sepanjang tubuhnya berwarna coklat. Garis lurus ini terdapat mulai dari ujung mulut hingga ekor ikan eyebiter. Karena merupakan ikan predator untuk memelihara ikan ini anda tidak boleh menggabungkannya dengan ikan yang berukuran lebih kecil.

Eyebiter harus berada pada akuarium dengan ikan yang berukuran sama atau lebih besar. Sehingga kemungkinan ikan eyebiter memangsa ikan lainnya cukup kecil. Sama seperti ikan lemon pada umumnya, eyebiter menyukai ikan air tawar dengan temperature hangat. Perhatikan ukuran akuarium agar tidak kekecilan.

Sehingga pertumbuhan dan perkembangan ikan eyebiter tidak terhambat. Jangan lupa untuk menggunakan filter dan aerator untuk menghemat air di akuarium. Selain itu, pastikan selalu kebersihan akuarium.

Anda harus rutin memberikan oksigen dan menyaring kotoran. Harga ikan Malawi Eyebiter ini cukup beragam tergantung ukurannya. Anda bisa mendapatkan ikan lemon besar ini mulai dari harga enam ribu rupiah.

5. Venustus

Jenis ikan lemon selanjutnya adalah venustus. Ikan ini hampir sama dengan Malawi eyebiter karena merupakan ikan lemon galak dan sering memakan ikan lemon kecil lainnya. ikan lemon venusturs memiliki nama ilmiah nimbochhromis venustus. Ikan ini juga bisa tumbuh hingga 20 sampai 30 cm. sama besarnya dengan ikan Malawi eyebiter.

Ikan venustus memiliki ciri warna kuning kehijauan dengan bercak cokelat pada tubuhnya. Sementara itu, pada venustus jantan terdapat becak warna biru di bagian kepalanya. Sehingga sangat mudah untuk anda membedakan ikan venustus jantan dan betina.

Jika anda ingin memelihara ikan ini, maka jangan memasukannya pada akarium yang sama dengan ikan lemon kecil. Akan tetapi jika terpaksa menyatukan dengan ikan yang lebih kecil, anda harus memasukkan ikan lain juga yang sama ukurannya dengan ikan venustus.

Cara memelihara ikan ini hampir sama dengan ikan lemon lainnya. Anda bisa memilih akuarium yang bisa menampung 114 liter. Akuarium ini dipiih karena dapat membuat ikan lemon bergerak lebih leluasa. Selain itu, buatlah persembunyian ikan seperti di habitat aslinya. Anda bisa menggunakan batu atau paralon berukuran besar.

Ikan lemon memang suka bersembunyi. Namun, pastikan batu atau paralon yang digunakan sudah dibersihkan terlebih dahulu. Sehingga tidak menimbulkan kotoran pada air. Untuk mendapatkan ikan venustus ini anda hanya memerlukan budget mulai dari lima ribu rupiah.

6. Red Empress

Jenis ikan lemon ini memiliki nama latin protomelas taeniolatus. Ikan ini sangat terkenal dan banyak ditemukan di toko ikan hias. Pasalnya, ikan lemon red empress ini memang memiliki warna yang indah. Selain memiliki nama red empress, ikan ini juga dikenal dengan nama Spindle Hap.

Red empress memiliki warna yang cantik seperti pelangi. Sehingga tidak heran jika ikan ini juga disebut sebagai ikan rainbow. Pada dasarnya, cara memelihara ikan lemon ini hampir sama dengan jenis lainnya, Anda harus mempersiapkan akuarium yang tepat, tidak besar dan tidak kecil agar ikan dapat bergerak dengan bebas. Jangan lupa juga untuk memberikan pakan yang berkualitas.

Anda bisa memberikan pakan berupa udang air asin, cacing sutera, kutu air pelet dan lain sebagainya. Namun, agar pertumbuhan lebih baik anda bisa mencari pelet khusus untuk ikan lemon. Selain pakan, tentu anda harus menjagaa kebersihan akuarium dan memberikan oksigen pada air.

Untuk membeli ikan red empress ini anda membutuhkan budget mulai dari lima ribu rupiah tergantung ukuran dan warnanya. Cukup murah bukan untuk ikan yang memiliki warna cantik?

7. Blue Moorii

Varian ikan lemon selanjutnya adalah blue moorii atau dikenal juga dengan ikan lemon biru. sesuai dengan julukannya, ikan ini memiliki warna biru pucat. Keunikan dari ikan ini adalah kepalnya yang menonjol seperti ikan louhan.

Bentuk kepala ini memang berbeda dibanding dengan ikan lemon pada umumnya. Ikan ini tumbuh mencapai 20 cm dan memiliki suhu optimum berkisar 75 hingga 78 fahrenheit.

Untuk memelihara ikan lemon ini anda harus memilih akuarium yang tepat. Selain itu, perhatikan pH air yang digunakan yaitu berkisar pada 6,9 hingga 7. Suhu air juga harus hangat sesuai dengan habitat aslinya. Suhu air untuk memelihara ikan ini berkisar pada 24 sampai 28 derajat celcius.

Ikan lemon juga senang bersembunyi. anda bisa membuat tempat persembunyian dari batu atau paralon yang diletakkan pada akuarium. Berikan pakan secara rutin dengan pakan yang berkualitas. seperti pelet khusus ikan lemon, cacin sutra dan udang kecil. Anda bisa mendapatkan ikan ini dengan harga mulai dari dua ribu rupiah per ekor tergantung dari ukurannya.

Itulah beberapa varian ikan lemon yang bisa menjadi referensi ikan hias anda. selain namanya yang unik, jenis ikan ini juga memiliki warna yang beragam dan termasuk ikan yang agresif. Anda bisa memilih macam ikan lemon yang paling disukai. Seperti ikan lemon biru, ikan lemon galak hingga ikan lemon dengan berbagai warna seperti ikan rainbow.

Baca Juga: Jenis Ikan Discus, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Meskipun memiliki warna yang unik, namun ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan ikan lemon termasuk ikan yang agresif, galak bahkan beberapa jenis termasuk ikan predator. Sehingga anda tidak bisa menyatukan ikan lemon predator dengan ikan lainnya yang berukuran lebih kecil. Pasalnya, ikan kecil tersebut bisa menjadi mangsa bagi ikan lemon yang berukuran lebih besar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *